7 Alasan Pentingnya Outsourcing, Kelebihan dan Kekurangan bagi Pekerja
Business Insight,Untuk Pencari Kerja,Worker Insights

7 Alasan Pentingnya Outsourcing, Kelebihan dan Kekurangan bagi Pekerja

7 Alasan Pentingnya Outsourcing, Kelebihan dan Kekurangan bagi PekerjaMenentukan sistem outsourcing untuk proses perekrutan karyawan adalah salah satu cara perusahaan memberikan kepercayaan operasi sehari-harinya kepada pihak ketiga.

Pihak tersebut dapat berupa perusahaan luar yang memiliki spesialisasi dalam melayani kebutuhan perusahaan.

Proses rekrutmen karyawan demikian dapat memberikan banyak keuntungan untuk perusahaan. Kebermanfaatan tersebut dapat membantu mengembangkan produk menjadi lebih baik dan melakukan transformasi secara menyeluruh.

7 Alasan Pentingnya Outsourcing

7 Alasan Pentingnya Outsourcing
7 Alasan Pentingnya Outsourcing

Outsourcing saat ini merupakan salah satu bagian utama dalam sebuah perusahaan untuk membantu menemukan sumber daya manusia yang handal  secara cepat dan efisien. Berikut beberapa alasan mengapa sebuah perusahaan memutuskan memilih outsourcing.

Perusahaan Memilih Outsourcing untuk Menghemat Biaya

Perusahaan menentukan outsourcing dalam proses rekrutmen karyawan karena biayanya lebih sedikit. Dengan memakai outsourcing, sebuah perusahaan dapat melakukan penghematan mencapai 20% dari total biaya proses.Hal itu salah satu Alasan Pentingnya Outsourcing.

Perusahaan mampu menggunakan budget pekerjaan yang digunakan secara administratif untuk merekrut karyawan. Penggunaan ini mempunyai dampak kepada perusahaan dan mampu menghasilkan biaya hemat menjadi lebih signifikan.

Kemampuan Perusahaan dapat Fokus pada Bisnis Utama

Agar dapat menjalankan bisnis menjadi lebih sukses, maka tiap orang yang mendukung perlu fokus pada kemampuannya. Selain itu, fokus kepada sesuatu yang dapat mendatangkan pendapatan, pelanggan maupun citra perusahaan.

Outsourcing dapat membuka jendela untuk kesempatan baru bagi sebuah perusahaan dalam memilih fokus di bisnis inti. Mereka dapat menyerahkan tiap tugas lain meliputi, rekrutmen karyawan pada pihak outsourcing.

Tidak Kesulitan dalam Menemukan Karyawan yang Sesuai

Sebuah perusahaan tidak perlu khawatir apabila, tidak memiliki karyawan internal dengan tugas berhubungan dengan bisnis perusahaan. Lantaran, perusahaan tersebut dapat bekerja sama dengan perusahaan outsourcing untuk menemukan karyawan yang sesuai.

Perusahaan bahkan mampu menyewa karyawan secukupnya selama perusahaan membutuhkan selama pekerjaan selesai. Tidak hanya itu, perusahaan outsourcing dapat membantu dalam menemukan layanan lain yang dibutuhkan.

Layanan tersebut dapat berupa, riset pasar, perencanaan bisnis, pemasaran E-mail, sumber produk, transkripsi video, pengujian manual, bantuan pribadi virtual, pengembagan web dan lain sebagainya.

Perusahaan dapat Mendelegasikan Tugas yang Sulit untuk Segera Dikerjakan

Pengusaha yang sukses sangat mengetahui berapa banyak kebutuhan waktu yang diperlukan untuk membuat rencana bisnis. Usaha yang dianggap sukses dapat membuat karyawannya sibuk dengan pekerjaan terbaik. Perusahaan mampu melakukan sewa setiap layanan lain yang dibutuhkan dalam jangka waktu tertentu.

Perusahaan dapat Merencanakan Ulang Proses Usaha

Sebuah perusahaan yang melakukan sewa layanan kemungkinan bisnis untuk lebih memperhatikan rekayasa ulang dalam proses bisnis dan manfaatnya. Dengan outsourcing, sebuah perusahaan dapat membawa sebuah inovasi dalam proses usaha.

Outsourcing sangat memungkinkan kesederhanaan dan penghapusan langkah yang dianggap tidak penting. Outsourcing dapat membantu dalam memberikan pelayanan dan proses tertentu dengan baik. Hal itulah Alasan Pentingnya Outsourcing

Mampu Memacu Pertumbuhan UMKM

Mampu Memacu Pertumbuhan UMKM
Mampu Memacu Pertumbuhan UMKM

Apabila sebuah perusahaan skala besar melakukan pengelolaan sendiri keseluruhan bisnis, maka kesempatan UMKM akan semakin mengecil.

