New Logo MyRobin
Search
Close this search box.

3 Tips Memilih Penyedia Outsourcing SPG Terpercaya

tips memilih outsourcing spg terpercaya

Istilah SPG yang merupakan singkatan dari Sales Promotion Girl pasti sudah tak asing di kalangan masyarakat, khususnya para pengusaha. Bisa dibilang SPG adalah salah satu “senjata pamungkas” para pengusaha agar strategi marketing yang mereka jalankan berhasil dan dapat mencapai target penjualan yang diharapkan. Oleh karena itu, terkait proses perekrutannya, pengusaha tak bisa asal memilih penyedia Outsourcing SPG. Harus yang terpercaya.

Nah, lalu bagaimana dong caranya memastikan penyedia jasa SPG mana yang terpercaya? Jangan bingung! Pada artikel ini kami telah menyiapkan informasi tips memilih  penyedia jasa SPG yang terpercaya hanya untuk Anda. Baca sampai selesai ya!

Pengertian SPG

Pertama-tama sebelum membahas tentang tips, kita pahami dulu yuk pengertian SPG. Secara umum, SPG dapat diartikan sebagai wanita yang berprofesi memasarkan produk di lapangan. Memasarkan disini artinya tidak terbatas pada mengenalkan dan menjual produk saja, tetapi juga menemani, melayani dan memastikan konsumen tahu tentang kualitas produk, serta menjaga kebersihan dan kerapihan area penjualan agar konsumen tetap nyaman.

Terdengar mudah ya, tetapi dalam prakteknya sulit sekali lho. Terlebih SPG sering disebut sebagai “ujung tombak” atau “wajah” perusahaan. Sungguh bukan profesi yang mudah.

Tips Memilih Penyedia Outsourcing SPG Terpercaya

Setelah memahami pengertian SPG, berikut ini setidaknya ada 3 tips memilih penyedia jasa SPG yang dapat Anda coba.

Pastikan Info Kontak Jelas

Penyedia SPG yang terpercaya tentu memiliki info kontak, seperti alamat kantor, alamat e-mail dan nomor telepon yang jelas. Bahkan saat ini sudah banyak pula yang memiliki website. Agar pelanggan lebih mudah mencari informasi tentang mereka. Jadi, pastikan info kontak penyedia jasa SPG yang Anda pilih jelas ya!

Jenis SPG Bervariasi

Selain info kontak yang jelas, penyedia jasa SPG terpercaya biasanya memiliki variasi jenis SPG. Ini menandakan bahwa mereka memang profesional.

Adapun jenis-jenis SPG antara lain :

SPG Event

SPG Event hanya bekerja pada acara tertentu, contohnya pameran dan bazar. Sifatnya tidak tetap. Jadi, setelah acara selesai, kontrak kerja pun selesai.

Tugas utamanya biasanya menyebarkan brosur. Upah nantinya tergantung pencapaian target minimum berapa brosur yang disebar per hari. Jika berhasil menjual produk, mereka akan mendapat bonus.

SPG Reguler

Berbeda dengan SPG Event, SPG Reguler bisa dibilang pegawai tetap di sebuah toko. Jangka waktu kontrak kerjanya panjang dan tugasnya lebih berat dibandingkan SPG Event karena mencakup mendata produk yang dijual, menata display toko, menjaga kebersihan toko dan kualitas pelayanan konsumen.

Selain itu, jam kerja dan istirahat sesuai aturan UU Ketenagakerjaan. Untuk upah, umumnya ada gaji pokok per bulan.

Kriteria SPG Baik

Kriteria Outsourcing SPG yang baik adalah sebagai berikut.

Penampilan Menarik

SPG yang baik harus berpenampilan  menarik (tentunya sesuai norma). Hal ini dapat dilihat dari wajah cantik, tubuh yang proporsional, ditunjang make up dan busana yang sesuai.

