Mengenal Apa Itu Sales Support Beserta Tanggung Jawabnya
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp

Mengenal Apa Itu Sales Support Beserta Tanggung Jawabnya

Mengenal Apa Itu Sales Support Beserta Tanggung Jawabnya – Pernahkan Anda mendengar istilah sales? Tentunya ini bukanlah hal yang asing lagi bagi masyarakat. Istilah sales ini dikenal dalam dunia penjualan produk yang mana orang yang bertugas untuk melakukan promosi dan menjualkan produk. Sales ini merupakan penyalur antara penjual dan juga pembeli. Sales sudah menjadi bidang pekerjaan yang banyak ditekuni oleh para pencari kerja.

Tanpa adanya sales inipun produk juga tidak bisa terjual dengan baik. Sebuah perusahaan selalu memiliki sales yang bertugas untuk mempromosikan barang produksinya. Mungkin banyak orang tidak memahami apa saja macam-macam sales. Ternyata sales ini tidak hanya satu jenis saja melainkan memiliki macam-macam jenisnya, yakni ada sales mirroring, sales promosi, dan sales support.

Mengenal Apa Itu Sales Support Beserta Tanggung Jawabnya
Mengenal Apa Itu Sales Support Beserta Tanggung Jawabnya

Banyaknya kompetitor yang ada dalam era modern ini bisa menghambat jumlah penjualan apabila perusahaan tidak berusaha untuk mendorong aktivitas produksi dengan adanya seorang sales.  Tidak selamanya tim Apa Itu Sales Support ini dapat menikmati hasil yang baik, tetapi dengan usaha yang keras dan kerja tim yang solid akan mampu membuat perusahaan semakin baik dan meningkatkan kinerja tim sales.

Mengapa Ada Tim Sales?

Perusahaan selalu membutuhkan seseorang yang bisa mempromosikan barang produksi mereka ke khalayak umum. Dengan menggunakan bantuan sales ini kebutuhan promosi tersebut akan mudah didapatkan. Berbagai keahlian ini pun tidak mungkin dimiliki oleh satu orang saja, kerja tim bisa menjadi solusi. Adanya tim ini bisa menggabungkan keahlian masing-masing individu untuk mendapatkan hasil terbaik selama penjualan.

Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa keberhasilan dalam sebuah bisnis ini tergantung pada bagaimana penjualan dan pemasaran bisnis tersebut. Padahal tidak hanya itu saja yang membuat perusahaan menjadi berhasil tetapi adanya strategi Apa Itu Sales Support marketing yang digunakan dalam proses promosi, yakni dengan menggunakan tim sebagai penguat.

Adanya tim ini dapat memenuhi keahlian yang dibutuhkan dalam melakukan promosi, dari bisnis ini pun dapat berjalan dengan baik. Kerja tim merupakan penggabungan kinerja terbaik yang mampu diberikan oleh pekerja kepada perusahaan. Tentu saja imbasnya tidak hanya bisa dirasakan oleh perusahaan, melainkan dapat pula dirasakan oleh anggota tim tersebut yang akan mendapatkan reward tertentu.

Kerja tim mampu memudahkan semua hal yang diperlukan dalam kegiatan promosi produk. Marketing support didapatkan dengan adanya kerja tim. Nah, sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan marketing Apa Itu Sales Support?

Baca juga :   Penting! Inilah Deretan Hal yang Dilakukan Sebelum Melamar Kerja

Mengulas tentang Sales Support

Mengulas tentang Sales Support
Mengulas tentang Sales Support

Sales merupakan salah satu profesi yang sekarang ini banyak sekali digeluti untuk melancarkan proses promosi produk dari produsen kepada pembeli atau konsumen. Menurut beberapa ahli sales support diartikan sebagai seseorang yang mempunyai tanggung jawab untuk mengurus bagian mendasar dari tim penjualan. Tugas dari sales support ini ialah untuk meringankan beban dari para sales representative, seperti namanya ‘support’ yang berarti mendukung.

Dukungan yang diberikan dari sales support ini pada bidang marketing. Mereka sebagai penunjang dan memberikan pelayanan terhadap tim marketing untuk melancarkan promosi produk. Bagaimana cara tim sales support melancarkan promosi produk? Sales Support mendukung segala pelayanan persiapan produk, demo produk, riset produk, dan sebagainya yang dibutuhkan oleh tim marketing Apa Itu Sales Support.

Apa Saja Tugas Sales Support?

Apa Saja Tugas Sales Support?
Apa Saja Tugas Sales Support?

Sales support memiliki banyak sekali tugas yang harus dilakukan. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa tim support ini ialah membantu bagian advertising serta customer service untuk melancarkan pemasaran produk. Masing-masing tenaga kerja yang ada pada perusahaan ini pastinya memerlukan tenaga yang cukup banyak serta dibekali dengan skill yang mumpuni dalam mensukseskan penjualan.

