Sales Orientation
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp

Apa Itu Sales Orientation yang Diterapkan Dalam Industri Otomotif dan Asuransi

Apa itu sales orientation yang diterapkan dalam industri otomotif dan asuransi – Agar bisnis yang sedang Anda jalankan bisa berkembang dengan baik dengan dibarengi penggunaan metode sales yang tepat. Nah, salah satu metode yang bisa Anda lakukan dan cukup sering digunakan adalah dengan pendekatan sales orientation.

Pada umumnya, terdapat dua jenis metode yang cukup sering digunakan oleh sebuah perusahaan untuk menerapkan sales marketing ini. Metode yang dimaksud yakni dengan menggunakan cara pendekatan sales orientation dan marketing orientation.

Perusahaan yang memilih untuk menggunakan metode sales orientation ini pada umumnya akan menerapkan taktik khusus dalam menjalankan proses penjualannya. Nah, jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai sales orientation yang dilakukan ini, maka simak penjelasannya berikut ini.

Mengenal Sales Orientation

Sales Orientation
Sales Orientation

Perlu Anda ketahui bahwa yang disebut dengan apa itu sales orientation merupakan sebuah model bisnis yang lebih fokus terhadap pembuatan produk maupun layanan terbaik yang dilakukan tanpa adanya pertimbangan keinginan dari keinginan maupun kebutuhan sang pelanggan.

 Selain itu, ada juga yang mendefinisikan sales orientation sebagai sebuah upaya pendekatan bisnis yang bisa menghasilkan banyak keuntungan. Hal ini tentu bisa mempengaruhi konsumen untuk membeli produk yang sedang Anda jual tersebut.

Dari semua definisi yang telah dipaparkan tersebut bisa ditarik kesimpulan bahwa sales orientation ini merupakan sebuah model bisnis yang mana hanya difokuskan terhadap promosi agar produk dan layanan bisa segera dibeli oleh sang pelanggan.

Tentunya pihak produsen ini tidak terlalu memperhatikan apa saja kebutuhan dari pelanggan yang perlu dipenuhi dan hanya bertujuan untuk meningkatkan nilai penjualannya saja.

Tujuan Sales Orientation

Tujuan Sales Orientation
Tujuan Sales Orientation

Perusahaan yang menggunakan pendekatan dari apa itu sales orientation ini bertujuan hanya untuk melakukan sistem penjualan saja sebanyak-banyaknya. Karena hal itulah, maka pihak produsen pun akan lebih berfokus pada waktu dan energy yang digunakan untuk melakukan produksi maupun promosi dari pada melakukan riset pada pasar.

Industri yang Menerapkan Sales Orientation

Jika memang Anda tertarik untuk menerapkan metode sales orientation ini, maka perlu untuk mengetahui terlebih dahulu tentang apa saja jenis industri yang sesuai dengan konsep tersebut untuk melakukannya.

Pada umumnya, metode ini akan jauh lebih efektif jika digunakan pada sebuah industri tertentu yang mana bekerja dalam bidang otomotif, asuransi, hingga produk lifestyle. Penentuan penerapan metode ini perlu Anda pahami untuk bisa menentukan target yang akan dicapai nantinya.

Baca juga :   Ingin Menjadi japanese food cook yang Baik? Ikuti Cara dan Tips-nya

Ciri Perusahaan yang Menerapkan Sistem Sales Orientation

Tentunya ada beberapa ciri yang bisa Anda gunakan untuk menentukan apakah sebuah perusahaan yang Anda maksud memang menggunakan system sales orientation ini ataukah tidak. Untuk lebih mudah mengetahuinya, berikut ini akan dijelaskan beberapa ciri dari perusahaan yang menggunakan system apa itu sales orientation.

Melakukan Teknik Penjualan Agresif

Ciri pertama yang bisa Anda jadikan sebagai patokan bahwa sebuah perusahaan yang Anda maksud menggunakan system sales orientation ini adalah bisa dilihat dari cara perusahaan dalam melakukan teknik penjualan yang agresif.

Bisnis yang hanya berorientasi pada penjualan saja tentunya akan selalu menerapkan teknik penjualan yang cukup agresif. Misalnya saja dengan menciptakan hal penting bagi para pelanggannya untuk menawarkan sejumlah promosi menarik. Tujuannya adalah agar para pelanggan bisa lebih cepat untuk melakukan pembelian atas produk yang Anda tawarkan tersebut.

Penerapan Jangka Pendek

Perlu Anda ketahui bahwa perusahaan yang menerapkan sistem sales orientation ini pada umumnya akan lebih sering mempersiapkan perencanaan jangka pendek saja dari pada jangka panjangnya.

