Apa Itu Outsourcing dan Kelebihan untuk Bisnis
Artikel,Featured

Apa Itu Outsourcing dan Kelebihan untuk Bisnis

Ketahui Apa Itu Outsourcing dan Kelebihan untuk Bisnis – Jika Anda hendak terjun dalam dunia pekerjaan, bisnis, maupun media ketenaga kerjaan, Anda tentu sudah tidak asing dengan outsourcing. Ia merupakan sebuah sistem kerja yang sudah lama digunakan, dan belakangan memiliki perkembangan yang cukup pesat.

Outsourcing tidak hanya ditemui di Indonesia, Anda juga bisa menemukan sistem kerja dengan model ini di Negara lain. Karena memiliki sifat yang universal, tentunya ada banyak keunggulan yang dimiliki oleh bidang ini, terutama dalam aspek bisnis. Berikut ini adalah pengertian lengkap mengenai sistem kerja outsourcing dan rincian lainnya.

Pengertian Outsourcing : Apa Itu Outsourcing?

Pengertian Outsourcing Apa Itu Outsourcing
Apa Itu Outsourcing

Secara istilah, apa itu outsourcing dan kelebihan untuk bisnis sebenarnya cukup sederhana. Ia merupakan pemindahan alih daya kerja dari satu perusahaan ke perusahaan yang lain. Dengan demikian, ia dapat meminimalisir biaya produksi yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. ia juga dapat membuat perusahaan lebih fokus dengan sistem kerja dan aspek produksi yang telah dimiliki.

Perusahaan yang bersifat atau memiliki sistem kerja outsourcing berarti memiliki fungsi untuk melakukan pross rekruitmen. Setelah proses tersebut selesai, maka calon karyawan akan dilatih dan didistribusikan ke dalam berbagai bidang jasa atau perusahaan yang membutuhkan.

Perusahaan besar yang ingin mendapatkan karyawan ideal biasanya memilih untuk menggunakan jasa outsourcing, sebab lebih mudah dan lebih hemat biaya. Proses seleksi yang dilakukan juga lebih ringkas, sehingga tidak membutuhkan banyak waktu dari proses rekruitmen hingga pelatihan kerja.

Jika dilihat dari dua sisi, maka Anda bisa mendapatkan detail lebih lengkap mengenai kelebihan menggunakan jasa outsourcing, pertama kelebihannya untuk perusahaan atau bisnis, sedangkan kelebihan kedua untuk calon karyawan yang hendak direkrut.

Keunggulan Outsourcing untuk Perusahaan dan Bisnis

a. Mengurangi Beban Rekruitmen

Dengan mengetahui apa itu outsourcing dan kelebihan untuk bisnis maupun perusahaan, maka Anda bisa mempertimbangkan dengan baik apakah memang penting menggunakan jasa yang mereka tawarkan. Sebagai perusahaan, tentu Anda ingin mengurangi beban rekruitmen yang panjang dan melelahkan, belum  lagi biaya yang perlu Anda keluarkan.

Memakai jasa outsourcing akan memudahkan Anda untuk melakukan proses rekruitmen, Anda tidak perlu khawatir tidak mendapatkan karyawan yang cocok. Menggunakan jasa outsourcing akan memudahkan Anda untuk mendapatkan karyawan baru dengan proses rekruitmen yang lebih singkat.

b. Hemat Biaya Pelatihan

Sebagai karyawan baru, mereka tentunya perlu mendapatkan pelatihan sebelum mulai bekerja. Pelatihan ini membutuhkan waktu yang panjang, terutama untuk mereka yang belum pernah bekerja di perusahaan dengan bidang atau spesialisasi khusus. Menggunakan jasa outsourcing akan menjamin Anda mendapatkan karyawan yang sudah terlatih.

