Mengenal apa itu Staff Gudang?
Resources,Untuk Pencari Kerja

Apa Itu Staff Gudang dan Tugasnya?

Apa Itu Staff Gudang (Staff Warehouse/ Pegawai Gudang/ Karyawan Gudang) dan Tugasnya – Perusahaan industri atau penyedia jasa logistik pasti akan memiliki gudang yang membutuhkan para pekerja di dalamnya. Salah satunya ialah Staff Gudang yang turut memiliki peranan dalam perusahaan tersebut. Lantas apa itu yang dimaksud dengan Staff Gudang atau Staff Warehouse dan juga tugas apa saja yang dilakukan?

Staff Gudang ini biasanya memiliki pekerjaan yang jauh lebih mudah, tapi membutuhkan fisik yang prima, sehat, dan kuat untuk menjalankannya. Selain itu, biasanya beberapa perusahaan akan menerima pekerja untuk pergudangan dengan syarat mau bekerja keras dengan giat dan tentunya loyalitas, serta memiliki rasa tanggung jawab. Sebab, pekerjaan yang berkaitan dengan pergudangan membutuhkan orang dengan karakter tersebut.

Anda yang memiliki peluang untuk bekerjad di suatu perusahaan dengan bagian Staff Gudang, maka persiapkan riwayat hidup yang memberikan sudut pandang seperyti kriteria yang dibutuhkan oleh suatu perusahaan. Oleh karenanya, riwayat hidup (Curiculum Vitae/ CV) memang disesuaikan dengan kemampuan yang Anda miliki, dan juga memenuhi standar yang telah ditetapkan suatu perusahaan agar diterima menjadi Staff Gudang.

Beberapa perusahaan yang membutuhkan Pegawai Gudang juga bisanya membutuhkan persyaratan Ijazah terakhir minimal SMA atau SMK sederajat, dengan usia minimal yang ditetapkan. Laki-laki atau perempuan juga bisa menjadi Karyawan Gudang dengan posisinya masing-masing, karena menjadi pegawai yang berurusan dengan pergudangan akan memiliki ragam tugas yang bisa dikerjakan berdasarkan porsinya.

Fisik yang prima atau dalam keadaan yang sehat menjadi hal yang paling diutamakan untuk menjadi Pegawai Gudang. Sebab, setiap harinya akan diberikan target yang harus dapat dicapai sebagai perusahaan logistik. Inilah mengapa setiap Staff Warehouse wajib dalam keadaan yang sehat. Apalagi jika logistik yang dimaksud berkaitan dengan produksi makanan, maka seluruh karyawannya wajib memenuhi standar kesehatan dan kebersihan.

Terkadang ada yang bertanya-tanya apa itu Staff Gudang (Staff Warehouse/ Pegawai Gudang/ Karyawan Gudang)?  Danapakah menjadi seorang Pegawai Gudang terjamin keselamatan? Terjaminnya keselamatan dari karyawan yang dipekerjakan di gudang logistik sudah pasti menjadi hal yang diperhatikan oleh perusahaan. Pergudangan logistik yag berkaitan dengan bahan ringan dan berat akan memberikan pakaian yang sesuai.

Di mana seragam yang diberikan kepada setiap Staff Gudangakan disesuaikan dengan pekerjaan yang diberikan, mengingat keamanan dan kebersihan yang diterapkan sesuai standar. Pekerjaan di gudang akan membutuhkan tenaga yang prima, karena setiap tugasnya dilakukan dengan target yang telah ditetapkan perusahaan setiap harinya dalam menyediakan logistik sesuai permintaan pasar.

Mengenal apa itu Staff Gudang?

Mengenal apa itu Staff Gudang?
Mengenal apa itu Staff Gudang?

Apa itu Staff Gudang (Staff Warehouse/ Pegawai Gudang/ Karyawan Gudang) merupakan pegawai tetap, kontrak, atau justru harian? Perusahaan yang berkaitan dengan penyediaan barang atau logistik memang akan memiliki beberapa jenis Karyawan Gudang, dengan porsi tugasnya masing-masing. Pegawai Gudang harian merupakan sosok yang bekerja berdasarkan planning dan dibayar berdasarkan hari di mana terdapat planning untuk menyediakan setiap pesanan sesuai target.

Apa saja tugas staff gudang?

Apa saja tugas staff gudang?
Apa saja tugas staff gudang?

Pegawai Gudang yang tetap biasanya berasal dari karyawan yang bekerja harian, dan memiliki masa kerja sudah sekian tahun, serta memiliki latar belakang pendidikan yang juga tinggi (Sarjana). Menjadi Staff Gudang yang tetap tentunya memilik tanggung jawab yang lebih besar dibandingkan dengang para pegawai yang bekerja harian. Lalu, bedanya dengan Karyawan Gudang kontrak ialah sistem pembayaran gajinya.