Apa itu sales orientation yang dimaksudkan disini hanyalah akan diterapkan untuk fokus terhadap penjualan dengan nilai yang tinggi. Selain itu, hal ini juga perlu dibarengi dengan promosi. Karena pihak perusahaan akan lebih memikirkan hal tersebut dari pada harus membangun rencana penjualan dalam jangka waktu yang panjang.

Sebagian Anggaran Untuk Kebutuhan Promosi

Ciri selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk memastikan bahwa perusahaan yang Anda maksud tersebut menggunakan sistem sales orientation adalah dengan melihat dari lebih seringnya perusahaan dalam menggunakan budget atau anggaran yang hanya difokuskan pada kegiatan promosinya saja.

Dalam melakukan teknik penjualannya pun termasuk lebih agresif jika dibandingkan dengan teknik lainnya. Hal ini memang sering digunakan sebagai media promosi dan merupakan hal terpenting yang perlu dilakukan oleh sebuah perusahaan. Oleh karena itu, sebagian besar anggaran yang dimiliki akan lebih banyak digunakan untuk hal tersebut.

Jangkauan Lebih Luas

Ciri dari apa itu sales orientation selanjutnya adalah dimana perusahaan akan menerapkan pendekatan untuk berasumsi bahwa setiap orang merupakan pelanggan yang sangat potensial. Jadi, bisa ditarik kesimpulan bahwa produk maupun layanan yang ditawarkan tersebut pun akan lebih cenderung umum, sehingga jangkauan atas pelanggannya pun bisa lebih luas lagi.

Perbandingan Sales Orientation dengan Market Orientation

Perbandingan Sales Orientation dengan Market Orientation
Perbandingan Sales Orientation dengan Market Orientation

Perusahaan yang menerapkan sistem sales orientation ini tentunya akan memiliki beberapa perbedaan utama dari pada perusahaan lain yang tidak menggunakannya dan malah menggunakan market orientation.

Untuk lebih memahaminya, maka Anda bisa simak penjelasan berikut ini tentang apa saja perbedaan yang mendasari system sales orientation dan market orientation.

Perusahaan yang Menerapkan Sistem Sales Orientation

Pada intinya, perusahaan yang sudah menerapkan sistem dari apa itu sales orientation ini akan menerapkan pendekatan untuk memposisikan peningkatan penjualan. Peningkatan ini didasari atas penjualan yang berdasarkan dari kebutuhan para pelanggannya.

Baca juga :   Mengenal Apa Itu Sales Analyst dan Kualifikasinya

Berikut ini adalah beberapa karakteristik umum yang sering dijadikan sebagai patokan yang membedakan antara sales orientation dengan marketing orientation. Pertama, sales orientation ini hanya akan berfokus pada promosi produk saja. Selain itu, perusahaan juga hanya akan memberikan banyak sumber daya kepada team sales.

Tidak hanya itu, ternyata sales orientation ini juga hanya akan membuat perencanaan untuk jangka pendek saja dari pada jangka panjangnya.

Marketing Orientation

Perusahaan yang telah menerapkan marketing orientation dan bukan apa itu sales orientation ini pada umumnya akan melakukan proses identifikasi pada target konsumen terlebih dahulu.

Kemudian, setelah itu pihak perusahaan pun akan mencari cara untuk membuat atau memodifikasi produk serta layanan yang digunakan hingga bisa sesuai dengan kebutuhan dari para pelanggannya.

Untuk itu, inilah beberapa karakteristik umum yang ada pada marketing orientation. Pertama adalah dimana perusahaan akan fokus pada kebutuhan pelanggannya saja. Selain itu, perusahaan juga akan memberikan sumber daya yang dialokasikan untuk team marketing dan pengemabang produknya tersebut.

Terakhir, perusahaan juga akan membuat perencanaan untuk jangka panjang, tentu jelas berbeda dengan sistem yang disebut dengan apa itu sales orientation yang hanya membuat perencanaan jangka pendek.

Komponen Orientasi Pasar

Orientasi pasar atau yang sering disebut dengan sales orientation ini terdiri dari tiga komponen perilaku yang terdiri dari orientasi pelanggan, orientasi pesaing, dan koordinasi antar fungsionalnya.

Orientasi Pelanggan

 Orientasi pelanggan merupakan sebuah pemahaman akan perusahaan terhadap target  pembeli, sehingga bisa menciptakan superior value terhadap para pembeli secara berkala. Orientasi pelanggan ini mengharuskan seorang penjua mampu memahami mata rantai dari nilai penjualan secara keseluruhan dari seorang pembeli.

