Apa itu Sales Representative ? Berikut ini Pengertian Serta Tanggung Jawabnya
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp

Apa itu Sales Representative ? Berikut ini Pengertian Serta Tanggung Jawabnya

Apa itu Sales Representative? Berikut ini Pengertian Serta Tanggung Jawabnya –  Sales merupakan salah satu posisi pekerjaan yang paling sering dicari, bahkan dapat dikatakan setiap harinya lowongan sales selalu terbuka di berbagai perusahaan produksi yang ada di Indonesia. Ketika kondisi pandemi seperti sekarang ini, posisi ini tidak pernah tertutup dan selalu membuka lowongan.

Sebab sales merupakan seseorang yang memiliki posisi sangat penting untuk kelangsungan penjualan sebuah produk yang dimiliki perusahaan oleh karena itu mengapa sebuah perusahaan mencari sebanyak mungkin sales untuk melakukan penjualan produk. Karena ketika banyak sales yang memasarkan produk maka akan semakin memperbesar peluang produk mendapatkan omset yang besar.

Apa itu Sales Representative ? Berikut ini Pengertian Serta Tanggung Jawabnya
Apa itu Sales Representative ? Berikut ini Pengertian Serta Tanggung Jawabnya

Namun Anda harus paham bahwa tidak semua orang bisa menjadi seorang sales, apalagi jika Anda tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Sebab bagaimana mungkin Anda bisa memasarkan sebuah produk dan meningkatkan penjualan jika berkomunikasi saja Anda tidak bisa melakukannya, untuk itu jika Anda berminat menjadi seorang sales representatif maka Anda harus belajar berkomunikasi dengan baik terlebih dahulu, lantas apa itu sales representatif?

Bila Anda penasaran maka Anda bisa menyimak informasi lengkap berikut ini mengenai apa sebenarnya sales representative, apa saja tanggung jawab  yang dimiliki, apa yang dibutuhkan agar bisa menjadi sales representative, apa kualifikasi, serta bagaimana menjadi seorang sales representatif. Simak informasinya sebelum akhirnya Anda memutuskan untuk melamar pekerjaan menjadi seorang sales.

Pengertian Lengkap dari Sales Representative

Pengertian Lengkap dari Sales Representative
Pengertian Lengkap dari Sales Representative

Sales representatif merupakan sebuah istilah yang sering digunakan pada dunia bisnis serta marketing. Istilah ini diperuntukkan untuk seseorang yang memiliki profesi profesional di dalam sebuah perusahaan yang memiliki tugas untuk menjual sebuah produk maupun jasa ke pihak pebisnis, organisasi, pemerintah, maupun kepada pihak masyarakat yang tergolong dalam sasaran penjualan.

Seorang sales representatif akan melakukan sebuah penjualan produk yang bersifat non teknis, yang artinya baik penjual maupun pembeli produk tidak memerlukan sebuah pengetahuan khusus terkait produk dalam melakukan transaksi jual beli. Hal ini sangat berbeda dengan sales lainnya yang perlu mengetahui informasi terkait mengenai produk yang ditawarkan.

Sampai disini apakah Anda sudah mengetahui apa itu sales representative? maka dapat dikatakan bahwa sales representatif adalah sales yang bekerja dan berhubungan langsung dengan sebuah pabrik maupun penyedia barang serta jasa. Sehingga tingkatan sales representatif berbeda dengan sales associate yang bekerja langsung antara penjual dengan pembeli untuk dimanfaatkan secara pribadi.

Baca juga :   Cara Lamar Kerja yang Baik dan Benar, Apa Saja Hal Yang Harus Diperhatikan?

Sedangkan untuk produk yang ditawarkan seorang sales representatif bukanlah produk yang ditawarkan untuk dikonsumsi sendiri atau digunakan sendiri tetapi produk ini adalah sebuah produk hasil pabrikan yang dijual kepada pihak yang nantinya juga akan melakukan yang namanya penjualan kembali sebuah produk kepada konsumen yang akan mengonsumsi ataupun menggunakan secara langsung jasa tersebut.

Contohnya seorang sales yang datang ke sebuah apotek yang menawarkan berbagai macam jenis obat untuk dijual kembali di apotik tersebut, tidak hanya itu saja contoh lainnya seperti sales mobil kampas yang datang ke toko-toko kecil untuk menawarkan barang pabriknya untuk dijual toko tersebut. Sehingga ketika Anda melakukan penjualan di banyak titik maka itu berarti Anda akan mencapai omset yang lebih besar, laku atau tidaknya produk Anda pada toko tersebut tetapi sebagai seorang sales sudah membuat toko tersebut mengambil produk.