Di mana Karyawan Gudang kontrak akan digaji oleh penyalur tenaga kerja kontrak, sesuai kesepakatannya dengan perusahaan logistik. Sementara pegawai harian gudang akan dibayarkan gajinya langsung oleh perusahaan tempatnya bekerja. Tugasnya tentu akan sesuai dengan porsinya masing-masing saat berada di gudang logistik. Apa itu Staff Gudang dan tugas-tugasnya di dalam gudang?

Staff Gudang Memiliki Tanggung Jawab untuk Bongkar Muat Barang

Perusahaan logistik yang menjadi penyedia dan penyalur suatu produk berupa barang, maka tidak dapat lepas kaitannya dengan kegiatan bongkar muat barang. Hal ini menjadi satu kesatuan tugas dari Staff Gudang untuk memeriksa bongkar muat suatu barang. Mulai dari melakukan pengawasan hingga pencatatan setiap bongkar muat suatu barang. Pencatatan yang dilakukan biassanya meliputi jumlah, nama dan jenis barang, pengirim dan penerima.

Pada tugas ini, biasanya hanya dilakukan oleh pegawai tetap gudang yang telah ditunjuk untuk melakukan pengawasan setiap melakukan bongkar muat barang. Sehingga, tanggung jawab yang diemban cukup berat, dan semua alur pengiriman dan penerimaan barang harus berdasarkan pengawasan yang dilakukan olehnya. Tidak heran, apa itu Staff warehouse atau pekerja gudang bekerja menggunakan  target.

Sebab, pengiriman barang tentu harus sesuai dengan jumlah pesanan yang diterima dan disanggupi berdasarkan kesepakatan perusahaan dengan klien. Bongkar muat barang di gudang logistik juga biasanya dilakukan saat menerima barang dasar untuk kemudian diolah ke pabrik. Sehingga, setiap jenis bahan dasar ini harus memiliki kesesuaian jumlah yang dibutuhkan pabrik untukmelakukan pengolahan.

Staff Gudang Turut Menandatangani Surat dari Penerimaan Barang

Hal ini pun dilakukan oleh Pegawai Gudang yang tetap atau disebut sebagai Staff Gudang, di mana setiap surat yang masuk terkait penerimaan barang harus mendapatkan tanda tangan dari berbagai pihak, termasuk Staff Gudang yang telah memiliki tanggung jawab terhadap alur keluar dan masuknya suatu barang di gudang tempatnya bekerja. Anda yang akan menjadi seorang Staff Gudang tetap harus memahami surat menyurat.

Apa itu Staff Gudang (Staff Warehouse/ Pegawai Gudang/ Karyawan Gudang) yang merupakan pegawai tetap, memang tidak hanya membutuhkan fisik yang kuat, tapi juga memiliki latar belakang pendidikan yang mendukung. Anda juga harus memahami surat yang legal dan ilegal agar tidak terjebak di dalam kasus penipuan atau penggelapan yang terkadang dapat menjerat Staff Gudang, karena tidak mengerti surat yang ditandatangani.

Staff Gudang Melakukan Pengecekan Kualitas dan Kuantitas Barang di Gudang

Tugas selanjutnya yang juga dilakukan oleh seorang dengan posisi sebagai seorang staff di Gudang adalah melakukan pengecekan terhadap kualitas dan kuantitas barang. Baik itu yang masih berupa bahan dasar, siap produksi, dikemas, atau pun barang yang akan dikirimkan ke tempat klien. Pada tugas yang satu ini dilakukan oleh seluruh Pegawai Gudang yang sesuai dengan posisinya masing-masing, sebagai karyawan tetap, kontrak atau harian.

Apa itu Staff Gudang (Staff Warehouse/ Pegawai Gudang/ Karyawan Gudang) dengan tugas pengecekan kualitas dan kuantitas barang? Biasanya para Staff Gudang yang telah menjadi pegawai tetap akan memiliki posisi sebagai pengawas, dan para Pegawai Gudang harian dan kontrak yang akan melakukan pengecekan terhadap kualitas dan kuantitas barang yang hendak diproduksi, dikemas, dan juga dikirimkan kepada klien.

Kualitas dan kuantitas suatu barang menjadi hal yang paling pokok di dalam sebuah Perusahaan Logistik, karena barang yang diproduksi harus sesuai dengan permintaan dari klien dan memenuhi standar perusahaan. Apabila suatu barang yang hendak diproduksi atau setelah diproduksi tidak lulus uji kelayakan, maka akan dipisahkan, dan memasuki tahap yang berikutnya lagi.

