New Logo MyRobin
Search
Close this search box.

Employee Turnover: Pengertian dan Cara Menghitungnya

Employee Turnover

Ketika karyawan meninggalkan suatu perusahaan, dapat menyebabkan employee turnover rate secara keseluruhan meningkat. Mengetahui employee turnover rate perusahaan anda dapat membantu menganalisis mengapa karyawan anda keluar dan perubahan apa yang harus diterapkan. 

Hal ini dapat menghasilkan tidak hanya tingkat turnover yang lebih rendah tetapi juga karyawan yang lebih bahagia. Pada artikel ini, kita akan membahas apa itu turnover karyawan, bagaimana menghitung tingkat turnover karyawan atau employee turnover rate dan bagaimana menganalisisnya untuk mempelajari perbaikan perusahaan apa yang harus dilakukan.

Apa itu employee turnover?

Employee turnover adalah jumlah karyawan yang keluar dari suatu perusahaan dan membutuhkan pengganti. Jika employee turnover rate sedang dihitung, anda biasanya menghitung persentase karyawan yang telah meninggalkan perusahaan selama jangka waktu tertentu.

Seorang karyawan yang secara sukarela mengundurkan diri, diberhentikan atau pensiun dapat dianggap sebagai karyawan yang meninggalkan perusahaan. Jika karyawan dipindahkan ke lokasi perusahaan yang berbeda atau dipromosikan ke departemen baru, mereka tidak boleh dimasukkan dalam perhitungan employee turnover rate.

Berikut adalah rumus dasar untuk menghitung employee turnover rate:

Jumlah karyawan yang keluar ÷ Rata-rata jumlah karyawan = …… x 100 = ….. %

Mengapa penting untuk mengetahui employee turnover?

Turnover Karyawan
Turnover Karyawan

Memastikan bahwa anda memiliki employee turnover rate yang rendah membantu anda menghemat waktu dan biaya dalam melakukan pencarian kerja untuk mengisi peran baru. anda juga akan menghemat energi untuk orientasi dan melatih lebih banyak karyawan baru. Menyadari tingkat turnover anda membantu anda menyadari betapa nyaman dan terlibatnya karyawan di perusahaan anda.

Jika turnover karyawan rendah, itu berarti karyawan merasa bersemangat dan termotivasi untuk bekerja di perusahaan anda untuk waktu yang lama, yang juga dapat meningkatkan produktivitas karyawan.

Jenis employee turnover

Jenis employee turnover yang akan dihitung bergantung pada periode waktu yang ingin dilacak dan jenis karyawan yang ingin anda sertakan dalam rumus.

Di bawah ini adalah jenis umum employee turnover yang dapat anda lacak:

Employee turnover secara keseluruhan

Employee turnover secara keseluruhan adalah jumlah semua karyawan di perusahaan anda yang keluar selama periode waktu tertentu. Manajer sumber daya manusia (SDM) dapat mengukur tingkat pergantian keseluruhan pada akhir tahun untuk menentukan perubahan yang harus dilakukan terkait dengan keterlibatan karyawan atau budaya perusahaan. Manajer dapat mengukur turnover keseluruhan dalam departemen mereka untuk mempelajari kepuasan karyawan mereka dan jika mereka perlu menerapkan perubahan apa pun untuk mempertahankan karyawan di departemen mereka.

Turnover Karyawan Baru

Ketika sebuah perusahaan ingin mengevaluasi proses orientasi dan perekrutan karyawan baru, ia dapat menghitung pergantian karyawan barunya. Ini membantu mereka menentukan mengapa karyawan baru dapat memutuskan untuk meninggalkan perusahaan. Alasan untuk ini mungkin karena mereka tidak nyaman dengan lingkungan kerja, tugas pekerjaan mungkin tidak seperti yang mereka harapkan atau mereka merasa tidak cocok dengan perusahaan atau tim mereka.

Menentukan tingkat pergantian karyawan dapat membantu para pemimpin dan manajer SDM memutuskan apa yang dapat diubah dengan proses perekrutan dan pelatihan baru mereka untuk mempertahankan karyawan baru sebagai karyawan jangka panjang.

Turnover karyawan triwulanan

Turnover karyawan triwulanan adalah saat perusahaan melacak tingkat turnovernya setiap tiga bulan. Ini dapat dilakukan jika perusahaan membuat tinjauan triwulanan, yang melacak statistik perusahaan mereka pada akhir setiap triwulan. Melacak pergantian karyawan triwulanan dapat membantu perusahaan menganalisis kinerjanya secara keseluruhan selama periode waktu tersebut.

anda dapat melakukan pergantian karyawan triwulanan untuk seluruh perusahaan dan di seluruh departemen yang berbeda untuk membantu anda menyadari dimana pelatihan dan peningkatan orientasi harus dilakukan.