Melalui orientasi pelanggan ini tentunya akan membentuk sebuah orientasi yang berdasarkan nilai yang dibangun untuk menghasilkan kepuasan pelanggan. Orientasi pelanggan ini mencakup semua aktivitas yang berkontribusi terhadap pemahaman perusahaan atas kebutuhan dari para pelanggan yang menjadi target sasaran penjualan.

Selain itu, orientasi dari apa itu sales orientation  ini juga akan mencakup kemampuan perusahaan untuk merancang produk dan jasa yang bisa memberikan kepuasan atas kebutuhan dari konsumen tersebut. Pengukuran orientasi pelanggan ini sendiri bisa dilihat dari beberapa indicator.

Diantara indikator yang dimaksudkan adalah manajer puncak akan mendiskusikan kebutuhan dari pelanggannya. Selain itu, orientasi ini juga akan berkomitmen terhadap penyediaan layanan bagi para pelanggan meskipun transaksi penjualan sudah selesai dilakukan.

Baca juga :   Ingin Menjadi Helper Coffee Shop yang Baik? Ikuti Cara dan Tips-nya

Tidak hanya itu,  perusahaan juga akan memiliki database pelanggan secara rinci. Secara rutin, pihak perusahaan juga akan mengkaji adanya kemungkinan dari dampak atas perubahan lingkungan bisnis yang terjadi terhadap pelanggannya.

Terakhir, perusahaan memiliki maksud untuk mengabaikan perubahan yang terjadi terhadap kebutuhan produk atau jasa dari pelanggan.

Orientasi Pesaing

Apa itu sales orientation terhadap orientasi pesaing merupakan sebuah pemahaman akan kekuatan dan kelemahan berjangka pendek, serta strategi yang dilakukan dalam jangka waktu panjang dari para pesaing yang saat ini ada sebagai seorang pesaing potensial.

Orientasi pasar ini juga dapat dinyatakan berdasarkan tingkat monitoring informasi dan penyebarluasan informasi pada semua fungsi yang ada di dalam organisasi tersebut. Organisasi yang dimaksud disini adalah divisi riset, pengembangan produk, pendiskusian yang dilakukan dengan pimpinan perusahaan, mengukur kekuatan pesaing, dan apa saja strategi yang digunakan dan dikembangkan dalam masa depan.

Penerapan orientasi pesaing ini juga memiliki dua tujuan, yakni untuk jangka pendeknya perusahaan akan berusaha untuk memahami kekuatan dan kelemahan baik dari sisi pesaing di masa sekarang atau dimasa mendatang.

Sementara itu untuk jangka panjangnya maka perusahaan pun harus memahami strategi apa yang akan digunakan nantinya. Melalui apa itu sales orientation dari orientasi pasar ini maka perusahaan akan berusaha  untuk menjawab tiga pertanyaan yang biasanya diajukan, yakni siapa saja yang menjadi pesaing perusahaan, teknologi apa yang digunakan oleh pesaing, dan apakah pesaing sudah mewakili alternative yang menarik dari sudut pandang target konsumennya.

Orientasi pesaing ini juga akan mencerminkan pemahaman terhadap kekuatan dan kelemahan jangka pendek dan strategi jangka panjang dari para pesaing utama yang ada saat ini. Pengukuran orientasi ini bisa dilihat dari beberapa indicator.

Diantara indikator tersebut yakni merespon dengan cepat segala tindakan yang dilakukan oleh pesaing atas strategi penetapan harga yang ditentukan. Selain itu, manajer pundak juga akan mendiskusikan strategi dan perilaku dari sang pesaing. Terakhir, secara rutin perusahaan akan memantau aktivitas dari para pesaingnya tersebut.

Koordinasi Antar Fungsi

Koordinasi antar fungsi merupakan cara untuk merefleksikan penggunaan dari semua sumber daya yang ada dalam perusahaan untuk menciptakan superior customer value bagi pembeli yang sudah ditargetkan.

Untuk memberikan respon yang baik kepada pelanggan maka dibutuhkan adanya koordinasi dari pemanfaatan sumber daya terhadap perusahaan antar berbagai departemen yang terkait dengan orientasi pelanggan dan pesaing.

Inilah penjelasan panjang yang perlu Anda ketahui dan pahami terkait dengan apa itu sales orientation. Semoga penjelasan ini bermanfaat untuk Anda.

Sedang Cari Sales Profesional? Jasa Outsourcing Terbaik dan Terpercaya di Indonesia. Hubungi myrobin.id menyediakan tenaga kerja bertalenta & profesional

Kelola Bisnis Anda Lebih Mudah

dengan rekrutmen tenaga kerja kami dan platform manajemen modern.

Artikel terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Selamat Datang di MyRobin.id

Apa yang sedang Anda cari?

job-search (2)

Saya Ingin Melamar Kerja

Buat akun untuk mencari lowongan yang tepat untuk anda

X