Staff Gudang Bertugas Melakukan Persiapan Pengiriman dan Penyimpanan Barang

Tugas yang satu ini berkaitan dengan tugas dari Pegawai Gudang sebelumnhya, di mana setiap posisi akan saling berkaitan satu sama lain dalam Perusahaan Logistik. Barang-barang yang hendak diproduksi dan telah memenuhi standar kualitas serta kuantitasnya, maka akan segera dilakukan produksinya di pabrik. Sehingga setiap Staff Gudang akan memiliki tugasnya masing-masing sesuai dengan posisi yang telah ditentukan perusahaan.

Apa itu Staff Gudang (Staff Warehouse/ Pegawai Gudang/ Karyawan Gudang) yang mengirimkan dan meyimpan barang di gudang? Mereka ini merupakan pegawai yang terbagi lagi posisinya di dalam praktinya saat di gudang. Keseluruhan kegiatan dalam produksi barang, mulai dari persiapan bahan dasar yang layak, produksi barang, pengemasan, dan uji kelayakan bbarang, lalu pengiriman, dan melakukan pengangkutan.

Para Pegawai Gudang yang tetap melakukan kegiatan yang berkaitang dengan pengawasan dan tanggung jawab terhadap seluruh kegiatan di gudang. Kelayakan dan jumlah barang yang menjadi target harisan pun menjadi tanggung jawabnya. Sementara, para Pegawai Gudang yang kontrak atau harian akan melakukan pekerjaan berat yang sifatnya menggunakan tenaga atau fisik untuk mencapai target yang dibutuhkan oleh Perusahaan Logistik tersebut.

Staff Gudang Wajib Membuat Laporan Terhadap Aktivitas Barang di Gudang

Apa itu Staff Gudang (Staff Warehouse/ Pegawai Gudang/ Karyawan Gudang) dengan tugas membuat laporan terhadap aktivitas barang di gudang adalah yang dijalankan oleh Pegawai Gudang yang memiliki status sebagai karyawan tetap dari Perusahaan Logistik. Setiap produksi suatu barang akan disesuaikan dengan permintaan klien, dan ini membutuhkan sebuah kinerja dari seorang Staff Warehouse.

Berkaitan dengan pengecekan kualitas dan kuantitas barang, di sini juga Staff Gudang memiliki tugas untuk mencatat dan membuat laporan terhadap aktivitas barang di gudang. Mulai dari jumlah barang yang berhasil diproduksi, jumlah barang yang rusak, dan jumlah barang yang dikirimkan. Semuanya harus dicatat secara terperinci sesuai dengan standar laporan yang ditetapkan suatu Perusahaan Logistik.

Selain itu, seperti laporan pada umumnya, Anda yang memiliki posisi sebagai apa itu Staff Gudang (Staff Warehouse/ Pegawai Gudang/ Karyawan Gudang) yangtetap akan diminta membuat laporan, baik itu harian, mingguan, bulanan, dan juga tahunan. Bahakn barang yang dikembalikan oleh pihak klien juga harus masuk di dalam laporan. Sebab, tidak jarang terjadi pihak klien melakukan reture terhadap barang yang dirasa tidak sesuai.

Staff Gudang Menjalin Koordinasi dengan Divisi Lain dan juga Klien

Itulah mengapa Staff Gudang memiliki tanggung jawab yang beegitu besar dan dilimpahkan kepada pegawai tetap yang langsung digaji oleh Perusahaan Logistik, bukan dari Pegawai Gudang kontrak dan juga harian. Staff Gudang dituntun untuk dapat melakukan koordinasi dengan divisi yang lain dan juga klien dalam mempersiapkan setiap jumlah produk barang yang telah dipesan.

Staff Gudang harus memiliki hubungan yang baik dalam menjalin koordinasi dengan divisi lain dalam Perusahaan Logistik. Sebab, seperti yang telah disebutkan bahwa setiap posisi di dlaam gudang akan memiliki keterkaitan satu sama lain untuk keberlangsungan suatu produksi barang. Tidak hanya koordinasi satu divisi saja, tapi juga Staff Gudang harus mampu menjalin koordinasi dengan divi yang lain agar semakin lancar produksi.

Apa itu Staff Gudang (Staff Warehouse/ Pegawai Gudang/ Karyawan Gudang) yang melakukan koordinasi dengan klien? Ini menjadi hal yang tidak kalah pentingnya, karena keberlangsungan produksi akan terpengaruh apabila melakukan hubungan yang baik dengan klien, mulai dari menjaga kualitas dan kuantitas barang, dan pengiriman pesanan klien secara tepat jumlah dan waktu yang telah disepakati.

Sedang Cari Karyawan? Jasa Outsourcing Terbaik dan Terpercaya di Indonesia. Hubungi myrobin.id menyediakan tenaga kerja bertalenta & profesional

Hasilkan uang lebih dengan MyRobin

tentukan waktu dan lokasi kerjamu sendiri

YUK GABUNG MYROBIN MITRA

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>