Penyedia Jasa Outsourcing Field Sales/Marketing
Untuk Pemberi Kerja

Mengenal Apa Itu Jasa Outsourcing Field Sales / Marketing dan Keunggulannya

Mengenal Apa Itu Jasa Outsourcing Field Sales/Marketing dan Keunggulannya -Bagi orang awam, istilah field marketing mungkin kurang akrab di telinga tapi ketika mendengar istilah sales maka siapapun yang mendengarnya akan langsung teringat pada sebuah profesi yang berkaitan dengan pemasaran. Field marketing atau pemasaran lapangan sebenarnya merupakan salah satu strategi yang digunakan untuk memperkenalkan atau mempresentasikan sebuah produk kepada konsumen atau masyarakat.

Untuk menjalankan strategi pemasaran ini biasanya dibentuk suatu tim khusus yang melibatkan beberapa orang dengan tanggung jawabnya tersendiri. Tidak sedikit perusahaan yang membentuk tim khusus ini terpisah dari struktur utama organisasi perusahaan tersebut. Sehingga bukan suatu hal yang langka menemukan bahwa anggota tim field marketing melibatkan tenaga kerja outsourcing.

Penyedia Jasa Outsourcing Field Sales/Marketing

Penyedia Jasa Outsourcing Field Sales/Marketing
Penyedia Jasa Outsourcing Field Sales/Marketing

Saat ini, tidak sulit untuk menemukan penyedia jasa outsourcing field sales/ marketing yang bagus dan bisa diandalkan. Pasalnya, orang-orang pemasaran adalah salah satu ujung tombak dalam mengembangkan produk di lapangan supaya mampu menjangkau konsumen sebanyak-banyaknya. Tapi Anda perlu tahu dengan jelas bahwa antara orang marketing dan sales memiliki perbedaan sekali pun sering disamakan.

Suatu tim marketing memiliki tugas untuk menjaga pemasaran suatu brand produk perusahaan sedangkan tim sales adalah orang yang terjun secara langsung menghadapi para konsumen atau calon konsumen produk. Kerja suatu tim marketing tidak sesederhana tim sales yang pekerjaannya fokus pada satu jenis macam pemasan. Sekali pun begitu, supaya proses pemasaran berhasil maka diperlukan sales handal.

Di sinilah peran jasa outsourcing penyedia field sales atau marketing diperlukan oleh perusahaan. Merekrut sales sendiri tanpa mendapat bantuan dari perusahaan outsourcing akan memakan waktu yang sangat banyak. Selain proses perekrutan yang panjang mulai dari sortir pelamar, mengadakan wawancara hingga pelatihan, perusahaan belum tentu mendapatkan tenaga kerja sales yang sesuai dengan keinginan.

Setidaknya, ketika Anda atau perusahaan anda sudah bekerja sama dengan penyedia jasa outsourcing field sales/marketing, semua proses panjang tersebut bisa diringkas dan waktu yang ada bisa dimanfaatkan untuk hal lain yang tidak kalah penting. Sekali pun proses ini diserahkan kepada pihak ketiga, ini tidak akan mengganggu kegiatan utama perusahaan secara langsung justru hadirnya jasa tersebut akan sangat membantu.

Fungsi Field Sales atau Marketing sebagai Ujung Tombak dalam Suatu Bisnis

Fungsi Field Sales atau Marketing sebagai Ujung Tombak dalam Suatu Bisnis
Fungsi Field Sales atau Marketing sebagai Ujung Tombak dalam Suatu Bisnis

Sebagai ujung tombak suatu bisnis, field sales dan marketing memiliki fungsi yang sangat krusial. Setiap tindakan yang diambil akan menentukan nasib bisnis atau perusahaan tersebut ke depannya. Salah menerapkan trik marketing atau salah mempekerjakan sales lapangan, ada kemungkinan produk atau nama brand yang berusaha Anda pasarkan tidak dikenal sama sekali sehingga menyebabkan kerugian.

Supaya Anda bisa memilih atau mempekerjakan sales yang tepat, Anda selaku yang memiliki usaha atau menjalankan bisnis harus tahu dengan baik apa sebenarnya fungsi dari field sales atau marketing ini. Fungsi yang pertama adalah untuk membantu membentuk kepercayaan pelanggan terhadap performa sebuah perusahaan, toko atau bisnis juga kualitas produk yang dijual.

Cara penyampaian yang tepat serta pemahaman sales terhadap produk yang akan dijual mempengaruhi keberhasilan dari sales ini. Oleh karenanya, mempekerjakan pegawai dari jasa outsourcing field sales/marketing yang sudah berpengalaman akan memberikan dampak yang lebih nyata. Fungsi pembentukan image brand-pun akan tercapai dan kepercayaan pelanggan akan meningkat.

