Apa itu Hospitality dan Apa saja Tugasnya
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp

Apa itu Hospitality dan Apa saja Tugasnya

Apa itu Hospitality dan Apa saja Tugasnya – Pada umumnya masyarakat masih tidak tahu atau asing tentang industri ini. Bahkan banyak orang yang menganggap istilah ini sebagai arti dari rumah sakit atau bersangkutan dengan rumah sakit.

Bagi orang yang berkecimpung dalam dunia perhotelan dan pariwisata tentu tidak asing dengan industri keramahtamahan ini. Tidak heran mereka yang juga memahami tentang seluk beluk dari industri keramahtamahan.

Nama yang masih asing bagi masyarakat ini memang sejak dulu  hingga sekarang jarang sekali di ekspor atau diperkenalkan ke publik seperti industri lain. Sehingga orang yang tidak berada dalam bidang perhotelan atau pariwisata tidak akan kenal industri ini.

Sebenarnya industri keramahtamahan bukan industri baru dalam bidang profesi atau pekerjaan. Industri ini sama seperti industri lain yaitu transportasi, ekonomi, teknologi, dan sosial yang sudah ada sejak lama.

Definisi Dari Hospitality

Definisi Dari Hospitality
Definisi Dari Hospitality

Pada dasarnya definisi hospitality merupakan hubungan yang terjadi antara tamu dengan tuan rumah, atau sikap ramah. Dengan cara memberi pelayanan atau menerima tamu, pengunjung, atau bahkan orang asing yang datang.

Sehingga industri ini bergerak dalam bidang melayani tamu atau yang bersangkutan dengan sikap keramah-tamahan. Sektor industri dalam bidang ini sangat luas, sehingga tidak hanya di bidang perhotelan saja.

Banyak sektor yang spesifik dan relevan pada berbagai konsentrasi seperti kuliner, travel dan turis, event, serta hospitality management. Sektor tersebut tersedia di banyak area dengan berbagai profesi.

Biasanya kita dapat menjumpai sikap keramah-tamahan salah satunya pada rumah sakit. Meskipun rumah sakit tidak termasuk ke dalam industri keramahtamahan, namun manajemen dalam rumah sakit ada yang menggunakan ilmu keramahtamahan.

Baca juga :   7 Alasan Pentingnya Outsourcing, Kelebihan dan Kekurangan bagi Pekerja

Selain di rumah sakit, kita juga sering menjumpai sikap keramah-tamahan di pasar, bank, SPBU, minimarket, dan tempat lainnya. Tempat-tempat tersebut yang menerapkan manajemen keramah-tamahan.

Peminat Industri Hospitality

Di Indonesia sendiri sudah memiliki banyak tempat wisata, hotel, kuliner dan hiburan lain, industri dalam bidang ini sudah berkembang pesat. Selain itu  upaya Menteri Pariwisata dalam mempromosikan Indonesia sangat menarik para wisatawan.

Namun banyaknya wisatawan yang datang tidak sebanding dengan jumlah sumber daya manusia (SDM) yang bekerja dalam bidang ini. bisa dibilang peminat dalam industri ini lebih sedikit daripada industri lain yang lebih populer.

Sehingga hal tersebut membuat perusahaan yang bergerak dalam industri keramahtamahan harus bersusah payah mencari SDM. Hal ini pula yang menjadi faktor banyaknya tenaga kerja dari luar yang bekerja dibidang ini untuk menutupi kekurangan karyawan.

Bidang yang bergerak di industri keramahtamahan sangat luas dan juga beragam,  antara lain:

  • Travel & tourism
  • Pelayaran dan penerbangan
  • Apartement,Hotel, Launge,dan Restaurant
  • Sales  marketing, publik relation
  • Casino
  • Spa, Sport Club & Health
  • Konsultan, Dosen

Masih banyak lagi bidang yang menjalankan manajemen keramahtamahan di berbagai daerah atau tempat yang sering kita jumpai.

Tugas Hospitality

Meskipun memiliki sedikit peminat, namun industri yang sangat luas dan besar ini bisa memberikan karir yang berkembang. Berkembangnya industri yang bergerak dibidang keramah-tamahan ini bisa terus berkembang sesuai dengan kemajuan dari negara tersebut.

