Belajar Memahami Apa Itu Sales Volume dan Tips untuk Meningkatkannya
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp

Belajar Memahami Apa Itu Sales Volume dan Tips untuk Meningkatkannya

Belajar Memahami Apa Itu Sales Volume dan Tips untuk Meningkatkannya – Apa Anda pernah bertanya-tanya bagaimana suatu perusahaan menentukan bahwa produk atau jasa yang dijual di pasaran sukses atau tidak? Berapa jumlah produk yang berhasil selama satu periode? Apakah ada peningkatan penjualan atau tidak? Dari mana hal itu bisa dicari tahu dan dilihat? Untuk mengetahui hal tersebut maka bisa melalui sales volume atau volume penjualan.

Banyak faktor yang bisa menentukan suatu bisnis berjalan lancar. Dan salah satu faktor tersebut adalah volume penjualan yang bisa dilihat berdasarkan angka. Angka-angka ini adalah salah satu metrik penting yang perlu dihitung oleh tim sales. Untuk lebih memahami apa yang dimaksud dengan sales volume, Anda bisa menyimak penjelasannya lebih lanjut sebagai berikut.

Pengertian dari Sales Volume

Belajar Memahami Apa Itu Sales Volume dan Tips untuk Meningkatkannya
Belajar Memahami Apa Itu Sales Volume dan Tips untuk Meningkatkannya

Istilah sales volume memang jarang terdengar di kalangan masyarakat awam sehingga tidak sedikit orang yang bertanya-tanya apa itu sales volume. Ada beberapa pengertian yang dinyatakan oleh para arti mengenai pengertia volume penjualan namun memiliki inti yang sama. Bisa dikatakan, sales volume adalah jumlah unit produk yang terjual dalam atau selama periode tertentu.

Penghitungan periode dalam penjualan dihitung berdasarkan periode akuntansi selama satu tahun atau 12 bulan. Sehingga jika ada penjualan produk selama 1000 pcs per bulan dikali 12 bulan maka sales volume dari produk tersebut adalah 12.000 unit. Penghitungan sales volume ini sering kali disalah artikan sebagai total sales atau total penjualan padahal keduanya berbeda.

Sales volume hanya menghitung berapa jumlah unit yang terjual dalam suatu periode sehingga tidak bisa menyatakan berapa keuntungan yang diperoleh dari penjualan. Sedangkan untuk menghitung berapa keuntungan dalam jumlah uang maka yang perlu dilihat dan dihitung adalah total sales. Meski begitu, keduanya sama penting dan bermanfaat demi kelansungan serta keberhasilan perusahaan yang dijalankan.

Berbagai Jenis Sales Volume

Berbagai Jenis Sales Volume
Berbagai Jenis Sales Volume

Ada tiga macam sales volume yang perlu diketahui dan ketiganya memiliki manfaat yang berbeda dan mempengaruhi pengambilan keputusan yang akan diambil oleh tim pemjualan. Jenis-jenisnya adalah sales volume, sales volume variance dan sales percentage. Untuk mengetahui lebih jelas manfaat juga mengenai apa itu sales volume tersebut, berikut penjelasan lebih jauh.

Manfaat sales volume akan sangat terasa oleh field sales yang terjun langsung ke lapangan. Adanya sales volume ini bisa membantu dalam membuat keputusan bisnis yang lebih baik. Selain itu, performa penjualan pada toko-toko atau tempat penjualan bisa dianalisa. Dengan begitu, perencanaan untuk persediaan atau stok bisa dilakukan dengan lebih baik.

Baca juga :   Mengenal Orang Toxic di Lingkungan Kerja dan Akibat yang Ditimbulkan Untuk Karyawan Lainnya dan Perusahaan. 

Berdasarkan volume sales dari masing-masing tempat penjualan maka bisa ditentukan target yang perlu dicapai yang sesuai dengan kemampuan penjualan dan tentunya masuk akal. Dengan begitu, taget bulanan penjualan akan selalu terpenuhi dan jika ada kelebihan target bisa menjadi bonus untuk tim penjualan dan perusahaan itu sendiri. Ini bisa menghindari pembuatan target yang tidak masuk akal.

Jenis sales volume yang kedua adalah sales volume variance. Adapun apa itu sales volume variance adalah selisih yang diperoleh dari estimasi atau perkiraan unit yang terjual (projected unit sold) dengan jumlah unit produk atau jasa yang benar-benar terjual (actual unit sold). Berbeda halnya dengan sales volume yang tidak melibatkan penghitungan uang dan keuntungan, salam sales volume variance melibatkan penghitungan keuntungan dan dinyatakan dalam satuan mata uang.

