merekrut staff gudang profesional
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp

Anti Ribet, Ini Cara Merekrut Staff Gudang Profesional yang Mudah dan Cepat

Anti Ribet, Ini Cara Merekrut Staff Gudang Profesional yang Mudah dan Cepat –  Memiliki karyawan yang mampu bekerja dengan baik dan profesional menjadi impian semua pemilik perusahaan. Tidak hanya cara mendelegasikan tugas yang bisa dilakukan dengan mudah, Anda juga tidak perlu melakukan pengawasan secara ketat.

Sebab, staf yang Anda miliki sudah memahami dengan baik apa saja tugas dan kewajibannya selama bekerja. Namun, seringkali perusahaan merasa kesulitan untuk menemukan calon karyawan yang terbaik, terutama saat mencari staf gudang yang profesional.

Fakta yang kerap terjadi adalah, seringkali lowongan yang satu ini dianggap sebagai pekerjaan yang simpel dan mudah. Akibatnya, para kandidat yang mengajukan resume sebagian besar dari kalangan pelamar yang non pengalaman, baru lulus dari sekolah Menengah Atas atau fresh graduate sebagai sarjana.

Kriteria yang Harus Diperhatikan dalam Merekrut Staff Gudang

Kriteria yang Harus Diperhatikan dalam Merekrut Staff Gudang
Kriteria yang Harus Diperhatikan dalam Merekrut Staff Gudang

Sebagai pemilik, Anda membutuhkan cara merekrut staff gudang profesional agar stok barang tidak menjadi kacau. Ini dikarenakan pekerja ahli yang berpengalaman merupakan aset penting yang harus dijaga dengan baik.

Sebab, alur stok barang mulai dari pencatatan saat barang masuk hingga keluar harus ditangani dengan cermat dan teliti. Jika tidak, ada kemungkinan akan ada selisih jumlah persediaan barang ketika dilakukan stock opname.

Intinya, dalam memilih karyawan bagian gudang tidak bisa dilakukan secara acak dan tanpa perencanaan yang matang. Sebagai pertimbangan, berikut ini beberapa kriteria yang harus Anda perhatikan ketika akan mencari kandidat yang ahli dengan posisi sebagai staf gudang. Baca juga tentang apa itu staff gudang dan tugasnya.

– Pendidikan

Kriteria pertama yang harus diperhatikan sebagai cara merekrut staff gudang profesional adalah berdasarkan latar belakang pendidikannya. Saat memilih kandidat, perhatikan apakah ijazah yang tertera pada resume sudah sesuai dengan posisi sebagai staf gudang atau tidak.

Memperhatikan dengan seksama latar belakang pendidikan para kandidat yang sesuai memang sangat penting. Sebab, latar belakang pendidikan yang dimiliki akan memudahkan bagi kandidat tersebut dalam menjalankan pekerjaannya.

– Kemampuan yang Dimiliki

Ada kalanya kandidat yang telah memiliki modal berupa latar belakang pendidikan yang sesuai dengan posisi sebagai staf gudang justru tidak menguasai bidang tersebut. Maka sebagai penunjang, Anda juga harus memperhatikan serta mengecek kemampuan dan bakat yang dimiliki kandidat tersebut.

Bila perlu, berikan beberapa tes yang bisa membuktikan kemampuan dari para kandidat dan pilih yang mampu menyelesaikannya dengan baik. Dengan menggunakan kedua cara merekrut staff gudang profesional ini, Anda akan memperoleh kandidat unggulan yang tidak hanya memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai posisi jabatan yang diberikan tapi sekaligus yang mumpuni dalam menyelesaikan setiap tugas yang diberikan. 

Baca juga :   Pastikan Memilih Jasa Outsourcing Staff Gudang Terbaik

– Pengalaman Kerja

Pengalaman Kerja Staff Gudang
Pengalaman Kerja Staff Gudang

Kriteria berikutnya yang juga sangat penting untuk diperhatikan adalah pengalaman yang dimiliki para calon staf gudang. Umumnya, semakin banyak pengalaman yang dimiliki seseorang semakin tinggi peluangnya untuk diterima bekerja.

Namun, hal ini tidak sesederhana seperti yang terlihat karena seringnya seseorang berpindah tempat kerja mungkin disebabkan rasa tidak betah jika terlalu lama bekerja di sebuah tempat. Kandidat yang memiliki hobi seperti ini justru menandakan sebagai sikap tidak loyal terhadap perusahaan.

Jadi, cara merekrut staff gudang profesional yang terbaik adalah dengan menggali informasi mengenai alasan yang mendasari perbuatannya yang sering berpindah tempat kerja. Misalnya, dengan cara menelpon dan menanyakan kepada perusahaan yang tertera di resume dan mengkonfirmasi mengenai alasannya keluar dari perusahaan tersebut.

