5 Alasan Utama Mengapa Bisnis Coffee Shop Jadi Kekinian - MyRobin
Artikel

5 Alasan Utama Mengapa Bisnis Coffee Shop Jadi Kekinian

Buat anak 90-an, kopi sempat dikenal dengan minumannya orang tua. Rasanya yang pahit dan teman rokoknya para bapak-bapak di warung kopi pinggir jalan adalah stereotip khas yang kita berikan pada kopi di waktu itu. Namun tak demikian halnya semenjak beberapa tahun belakangan ini. Sekarang, ngopi jadi kegemarannya anak muda. Bahkan anak-anak SMA pun doyan minum varian kopi seperti latte atau cappuccino.

Tingginya popularitas kopi di berbagai kalangan membuat banyak pebisnis ikutan nyemplung di lini bisnis ini. Alhasil, kita bisa melihat berbagai jenis kopi dengan cita rasa dengan namanya yang unik dan menarik tersebar di mana-mana. Tak hanya di kota besar seperti Jakarta, coffee shop pun bak jamur bermunculan di kota kecil dan tingkat kecamatan dan desa sekalipun.

Hal ini menjadikan minum kopi tak lagi sebagai kebiasaan yang dilakukan untuk menghilangkan rasa kantuk, melainkan sudah menjadi sebuah gaya hidup yang tak terpisahkan di kalangan pemuda dan remaja. Lalu, apa saja sih alasan yang membuat warung kopi ini begitu populer sekarang di Indonesia dan dunia? Berikut ini lima di antaranya:

Sebuah gaya hidup

Cobalah Anda mengunjungi sebuah coffee shop dan lihat siapa-siapa saja yang duduk di dalamnya. Umumnya, kita akan menemukan pelajar atau mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas kelompok bersama. Ada juga yang sendirian dan asyik sendiri berselancar di dunia maya dengan laptopnya. Ada juga yang mengadakan meeting informal dengan sesame rekan kerja.

Ngopi, sekarang sudah menjadi sebuah gaya hidup atau budaya anak muda, atau lebih kita kenal sebagai generasi millennial. Buat mereka yang bisa melihat peluang ini berikut target marketnya yang cukup luas, meraup untung berlipat dari memulai bisnis warung kopi bukanlah mimpi di siang bolong.

Tak perlu racik menu yang rumit

Tujuan Anda adalah menjalankan warung kopi, bukan rumah makan. Jadi tak perlu pusing-pusing meramu menu makanan dan minuman yang terlalu rumit. Yang perlu Anda beri pertimbangan lebih adalah bagaimana caranya menjayikan menu kopi yang sederhana namun belum pernah ditemukan di kompetitor Anda.

Sebagai teman ngopi, Anda bisa menyajikan makanan ringan seperti roti bakar, kentang goring, hingga gorengan pisang. Tak perlu membuat menu makanan berat seperti nasi goring, mie ayam, atau yang lainnya. Selain tak cocok sebagai teman minum kopi, akan jarang sekali pelanggan yang memesan makanan seperti itu masuk ke coffee shop Anda.

Target market yang luas

Seperti yang sudah disinggung di atas, penikmat kopi di tahun 2020 bukanlah hanya dari kalangan orang tua. Pelebaran target market penikmat kopi kini menjalar sampai di kalangan anak sekolah, mahasiswa, hingga para pekerja.

Tentu saja ini adalah sebuah peluang untuk meraup untung yang besar. Dengan strategi pemasaran yang baik, bukanlah hal yang mustahil buat Anda untuk menjadi seorang pebisnis warung kopi yang sukses di Indonesia.

Pilih lokasi tak harus yang wah

Enaknya menjalankan bisnis warung kopi adalah tempatnya bisa di mana saja. Punya modal lebih? Bisa coba buka coffee shop di dalam mall. Namun jika tidak, memilih tempat di daerah pertokoan, atau mengubah garasi rumah menjadi warung kopi pun jadi.

Yang penting lokasi bisnis Anda sudah memenuhi beberapa ketentuan dasar, di antaranya tempatnya nyaman (tidak terlalu berisik dan bersih), strategis – dalam artian cukup banyak orang yang berlalu lalang di sekitarnya, dan punya lahan parkir yang cukup. Untuk fasilitas tambahan seperti colokan listrik dan WiFi bisa dipertimbangkan juga.

Omzet datangnya harian

Tak seperti bidang usaha lainnya yang tak tentu kapan dikunjungi oleh pelanggan, tinggi kemungkinannya untuk coffee shop Anda diramaikan pengunjung setiap harinya. Selama Anda menjalankan strategi pemasaran dengan tepat, bukan mustahil pengunjung pertama akan menjadi pengunjung setia di hari-hari berikutnya.

Kesimpulan

Itu dia beberapa alasan mengapa usaha warung kopi kini makin digandrungi oleh pebisnis dan seperti menjamur di mana-mana. Selain potensi keuntungannya yang besar, tipe usaha yang satu ini terbilang mudah untuk dijalankan oleh mereka yang baru pertama kali mencoba berbisnis. Tak perlu khawatir dengan persaingannya yang ketat. Selama Anda yakin dengan ciri khas kopi dan coffee shop Anda serta strategi pemasaran yang dijalankan, sukses akan mengikuti setelahnya.

Kelola bisnis Anda lebih mudah

dengan rekrutmen tenaga kerja kami dan platform manajemen terbarukan.

MULAI SEKARANG HUBUNGI KAMI

One thought on “5 Alasan Utama Mengapa Bisnis Coffee Shop Jadi Kekinian

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>