Turnover karyawan tahunan

Banyak perusahaan akan menghitung turn over karyawan mereka setiap tahun. Ini sering diselesaikan oleh bisnis kecil yang mungkin tidak melihat hasil yang signifikan setelah menghitung tingkat pergantian karyawan triwulanan karena ukuran perusahaan mereka yang lebih kecil. Menghitung turnover karyawan tahunan dapat membantu bisnis mengukur kinerja akhir tahun dan mempelajari cara membuat program keterlibatan karyawan yang lebih kuat.

Bagaimana cara menghitung turnover karyawan

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mempelajari cara menghitung tingkat turnover perusahaan anda dengan benar.

1. Tentukan periode pengukuran yang anda inginkan

Sebelum anda menghitung turnover karyawan perusahaan anda, anda harus menentukan periode waktu pengukuran yang ingin anda hitung. Misalnya, anda dapat menentukan tingkat turnover karyawan anda untuk bulan, kuartal, atau tahun. anda harus memutuskan ini sebelum memasukkannya ke dalam persamaan anda.

2. Kumpulkan jumlah karyawan yang keluar

Temui manajer SDM atau manajer departemen anda untuk mengumpulkan jumlah pasti karyawan yang meninggalkan perusahaan dalam periode pengukuran yang anda tentukan. Pastikan untuk mengonfirmasi angka terakhir dengan pimpinan dan manajer SDM sebelum menghitung, karena angka yang salah dapat mempengaruhi hasil persamaan anda secara signifikan.

3. Sebutkan jumlah rata-rata anggota staf anda

Faktor terakhir untuk mencari persamaan anda adalah jumlah anggota staf di perusahaan anda selama periode pengukuran anda. Misalnya, jika anda menghitung turnover rate triwulanan untuk tahun lalu, anda harus menemukan jumlah rata-rata anggota staf selama tahun sebelumnya. Jika seorang karyawan dipekerjakan setelah tahun itu, mereka tidak boleh dimasukkan dalam jumlah itu. Sertakan karyawan yang bekerja di perusahaan tahun lalu, bahkan jika mereka meninggalkan perusahaan sejak saat itu.

anda dapat menemukan jumlah rata-rata anggota staf dengan cara menambahkan jumlah karyawan pada awal tahun dengan jumlah karyawan keluar pada akhir tahun. Angka ini kemudian dapat dibagi dua. Hasil akhirnya adalah jumlah rata-rata karyawan anda untuk tahun tersebut. Berikut ini contohnya:

Jika perusahaan anda memulai dengan 320 karyawan, kehilangan 30 karyawan dan mengganti 20 di antaranya pada akhir tahun, jumlah akhir tahun anda akan menjadi 310 karyawan. Menambahkan angka awal dan akhir bersama-sama akan menjadi 630. Membagi 630 dengan 2 akan sama dengan 315. Ini berarti jumlah rata-rata anggota staf anda untuk tahun itu adalah 315.

4. Bagilah jumlah karyawan yang keluar dengan jumlah rata-rata anggota staf anda

Sekarang setelah anda menentukan semua angka, anda dapat mulai memasukkannya ke dalam persamaan. Ambil jumlah karyawan yang keluar dan bagi dengan jumlah rata-rata anggota staf. Dengan menggunakan contoh di atas, jika anda memiliki 30 karyawan yang keluar dan jumlah rata-rata anda adalah 315, anda dapat membagi angka-angka ini. Sejauh ini, persamaannya akan terlihat seperti ini:

30 315 = 0,0952

Artikel terkait: Pertanyaan Interview untuk Karyawan Resign

5. Ubah hasil menjadi persentase dengan mengalikan dengan 100

Selanjutnya, anda akan menentukan persentase akhir anda dengan mengalikan hasil di atas dengan 100. Secara keseluruhan, seperti inilah persamaan akhirnya:

30 315= 0,0952 x 100 = 9,52

Tambahkan tanda persentase ke hasil akhir untuk melihat tingkat turnover anda. Dalam contoh ini, tingkat turnover tahunan perusahaan anda adalah 9,52%. anda dapat menggunakan nomor ini untuk mengevaluasi kinerja akhir tahun perusahaan anda.

Bagaimana menganalisis turnover rate perusahaan

Setelah anda menghitung turnover rate perusahaan anda, anda dapat meninjau angka tersebut dan menentukan apa yang menyebabkan hasil ini dan apa yang dapat dilakukan perusahaan anda untuk memperbaikinya. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menganalisis tingkat turnover perusahaan dengan benar.