Apa itu sales representatif? seles yang hanya menawarkan kepada sebuah distributor untuk menjual kembali barang tersebut sehingga Anda sebagai seorang sales tidak perlu terlalu banyak menjelaskan mengenai apa produk yang Anda tawarkan serta apa keunggulan serta pengetahuan lain mengenai produk Anda. Tugas seorang sales representatif memang tidak seberat sales biasanya yang menawarkan door to door kepada pelanggan yang membeli produk satuan.

Tanggung Jawab Seorang Sales Representatif.

Apabila Anda masih penasaran untuk mengetahui informasi lebih jauh mengenai sales representatif maka pada bagian ini akan dijelaskan tanggung jawab seorang sales representatif dalam sebuah perusahaan. Sebab setiap pekerjaan pastinya memiliki resiko dan tugas yang harus diemban dengan penuh rasa tanggung jawab yang tinggi, baik itu sebagai seorang sales maupun pekerjaan lainnya.

Sangat tidak mungkin sebuah pekerjaan tidak memiliki tugas yang dikerjakan sebagai tanggung jawabnya dalam perusahaan tersebut. Untuk itu berikut ini tanggung jawab yang dimiliki oleh seorang sales dalam sebuah perusahaan.

-Menjual Barang Serta Jasa

Tugas paling utama yang dimiliki oleh seorang sales adalah menjual sebuah barang ataupun jasa yang menjadi produk dari perusahaan tempat Anda bekerja. Tidak langsung melakukan penjualan tetapi Anda terlebih dahulu harus mencari tahu target potensi klien, bagaimana mempromosikan produk dengan sebaik mungkin kepada klien serta Anda sebagai seorang sales harus menjaga hubungan baik dengan klien yang Anda miliki.

Apakah Anda sudah sedikit paham mengenai apa itu Sales Representative? Bila belum maka Anda bisa terus menyimak informasi ini. Selain bertugas untuk menjual barang dan tetap menjaga hubungan baik dengan klien maka Anda juga harus saling bekerjasama dengan pihak customer support agar Anda bisa memastikan mengenai kepuasan dari klien Anda hal ini guna agar penjualan Anda bisa mencapai target secara berkala dari klien tersebut.

Baca juga :   Apa Itu SPG ? Berikut Tugas, Macam hingga Besaran Gajinya

-Mengurus Masalah Administratif Konsumen

Sebagai seorang sales representatif Anda tidak hanya menawarkan sebuah produk dan lepas tangan begitu saja tetapi Anda juga yang harus mengurus masalah administratif dari konsumen yang melakukan pembelian kepada Anda. Sebab setiap pembelian barang maupun jasa pasti memiliki sebuah berkas administrasi yang harus dilengkapi dan harus diurus untuk memperlancar transaksi jual beli yang terjadi.

Adapun dokumen yang harus Anda urus sebagai seorang sales seperti perkiraan biaya (harga), perjanjian pembayaran, kontrak perjanjian pembelian, serta mengenai report data yang dimiliki dalam pembelian tersebut. Selain itu walaupun proses transaksi jual beli telah dilaksanakan tetapi Anda tetap berkewajiban untuk memberikan pendampingan serta menjawab pertanyaan bahkan setelah transaksi penjualan dilakukan.

Apa itu sales representatif? jadi Anda sebagai seorang sales representatif akan terus melakukan pendampingan kepada klien meskipun produk ataupun jasa Anda telah dibeli oleh pihak klien, pada tanggung jawab ini sudah sangat memperjelas perbedaan antara sales biasa yang menawarkan produk saja dengan Sales Representative.

-Terus Melakukan Update Mengenai Perubahan Pasar Serta Tren yang Ada

Sebagai seorang Sales Representative sebuah perusahaan Anda harus terus up to date dengan tren-tren terbaru serta perubahan-perubahan pasar yang terjadi. Hal ini sangat penting untuk Anda lakukan, sebab dengan cara ini maka Anda bisa melihat peluang serta cara yang bisa Anda lakukan untuk menawarkan barang ataupun jasa yang menjadi produk yang Anda tawarkan dari perusahaan Anda.

Untuk melakukan up to date ini maka Anda bisa melakukannya dengan rajin membaca berbagai macam publikasi, mengikuti berbagai seminar yang mendukung, mengamati fluktuasi pasar yang ada, serta mengamati kegiatan-kegiatan dari kompetitor yang juga melakukan penjualan produk yang hampir sama dengan produk yang Anda miliki. Sebab walaupun sebuah produk sama tetapi Anda menawarkan dengan cara yang berbeda maka tentunya peluang terjualnya akan jauh lebih besar. Baca juga artikel tentang apa saja tugas customer service itu?

