Apa Itu SPG ? Berikut Tugas, Macam hingga Besaran Gajinya
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp

Apa Itu SPG ? Berikut Tugas, Macam hingga Besaran Gajinya

Apa Itu SPG? Berikut Tugas, Macam hingga Besaran Gajinya – SPG merupakan kepanjangan dari sales promotion girls yang berarti para wanita yang bertugas sebagai tenaga pemasaran suatu produk atau jasa. Karena tugasnya pada bagian pemasaran, SPG bisa dibilang sebagai ujung tombak suatu perusahaan dalam mengenalkan produknya. Mereka lah yang berhadapan langsung dengan calon pembeli dengan usahanya untuk meyakinkan agar terjadi penjualan.

Secara umum dan menurut apa yang terlihat dari luar, SPG memang bertugas memperkenalkan produk. Namun ada beberapa hal lain yang berhubungan dengan profesi tersebut dan tidak banyak diketahui orang. Hal tersebut mencakup tugas dan kewajibannya terhadap perusahaan, jenis-jenis SPG yang ternyata berbeda satu sama lain hingga besaran gaji yang diterimanya. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai profesi tersebut.

Tugas Umum SPG

Tugas Umum SPG
Tugas Umum SPG

Pengertian mengenai apa itu SPG sudah dijelaskan sebelumnya. Akan tetapi agar semakin memahami tentang definisi sales promotion girls, maka penting untuk mengetahui tugas-tugasnya. Tugas seorang SPG bisa dikatakan seputar memperkenalkan produk dan berusaha untuk menarik minat orang lain sampai melakukan pembelian. Secara lebih detail, tugas umum SPG dijelaskan di bawah ini.

Menarik Perhatian Calon Pembeli

SPG sangat mudah ditemui di berbagai pusat perbelanjaan dan secara khusus selalu menjadi yang pertama dilihat dari sebuah stan produk. SPG memang harus berada di posisi paling depan karena tugas utamanya adalah menarik perhatian calon pembeli. Tak heran jika salah satu kriteria menjadi SPG adalah berpenampilan menarik, ramah dan murah senyum. Kriteria semacam itulah yang diharapkan mampu menarik perhatian calon pembeli agar melihat produk yang ditawarkan.

Menjelaskan Deskripsi Produk

Setelah berhasil mengajak calon pembeli untuk mampir ke stan, tugas SPG selanjutnya adalah memberikan penjelasan mengenai produk yang ditawarkan. Penjelasan produk harus sangat rinci yang meliputi keunggulan serta kelebihannya dibanding produk sejenis lainnya di pasaran. Dari sini terlihat bahwa pengertian apa itu SPG juga menuntut profesi ini untuk menguasai produk dengan baik guna bisa menjelaskan kepada calon pembeli.

Memberikan Penawaran

Umumnya produk yang ditawarkan oleh SPG berbeda dengan produk yang dipajang di toko meskipun berasal dari merk yang sama. Perbedaan itu biasanya terletak pada harga atau penawaran lain. Di sinilah seorang SPG harus bisa menyampaikan penawaran tersebut dengan cara yang berbeda agar terjadi penjualan saat itu juga. Tugas menyampaikan penawaran ini menuntut seorang SPG harus menguasai ilmu komunikasi dan tata bahasa.

Baca juga :   Apa itu Sales Representative ? Berikut ini Pengertian Serta Tanggung Jawabnya

Menjawab Pertanyaan Calon Pembeli

Apabila calon pembeli mulai mengajukan pertanyaan, maka itu merupakan pertanda bahwa ia mulai tertarik. Kesempatan ini harus dimanfaatkan oleh SPG sampai benar-benar terjadi penjualan. Jadi seorang SPG dilarang melayani calon pembeli dengan asal-asalan apalagi tidak mau menjawab pertanyaan. Apa itu SPG dan tugas wajibnya adalah menjawab semua pertanyaan calon pembeli yang berhubungan dengan produk dan penawaran yang disediakan.

Melakukan Pencatatan Penjualan

Saat terjadi penjualan, bukan berarti tugas SPG dinyatakan selesai. Ia masih harus melakukan pencatatan setiap berhasil melakukan penjualan. Pencatatan ini akan mencakup jenis produk yang terjual, banyaknya jumlah produk sampai total keseluruhan harganya. Biasanya format pencatatan sudah disediakan oleh perusahaan. SPG nantinya juga masih harus melaporkan pencatatan tersebut kepada atasannya.

