New Logo MyRobin
Search
Close this search box.

22 Prospek Kerja Manajemen yang Banyak Diminati dan Bergaji Besar

14 Prospek Kerja Manajemen yang Banyak Diminati

Jurusan manajemen adalah salah satu program studi yang banyak diminati oleh siswa maupun siswi di tanah air.

Lantaran, prospek kerja dari jurusan manajemen memang dianggap cukup luas apabila dibandingkan ilmu lainnya yang lebih spesifik.

Meskipun demikian, program studi manajemen memberikan beberapa pilihan peminatan yang dapat ditentukan oleh mahasiswa untuk dipelajari. Beberapa peminatan yang ada di jurusan manajemen serta peluang kerjanya.

Manajemen menjadi jurusan kuliah yang paling diminati hingga saat ini. Ini karena prospek kerja manajemen dinilai sangat luas dan juga masih dibutuhkan oleh perusahaan. 

Melansir dari The Good News From Indonesia, sekiranya ada 956.563 mahasiswa yang mengambil program studi tersebut di jenjang strata 1 pada 2020. 

Jumlah itu pun makin bertambah tiap tahunnya. Nah, bagi Anda yang penasaran pekerjaan apa saja yang tersedia untuk lulusan manajemen, wajib simak artikel ini hingga tuntas. 

Mengenal jurusan manajemen

Secara harfiah manajemen artinya mengelola dan mengurus. Jadi, bisa dikatakan studi manajemen adalah bidang ilmu pengetahuan yang erat kaitannya dengan kegiatan mengelola dan mengurus sesuatu. 

Misalnya, ketika mengambil program studi business management, Anda akan mempelajari pengelolaan bisnis perusahaan, mulai dari 

  • administrasi, 
  • membuat perencanaan, 
  • menerapkan prosedur di dalam bisnis, 
  • pemasaran, 
  • merekrut sumber daya manusia, dan 
  • keuangan. 

Program studi ini masuk ke fakultas ilmu ekonomi dan bisnis. Nantinya, seorang lulusan manajemen akan mendapatkan gelar sarjana manajemen (S.Mn) atau sarjana manajemen bisnis (S.Mb).

Di prodi manajemen ada 4 konsentrasi atau peminatan yakni manajemen pemasaran, keuangan, SDM, dan operasional. 

Konsentrasi manajemen keuangan banyak melibatkan hitung-hitungan, sebab prospek kerjanya lebih dekat dengan akuntan, financial staff hingga manajer. 
Mahasiswa dari jurusan ini juga mempelajari fungsi-fungsi manajemen diantaranya planning, organizing, actuating, dan controlling.

Prospek Kerja Jurusan Manajemen

Berikut ini bebepara pekerjaan atau prospek kerja jurusan manajemen diantaranya yaitu

Bagi Anda lulusan manajemen, jangan khawatir tentang pekerjaan. Banyak sekali peluang bekerja di berbagai industri seperti jadi teller bank, akuntan, staff operasional, dan pemasar. 

Jenjang karier yang Anda miliki juga jelas mulai dari level staff hingga manajer ada! Nah, simak deretan prospek kerja jurusan manajemen, berikut ini untuk jadi pertimbangan. 

1. Teller bank

Lulusan S1 manajemen paling umum bekerja sebagai teller bank. Pekerjaan ini cocok bagi seorang fresh graduate yang ingin berkarier di dunia perbankan.

Lulusan manajemen menguasai ilmu pengelolaan administratif, keuangan, dan sumber daya manusia. Oleh sebab itu, bisa mengambil peran di perbankan. 

Prosesi sebagai teller bank atau customer support, membantu lulusan manajemen mengaplikasikan ilmu yang diperoleh selama masa studi. Gaji yang ditawarkan pun sangat bervariasi. 

2. Staff keuangan

Prospek kerja manajemen keuangan adalah financial staff. Ilmu yang Anda pelajari tentang pengelolaan kas dan keuangan bisa jadi bekal saat bekerja di bank atau perusahaan. 

Tugas financial staff berbeda dengan akuntan yang fokus membuat laporan keuangan perusahaan. Profesi ini bertanggung jawab 

  • mengatur pengeluaran dan pemasukan perusahaan
  • mengumpulkan dana,
  • mencatat keuangan,
  • melakukan pembayaran gaji,
  • menyusun tagihan,
  • mengelola profit, dan
  • mengurus administratif.