Sekarang ini tidak sedikit penyedia jasa marketing support yang bermanfaat bagi tim yang membutuhkan bantuan sesuai dengan keahliannya. Sehingga proses produksi ini bisa memiliki pendukung serta pembantu dalam melancarkan segala kebutuhan produksi. Tim pendukung ini lebih efektif digunakan karena dapat bekerja sesuai dengan bidangnya dan dapat mempercepat kinerja Apa Itu Sales Support marketing.

Ada pula perusahaan yang ingin memiliki sendiri tim marketing support sendiri dengan melakukan training yang dapat diikuti sebagai persiapan untuk menjadi bagian dari tim marketing support yang handal. Dengan memiliki tim marketing yang handal setiap pekerjaan tentu akan lebih mudah untuk dilakukan. Sehingga dapat meningkatkan kualitas serta perusahaan tersebut dapat berkembang menjadi lebih baik lagi. 

Adanya marketing support ini memudahkan para pekerja divisi marketing agar tujuan marketing dapat tercapai dan sukses sesuai dengan target yang telah ditentukan. Biasanya perusahan memiliki tuntutan tugas tersendiri bagi pekerjanya seperti mau menerima kontrak dari manager marketing, membuat rencana jadwal pengiriman barang, membuat order confirmation pada pelanggan, komunikasi dengan bagian gudang untuk persiapan barang kiriman, menyiapkan dokumentasi penjualan lokal, analisis Apa Itu Sales Support dan lain sebagainya.

Pekerjaan Seorang Sales Support

Pekerjaan Seorang Sales Support
Pekerjaan Seorang Sales Support

Tanggung jawab seorang sales support memang cukup besar. Namun, belakangan ini kinerja ini akan teralihkan menjadi pekerjaan yang akan dilakukan oleh mesin. Sebagai pekerjaan yang yang dapat diselesaikan dengan proses otomatisasi. Sedangkan tanggung jawab dan lingkup kerja yang berkaitan dengan kebutuhan operasional tidak bisa digantikan dengan kecerdasan buatan seperti mesin.

Baca juga :   Ingin Menjadi Resepsionis Hotel yang Baik? Ikuti Cara dan Tips-nya

Lalu bagaimana sih pekerjaan seorang sales support yang dibutuhkan dalam dunia perusahaan selama ini. Simak rangkuman singkat ini untuk memperkaya pengetahuan Anda mengenai sales support.

Training Produk dan Coaching

Kabarnya sales support ini akan digantikan dengan sistem mesin yang dapat dijalankan dengan otomatis, namun ada beberapa bidang Apa Itu Sales Support yang tidak bisa dilakukan dengan bantuan mesin. Salah satunya ialah training produk dan coaching. Kedua kegiatan ini tidak bisa digantikan oleh keberadaan mesin.

Mengadakan pengenalan produk training untuk sebuat representatif perusahaan ini  tidak bisa dilakukan dengan menggunakan mesin. Mau tidak mau harus ada seseorang yang memegang peran penting ini. Training produk ini sangat penting bagi perusahaan, meskipun tidak memimpin training tetapi mereka tetap diwajibkan untuk membuatkan modul dan guide line untuk para representatif perusahaan dapat memahami materi dengan cepat.

Training produk ini dilakukan bersama sales coaching, bagian dari sales support ini sangat penting sebagai perencanaan sesi pelatihan yang diadakan setiap bulannya. Apabila digantikan dengan mesin akan sangat mustahil sekali bisa mengajarkan mengenai kepemimpinan dalam membangun Apa Itu Sales Support sebuah tim.

Melakukan Follow Up

Melakukan sebuah follow up ini pun penting sekali untuk dilakukan. Biasanya tugas ini berada pada kuasa customer service tetapi para sales support pun memiliki tanggung jawab untuk menjaga hubungan perusahaan dengan para prospek atau konsumen. Perusahaan akan selalu memperhatikan kesejahteraan pelanggan yang menjadi sumber dari profitnya dalam jangka panjang. Sehingga diperlukan adanya follow up antara klien dan konsumen untuk menghasilkan kerja sama dengan baik.

Generasi Kepemimpinan

Salah satu hal yang menjadi peran sales support yang tidak bisa juga digantikan oleh mesin ialah lead generation. Peran ini ialah sebuah proses dimana tim penjualan akan melakukan Apa Itu Sales Support penyaringan prospek berkualitas untuk menghubungkan para sales representative. Nah, tidak jarang pula perusahaan ini menemukan prospek ini melalui media sosial, riset, email marketing, dan juga kampanye.

