Apa itu Bisnis Development
Resources,Untuk Pemberi Kerja,Untuk Pencari Kerja,Untuk Professional

Cari Tahu Apa Itu Business Development dan Skill Pendukung

Cari Tahu Apa Itu Business Development dan Skill Pendukung – Business Development atau posisi kerja yang sering disingkat dengan DB ini ternyata akan sangat cocok bagi Anda yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Apalagi Anda memiliki kemampuan untuk melakukan interaksi dengan orang-orang dan lingkungan yang baru, serta didukung dengan minat untuk melakukan bisnis.

Tidak sedikit orang yang menganggap bahwa Business Development sama seperti Sales. Padahal kedua divisi yang sama-sama dibutuhkan dalam perusahaan yang bergerak dibidang bisnis ini akan memiliki perbedaan yang sangat menonjol. Sekalipun kedua divisi ini memiliki tujuan umum untuk meningkatkan penjualan suatu produk yang dimiliki oleh perusahaan, tapi tentunya terdapat perbedaan.

Pengertian: Mengenal Apa itu Bisnis Development ?

Pengertian: Mengenal Apa itu Bisnis Development ?
Pengertian: Mengenal Apa itu Bisnis Development ?

Business Development sendiri memiliki proses menciptakan nilai dalam jangka panjang untuk suatu perusahaan, yang dapat dilakukan melalui pelanggan, pasar, dan juga membentuk relasi bisnis. Sehingga tugas dari divisi BD ini adalah penanggung jawab untuk mencari suatu cara agar menciptakan peluang terhadap perusahaan agar terus tumbuh, melalui terciptanya suatu interaksi antara pelanggan, pasar, dan relasi dari bisnis tersebut.

Uang, keuntungan, image yang positif, atau berbagai hal yang menjadi tujuan utama sebuah perusahaan berkembang akan menjadi bentuk dari nilai jangka panjang atau long term value yang menjadi tujuan dari Business Development. Divisi BD tidak sekadar berupaya mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya dalam waktu singkat. Namun, juga harus memikirkan strategi dan taktik dalam jangka panjang untuk mengembangkan perusahaan.

Dengan kata lain, apa itu Business Development adalah orang yang bertanggung jawab terhadap perputaran uang terus-menerus agar perusahaan selalu mendapatkan keuntungan. Oleh karena itu, BD akan berupaya mengembangkan 3 unsur dengan suatu cara untuk mencapai tujuan yang bernilai jangka panjang di perusahaan. Unsur pertama pada BD ialah pelanggan atau customer yang memiliki kebutuhan dan karakteristik yang berbeda.

Tugas dari Business Development pada unsur pertama ini adalah membuat suatu strategi agar produk, baik berupa barang atau jasa dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat. Unsur kedua dalam mencapai tujuan jangka panjang pada BD yaitu pasar. Pada unsur ini, seorang yang bekerja pada divisi BD harus memiliki kemampuan untuk mengembangkan target pasar agar tidak stagnan, dengan cara melakukan penyesuaian terhadap produknya.

Apa itu Business Development unsur ketiga yaitu relasi bisnis yang perlu dibangun dan dijaga hubungannya untuk perkembangan lanjutan dalam mencapai nilai jangka panjang. Saling percaya, respek, dan memberikan apresiasi antara BD dan relasi dapat menjalin suatu hubungan yang baik dalam mengembangkan perusahaan dan mencapai tujuan tersebut. Hal ini juga akan turut menjadikan suatu bisnis bertahan lama dan mampu bersaing sempurna.

Adapun serangkaian tanggung jawab yang perlu dilakukan oleh  Business Development sebagai satu kesatuan dari pekerjaan wajibnya di suatu perusahaan. Seperti yang telah ditekankan bahwa BD ini memiliki tujuan mencapai nilai yang berjangka panjang, karenanya akan membutuhkan riset pasar agar mengetahui lapisan masyarakat yang memerlukan suatu produk yang sesuai dan perusahaan dapat menyediakannya.

Hal ini dapat membantu apa itu Business Development dalam memahami suatu produk yang dimiliki oleh perusahaan tempat bekerja, lalu membandingkannya dengan produk milik pesaing atau kompetitor. Sehingga nantinya BD akan mengetahui letak dari suatu produk perusahaannya di dalam pasar. BD pun memiliki tugas penting untuk menyusun dan mempresentasikan rencana pengembangan bisnis perusahaan.