– Pertimbangkan Usia

Kriteria berikutnya yang jadi pertimbangan dalam memilih karyawan dengan posisi sebagai staf gudang adalah usia calon karyawan itu sendiri. Ada dua alternatif yang bisa dipilih jika berdasarkan usia calon karyawan beserta plus minusnya.

Pertama, memilih yang usianya lebih muda dengan alasan stamina lebih kuat dan bisa lebih fokus saat bekerja. Namun, karyawan yang usianya muda masih cenderung labil dan memilih pekerjaan bukan berdasarkan kemampuan namun berdasarkan gaji yang diberikan.

Itu sebabnya, jika memilih berdasarkan usianya yang muda lebih rentan untuk berhenti karena hobinya yang sering berganti-ganti pekerjaan. Cara merekrut staff gudang profesional yang kedua berdasarkan usia adalah memilih karyawan yang usianya lebih tua.

Biasanya, para kandidat yang sudah berumur tersebut sudah lebih stabil emosinya dan berpengalaman. Jadi, mereka tidak akan mudah untuk berganti-ganti pekerjaan ketika ada kendala dalam pekerjaannya sebagai staf gudang.

Mereka akan berpikir seribu kali untuk keluar dari perusahaan tempatnya bekerja dengan alasan klasik yaitu keluarga. Itu sebabnya, pertimbangkan dengan matang dan pilih calon staf gudang yang usianya sesuai dengan kebutuhan dan kriteria yang sudah Anda tetapkan sebelumnya. 

– Berprinsip dan Etos Kerja Tinggi

Karyawan yang memiliki prinsip hidup yang jelas menjadi salah satu cara merekrut staff gudang profesional yang terbaik. Jika prinsip hidup yang dimiliki sudah tepat, maka Ia tidak akan berani bertingkah macam-macam yang menjurus pada perbuatan negatif saat bekerja nanti.

Beberapa prinsip hidup yang harus dimiliki oleh staf gudang adalah jujur, amanah, bertanggung jawab, dan baik. Dengan prinsip hidup yang kuat tersebut, Ia akan bekerja dengan baik dan penuh semangat.

– Komitmen Tinggi

Kriteria berikutnya dalam memilih calon karyawan dengan posisi sebagai staf gudang adalah kandidat yang memiliki komitmen tinggi terhadap setiap pekerjaan yang dilakukan. Komitmen tersebut tidak hanya diucapkan secara lisan saja, melainkan diwujudkan dalam bentuk yang nyata.

Baca juga :   Sebenarnya Apa itu Sales Operations, Fungsi, Serta Jenjang Karir yang Dimiliki

Untuk mengetahui bagaimana bentuk dari komitmen tersebut, Anda bisa melakukan masa percobaan pada kandidat yang terpilih sebagai staf gudang. Dalam rentang waktu masa percobaan tersebut akan terlihat apakah kandidat tersebut memiliki komitmen yang baik atau hanya sekadar isapan jempol semata.

– Gali Karakternya

Kriteria terakhir yang harus dilakukan sebagai cara merekrut staff gudang profesional adalah menggali lebih dalam terhadap hal-hal yang berkaitan dengan karakter dari kandidat. Pastikan bahwa karakter yang dimiliki kandidat sesuai dengan posisi job yang ditawarkan yaitu sebagai staf gudang.

Jika karakter ini sulit ditemukan saat sesi wawancara berlangsung, Anda bisa menggali informasinya melalui masa percobaan. Nantinya, saat bekerja sebagai staf gudang akan terlihat bagaimana karakter dan juga kepribadian yang sesungguhnya.

Perusahaan Jasa Outsourcing

Myrobin
Myrobin – Perusahaan Jasa Outsourcing

Sulitnya mendapat kandidat staf gudang yang profesional membuat sebagian besar perusahaan menjalin kerjasama dengan pihak ketiga yaitu perusahaan jasa outsourcing. Pihak ketiga inilah yang akan menjalankan tugas sebagai HRD bagi perusahaan Anda.

Ini merupakan cara merekrut staff gudang profesional paling praktis dan simpel serta tidak membutuhkan waktu yang lama dibandingkan jika Anda sendiri yang mencari kandidat. Jadi, Anda hanya perlu memberikan informasi karyawan seperti apa yang diinginkan, 

merekrut staff gudang profesional
merekrut staff gudang profesional

posisi jabatan yang ditawarkan, gaji, dan informasi-informasi penting lainnya.

Nantinya, dalam waktu yang telah ditentukan, Anda akan memperoleh kandidat terbaik untuk menjabat sebagai staf gudang. Intinya, dengan menjalin kerjasama atau jadi mitra bisnis perusahaan outsourcing seperti myrobin, Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan, diantaranya adalah sebagai berikut:

– Karyawan Berpengalaman

Keuntungan pertama yang akan Anda rasakan jika menjalin kerjasama dengan pihak perusahaan outsourcing adalah lebih berpeluang untuk mendapatkan karyawan yang berpengalaman. Ini dikarenakan banyak karyawan outsourcing yang telah bekerja di posisi yang sama selama bertahun-tahun.