Fungsi selanjutnya dari field sales marketing adalah lebih mudah menyampaikan informasi yang benar dan tepat kepada pelanggan atau calon konsumen. Cara penyampaiannya pun akan lebih bijak sehingga sasaran pemasaran bisa menerimanya dengan lebih baik. Dengan begitu, tidak ada kesalahan informasi yang bisa merugikan perusahaan atau bisnis dan apabila ada pertanyaan terkait produk bisa dijawab.

Apalagi ketika ada konsumen atau pelanggan yang menanyakan kualitas suatu barang atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan atau bisnis tersebut. Seorang sales atau tim marketing mampu menjelaskan kualitas produk tersebut dengan baik. Begitu juga dengan hal terkait perawatan produk, jika produk tersebut memang sesuatu yang membutuhkan perawatan bukan hanya sekedar membacakan keterangan yang tertera pada produk.

Seorang field sales dan marketing juga memiliki fungsi sebagai penjaga tingkat shrinkage atau angka kehilangan barang pada suatu produk. Dengan begitu, tingkat kerugian juga akan berkurang berkat kehadiran sales pada suatu perusahaan. Oleh karenanya, pemilihan jasa outsourcing sales/marketing pun tidak boleh sembarangan karena ketika salah memilih justru shrinkage akan meningkat.

Dan fungsi terakhir dari field sales marketing ini adalah bisa meyakinkan pelanggan atau konsumen secara langsung dalam menentukan pilihan produk yang ditawarkan. Ketika ada konsumen atau pelanggan yang masih ragu menentukan pilihan, taktik bujukan terhadap pelanggan bisa berjalan lebih baik saat bertatapan langsung sehingga keraguan pada diri pelanggan pun akan hilang.

Keunggulan Menggunakan Jasa Outsourcing Field Sales/Marketing

Keunggulan Menggunakan Jasa Outsourcing Field Sales/Marketing
Keunggulan Menggunakan Jasa Outsourcing Field Sales/Marketing

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, mencari tim sales maupun marketing bisa saja dilakukan sendiri oleh perusahaan atau pengelola bisnis. Akan tetapi, itu bisa memakan waktu banyak padahal waktu tersebut bisa dimanfaatkan untuk hal lain yang tidak kalah penting dan ada keunggulan tersendiri ketika perusahaan atau bisnis memilih untuk mempekerjakan pegawai sales atau marketing dari penyedia outsourcing seperti berikut.

Memiliki Pengalaman dan Tingkat Profesionalitas yang Tinggi

Menemukan pegawai sales yang profesional dan sudah berpengalaman memang sedikit sulit jika Anda tidak tahu harus di mana mencarinya. Jasa outsourcing field sales/marketing bisa membantu Anda untuk menyingkirkan hal yang memusingkan tersebut dengan menyediakan tenaga field sales yang profesional dan sudah berpengalaman di bidang pemasaran lapangan.

Seorang field sales yang sudah berpengalaman dan profesional akan lebih jeli dalam melihat setiap peluang yang ada di hadapan. Bukan hanya sekedar menjual barang kepada konsumen atau pelanggan tapi mampu mengidentifikasi golongan pasar sesuai dengan pangsa pasar yang dituju oleh produk tersebut. Anda bisa memilih langsung dari prestasi dan pengalaman yang tercatat di penyedia jasa outsourcing.

Field Marketing yang Tersedia Memiliki Kemampuan Komunikasi Tinggi dan Mampu Menjalin Koneksi

Kunci pemasaran yang sukses adalah kemampuan berkomunikasi dan memiliki koneksi. Kemampuan berbahasa serta kecakapan berkomunikasi bisa mengubah segala sesuatu. Konsumen yang tadinya ragu dalam menentukan pilihan, jika menggunakan cara berkomunikasi yang tepat dan cakap membaca situasi calon konsumen maka perlahan bisa mengubah keragu-raguan menjadi keyakinan dalam memilih.

Dengan komunikasi yang baik juga bisa membantu dalam membangun serta menjaga koneksi yang terjalin saat pertama kali membentuk antara konsumen dan penyedia produk. Penyedia jasa outsourcing field sales/marketing yang handal harus memiliki tenaga kerja seperti ini supaya setiap perusahaan yang membutuhkan jasa field marketing akan selalu datang ke perusahaan jasa outsourcing tersebut.