3. Akuntan

Prospek kerja jurusan manajemen berikutnya adalah akuntan. Yap, profesi satu ini jadi idaman sarjana manajemen yang tertarik dengan hitung-hitungan. 

Tugas seorang akuntan adalah mengevaluasi anggaran di perusahaan, mengatur pembayaran pajak, menyelidiki potensi kecurangan, dan mengontrol keuangan. 

Selain mengatur dan mengelola, seorang akuntan juga harus memiliki keterampilan analitis, berpikir kritis, dan memanajemen waktu dengan baik. 

4. Consultant business

Salah satu prospek manajemen bisnis adalah consultant business. Pekerjaan ini berkaitan erat dengan mengatur dan menjalankan tugas administratif yang berbeda. 

Mereka mengumpulkan informasi klien dan bisnis lewat penelitian, wawancara atau metode lainnya untuk menemukan kelebihan dan kekurangan organisasi. 

Selanjutnya, Anda akan mendiskusikan hasil penelitian dengan klien untuk membantu memberikan solusi atas masalah yang dihadapi.

Tugas konsultan bisnis diantaranya

  • mengidentifikasi kebutuhan pasar,
  • mengembangkan strategi untuk meningkatkan brand awareness,
  • mengembangkan perencanaan bisnis untuk jangka pendek dan panjang,
  • menciptakan praktik perekrutan untuk mendapatkan kandidat berkualitas, dan
  • mengajukan pinjaman untuk membiayai bisnis.

5. Operational staff

Prospek kerja manajemen operasional adalah menjadi operational staff. Profesi ini bertugas mengelola dan memastikan kegiatan di perusahaan berjalan lancar. 

Tugas staff operasional yakni:

  • membuat laporan terkait prosedur perusahaan pada kepala operator kantor.
  • merencanakan proyek dan berkontribusi pada pengembangan produk,
  • menganalisis data operasional,
  • meninjau inventaris produk,
  • melacak biaya operasional,
  • mengembangkan kebijakan perusahaan,
  • mempertahankan margin keuntungan,
  • menerapkan prosedur operasional yang efektif,
  • menjalin hubungan dengan klien dan pemasok. 

6. Manajer keuangan

Financial manager merupakan prospek kerja manajemen keuangan yang bertugas memantau kesehatan keuangan suatu perusahaan maupun organisasi. 

Kegiatan ini meliputi laporan keuangan, investasi langsung, merencanakan tujuan keuangan jangka panjang, menganalisis data hingga memberikan saran pada manajer untuk memaksimalkan keuntungan. 

Tugas manajer keuangan cukup kompleks. Oleh karena itu, dibutuhkan skill manajemen yang baik untuk menunjang pekerjaan nantinya. 

Menurut Indeed, tugas financial manager yaitu:

  • mengevaluasi aktivitas perbankan untuk menjaga arus kas,
  • merekonsiliasi laporan keuangan bulanan,
  • mengelola anggaran perusahaan,
  • menerapkan standar produksi yang telah ditetapkan,
  • melakukan perbaikan di area anggaran, dan
  • mengembangkan database keuangan.

7. Human resources

Prospek kerja manajemen SDM adalah menjadi bagian dari tim human resources yakni sebagai asisten, koordinator, atau manajer. Tugas Anda bervariasi tergantung jenisnya.

Misalnya melamar sebagai assistant HR maka tugas Anda adalah membantu manajer human resources melakukan pekerjaan administratif.  

Sebagai contoh mengumpulkan data karyawan seperti absensi, alamat, salary, laporan kinerja lalu menyimpan data tersebut. 

8. Marketing

Prospek kerja manajemen pemasaran berkaitan dengan kegiatan marketing. Melansir dari Academic Invest, pilihan profesi yang tersedia seperti market researcher, market coordinator, dan marketing assistant. 

Lulusan manajemen cocok menjadi marketer karena dibekali ilmu negosiasi, komunikasi, dan berpikir analitis yang baik, sehingga bisa menunjang profesi ini nantinya.