Dengan adanya outsourcing penyedia makanan maka bisnis UMKM catering mengalami perkembangan pesat. Hal tersebut sama dengan bisnis outsourcing keamanan. Tidak hanya itu, bisnis outsourcing parkiran rekrutmen dan lain sebagainya.

Fokus pada Sebuah Bisnis

Pemakaian sistem ini dapat membuat sebuah perusahaan mampu fokus pada urusan lain yang dapat membuat sebuah perusahaan maju. Tidak hanya fokus pada sistem tenaga kerja dan pengurusan gaji yang akan diberikan.

Kelebihan Outsourcing bagi Para Karyawan Perusahaan

Alasan pentingnya outsourcing juga berimbas pada karyawan yang bekerja di dalamnya. Terdapat beberapa keunggulan menjadi seorang karyawan di perusahaan outsourcing yang bekerjasama dengan perusahaan pemberi kerja diantaranya meliputi

Penerimaan Cenderung Mudah

Bagi Anda yang baru lulus dan berkeinginan untuk mendaftar pekerjaan di sebuah perusahaan outsourcing. Maka pilihan tersebut merupakan peluang terbaik karena solusi terbaik agar Anda segera mendapatkan pekerjaan karena sistem penerimaan perusahaan ini relatif mudah.

Meningkatkan Kemampuan

Banyaknya perusahaan yang memberikan jasa outsourcing mempunyai SOP yang mengharuskan para karyawan perlu mendapatkan pelatihan.

Pada akhirnya para pegawai tersebut mendapatkan berbagai hal materi pelatihan sehingga keterampilannya berkembang dan memiliki manfaat di dunia kerja.

Pekerjaan dengan Keahlian Lebih Spesifik

Salah satu keuntungan menjadi seorang karyawan dengan perusahaan menggunakan metode outsourcing yakni, memiliki kemampuan spesifik.

Hal ini karena para pegawai tidak butuh mencari perusahaan yang berkeinginan untuk memakai jasa mereka. Perusahaan tersebut umumnya akan memilih untuk berbondong-bondong mencari orang dengan keahlian khusus ke perusahaan outsourcing.

Karyawan Lebih Mampu untuk Berkembang

Salah satu keunggulan menjadi karyawan di perusahaan ousourcing yakni, Anda memiliki kesempatan untuk berkembang secara fleksibel. Lantaran, sifat pekerjaan tidak terikat kepada perusahaan

Karyawan bisa Menjadi Wirausaha

Bagi Anda yang mempunyai jiwa kewirausahaan, maka menjadi karyawan perusahaan outsourcing dapat membantu Anda untuk menjadi wirausaha handal. Hal tersebut bergantung pada jenis pekerjaan yang Anda kerjakan dengan begitu sekaligus belajar sistem di dalam sebuah perusahaan.

Beberapa hal diantaranya berkaitan dengan masalah teknis. Tidak hanya itu, Anda juga mempunyai waktu cenderung longgar, Anda dapat menentukan pilihan sesuai dengan kontrak dan hanya perlu menyesuaikan dengan waktu yang Anda miliki.

Memperluas Jaringan

Dengan bekerja sebagai karyawan outsource Anda berpeluang untuk bertemu dengan orang-orang bertalenta lainnya. Serta anda akan memiliki citra di depan perusahaan maupun jasa outsourcing. Oleh karena itu, kelebihan yang paling berdampak jangka panjang adalah memperluas jaringan atau networking. Sehingga prospek karir anda kedepannya akan lebih cerah.

Kekurangan Menjadi Seorang Karyawan Perusahaan Outsourcing

Tidak Ada Jenjang Karir

Apabila Anda berkeinginan untuk menjadi pegawai korporat dan berkeinginan jenjang karir. Maka, menjadi pegawai pekerja outsourcing bukan pilihan tepat. Hal ini karena karyawan outsourcing tidak ada jenjang karir yang dianggap jelas.

Masa Kerjanya Tidak Jelas

Masa kerjanya tidak jelas terutama berkaitan dengan untung rugi. Biasanya, masa kerja pegawai outsourcing menjadi panjang. Selain itu kekurangannya karyawan outsourcing lebih rentan mengalami PHK.

Kesejahteraan Karyawan Belum Tentu Terjamin

Kesejahteraan menjadi pegawai tetap memang lebih baik dibandingkan dengan pekerja outsourcing terutama masalah kesejahteraan pegawai. Lantaran, perusahaan outsourcing tidak memberikan banyak tunjangan.

Itulah beberapa alasan pentingnya outsourcing, keuntungan sekaligus kekurangan menjadi pegawai outsourcing.

Butuh Pekerja Tambahan? Myrobin Perusahaan Jasa Outsourcing Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>