Apa Itu Curriculum Vitae ? Berikut Pengertian dan Manfaatnya
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp

Apa Itu Curriculum Vitae ? Berikut Pengertian dan Manfaatnya

Apa itu curriculum vitae? Ketika melamar kerja CV atau curriculum vitae ini menjadi alat penting sebagai persyaratan. Adapun CV yang digunakan biasanya berbahasa Indonesia atau berbahasa Inggris. Dengan penyusunan CV yang relevan ini akan sangat membantu pihak perusahaan untuk bisa melihat kompetensi kandidat dan kebutuhan lainnya. Apa yang dimaksud dengan CV? Apa saja manfaat CV?

Pengertian Curriculum Vitae

Pengertian Curriculum Vitae
Pengertian Curriculum Vitae

Cv ini hadir sebagai salah satu komponen yang biasanya diminta perusahaan ketika lamaran kerja. Dengan adanya CV maka membuat perusahaan lebih mudah dalam menyeleksi kandidatnya. Maka dari itu para pelamar kerja akan menggunakan CV ini sebagai alat untuk bisa mendapatkan pekerjaan. Dimana CV juga menjadi penentu seorang kandidat dianggap layak dan diterima kerja.

Umumnya CV akan menampilkan profil singkat yang ada pada menunya, misalnya nama, pengalaman kerja, skill, personalisasi, email, nomor kontak dan sebagainya. Yang mana komponen inti ini harus ada pada CV yang dibuat. Pasalnya tim HRD akan membaca kriteria kandidatnya melalui CV secara singkat dan melihat dengan cepat. Dengan begitu akan lebih mudah untuk bisa memberikan akses info diri secara detail lewat CV.

Apa itu Curriculum Vitae? Dengan memahaminya maka pembuatan CV harus sesuai prosedur dan tidak boleh bertele-tele dalam penulisan. Pentingnya memperhatikan apa saja yang harus ditulis dan tidak pada CV ini tentunya agar ke depannya nanti bisa melihat bahwa CV lebih ke data spesifik. Jadi para jajaran HRD biasanya cukup melihat CV yang dilampirkan untuk menerima seseorang sesuai dengan profil yang ada pada CV.

Dengan memeriksa setiap detail CV merupakan strategi jitu dalam menampilkan CV yang terbaik. Peluang besar diterima kerja yaitu bergantung pula pada CVnya, oleh karena itu, CV menjadi komponen penting dalam menyajikan validitas informasi kandidatnya. Itulah hal yang bisa dipahami tentang CV, lalu apa saja manfaatnya?

Baca juga :   Tips Wawancara Agar Sukses Diterima Bekerja

Manfaat Curriculum Vitae

Manfaat Curriculum Vitae
Manfaat Curriculum Vitae

Setelah memahami apa itu curriculum vitae maka pahami pula manfaat adanya CV tersebut.Tentunya manfaat yang dimiliki CV ini sangat besar dan sangat penting digunakan pada dunia kerja. Maka dari itu keberadaan CV ini menjadi suatu hal yang sangat penting, apa saja keuntungannya?

Menyampaikan Profil Kandidat

Pada saat membuat CV yang spesifik ini maka seorang kandidat telah menuliskan profilnya. Dengan harapan apa yang sudah ditulis tersebut mampu mewakili dirinya dan mendapatkan posisi kerja yang diinginkan ketika melamar. Untuk selanjutnya apa yang telah disampaikan mengenai isi dari CV tersebut akan mempertegas profil dari pelamar kerjanya.

Biasanya profil yang tertampil pada CV justru garis besarnya data diri yang lebih singkat serta fleksibel. Misalnya saja ada pengalaman kerja, skill juga prestasi yang pernah diraih oleh kandidat. Dengan begitu, maka CV bisa memberikan manfaat untuk sharing dalam penyampaian profil yang lebih terstruktur.

Sebagai Alat Untuk Penilaian Perusahaan

Ketika lowongan kerja dibuka dan perusahaan mengharuskan membuat CV maka pahami dahulu apa itu curriculum vitae. Setelah memahaminya maka selanjutnya untuk bisa memberikan gambaran yang tepat tentang kondisi diri. Jangan sampai penyampaian profil diri pada CV bertele-tele, hal ini justru akan membuat jajaran HRD tidak simpatik.

Saat membuat CV sesuai prosedur maka CV inilah yang digunakan sebagai alat untuk penilaian perusahaan. Dimana perusahaan akan menerima kandidatnya berdasarkan CV yang sudah tertulis dan tersampaikan dengan baik tersebut. Oleh karena itu, memperhatikan detail pembuatan CV ini sangat penting agar nantinya mendapatkan nilai yang layak dari pihak perusahaan.