Keterampilan yang Harus Anda Miliki untuk Menjadi Sales Representative

Untuk menjadi seorang sales representatif maka Anda harus memenuhi beberapa hal yang pastinya memang dimiliki oleh seorang Sales Representative. Apa itu sales representatif? serta apa yang harus Anda miliki untuk menjadi sales representatif ini? berikut ini beberapa hal yang harus Anda miliki agar Anda bisa menjadi seorang Sales Representative.

  1. Keterampilan customer service, Anda harus memiliki keterampilan ini sebab sebagai seorang sales representatif harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik serta ramah dalam berkomunikasi kepada konsumen agar konsumen menjadi nyaman dengan Anda.
  2. Keterampilan mendengar, Anda sebagai seorang sales harus mampu mendengarkan apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh seorang konsumen agar Anda bisa menyesuaikan dengan produk yang akan Anda tawarkan nantinya.
  3. Fleksibel, sebagai seorang sales representatif maka Anda harus mampu menjadi seseorang yang fleksibel yang artinya mampu bekerja kapan saja dan disesuaikan dengan waktu yang dimiliki klien, bukan Anda yang mengatur waktu klien tetapi klien yang mengatur Anda.
  4. Gigih, hal dasar yang memang perlu dimiliki oleh seorang sales representatif adalah kegigihan yang tinggi, Anda harus memiliki sikap gigih sehingga ketika Anda ditolak oleh seorang klien maka Anda tidak akan menyerah dan terus melakukan penawaran hingga pada akhirnya diterima.
  5. Berpikir kritis, Sebagai seorang Sales Representative maka Anda harus memiliki pemikiran yang kritis terhadap berbagai masalah yang hadir ketika Anda sedang melakukan penawaran kepada klien. Anda harus mampu berpikir cepat bagaimana solusi yang akan Anda berikan kepada klien agar klien tertarik menggunakan produk Anda  dengan baik dan juga aman.
Baca juga :   Wajib Pertajam 7 Skill yang Harus Dimiliki Sales Executive

Kualifikasi Seorang Sales Representative

Setelah Anda membaca penjelasan mengenai apa itu sales representative maka apabila Anda ingin melamar menjadi sales ini maka Anda harus memenuhi kualifikasi yang harus Anda miliki. Biasanya dari kualifikasi pendidikan sales representatif ini berbeda dengan sales biasanya, kualifikasi pendidikan untuk posisi ini minimal sarjana dan akan menjadi nilai tambah jika Anda telah memiliki pengalaman dalam bidang ini sebelumnya.

Namun apabila Anda belum berpendidikan sarjana dan hanya lulusan SMA maka Anda tetap memiliki peluang tetapi dengan syarat pengalaman kerja serta telah mengikuti training terkait penjualan untuk menambah wawasan serta pengetahuan Anda mengenai penjualan dan strategi penjualan yang biasa dilakukan.

Cara Menjadi Sales Representative

Untuk menjadi seorang sales representatif maka Anda harus melakukan beberapa langkah seperti mencari tahu perusahaan mana saja yang sedang membuka lowongan dengan posisi tersebut. Setelah itu Anda bisa memasukka surat lamaran serta dokumen pendukung lainnya seperti surat pengalaman kerja, sertifikat kursus, dan berbagai dokumen lain yang akan lebih meyakinkan HRD untuk menerima Anda sebagai seorang sales representatif.

Apabila dokumen Anda memenuhi kualifikasi maka Anda akan dipanggil untuk melakukan interview dan menjadi tahap paling menentukan apakah Anda akan diterima atau tidak sehingga Anda harus melakukannya dengan sebaik mungkin. Apabila Anda diterima maka Anda akan mengikuti pelatihan singkat dan langsung turun lapangan untuk menawarkan produk.

Demikianlah informasi lengkap yang akan membantu Anda mengetahui apa itu sales representatif yang penting untuk Anda ketahui apalagi jika Anda berminat pada bidang tersebut.

Sedang Cari Karyawan? Jasa Outsourcing Terbaik dan Terpercaya di Indonesia. Hubungi myrobin.id menyediakan tenaga kerja bertalenta & profesional

Kelola Bisnis Anda Lebih Mudah

dengan rekrutmen tenaga kerja kami dan platform manajemen modern.

Artikel terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Selamat Datang di MyRobin.id

Apa yang sedang Anda cari?

job-search (2)

Saya Ingin Melamar Kerja

Buat akun untuk mencari lowongan yang tepat untuk anda

X