1. Pelajari siapa yang meninggalkan perusahaan anda

Tinjau daftar karyawan baru-baru ini yang meninggalkan perusahaan anda dan tentukan tipe karyawan mereka. anda dapat bertanya pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan berikut saat anda meninjau daftar ini:

  • Apakah mereka karyawan berkinerja tinggi yang membawa hasil signifikan?
  • Apakah mereka secara teratur terlibat dengan anggota tim?
  • Apakah pekerjaan mereka secara teratur diserahkan oleh tenggat waktu?
  • Di departemen apa mereka bekerja?

Mengajukan pertanyaan-pertanyaan ini dapat membantu anda mengevaluasi tipe karyawan yang meninggalkan perusahaan anda. Menentukan ini dapat membantu anda menyadari seberapa signifikan perusahaan anda akan terpengaruh karena kepergian mereka. Jika mereka adalah karyawan berkinerja tinggi yang membawa hasil signifikan bagi perusahaan anda, anda harus mencatat ini dan mencoba mempelajari mengapa mereka pergi. Jika mereka terlibat dengan anggota tim lain, kepergian mereka dapat menyebabkan anggota staf lain juga pergi.

anda juga dapat mempelajari departemen tempat mereka bekerja untuk mengetahui seperti apa lingkungan di sana bagi karyawan saat ini. Ini dapat membantu anda mengetahui apakah karyawan lain senang di sana dan apakah mereka memiliki masalah untuk anda atasi.

2. Cari tahu kapan mereka pergi

Faktor lain yang perlu dianalisis adalah ketika seorang karyawan memutuskan untuk meninggalkan perusahaan anda. Apakah karyawan ini adalah karyawan baru, artinya mereka hanya bekerja di perusahaan kurang dari 90 hari? Jika banyak karyawan baru yang keluar, ini dapat membantu anda mendapatkan lebih banyak wawasan tentang seberapa efektif program pelatihan dan orientasi anda.

Jika sebagian besar karyawan yang keluar adalah karyawan jangka panjang yang telah bekerja di perusahaan anda selama beberapa tahun, anda harus mencatat ini dan mempelajari mengapa mereka memutuskan untuk pergi. Seorang karyawan jangka panjang mungkin telah pergi karena mereka menginginkan posisi yang lebih menantang atau bermanfaat. Mereka juga mungkin telah pergi karena mereka menemukan perusahaan dengan tunjangan yang lebih sesuai dengan kebutuhan mereka.

3. Tanyakan mengapa mereka pergi

Salah satu elemen terpenting ketika menganalisis tingkat turnover adalah mempelajari mengapa karyawan pergi. Cara paling efektif untuk menentukannya adalah dengan bertanya kepada karyawan. Pastikan manajer SDM dan pemimpin departemen anda melakukan survei atau wawancara keluar untuk mempelajari mengapa seorang karyawan memutuskan untuk keluar. Ini dapat membantu anda menyadari apa yang perlu ditingkatkan oleh perusahaan anda untuk menghindari anggota tim lain pergi karena alasan yang sama.

Misalnya, jika seorang karyawan menyatakan dalam wawancara keluar mereka bahwa mereka pergi untuk bekerja di sebuah perusahaan dengan anggota staf yang ramah dan lingkungan kerja yang lebih menarik, anda dapat menerapkan perubahan untuk memperbaikinya. Manajer SDM anda dapat melakukan brainstorming ide untuk meningkatkan keterlibatan karyawan dan budaya perusahaan , yang dapat mengurangi kemungkinan karyawan yang tersisa pergi karena alasan yang sama.

Berapa tingkat turnover yang baik untuk perusahaan anda?

Menentukan tingkat turnover yang baik bervariasi menurut masing-masing industri tertentu. anda dapat meneliti turnover rate yang diinginkan untuk setiap industri dengan mengunjungi jurnal perdagangan industri, mencari industri anda secara online atau dengan membaca tentang industri anda di situs web Biro Statistik Tenaga Kerja. Masing-masing sumber daya ini harus memberi anda gambaran menyeluruh tentang tingkat turnover yang harus dituju oleh perusahaan anda.

Faktor penting untuk diingat ketika menganalisis tingkat turnover anda adalah melakukan tindakan untuk mengurangi employee turnover. Jika karyawan memberi tahu manajer SDM atau pimpinan mengapa mereka keluar, anda dapat mempertimbangkan umpan balik mereka dan menerapkan perubahan sesuai dengan tanggapan mereka. Hal ini dapat mengakibatkan penurunan turnover rate anda atau bahkan dapat membuat karyawan anda kembali ke perusahaan setelah mereka melihat peningkatan ini.

Tips mengurangi tingkat turnover karyawan

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menekan angka turnover karyawan, yaitu:

1. Merekrut kandidat yang tepat

Salah satu pencegahan yang bisa dilakukan untuk mengurangi turn over adalah merekrut kandidat yang tepat. Tim human resources bisa memperketat proses seleksi untuk mendapatkan talent terbaik dan berbakat. 