Untuk menghitungnya maka kalingan keuntungan per unit dengan jumlah unit yang terjual. Adapun manfaat dari sales volume variance adalah selisih penjualan, apakah melebihi estimasi atau justru kurang sehingga bisa diatur kembali. Keuntungan serta kerugian yang dialami oleh perusahaan dari penjualan tersebut pun bisa langsung terlihat dengan jelas.

Jenis yang terakhir adalah sales volume percentage yang mana di sini adalah menghitung persentase sales volume. Dari sinilah akhirnya bisa terlihat tren pembelian yang sedang in saat ini dan bisa dijadikan sebagai landasan untuk menjual produk yang sesuai dengan pasaran. Ini juga bisa menjadi salah satu strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan.

Tips untuk Meningkatkan Sales Volume

Tips untuk Meningkatkan Sales Volume
Tips untuk Meningkatkan Sales Volume

Sales volume bisa meningkat atau menurun dari yang sudah ditargetkan. Tapi, jika ingin bisnis Anda berhasil, tentunya sales volume bisnis atau perusahaan Anda sebaiknya selalu mengalami peningkatan. Bagi Anda yang ingin supaya sales volume-nya meningkat maka ada baiknya mengikuti beberapa tips berikut ini dengan begitu Anda bisa semakin mengerti dengan baik apa itu sales volume.

Ketahui Keunggulan Produk yang Dijual

Tugas untuk meningkatkan sales volume ada di tangan tim marketing dan tim sales itu sendiri. Oleh karenanya, kedua tim ini harus bekerja keras memperkenalkan produk kepada para pelanggan. Supaya pelanggan tersebut yakin hingga akhirnya membeli produk maka selaku sales harus mengetahui dengan baik keunggulan produk yang dijual, jangan sampai kebingungan ketika ditanya kelebihan dari produk tersebut dibandingkan produk serupa lainnya.

Ada satu saja keunggulan yang dimiliki oleh produk yang Anda jual, konsumen pasti akan tertarik untuk membeli. Karena terkadang, hanya jika membandingkan harga tapi tidak memiliki kualitas, pelanggan pun akan berpikir kembali. Karena saat ini para konsumen sudah semakin pintar dalam memilih produk yang akan digunakan dengan membandingkan bahan, kualitas serta keunggulan lainnya.

Baca juga :   3 Tips Memilih Penyedia Outsourcing SPG Terpercaya

Berikan Penjelasan Produk dengan Sejelas-jelasnya

Apabila Anda sudah mengetahui keunggulan produk yang akan dijual, langkah selanjutnya adalah untuk memberikan penjelasan produk kepada calon pembeli atau pengguna produk dan jasa. Supaya bisa tercapai peningkatan pada apa itu sales volume maka pemberian penjelasan harus diberikan sedetail dan sejelas mungkin dan tentunya disampaikan dengan cara yang baik dan mudah dipahami.

Selain itu, jelaskan pula keuntungan apa saja yang akan diperoleh ketika menggunakan produk tersebut. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kelebihan-kelebihan yang ditawarkan akan menjadi bahan pertimbangan konsumen untuk menggunakan suatu produk. Baik itu keuntungan secara finansial atau keuntungan yang akan diperoleh setelah menggunakan produk dalam jangka waktu tertentu.

Pilih Target Pemasaran yang Tepat

Terkadang, sales volume rendah bukan karena kualitas produk yang dijual rendah tapi justru karena target market yang dituju tidak tepat atau bahkan mungkin benar-benar salah. Apabila Anda sudah salah memilih target market, cara apapun yang Anda gunakan untuk meyakinkan konsumen tersebut untuk membeli produk Anda maka tidak akan berhasil sekali pun produk tersebut produk unggulan.

Oleh karena itu, selain memahami pengertian dari apa itu sales volume, Anda harus melihat siapa target market dari produk dan di mana sebaiknya produk tersebut di pasarkan. Apabila Anda sudah mengetahui target penjualan maka meningkatkan sales volume tidak akan sulit lagi, bahkan penjualan akan meningkat pesat jika dilakukan pada orang yang tepat.

Pahami Pain Point Pelanggan

Supaya penjualan produk berjalan lancar, Anda bukan hanya harus memperhatikan produk yang dijual saja. Kepuasan serta pengalaman belanja dan pemakaian produk pelanggan, selaku pembeli dan pemakai produk, pun harus diperhatikan dengan baik. Karena ada kalanya, pelanggan berpindah menggunakan produk lain karena mengalami kesulitan mengenai penggunaan atau pembelian produk.