9. Sales representative

Satu lagi prospek kerja manajemen pemasaran adalah sales representative. Tugas utamanya yaitu menghubungi pelanggan baru dan menjalin hubungan baik dengan customer lama sekaligus menawarkan produk atau layanan yang mungkin diminati. 

Jobdesk lainnya yakni menegosiasikan kontrak penjualan, mencari customer potensial, memastikan kepuasan dan membantu memecahkan masalah pelanggan terkait produk yang dibeli. 

10. Account executive

Bagi Anda yang bergelar S.Mb prospek kerja manajemen bisnis sangat luas, salah satunya account executive. Profesi ini sangat penting bagi perusahaan untuk mendapatkan klien.

Melansir dari Master Class, tugas akun eksekutif yaitu menangani hubungan sehari-hari dengan vendor dan klien perusahaan.

Di samping itu, account executive juga bertugas menemukan calon klien potensial, menjalin hubungan dengan pelanggan lewat penyediaan layanan terbaik serta ikut terlibat dalam perencanaan strategis.

11. Actuary

Aktuaria termasuk prospek kerja jurusan manajemen yang dibutuhkan hampir di semua perusahaan. Tugasnya adalah menganalisis dan memahami risiko keuangan bisnis di masa mendatang. 

Tujuannya agar perusahaan bisa mengambil keputusan dan solusi terbaik di situasi sulit. Seorang aktuaris biasa bekerja di korporasi atau perusahaan asuransi. 

Apabila melansir dari Prospect UK, tugas lain yang dipegang aktuaria yakni:

  • menyelesaikan analisis data, 
  • memberikan bantuan pada tim aktuaris, 
  • membuat laporan analisis statistik, dan 
  • membuat laporan perhitungan. 

12. Data analyst

Data analyst merupakan prospek kerja manajemen bisnis yang lagi trend belakangan ini. Banyak perusahaan membutuhkan data analis untuk membuat perencanaan strategis bagi kelangsungan bisnis.

Seorang data analis bertanggung jawab mengambil riset pasar atau angka penjualan, meriset lalu menerjemahkan informasinya ke bahasa yang mudah dimengerti. 

Informasi tersebut digunakan untuk mengembangkan rencana strategis, membantu bisnis mengambil keputusan yang tepat berdasarkan data, dan menciptakan solusi untuk memecahkan masalah. 

13. Management consultant

Konsultan manajemen membantu perusahaan memecahkan masalah dengan menciptakan solusi yang bisa meningkatkan kinerja bisnis serta memaksimalkan pertumbuhan. 

Seorang konsultan manajemen tidak terlepas dari kegiatan mengawasi strategi, struktur, manajemen, dan operasi perusahaan. 

Anda juga harus bisa mengidentifikasi masalah, membuat hipotesis, dan memberikan saran untuk rencana perubahan. 

14. Cost lawyer

Alternatif pekerjaan yang bisa dipilih lulusan manajemen adalah cost lawyer. Tanggung jawab Anda Yaitu memastikan hubungan perusahaan dengan mitra atau pelanggan terjalin dengan baik. 

Anda juga memperkirakan anggaran, memberikan nasihat terkait batas jumlah pengeluaran badan usaha, dan memberikan bantuan dalam aspek pemulihan biaya. 

15. Business development

Prospek kerja manajemen bisnis yang bisa dipertimbangkan yaitu business development. Tugas Anda yaitu mengidentifikasi peluang bisnis untuk meningkatkan keuntungan, menghasilkan pendapatan tambahan, dan membantu pertumbuhan bisnis.

16. Market researcher

Market researcher termasuk prospek kerja manajemen pemasaran yang tanggung jawabnya adalah melakukan penelitian untuk kepentingan internal perusahaan. 

Menurut Investopedia, riset pasar sendiri adalah proses untuk menentukan kelayakan produk maupun layanan lewat penelitian dengan pelanggan potensial. 

Melalui riset pasar, perusahaan bisa menemukan target market dan mendapatkan feedback dari konsumen tentang produk atau layanan yang ditawarkan. 

17. Dosen

Prospek kerja manajemen berikutnya yaitu dosen atau tenaga pendidik. Anda bisa menjadi pengajar manajemen di sekolah menengah hingga tingkat universitas. Gaji yang ditawarkan mulai dari Rp4 jutaan per bulan. 