Proses seleksi akan memerlukan waktu untuk melihat apakah kandidat sesuai dengan budaya perusahaan atau tidak. Orang yang punya nilai yang sejalan dengan company culture memungkinkan bertahan lebih lama di perusahaan Anda. 

Sebagai tambahan, berikan kejelasan pada kandidat tentang gaji dan benefit yang bisa perusahaan tawarkan sehingga sejak awal kandidat tidak berekspektasi lebih dan dapat mempertimbangkan tawaran. Faktor gaji turut menjadi pendorong seseorang meninggalkan posisi di perusahaan. 

2. Memanajemen komunikasi antar karyawan

Perusahaan tentu ingin karyawannya bertahan lama dan tidak berpaling ke kompetitor sekaligus mengurangi angka turn over. 

Komunikasi yang baik akan membantu perusahaan menurunkan turn over. Manager dan HRD perlu terbuka dalam hal komunikasi dengan karyawan. Melalui komunikasi yang terbuka, Anda bisa memahami apa yang dipikirkan karyawan Anda. 

Dengan begitu, Anda dapat menangani masalah sejak dini dan meminimalisir karyawan meninggalkan perusahaan. Apabila masalah muncul dari gaji atau rekan kerja, Anda dapat memberikan solusi dan alternatif agar perusahaan dan karyawan sama-sama diuntungkan. 

3. Membuat program untuk melibatkan employee engage 

Karyawan yang pergi ke kompetitor bisa karena kurang terlibat dengan perusahaan dan pekerjaan yang dia jalani atau tidak terhubung dengan rekan kerja serta orang kantor.

Oleh karena itu, Anda bisa membuat program untuk meningkatkan employee engagement seperti mengadakan mini games, outbound, atau friday fun day. Dengan begitu, kekerabatan di antara pekerja bisa tercipta. 

4. Menciptakan workplace benefit and policy

Salah satu pertimbangan kandidat dalam menerima pekerjaan adalah gaji. Namun, yang tak kalah penting adalah lingkungan kerja yang positif dan kebijakan di perusahaan yang jelas. Apabila lingkungan perusahaan tidak aman dan tinggi kekerasan seksual maka sebagai HR atau pemilik perusahaan, Anda perlu membuat peraturan tegas. 

Apabila kurang motivasi merupakan penyebab banyak karyawan meninggalkan perusahaan, caranya adalah berikan seperti memberikan work life balance dengan menetapkan jam kerja yang sesuai, memberikan kebebasan jam kerja, menerapkan hybrid atau remote working, serta memberikan kesempatan cuti. 

5. Memberikan kejelasan karier

Perusahaan tentu tidak ingin kehilangan karyawan terbaiknya, apalagi jika pindah ke kompetitor. Cara untuk mempertahankan karyawan adalah memberikan kejelasan karier. 

Misalkan, di perusahaan terdapat promosi jabatan bagi karyawan yang telah berkontribusi lama atau memiliki pencapaian di divisinya. 

Alternatif yang dapat Anda coba adalah pengembangan karier atau rotasi divisi sehingga karyawan mampu meningkatkan skill dan merasa tertantang dengan posisi yang baru. 

6. Memberikan apresiasi

Karyawan yang kurang diapresiasi oleh perusahaan biasanya tidak bertahan lama. Perusahaan yang ingin menurunkan retensi karyawan harus memberikan penghargaan pada karyawan berprestasi, berupa voucher belanja gratis, kesempatan liburan, maupun pemberian tropi sebagai formalitas. Di samping mendapatkan keuntungan material, karyawan jadi bangga dan makin termotivasi bekerja. 

7. Memberikan benefit dan gaji 

Ini merupakan hal penting yang wajib perekrut pertimbangkan yakni memberikan gaji dan kompensasi yang sesuai. Karyawan yang sudah bekerja dan berkontribusi berhak mendapatkan haknya tanpa dikurangi. Perusahaan dapat memberikan gaji sesuai upah minimum provinsi atau menetapkan competitive salary untuk pekerjaan tertentu. 

Tambahan lagi, karyawan juga wajib diberikan benefit lain seperti asuransi yang melindungi keunangan pegawai saat mengalami kejadian tidak terduga. Contohnya, MyRobin sebagai perusahaan outsourcing menyediakan program asuransi bagi tenaga kerja di bawahnya agar tidak perlu khawatir dengan biaya saat mengalami kecelakaan. 

Dengan adanya asuransi, karyawan makin sejahtera dan perusahaan dapat menurunkan angka turn over.

Baca Juga: Program Asuransi untuk Pekerja Kontrak yang Tidak Tercover BPJS

Rekrut dan kelola pekerja TANPA RIBET

Didukung dengan teknologi modern yang terintegrasi. Rekrut tenaga kerja profesional dan berkualitas

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terima beres! rekrut hingga penggajian