Sebagai Data Personal

Untuk selanjutnya manfaat CV yaitu sebagai data personal, dimana data tersebut akan jelas setiap individunya. Tentunya setiap pelamar kerja akan mencantumkan CV sebagai syarat yang penting dalam penggunaanya tersebut. Maka dari itu, CV bisa jadi lebih menarik ketika disajikan menggunakan desain yang fleksibel bisa didapatkan di aplikasi myrobin.id secara gratis untuk desainnya.

Baca juga :   Trik Mengakali CV Tanpa Pengalaman Kerja Buatmu Para Fresh Graduate

Dengan adanya berbagai spesifikasi data yang ada inilah CV menjadi komponen penting data personal ketika masuk melamar kerja. Pihak perusahaan juga akan melakukan banyak pertimbangan terkait adanya CV ini. Dimana pihaknya akan membandingkan data personal satu dan lainnya yang kemudian memutuskan untuk menerima kandidat yang ada dan sesuai kriteria.

Mempermudah Evaluasi Perusahaan

Rekrutan pekerjaan yang dibuka sebuah perusahaan mengharuskan untuk membuat CV. Apa itu curriculum vitae? Biasanya disingkat CV ini merupakan data personal yang telah dispesifikasi agar menyatakan gambaran seseorang pada pengalaman juga skill dan keilmuannya.Dengan tampilan penting inilah yang sangat mempermudah proses evaluasi perusahaan.

Adapun kehadiran CV juga memberikan solusi praktis sebuah perusahaan melakukan evaluasi ketika mencari kandidat. Dengan melihat berbagai CV yang ada saat itu juga, maka sangat baik untuk menampilkan informasi yang dibutuhkan perusahaan terkait dengan kinerja dan skill yang dimiliki oleh pelamar kerja tersebut.

Bukti Melamar Kerja

Adapun CV yang telah dibuat oleh orang yang akan melamar kerja tentunya digunakan sebagai bukti untuk melamar kerja. Saat ini banyak sekali tampilan CV yang menarik dan bisa jadi salah satu ide ketika membuatnya. Saat CV menjadi bukti untuk melamar kerja maka harus disajikan dengan menarik dan memikat hati pada HRD saat melakukan seleksi.

Bukti lamaran kerja ini yang berupa CV memang harus dimiliki, pasalnya CV bisa digunakan untuk beragam keperluan. Salah satunya yaitu melakukan lamaran kerja dengan sepenuh hati dan menetapkan tujuan atau bidang yang sesuai. Adapun bukti dari melamar CV ini bisa jadi assessment untuk perusahaan.

Sebagai Arsip Personal

Kehadiran CV yang ada saat ini dimana seseorang yang akan buat CV ini harus paham apa itu curriculum vitae terlebih dahulu. Yang selanjutnya masukkan komponen penting yang harus ada pada CV tersebut. Misalnya saja nama, email, nomor telepon, pendidikan formalnya, informal, pengalaman organisasi, skil, pengalaman kerja juga prestasi. Dengan menyajikan detail serta singkat, maka CV yang dibuat ini sudah layak dan sesuai prosedur.

Baca juga :   Kenali Berbagai Posisi Dalam Bidang Sales Dan Mengapa Prospek Kerja Sales Menjanjikan

Adapun arsip personal ini sangat penting dimiliki oleh seseorang, seperti CV ini. jadi sewaktu-waktu dibutuhkan tinggal menambahkan apa yang perlu diperbaharui. Kemudian tinggal di save saja, saat ini sangat mudah untuk buat CV bisa menggunakan aplikasi secara online juga gratis di myrobin.id.

Untuk Keperluan Lainnya

Tidak hanya untuk melamar kerja saja, tetapi CV juga dibutuhkan untuk berbagai keperluan lainnya yang spesifik. Misalnya saja ketika memiliki keahlian di bidang tertentu dan mendapatkan undangan untuk mengisi, maka dibutuhkan atau dilampirkan dengan CV. Jadi pentingnya punya CV juga bisa untuk kepentingan lainnya.

Saat harus membutuhkan CV sewaktu-waktu maka tinggal share saja karena telah mempunyai arsipnya. Maka dari itu, penting untuk membuat CV dengan tampilan serta desain yang menarik juga elegan agar lebih eye catching.

Itulah beberapa manfaat CV dan apa itu curriculum vitae yang perlu dipahami dalam proses pembuatannya. Jika ingin mendapatkan informasi lengkap tentang dunia kerja bisa ke aplikasi lowongan kerja myrobin.id di situs app.myrobin.id yang juga menyediakan pembuatan CV gratis. Temukan informasi dan tips lainnya seputar dunia karir dan pekerjaan hanya di blog myrobin.

Kelola Bisnis Anda Lebih Mudah

dengan rekrutmen tenaga kerja kami dan platform manajemen modern.

Artikel terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Selamat Datang di MyRobin.id

Apa yang sedang Anda cari?

job-search (2)

Saya Ingin Melamar Kerja

Buat akun untuk mencari lowongan yang tepat untuk anda

X