18. Event and wedding organizer

Manajemen identik dengan kegiatan mengatur pekerjaan atau sumber daya manusia. Oleh sebab itu, event atau wedding organizer termasuk prospek kerja jurusan manajemen. 

Seorang wedding atau event organizer bertugas membuat perencanaan dan mengeksekusi plan tersebut. 

Anda juga bertanggung jawab mengelola kontrak dengan vendor, membuat janji dengan klien, dan mengkoordinasikan tim yang terlibat untuk bekerja dengan baik.

19. Small business owner

Prospek kerja manajemen bisnis adalah membuka small business. Anda bisa lebih mudah menjalankan operasional usaha karena telah memiliki ilmu perencanaan, pengorganisasasi, pengaturan keuangan dan operasional. 

20. Manajer impor ekspor

Nah, kalau prospek kerja manajemen bisnis Internasional yaitu jadi manajer impor dan ekspor. Sesuai dengan namanya, tugas karyawan di bidang ini yaitu:

  • merencanakan, mengarahkan, dan mengkoordinasikan distribusi produk ke luar negeri,
  • menentukan kuota dan wilayah penjualan untuk mengkoordinasikan distribusi penjualan,
  • menjalin hubungan baik dengan perwakilan pemasok internasional,
  • bekerja sama dengan departemen lain untuk menemukan produk atau pelanggan baru, dan
  • menganalisis data penjualan untuk kebutuhan inventaris. 

21. External auditor

Lulusan S1 manajemen bisa bekerja sebagai external auditor untuk beberapa perusahaan. Tugas-tugas yang ditanggung antara lain: 

  • memahami bisnis perusahaan,
  • merencanakan prosedur pengujian audit,
  • mengumpulkan bukti audit lewat wawancara dengan staff,
  • memeriksa catatan, akun, dan dokumentasi keuangan lainnya, serta
  • menilai laporan agar bebas dari penipuan atau kecurangan. 

22. Pegawai negeri sipil 

Jurusan manajemen bisa jadi PNS. Ini karena setiap instansi pemerintah membutuhkan tim manajemen. Peran pegawai negeri sipil tergantung di mana Anda bekerja, tetapi setiap PNS wajib mengabdi pada negara dan harus siap ditempatkan di seluruh Indonesia. 

Gaji lulusan manajemen di Indonesia

Gaji lulusan manajemen di Indonesia bervariasi tergantung jenis pekerjaan, industri, dan level jabatannya. Berikut kisaran gaji beberapa profesi di bidang manajemen wajib Anda ketahui. 

  1. Pemasaran level staff : Rp4.500.000-Rp6.500.000
  2. Human resources : Rp5.800.000-Rp7.000.000
  3. Konsultan bisnis : Rp5.400.000-Rp7.000.000
  4. Staff finance : Rp4.000.000
  5. Akun eksekutif : Rp3.800.000
  6. Bisnis development : Rp6.000.000-Rp8.000.000
  7. Sales representative : Rp5.500.000
  8. Dosen atau pengajar : Rp4.000.000-Rp8.000.000
  9. Teller bank : Rp3.500.000-Rp8.000.000
  10. Konsultan manajemen : Rp15.000.000-Rp50.000.000
  11. Manajemen operasional : Rp6.000.000-Rp8.000.000
  12. Manajemen perbankan : Rp6.000.000-Rp15.000.000
  13. Rekruter : Rp10.000.000-Rp25.000.000
  14. Market researcher : Rp6.000.000
  15. External audit : Rp5.000.000-Rp7.000.000

Itulah informasi seputar prospek kerja manajemen dan kisaran gajinya. Ilmu manajemen mempelajari banyak hal jadi peluang pekerjaan yang didapatkan pun luas.

Kalau sedang mencari lowongan pekerjaan untuk lulusan manajemen, Anda bisa gunakan app.myrobin.id untuk temukan berbagai peluang bekerja di perusahaan terpercaya. 

Rekrut dan kelola pekerja TANPA RIBET

Didukung dengan teknologi modern yang terintegrasi. Rekrut tenaga kerja profesional dan berkualitas

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terima beres! rekrut hingga penggajian