Dengan berbekal pengalaman tersebut, Anda akan lebih mudah lagi dalam memberikan instruksi dan tugas yang harus diselesaikan sebagai staf gudang kepada kandidat tersebut. Intinya, cara merekrut staff gudang profesional paling mudah dan praktis adalah dengan meminta bantuan pihak perusahaan outsourcing. 

– Hemat Biaya Training

Keuntungan kedua menjalin kerjasama dengan perusahaan jasa outsourcing adalah bisa menghemat biaya. Sebab, kandidat terpilih yang akan bekerja di perusahaan Anda telah memiliki pengalaman bertahun-tahun sebagai staf gudang.

Jadi, Anda tidak perlu lagi memberikan pelatihan atau training seperti pada umumnya. Sebab, calon karyawan tersebut telah terbiasa menyelesaikan tugasnya sesuai dengan standar kerja perusahaan untuk mencapai visi dan misi perusahaan.

– Hemat Waktu

Menjadi mitra dari perusahaan jasa outsourcing merupakan cara merekrut staff gudang profesional paling praktis dan menghemat waktu. Bagaimana tidak, Anda dan pihak HRD tidak perlu lagi melakukan hal-hal yang berkaitan dengan proses perekrutan tersebut.

Baca juga :   Mengenal Apa Itu Sales Analyst dan Kualifikasinya

Sebagaimana diketahui, proses mencari kandidat yang berpengalaman bukan merupakan hal yang mudah. Anda harus membuat daftar kriteria calon karyawan yang diinginkan, membuat iklan lowongan kerja, menyeleksi resume yang masuk, melakukan tes dan sesi wawancara, hingga memberi penawaran kerja kepada pihak calon kandidat.

Berbeda jika Anda menggunakan jasa outsourcing, semua prosedur yang melelahkan tersebut tidak perlu lagi dijalani. Sebab, semua itu menjadi tanggung jawab pihak outsourcing. Rekanan outsourcing hanya membutuhkan data dan kriteria yang Anda inginkan dan dalam waktu singkat sejumlah kandidat staf gudang yang profesional akan ada dihadapan Anda.

– Mengandalkan Perjanjian

Dengan memilih cara merekrut staff gudang profesional seperti ini, Anda bisa memiliki karyawan dengan sistem kontrak. Hal ini bisa jadi lebih menguntungkan bagi Anda karena bisa mengeluarkan karyawan tersebut sesuai dengan isi perjanjian yang telah disepakati.

Hal tersebut berlaku apabila sudah selesai masa kontraknya dan ternyata karyawan tersebut tidak memenuhi kriteria yang telah Anda tetapkan sebelumnya. Sebaliknya, jika sudah cocok dengan karyawan pilihan pihak jasa outsourcing. Anda bisa melakukan perpanjangan masa kontrak secara berkala

– Fokus Kembangkan Bisnis

Saat semua proses perekrutan telah diambil alih oleh pihak jasa outsourcing, secara tidak langsung beban pekerjaan menjadi lebih ringan. Dengan demikian, Anda bisa lebih fokus lagi dalam menjalankan bisnis dan berupaya dalam pengembangannya.

Sebab, semua hal yang memusingkan mulai dari memilah resume hingga melakukan sesi tes wawancara sudah tidak perlu lagi dilakukan. Tugas yang Anda lakukan sebagai cara merekrut staff gudang profesional hanya memberikan wawancara akhir kepada kandidat terpilih.

Beberapa pertanyaan yang diajukan pun hanya seputar hal-hal umum seperti, apa saja yang pernah dikerjakan yang berhubungan dengan posisi sebagai staf gudang. Mau bekerja overtime atau tidak, dan apa saja tunjangan yang diinginkan.

Selain itu, Anda juga bisa bertanya mengenai informasi apa saja yang diketahui kandidat tentang perusahaan milik Anda, dan apa komitmen seperti apa yang akan diberikan kepada pihak perusahaan jika akhirnya terpilih sebagai staf gudang.

Intinya, ini merupakan cara merekrut staff gudang profesional yang paling praktis, simpel, dan anti ribet yaitu dengan menjalin kerjasama dengan pihak perusahaan jasa outsourcing ternama seperti myrobin. Sebab, Anda hanya perlu menyiapkan beberapa pertanyaan yang bisa digunakan sebagai pertimbangan akhir apakah akan merekrut kandidat terpilih sebagai staf gudang atau tidak.

Sedang Cari Staff Gudang? Jasa Outsourcing Terbaik dan Terpercaya di Indonesia. Hubungi myrobin.id menyediakan tenaga kerja bertalenta & profesional

Kelola Bisnis Anda Lebih Mudah

dengan rekrutmen tenaga kerja kami dan platform manajemen modern.

Artikel terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Selamat Datang di MyRobin.id

Apa yang sedang Anda cari?

job-search (2)

Saya Ingin Melamar Kerja

Buat akun untuk mencari lowongan yang tepat untuk anda

X