Komunikasi

Sebagian perusahaan pun menugaskan para sales support untuk melakukan fungsi departemen lain untuk membantu kelancaran pemasaran. Biasanya sales support ini mendapatkan bagian proses periklanan, mengkoordinasi kampanye yang sedang berlangsung, mendistribusikan press release melalui email marketing, dan hal-hal lain terkait pemasaran.

Tujuan dari adanya hal ini ialah untuk  produk perusahaan tetap relevan di pasaran. Saat popularitas brand perusahaan tetap stabil, tugas sales ini tidak akan terlalu berat.

Kemampuan yang Dibutuhkan Sales Support

Meskipun dikenal dengan pekerjaan yang berada dibalik layar. Perusahaan pun juga menuntut para pekerja sales support ini memiliki keahlian tertentu yang dapat digunakan untuk mendukung kegiatan promosi. Pekerja haruslah memiliki kualifikasi khusus agar mampu mendaftarkan diri menjadi sales support.

Baca juga :   Pengalaman sebagai HR Operation di Industri Logistik

Pada umumnya persyaratan ini tidak jauh berbeda antar perusahan, semakin baik keterampilan dan kemampuan yang Anda miliki ini akan menjadi nilai tambahan tersendiri. Berikut ini beberapa skill dan kualifikasi yang dibutuhkan untuk menjadi tim sales Apa Itu Sales Support.

Pendidikan Minimal

Salah satu hal umum yang menjadi patokan dalam syarat pendaftaran suatu pekerjaan ialah tingkat pendidikan, bagi perusahan-perusahaan ternama biasanya mencari seseorang yang berasal dari bidangnya. Misalnya lulusan studi marketing, akuntansi, bisni, ataupun administrasi.

Tidak jarang pula perusahaan menetapkan tingkat pendidikan minimal SMA/SMK sederajat dan sekarang ini sudah banyak yang membukanya minimal bagi lulusan tingkat sarjana untuk bidang-bidang tertentu.

Mempunyai Keterampilan Mendukung

Jika Anda memiliki keterampilan yang mendukung ini dapat membuat Anda memiliki peluang yang lebih besar jika dibandingkan dengan lainnya. Keterampilan yang Anda miliki ini dapat membuat penjualan semakin lancar. Oleh sebab itu, bagi orang yang memiliki keterampilan Apa Itu Sales Support lebih akan lebih diprioritaskan.

Memiliki Pengetahuan yang Cukup

Memiliki pengetahuan yang cukup ini pun menjadi tolak ukur bagi sebuah HR untuk merekrut sebuah karyawan atau anggota baru. Sehingga orang-orang terpilih yang akan lolos dalam perusahan dan bergabung menjadi timnya untuk menjadi tim yang solid.

Perbedaan Tugas Sales Support dengan Admin

Berbeda dengan seorang admin, meskipun sales support pun memiliki fungsi menjadi penghubung antara klien dengan konsumen atau customer kedua pekerjaan ini sangatlah berbeda. Sales admin ini bertugas untuk mendukung aktivitas sales khususnya pada bagian administrasi di sebuah perusahaan tertentu. Tidak jarang pula admin Apa Itu Sales Support menjadi titik kontak pertama.

Semua bentuk komplain dan lain sebagainya akan menjadi pekerjaan yang ditangani oleh seorang admin, misalnya pertanyaan, request layanan, aplikasi, dan lain-lain. Seorang admin harus mampu menguasai customer service dengan sangat baik agar tidak ada pelanggan yang kecewa atas pelayanan yang diberikan.

Sales admin ini memiliki tanggung jawab untuk mendukung kegiatan seperti aplikasi, layanan digital, dan juga web. Mereka pun bertanggung jawab atas hubungan dengan para pelanggan dan juga tim penjualan.  Biasanya juga membantu proses pemesanan, mencari informasi mengenai pelanggan, dan memberikan laporan layanan pelanggan setelah penjualan.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda ketahui mengenai Apa Itu Sales Support. Keberadaannya memang tidak terlalu kelihatan karena bekerja dibalik layar, tetapi sangat berguna sekali bagi kemajuan dan perkembangan sebuah perusahaan. Bagi Anda yang memiliki kualifikasi yang dibutuhkan bagi sales support tidak ada salahnya mencoba pengalaman menjadi seorang sales support.

Sedang Cari Sales Profesional? Jasa Outsourcing Terbaik dan Terpercaya di Indonesia. Hubungi myrobin.id menyediakan tenaga kerja bertalenta & profesional

Kelola Bisnis Anda Lebih Mudah

dengan rekrutmen tenaga kerja kami dan platform manajemen modern.

Artikel terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Selamat Datang di MyRobin.id

Apa yang sedang Anda cari?

job-search (2)

Saya Ingin Melamar Kerja

Buat akun untuk mencari lowongan yang tepat untuk anda

X