Membangun Kepercayaan Calon Pembeli

Apabila gagal menjaring pembeli melalui penawaran yang diberikan, SPG bisa tetap membangun kepercayaan dari calon pembeli. Caranya dengan tetap mengapresiasi keputusan calon pembeli yang tidak melakukan transaksi dan kemudian memberikan kontak yang bisa dihubungi. Harapannya agar calon pembeli itu suatu saat tidak kesulitan jika membutuhkan barang tersebut. Dengan tetap ramah, SPG telah berhasil membangun kepercayaan calon pembeli.

·Melaksanakan Tugas sesuai Prosedur

Apa itu SPG dan bagaimana tugasnya sebenarnya sangat bergantung pada perusahaan. Perusahaan selalu sudah memiliki prosedur tentang tugas apa yang perlu dilakukan seorang SPG. Beberapa poin di atas merupakan prosedur secara umum dan setiap perusahaan bisa saja mempunyai strandar prosedur yang berbeda. Seorang SPG perlu memahami hal tersebut agar tidak keliru dalam menjalankan tugasnya.

Macam-macam SPG

Secara umum, SPG masuk dalam karyawan pemasaran. Terdapat beberapa macam dan masing-masing sales promotion girls memiliki perbedaan. Perbedaan dari setiap macam SPG dilihat dari tugasnya dan dari cara perusahaan dalam mempekerjakan mereka. Ada juga jenis sales promotion girls yang dibedakan berdasarkan lama bekerja dan gaji yang diberikan. Untuk tahu lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini.

SPG Reguler

Jenis yang pertama dari apa itu SPG adalah jenis reguler. Sales promotion girls yang masuk dalam jenis ini bisa juga disebut sebagai pegawai tetap yang diangkat melalui proses seleksi yang diadakan perusahaan tertentu. Dengan status tersebut, SPG reguler bekerja dengan melakukan tugas secara hampir menyeluruh. Tugas itu mencakup memajang produk di toko, mendata produk yang terjual hingga membersihkan toko.

Karena merupakan pekerja tetap di perusahaan, maka SPG reguler mengikuti aturan yang berlaku di tempat kerjanya itu. Ia akan memperoleh gaji pokok setiap bulan dan bonus lain sesuai ketetapan perusahaan. Selain itu, fasilitas berupa jam istirahat serta hari libur juga berhak didapatkannya. Termasuk urusan jam kerja, biasanya SPG reguler mengikuti waktu kerja standar yaitu mulai pagi hingga sore.

Baca juga :   3 Tips Memilih Penyedia Outsourcing SPG Terpercaya

SPG Event

Apa itu SPG event? Profesi ini termasuk dalam profesional karena ada pelatihan khusus sebelum para pekerja itu memulai tugasnya. Berbeda dengan SPG reguler yang bekerja sesuai jam dan hari kerja pada umumnya, SPG event ditugaskan hanya pada acara tertentu. Sehingga jika tidak ada event, para sales promotion girls itu tidak melaksanakan tugasnya. Biasanya event diadakan di pusat perbelanjaan atau tempat khusus untuk merilis produk tertentu.

SPG event bekerja hanya dalam hitungan hari sesuai yang dibutuhkan perusahaan. Maka gaji yang diterima juga berdasarkan berapa hari mereka bekerja. Tugasnya sama dengan SPG reguler yaitu mengenalkan produk yang biasanya melalui brosur. Perusahaan akan memberikan target berapa banyak brosur yang harus dibagikan dalam satu hari. Jika berhasil menjaring pembeli, SPG ini akan mendapatkan bonus tersendiri di luar gajinya.

SPG Reguler Event

Jenis yang ketiga ini merupakan gabungan dari SPG reguler dan event. Definisi dari apa itu SPG reguler event adalah sales promotion girls yang bekerja pada hari tertentu dalam satu minggu, biasanya di akhir pekan. Meskipun hanya bekerja di beberapa hari dalam seminggu, profesi ini termasuk dalam pekerja tetap perusahaan. Keberadaannya membantu SPG reguler dalam melakukan tugasnya di event tertentu.

Tugas SGP reguler event masih seputar pemasaran dengan cara memperkenalkan produk, menarik minat beli dari pengunjung serta memaksimalkan penjualan. Sistem kerja para SPG reguler event ini paling sering menganut sistem shift. Artinya akan ada pergantian tugas setiap beberapa jam sekali. Umumnya setiap SPG akan bekerja selama 6-7 jam per hari dengan gaji yang dihitung per jam.

Syarat Menjadi SPG

Pengertian apa itu SPG dan lowongannya profesi termasuk peluang kerja yang sangat banyak ditemui di berbagai daerah terutama kota-kota besar. Peminat terhadap profesi ini juga cukup tinggi mengingat tidak ada kualifikasi khusus yang harus dikuasai. Kebanyakan syarat menjadi SPG hanya seputar penampilan fisik yang menarik dan enak dipandang. Sementara kemampuan lain bisa dipelajari seiring lamanya bekerja.