Dalam perusahaan outsourcing, calon karyawan tidak hanya dikumpulkan saja untuk menunggu panggilan dari perusahaan yang membutuhkan. Mereka juga mendapatkan pelatihan agar mendapatkan skill tambahan ketika hendak bekerja di perusahaan baru yang merekrut mereka.

c. Lebih Fokus Pada Bisnis

Informasi lain mengenai apa itu outsourcing dan kelebihan untuk bisnis yang Anda miliki terlihat lebih jelas, terutama mengenai fokus kerja perusahaan. Dengan mengesampingkan proses rekruitmen yang panjang, Anda bisa berfokus dalam bidang lain, terutama dalam aspek produksi.

Walaupun Anda melakukan minimalisasi pada proses rekruitmen, hasil yang didapatkan tetap akan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Sebab karyawan ini memiliki skill, kualifikasi, dan kemampuan yang tidak perlu diragukan lagi.

Kelebihan Perusahaan Outsourcing untuk Karyawan

Tidak hanya memberikan keuntungan kepada perusahaan, jasa atau lembaga outsourcing juga memberikan kemudahan untuk calon karyawan, baik yang belum ataupun sudah direkrut oleh perusahaan lain, diantaranya adalah:

a. Penerimaan yang Mudah

Dibandingkan dengan mendaftar langsung di perusahaan tertentu, mendaftar di perusahaan dengan fokus di bidang outsourcing jauh lebih mudah. Ini karena proses seleksi yang lebih ringan dibandingkan dengan seleksi langsung di perusahaan non-outsourcing atau target.

Untuk Anda yang baru saja lulus, baik tingkat sekolah menengah atas maupun jenjang perguruan tinggi, mendaftar di jasa outsourcing jauh lebih mudah dan menguntungkan. Sebab Anda tidak perlu bersaing dengan lulusan lain pada proses seleksi ketat perusahaan yang diincar.

b. Menambah Skill dan Kualifikasi

Mengetahui saja apa itu outsourcing dan kelebihan untuk bisnis saja tidak cukup untuk lulusan baru ketika mendaftar pekerjaan. Anda juga harus memiliki skill yang mumpuni dan membuat Anda terlihat layak dan kompeten dibandingkan dengan pendaftar yang lain. Dengan mengikuti perusahaan outsourcing sebelum masuk ke perusahaan incaran ada banyak skill yang bisa Anda tambah.

Banyak perusahaan yang kini menyiapkan serangkaian SOP yang harus sudah dilakukan oleh karyawan sebelum mereka direkrut. Misalnya berupa pelatihan ataupun kemampuan tertentu, ini tentu akan Anda dapatkan dengan mudah jika mendaftar sebagai karyawan perusahaan outsourcing terlebih dahulu, karena disana banyak pelatihan yang bisa Anda dapatkan.

c. Pekerjaan untuk Mereka yang Memiliki Keahlian Khusus

Untuk Anda yang sudah memiliki keahlian khusus, Anda tidak perlu merasa khawatir ketika mendaftar di perusahaan outsourcing. Anda tidak perlu bersusah payah untuk mendapatkan perusahaan yang ingin merekrut Anda, karena perusahaan inilah yang nantinya akan mencari Anda.

Jika Anda sudah memiliki keahlian khusus, proses seleksi dan rekruitmen tentu bisa lebih mudah untuk dilakukan. Anda juga bisa berkembang dengan lebih baik sebelum menjadi karyawan di perusahaan yang telah diincar sebelumnya.

Demikianlah penjelasan mengenai apa itu outsorcing dan kelebihan untuk bisnis yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi tersebut dapat membantu Anda yang masih bimbang apakah hendak menggunakan layanan jasa tersebut atau tidak.

Apabila anda membutuhkan tenaga kerja profesional secara cepat myrobin adalah perusahaan outsourcing yang tepat anda bisa menghubungi kami via email di letstalk@myrobin.id.

Kelola bisnis Anda lebih mudah

dengan rekrutmen tenaga kerja kami dan platform manajemen terbarukan.

MULAI SEKARANG HUBUNGI KAMI

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>