Untuk memperbaiki hal tersebut, perusahaan, khususnya tim sales perlu memperlajari dan mengetahui apa pain point dari pelanggan. Dengan mengetahui hal tersebut Anda bisa memperbaiki pengalaman pembelian para pelanggan supaya lebih baik dan tidak beralih ke produk lain. Jika hal itu sampai terjadi maka penjualan Anda justru akan semakin menurun dan sales volume berkurang sedikit demi sedikit.

Perkuat Strategi Marketing

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, meningkatkan apa itu sales volume bukan hanya tugas dari tim sales saja. Tim marketing sama-sama memiliki peranan penting dalam meningkatkan penjualan ini. Kerja sama antara marketing dan sales yang baik akan mampu meningkatkan penjualan secara signifikan. Caranya adalah dengan memperkuat strategi marketing yang digunakan.

Baca juga :   Wajib Anda Ketahui, Hak Karyawan Outsourcing

Anda sudah tahu betul kualitas, keunggulan serta kekuarangan produk. Anda juga sudah memastikan bahwa target market tepat dan sesuai dengan sasaran, langkah terakhir adalah memilih strategi pemasaran yang tepat dan sesuai dengan produk yang ditawarkan. Tentunya, perencanaan strategi ini harus dilakukan secara matang dan baik apabila ingin hasil yang diperoleh maksimal dan sesuai dengan target.

Salah satu strategi marketing yang cukup ampuh dalam meningkatkan sales volume adalah dengan melakukan promo khusus. Promo ini harus diberikan dalam waktu terbatas supaya menciptakan urgensi kepada para pelanggan untuk segera mendapatkan produk tersebut. Promo yang diberikan bisa berupa potongan harga diskon atau besaran nominal tertentu, bisa juga mendapat bonus khusus jika belanja dalam jumlah atau nominal tertentu.

Kreativitas sangat dituntut dalam mewujudkan strategi pemasaran yang ampuh meningkatkan volume penjualan. Perhatikan strategi mana yang paling memberikan peningkatan penjualan supaya bisa menjadi bahan pertimbangan dalam pemasaran produk berikutnya. Tapi kembali lagi, strategi pemasaran harus tetap disesuaikan dengan produk dan target pemasaran bukan hanya memikirkan apa itu sales volume saja.

Bijak dalam Mengatur Strategi Penjualan

Memang banyak strategi penjualan atau marketing yang bisa dilakukan seperti beberapa contoh yang disebutkan di atas tapi ingat kembali bahwa tidak semua produk bisa diterapkan strategi yang sama. Supaya bisa mendapatkan strategi yang tepat untuk pemasaran produk Anda, jangan lupa untuk melakukan pencatatan dan pelaporan penjualan sebelum, selama atau setelah startegi-strategi tersebut diterapkan.

Berdasarkan laporan yang disusun dan dibuat, Anda bisa melihat kelebihan dan kekurangan dari produk atau justru pelayanan toko di mana produk tersebut dijual. Ini bisa dijadikan sebagai acuan dalam meningkatkan penjualan dan untuk menbaca hasil laporan ini dengan baik dan benar maka dibutuhkan hasil kerja seorang analis penjualan.

Gunakan Aplikasi yang Akan Membantu Mempermudah Penjualan

Tips terakhir untuk meningkatkan sales volume Anda adalah berkaitan dengan teknologi. Di zaman sekarang ini Anda harus pintar memanfaatkan segala aplikasi dan teknologi yang sudah tersedia. Saat ini sudah tidak bisa lagi mengandalkan cara lama untuk meningkatkan penjualan. Selain itu, penggunaan aplikasi ini juga akan membantu Anda mempermudah merekap data penjualan untuk dibuat laporan setelahnya.

Dengan memahami apa itu sales volume, Anda bisa mengabil berbagai langkah yang tepat untuk meningkatkan penjualan. Mengetahui sales volume juga akan mempermudah pengelola perusahaan atau bisnis dalam menentukan langkah selanjutnya yang akan diambil dalam mengembangkan produk atau dalam menentukan strategi pemasaran yang lebih baik lagi.

Mau Rekrut Karyawan? Jasa Outsourcing Terbaik dan Terpercaya di Indonesia. Hubungi myrobin.id menyediakan tenaga kerja bertalenta & profesional

Kelola Bisnis Anda Lebih Mudah

dengan rekrutmen tenaga kerja kami dan platform manajemen modern.

Artikel terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Selamat Datang di MyRobin.id

Apa yang sedang Anda cari?

job-search (2)

Saya Ingin Melamar Kerja

Buat akun untuk mencari lowongan yang tepat untuk anda

X