Koneksi yang terjalin dengan baik hasil dari kerja field sales bisa meningkatkan image perusahaan di mata konsumen dan tingkat kepercayaan terhadap produk pun akan semakin tinggi. Ini akan memudahkan brand dijual ke pasaran dan ketika ada produk baru keluar maka konsumen sudah bisa dengan mudah mengenal produk tersebut dengan reputasi yang sudah dibangun sejak awal.

Memiliki Mental Kuat Menghadapi Penolakan Konsumen

Pernah mendapat panggilan dari sales suatu produk atau pernah didekati seorang sales suatu produk di saat sedang berjalan-jalan di mal? Lalu, apa yang Anda lakukan ketika menghadapi para sales ini? Bagi yang tertarik pasti akan mendengarkan tapi bagi yang tidak tertarik pasti akan menolak sekeras mungkin hingga si field sales berhenti mendekati atau menghubungi.

Bagi pegawai field sales sendiri, ketika menghadapi konsumen seperti ini maka tidak boleh memiliki mental yang lemah. Seorang field sales harus pantang menyerah menghadapi berbagai penolakan dari calon pelanggan dan pegawai field sales ini bisa Anda temukan di jasa outsourcing field sales/marketing yang sudah terpercaya. Hal ini bisa dilihat dari rekam jejak penyedia jasa tersebut supaya tidak salah dalam memilih.

Bagi sebagian orang, mendapat penolakan terus menerus adalah sesuatu yang bisa membuat kesal. Tapi sebagai seorang pegawai field sales tidak boleh menunjukkan rasa kesal tersebut kepada calon konsumen. Oleh karena itu, seorang field sales harus selalu memasanng wajah yang ramah dan bersahabat supaya calon konsumen yang didekati mau meluangkan waktu untuk mendengarkan sekali pun hanya sebentar.

Pegawai yang Disediakan Memiliki Kemampuan Manajemen Waktu dengan Baik

Kemampuan mengelola waktu merupakan sesuatu hal yang tidak kalah penting untuk dimiliki oleh seorang field sales karena pekerjaan ini memiliki tekanan pekerjaan yang tinggi. Apalagi, ada target penjualan yang harus terpenuhi setiap harinya sehingga setiap waktu sangat berharga dan harus dimanfaatkan dengan baik. Jika manajemen waktunya buruk maka semua target yang ada tidak akan terpenuhi.

Itulah alasannya, beberapa kriteria sebelumnya perlu dimiliki oleh seorang sales field. Sebagai penyedia jasa outsourcing field sales/marketing juga harus mampu menjaring para pegawai yang memiliki kriteria-kriteria yang telah disebutkan di atas sebelumnya. Tingkat penjualan yang tercapai, lebih baik lagi melebihi target akan memberi hasil yang baik juga terhadap perkembangan perusahaan.

Akan tetapi, bukan berarti rendahnya tingkat penjualan bisa sepenuhnya disalahkan kepada field sales karena bisa jadi kualitas produk yang ditawarkan tidak sesuai yang diharapkan. Ini bisa menjadi feedback tersendiri bagi perusahaan atau pengelola bisnis yang sedang dipsaarkan. Dari feedback ini maka bisa diketahui apa saja kekurangan produk dan apa yang seharusnya ditingkatkan pada pembuatan produk selanjutnya.

Terlepas dari kinerja serta tigas dari field sales itu sendiri, apabila Anda memang benar-benar membutuhkan tenaga pegawai field sales marketing yang berpengalaman, sekarang Anda sudah semakin lebih mudah mencarinya. Hanya perlu mencari situs perusahaan penyedia jasa outsourcing field sales maka Anda akan mendapatkan beberapa rekomendasi situs yang bisa dipercaya.

Salah satu situs perusahaan outsourcing terpercaya ini adalah MyRobin.id, situs penyedia pegawai outsourcing yang mampu menyediakan jutaan orang yang siap bekerja. Hal yang perlu Anda lakukan untuk medapatkan pegawai melalui situs ini langkahnya sangat mudah. Pertama, Anda harus membuka iklan lowongan pekerjaan di situs tersebut, bisa membuat satu iklan atau lebih.

Proses perekrutan dan penyaringan tenaga kerja akan dilakukan oleh tim MyRobin yang akan diseleksi berdasarkan kriteria yang dibutuhkan, pengalaman, keterampilan serta lokasi kerja. Dan Anda tidak perlu repot mengurus mengenai kelengkapan dokumen, rekap kehadiran, penggajian serta asuransi ketengakerjaan karena semuanya akan ditangani oleh penyedia jasa outsourcing field sales/marketing MyRobin.

Mau Rekrut Karyawan? Jasa Outsourcing Terbaik dan Terpercaya di Indonesia. Hubungi myrobin.id menyediakan tenaga kerja bertalenta & profesianal

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>