Dalam bidang ini banyak profesi yang tengah dibutuhkan dengan tawaran gaji yang cukup besar. Meskipun begitu belum banyak orang yang mengetahui dan menganggap pekerjaan di bidang ini tidak enak.

Tugas hospitality di berbagai bidang berbeda-beda sesuai industri yang tegah dialani. Namun rata-rata pekerjaan di industri ini memberikan peluang yang sangat menjanjikan. Jika anda tertarik dengan hospitality berikut ini ada tips menjadi resepsionis yang baik dan sukses.

Baca juga :   Mengenal Orang Toxic di Lingkungan Kerja dan Akibat yang Ditimbulkan Untuk Karyawan Lainnya dan Perusahaan. 

Di bidang perhotelan

Resepsionis

Resepsionis bekerja di tempat yang pertama kali dituju oleh tamu ketika memasuki hotel. Tugas seorang resepsionis adalah melayani tamu yang ingin memesan kamar, melakukan pengecekan ketersediaan kamar, serta memverifikasi pemesanan kamar.

Selain itu resepsionis juga harus memproses check in tamu hingga penyerahan kunci kamar kepada tamu. Tidak hanya itu seorang resepsionis harus melayani setiap pertanyaan yang diajukan oleh tamu dengan jawaban yang ramah.

Porter

Pada setiap hotel terdapat porter yang bertugas untuk mengangkut barang tamu saat check in maupun saat check out. Seorang porter harus segera menyambut saat ada tamu yang datang untuk memesan hotel.

Selain itu membantu untuk membawakan barang-barang dari tamu menuju kamar yang di pesan. Tidak sampai itu saja, porter juga harus memastikan kamar yang dipesan oleh tamu tidak mengalami masalah atau dapat dipergunakan oleh tamu dengan layak.

Concierge

Concierge merupakan petugas yang membukakan pintu untuk tamu yang datang dan juga memberikan salam yang ramah kepada setiap tamu yang masuk. Selain itu dalam bidang ini, seorang concierge harus bisa bekerja secara formal maupun tidak formal.

Misalkan ada kebutuhan lain dari tamu yang harus dipenuhi atau dibantu, concierge sebisa mungkin harus memenuhi hal tersebut. mulai dari menjadi babysitter sementara saat tamu membutuhkan bantuan,hingga melakukan reservasi restoran untuk tamu.

Di Bidang Pariwisata

Tour Guide

Tour Guide atau pemandu wisata bertugas untuk menemani wisatawan asing atau lokal yang membutuhkan panduan untuk berwisata. Selain menemani wisatawan, pemandu juga harus bisa menjelaskan tentang tempat yang dikunjungi.

Sehingga seorang tour guide wajib memiliki wawasan yang luas mengenai budaya dan tempat wisata. Pelayanan ramah dan pengetahuan yang luas menjadi nilai tambah bagi pemandu.

Baca juga :   Wajib Anda Ketahui, Hak Karyawan Outsourcing

Konsultan pariwisata

Seorang konsultan yang bekerja pada bidang pariwisata bertugas untuk menawarkan jasa, membantu masalah, atau memberikan saran dalam bidang pariwisata.

Food and Beverage

Food and beverage termasuk profesi yang memiliki tugas yang berhubungan dengan hospitality. Karena profesi ini bertugas untuk mengatur makanan atau minuman yang akan disajikan kepada tamu sesuai standar kualitas yang berlaku.

Tidak hanya itu seorang yang bekerja di food and beverage harus bisa melayani tamu yang ingin memberikan kritik atau saran atas makanan yang disajikan.

Myrobin adalah layanan penyedia tenaga kerja profesional berbagai sektor bisnis salah satunya hospitality

Kelola Bisnis Anda Lebih Mudah

dengan rekrutmen tenaga kerja kami dan platform manajemen modern.

Artikel terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Selamat Datang di MyRobin.id

Apa yang sedang Anda cari?

job-search (2)

Saya Ingin Melamar Kerja

Buat akun untuk mencari lowongan yang tepat untuk anda

X