Kebanyakan lowongan sebagai SPG diminati oleh wanita muda baik yang masih menempuh pendidikan formal maupun yang sudah lulus. Mereka berminat terhadap profesi ini karena mudah dijalankan serta menjanjikan gaji yang lumayan. Perusahaan yang mencari profesi ini akan memasang syarat dan kriteria umum seperti berikut ini juga beberapa poin lain yang bisa berbeda antar perusahaan.

  1. Berjenis kelamin perempuan
  2. Usia maksimal 24 tahun dan masih single
  3. Pendidikan minimal SMA atau yang sederajat
  4. Memiliki tinggi minimal 160 cm
  5. Memiliki berat badan maksimal 55 kg
  6. Berpenampilan menarik
Baca juga :   Mencari Jawaban Atas Pertanyaan Tentang Apa Itu Corporates Sales?

Beberapa poin yang disebutkan di atas merupakan syarat umum seorang SPG yang dibutuhkan perusahaan. Untuk mencapai tujuannya, perusahaan juga menyertakan syarat khusus yang berkaitan dengan kemampuan SPG dalam memasarkan produk. Syarat ini bisa saja ditulis dalam lowongan kerja dan bisa saja tidak tertera karena perusahaan akan memberikan pelatihan khusus setelah SPG diterima bekerja. Inilah syarat khusus yang biasanya disertakan.

  1. Mampu berkomunikasi dengan baik
  2. Bisa mempengaruhi calon pembeli untuk tertarik terhadap produk
  3. Mampu memberikan penjelasan yang dibutuhkan calon pembeli
  4. Ramah dan mudah tersenyum
  5. Mampu menjaga profesionalitas dalam pekerjaan
  6. Bisa memenuhi target perusahaan

Fungsi SPG

Mengenai informasi apa itu SPG juga akan selalu berhubungan dengan fungsi keberadaannya. Tidak mungkin sebuah perusahaan mempekerjakan banyak SPG tanpa tujuan tertentu. Tugas sales promotion girls dengan segala kewajibannya diharapkan akan bisa membawa dampak positif yang signifikan pada perusahaan. Seperti inilah fungsi dari adanya SPG di berbagai perusahaan.

Sebagai Salah Satu Media Promosi

Banyak upaya yang bisa dilakukan perusahaan untuk mempromosikan produk atau jasanya. Cara yang paling umum dilakukan adalah melalui iklan, baik di media elektronik, cetak maupun media sosial. Keberadaan SPG membantu memaksimalkan upaya promosi tersebut. SPG yang akan bertemu langsung dengan calon pembeli bisa melakukan promosi dengan lebih akurat dan terukur.

Mengetahui Kebutuhan Pasar

Pertanyaan mengenai apa itu SPG akan turut terjawab melalui penjelasan dari fungsinya. Fungsi yang selanjutnya adalah agar perusahaan bisa lebih memahami kebutuhan pasar. SPG yang berhadapan langsung dengan calon konsumen bisa mengorek banyak informasi penting. Dari hal tersebut akan mudah diketahui apa yang sebenarnya diinginkan konsumen, apa yang menjadi masalah konsumen hingga produk atau jasa seperti apa yang akan menyelesaikan masalah mereka.

Memaksimalkan Penjualan

Poin yang terakhir ini merupakan fungsi utama dari SPG. Perusahaan tentu saja menginginkan keuntungan yang besar dari produk atau jasa yang terjual. Upaya penjualan itu dilakukan oleh SPG sehingga profesi ini bisa dibilang sebagai kunci perusahaan dalam memaksimalkan keuntungan. Semakin mahir SPG dalam berpromosi, maka diharapkan penjualan akan semakin tinggi.

Seperti itulah definisi mengenai apa itu SPG termasuk tugas dan kewajibannya dalam pekerjaan. Telah dijelaskan pula jenis dan macam SPG berdasarkan waktu kerja dan besar gajinya. Terakir, penjelasan mengenai fungsi keberadaan SPG akan semakin menambah pengetahuan mengenai profesi tersebut.

Sedang Cari SPG? Jasa Outsourcing Terbaik dan Terpercaya di Indonesia. Hubungi myrobin.id menyediakan tenaga kerja bertalenta & profesional

Kelola Bisnis Anda Lebih Mudah

dengan rekrutmen tenaga kerja kami dan platform manajemen modern.

Artikel terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Selamat Datang di MyRobin.id

Apa yang sedang Anda cari?

job-search (2)

Saya Ingin Melamar Kerja

Buat akun untuk mencari lowongan yang tepat untuk anda

X