Demi merealisasikan berbagai rencana pengembangan bisnis perusahaan tersebut, Business Development juga akan melakukan kerja sama dengan divisi lain untuk memenuhi kebutuhan pasar atau klien. Seperti halnya BD akan melakukan kerja sama dengan divisi Sales untuk mendapatkan klien atau pelanggan yang baru, dengan demikian akan memiliki peluang yang lebih besar untuk mencapai tujuan nilai dalam jangka panjang.

Tidak heran jika divisi yang perlu diketahui apa itu Business Development ini akan melakukan riset pasar secara berkala untuk mencapai tujuannya tersebut. Tugas dari BD memang mencakup hal-hal yang lebih mementingkan kelanggengan suatu hubungan, baik di dalam perusahaan dengan tim, divisi lain, bahkan hingga keluar perusahaan. Sehingga sangat penting untuk selalu menjaga relasi yang baru terbentuk atau yang sudah lama terjalin.

Apa Saja Skill yang Harus dimiliki Seorang Business Development?

Apa Saja Skill yang Harus dimiliki Seorang Business Development?
Apa Saja Skill yang Harus dimiliki Seorang Business Development?

Kecakapan dari seorang Business Development untuk selalu mengetahui kebutuhan pasar, dan menjaga hubungan yang baik dengan relasi bisnis akan menjadi penunjang dalam kelangsungan suatu produk. Apalagi saat ini dunia bisnis semakin bergejolak dengan pola persaingan yang ketat dalam mendapatkan klien atau pelanggan. Anda sebagai seorang atau bagian dari tim divisi BD harus mengasah skill berikut ini.

Motivasi Tinggi Perlu Dimiliki Business Development

Pencapaian target sudah menjadi bagian dari pekerjaan Business Development, karenanya sering dimiripkan dengan divisi Sales. Seorang BD harus memiliki motivasi yang tinggi untuk menjalankan banyak tanggung jawab besar di dalam perusahaan. Tidak sekadar mengusahakan perputaan keuangan berjalan lancar sesuai tujuan perusahaan, tapi banyak strategi yang perlu dilakukan agar produk selalu diminati oleh masyarakat luas.

Motivasi yang tinggi dan kedisiplinan dalam bekerja sangat diperlukan untuk menunjang suatu pekerjaan dari apa itu Business Development. Seorang BD sangat tidak dianjurkan memiliki sikap yang mudah menyerah dalam memenuhi target, meski memiliki keterbatasan dan juga deadline dalam melakukan pekerjaan. Apabila seorang BD tidak memiliki motivasi tinggi, bisa jadi posisi Anda dapat terancam di tim BD.

Atur Management Waktu dan Sumber Daya untuk Business Development yang Sukses

Skill selanjutnya yang perlu dimiliki oleh seorang Business Development yaitu memiliki management waktu dan sumber daya yang tepat. Sebab, fokus tugas dari seorang BD sangatlah beragam, dan Anda harus memiliki kemampuan dalam mengatur waktu dan menentukan prioritas agar suatu tujuan tercapai. Dari rangkaian riset, menentukan berbagai rencana pengembangan produk, hingga menjalin relasi tentu butuh waktu yang tepat.

Apa itu Business Development Seorang BD juga harus pintar-pintar mengatur sumber daya yang ada pada tim dan perusahaan supaya bisa mendukung pertumbuhan bisnis. Sumber daya ini bisa berupa orang-orang yang tergabung di dalam satu divisi atau juga di luar divisi yang ada dalam perusahaan selain itu, relasi bisnis juga termasuk dalam sumber daya yang perlu diatur secara tepat agar bisa mengembangkan produk yang dimiliki perusahaan.

Miliki Keterampilan Komunikasi sebagai Business Development

Rangkaian tugas dan kewajiban seorang Business Development  tentunya akan menuntut setiap orang yang tergabung di dalam divisinya harus memiliki keterampilan dalam melakukan komunikasi. Sebab, BD tidak hanya melakukan pekerjaannya di balik layar atau di dalam perusahaannya saja, karena akan berjumpa dan perlu membangun relasi yang baik di dalam dan di luar perusahaan.

Pasalnya, apa itu Business Development harus melakukan komunikasi yang baik dengan calon pelanggan atau klien, tim, dan juga mampu melakukan presentasi di hadapan klien dan rekan bisnis. Sehingga seorang BD wajib mengasah kemampuannya dalam berkomunikasi agar hubungan relasi dapat berjalan sebagaimana dengan mestinya, dan usia dari produk yang dimiliki perusahaan juga bisa semakin panjang.