Kemampuan Komunikasi yang Baik

SPG yang baik harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik agar konsumen tidak salah memahami produk yang ditawarkan. Selain itu juga, agar dapat lebih mudah meyakinkan konsumen untuk melakukan pembelian produk.

Keahlian Menjual

SPG yang baik harus ahli dalam menjual. Hal ini dibuktikan dengan data keberhasilannya dalam mencapai target penjualan.

Mampu Menjaga Sikap

SPG yang baik harus mampu menjaga sikap. Sopan, ramah dan dapat menjaga emosi saat menghadapi konsumen adalah kewajiban.

Product Knowledge

SPG yang baik harus punya product knowledge (pengetahuan atas produk yang dijual) secara detail dan menyeluruh. Jika tidak, jangankan menjual, mempromosikan produk kepada konsumen pun pasti akan sulit.

Fleksibilitas dalam Memilih Jumlah SPG

Perusahaan dapat menyesuaikan jumlah SPG yang mereka sewa dengan kebutuhan bisnis mereka. Pada saat acara atau promosi tertentu, perusahaan dapat menambah jumlah SPG yang mereka butuhkan tanpa harus merekrut karyawan baru.

Keterampilan dan Pengalaman yang Baik

Perusahaan outsourcing biasanya menawarkan SPG yang sudah terlatih dan berpengalaman dalam bidang pemasaran. Dengan menggunakan SPG yang terlatih dan berpengalaman, perusahaan dapat meningkatkan efektivitas promosi mereka.

Memberikan Pengawasan dan Pelatihan

Perusahaan outsourcing biasanya memberikan layanan pengawasan dan pelatihan bagi SPG yang mereka sewa. Hal ini dapat memastikan bahwa SPG yang digunakan perusahaan memiliki keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk mempromosikan produk atau jasa perusahaan secara efektif.

Fokus Pada Inti Bisnis

Dengan menggunakan jasa outsourcing SPG, perusahaan dapat fokus pada inti bisnis mereka. Perusahaan tidak perlu memikirkan pelatihan SPG atau mengatur operasi sehari-hari dari staf pemasaran mereka sendiri, sehingga dapat mengalokasikan sumber daya mereka pada tugas-tugas penting lainnya.Keuntungan Outsourcing SPG

Outsourcing SPG atau Sales Promotion Girls dapat memberikan beberapa keuntungan bagi perusahaan. Berikut diantaranya:

Menghemat Biaya Operasional

Dengan menyewa SPG dari perusahaan outsourcing, perusahaan dapat menghemat biaya operasional seperti gaji, tunjangan, insentif, dan biaya pelatihan. Perusahaan outsourcing sudah menghitung semua biaya operasional dalam paket layanan mereka, sehingga perusahaan tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan. Perusahaan outsourcing biasanya memiliki sumber daya manusia yang terlatih dan berpengalaman dalam bidang ini, sehingga perusahaan tidak perlu menghabiskan waktu dan sumber daya untuk melatih staf pemasaran mereka sendiri.

Menghemat Waktu

Perusahaan tidak perlu menghabiskan waktu untuk merekrut, melatih, dan mempekerjakan staf pemasaran mereka sendiri. Hal ini dapat menghemat waktu dan sumber daya perusahaan dalam jangka panjang.

MyRobin menawarkan solusi layanan outsourcing untuk membantu Anda memenuhi kebutuhan SPG Anda dengan cepat, tepat, dan profesional.  Kunjungi laman MyRobin dan konsultasikan kebutuhan perekrutan Anda sekarang juga!

Sekian artikel kami kali ini. Semoga ketiga tips di atas dapat membantu Anda memilih penyedia SPG yang terpercaya. Kunjungi laman MyRobin dan temukan serta berbagai pekerja berkualitas lainnya. Konsultasikan kebutuhan perekrutan Anda sekarang!

Rekrut dan kelola pekerja TANPA RIBET

Didukung dengan teknologi modern yang terintegrasi. Rekrut tenaga kerja profesional dan berkualitas

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terima beres! rekrut hingga penggajian