Strategi Marketing Diperlukan oleh Seorang Business Development  

Strategi Marketing Diperlukan oleh Seorang Business Development
Strategi Marketing Diperlukan oleh Seorang Business Development

Sekilas divisi Business Development memiliki kemiripan dengan Sales. Namun sudah jells dari nilai jangka waktu yang ingin dicapai keduanya berbeda. Namun, dikarenakan masih terkait dalam hal yang berupa bisnis, keduanya butuh skill strategi marketing. Faktanya, BD banyak bekerja dengan divisi Marketing untuk mempromosikan brand. Tidak heran jika seorang BD sebaiknya memiliki skill dasar dalam bidang marketing.

Asah Kemampuan Negosiasi sebagai Business Development  

Inilah sebuah dunia bisnis yang begitu besar, ketahui apa itu Business Development dan untuk menjadi yang profesional di bidang tersebut, Anda butuh kemampuan untuk melakukan negosiasi. Banyaknya tugas dan tanggung jawab sebagai seorang BD memang diperlukan untuk memiliki keahlian dalam melakukan negosiasi agar terciptanya relasi yang mampu mengembangkan produk yang dimiliki perusahaan.

BD memenuhi pekerjaannya akan dihadapkan untuk melakukan negosiasi dengan klien yang sudah ada atau calon klien yang berpotensi untuk kerja sama dengan perusahaan. Business Development  harus mengasah skill dalam melakukan negosiasi agar semua proyek berhasil tercapai, dan membangun relasi bisnis yang lebih luas. Ketika seorang BD sangat cakap dalam negosiasi, maka dengan mudah mendapatkan dan menjaga hubungan dengan klien.

Asah Kemampuan Melakukan Analisis Data sebagai Business Development  

Apa itu Business Development juga akan dituntut untuk memiliki kemampuan dalam melakukan analisis data untuk menunjang pekerjaannya. Mulai dari data pertumbuhan penjualan per bulan, data investor, data klien, hingga data dari kompetitor yang perlu dianalisis dan dipelajari untuk mampu bersaing di pasar, serta dapat menjangkau masyarakat dari berbagai kalangan dengan kebutuhan atas produk yang dimiliki oleh perusahaan.

Seorang Business Development  membutuhkan ketelitian dan kemampuan analisis data agar tujuan dengan nilai jangka waktu panjang bisa tercapai. Bahkan data tidak hanya tersaji dalam bentuk tulisan saja. Namun, data-data yang perlu dianalisis BD biasanya juga berupa data yang berisi pola gambar, angka, pola angka, bahkan operasi matematika.

Selain itu, kemampuan analisis data ini juga harus ditunjang dengan skill dari seorang Business Development  yang harus mampu melakukan penyusunan data dan menyajikannya kepada atasan dengan bahasa yang mudah dimengerti, serta berdasarkan hasil riset yang dilakukan. Baik itu riset yang dilakukan secara rutin atau bahkan riset berkala yang memang telah ditetapkan agar mampu menguasai pasar melalui produk yang ditawarkan.

Asah Skil Project Management sebagai Business Development  

Kompleks dan berisiko tinggi memang menjadi hal yang sangat membayang-bayangi posisi Business Development untuk mengembangkan sebuah bisnis. Bagaimana tidak menjadi sebuah risiko yang tinggi, karena nasib sebuah perusahaan baik yang masih kecil apalagi taraf yang besar, ada di tangan seorang BD. Setiap kemungkinan terbaik dan terburuk sudah harus siap dihadapi oleh Business Development dan tim yang ada di dalamnya.

Rangkaian tugan dan tanggung jawab dari apa itu Business Development tidak sekadar mengurus proyek saja, melainkan Anda dituntut untuk mampu melakukan kerja sama dengan tim, memberikan support di dalam tim, serta melakukan pemecahan masalah apabila dibutuhkan. Jiwa leadership perlu ditanamkan dan diimbangi  dengan Project Management agar semua proyek bisa berjalan lancar dan selaras dengan tim.

Sedang Cari Karyawan? Jasa Outsourcing Terbaik dan Terpercaya di Indonesia. Hubungi myrobin.id menyediakan tenaga kerja bertalenta & profesional

Hasilkan uang lebih dengan MyRobin

tentukan waktu dan lokasi kerjamu sendiri

YUK GABUNG MYROBIN MITRA

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>