Cara Lamar Kerja di Situs Pencari Kerja
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp

Cara Lamar Kerja yang Baik dan Benar, Apa Saja Hal Yang Harus Diperhatikan?

Cara lamar kerja, apa saja hal yang harus dilakukan? Pada saat melamar kerja maka hal penting yang harus dilakukan tentunya disesuaikan dengan kondisi. Adapun pelamar kerja harus paham detail caranya serta bagaimana langkahnya. Apalagi bagi para fresh graduated yang sangat membutuhkan pekerjaan dan mulai melamarnya. Begini hal yang harus dilakukan untuk lamar kerja.

1. Lakukan Riset Perusahaan

Lakukan Riset Perusahaan
Lakukan Riset Perusahaan

Sebelum memasukkan lamaran kerja, ada baiknya jika melihat lowongan kerja yaitu memperhatikan detail perusahaannya. Dengan melakukan riset perusahaan yang akan dituju ini tentunya memberikan manfaat kepada pelamar kerja untuk bisa memahami bidangnya. Juga memahami perusahaan yang akan dilamar tersebut.

Melakukan riset perusahaan ini juga penting agar bisa tahu kondisi perusahaan, bagaimana sistem kerjanya dan sebagainya. Jadi ketika ada tes wawancara kerja yang harus dilalui ketika melamar kerja di perusahaan tersebut, maka akan lebih paham. Dengan riset yang sangat penting ini, juga bisa melihat seberapa banyak peluang yang diperoleh ketika bekerja di perusahaan tersebut.

2. Lamar Kerja di Situs Pencari Kerja

Cara Lamar Kerja di Situs Pencari Kerja
Lamar Kerja di Situs Pencari Kerja

Cara lamar kerja dengan mengandalkan situs pencari kerja, salah satunya adanya aplikasi myrobin.di yang diakses di app.myrobin.id. Dengan mendapatkan informasi up to date seputar dunia kerja yang banyak peluangnya. Pada aplikasi yang satu ini juga memberikan kemudahan untuk mendukung pembuatan CV yang menarik secara gratis. Jadi saat tepat mencari situs pekerja bisa lebih efektif juga efisien dalam mencari pekerjaan.

Adapun layanan dari situs pencari kerja ini dipakai untuk bisa memberikan peluang dan membuka peluang. Dimana penggunanya akan semakin mudah untuk mendapatkan layanan yang berkualitas serta validitas informasi seputar dunia kerja. Dengan begitu, maka akan memberikan fasilitas terbaik untuk para pencari kerja.

Baca juga :   9 Jurus Sakti Meningkatkan Penjualan untuk Menjadi Sales yang Sukses

3.Gunakan Portofolio Yang Menarik

Gunakan Portofolio Yang Menarik
Gunakan Portofolio Yang Menarik

Pakai portofolio yang menarik serta berkualitas, dimana dalam portofolio ini menonjolkan berbagai skli dan pengalaman. Buat dengan bahasa yang mudah dipahami dan sederhanakan informasi terkait tersebut agar lebih baik lagi tampilannya. Dengan bantuan aplikasi juga bisa menghasilkan portofolio yang menarik dan memikat para HRD tersebut.

Dengan hadirnya portofolio tersebut maka akan memberikan jalan dalam melamar kerja. Yang dibutuhkan oleh pihak HRD juga penjelasan yang detail dan ada di portofolio ini akan semakin menambah nilai tampilan pelamarnya. Maka dari itu, penting untuk bisa menampilkan secara menarik isi dari portofolio yang dibuat sehingga memikat hati para HRD.

4. Dampingi Dengan Memakai Cover Letter

Jika ingin sukses dalam melamar kerja maka cara lamar kerja dengan mendampinginya memakai cover letter yang ada. Hadirnya cover letter ini menjadi sebuah dukungan terbaik untuk bisa memikat para HRD. Cover letter ini semacam surat secara rinci yang menceritakan profil diri dan ditampilkan berhubungan dengan pekerjaan yang dilamar.

Jangan sampai membuat cover letter yang tidak sesuai, seperti terkesan curhat dan sebagainya. Perhatikan fungsi penting dari cover letter ini untuk bisa mendapatkan kesempatan dalam pekerjaan. Membuat cover letter yang sempurna bisa dengan melihat beberapa poin penting yang dijelaskan seperti keahlian yang dimiliki tersebut.

5. Tunjukkan Profil Media Sosial

Untuk berikutnya ketika punya akun media sosial maka perlihatkan hal yang menarik dan mendominasi di media sosial. Kenapa? Dengan tampilan media sosial ini juga bisa membranding diri serta memberikan kekuatan akan adanya karakter diri. Seseorang yang mampu bersosialisasi di akun media sosialnya secara baik, maka bisa membuka jalan kemudahan dalam melamar kerja.

Baca juga :   Anda Ingin Menjadi CS Profesional? Intip Skill Yang Harus Dimiliki Customer Service Berikut

Pasalnya akun media sosial juga bagian yang biasanya dilirik dan bisa menjadi pertimbangan para HRD ini. Oleh karena itu, ketika memiliki akun media sosial maka gunakanlah sebaik mungkin dalam menampilkan profil diri. Jadi salah satu pendukung ketika melamar pekerjaan yaitu eksistensi di media sosial.

6. Pasang Foto Profesional

Penampilan sangat penting ketika melakukan lamaran kerja pada suatu perusahaan. Maka cara lamar kerja yang bisa dilakukan dengan pasang foto yang profesional untuk menunjang penampilan. Para HRD bisa langsung terpikat ketika melihat foto yang ada tersebut dan tampak elegan. Tunjukkan dengan pose diri terbaik dengan penampilan yang profesional ketika melamar kerja.

Foto ini juga sebagai identitas diri seseorang dalam menjalankan branding diri dan memperlihatkan penampilan terbaiknya. Dengan begitu akan membuka peluang terbaik dalam menjalankan kemudahan serta layanan yang berkualitas dalam menjalankan kemudahan. Oleh karena itu, untuk bisa mencapai tujuan, foto bisa memberikan kesan pertama yang terbaik.

7. Pilih Bidang Yang Sesuai Minat

Pentingnya memilih bidang yang sesuai minat agar melamar pekerjaan akan semakin lancar kedepannya. Seseorang yang punya minat di bidang tertentu tentunya akan bekerja lebih maksimal lagi dalam bekerja. Maka bidang pekerjaan yang harus diambil harus sesuai minat juga bakat agar lebih relevan.

Keberadaan relevansi ini akan sangat berguna ketika akhirnya mulai terjun dunia kerja. Jika saat awal pekerjaan dipilih dan tidak sesuai minatnya, maka akan berakibat tidak baik juga menghambat orang lain. Sebaliknya, jika sangat mencintai pekerjaan sesuai dengan minat maka akan semakin baik lagi dalam membuka peluang untuk bisa sesuai dengan situasi serta kondisi.

8. Perlihatkan Kemampuan Terbaik

8. Perlihatkan Kemampuan Terbaik
8. Perlihatkan Kemampuan Terbaik

Pentingnya saat memahami cara lamar kerja adalah dengan memperhatikan kemampuan terbaik yang dimiliki. Dengan adanya kemampuan yang dimiliki tersebut, maka bisa dipastikan seseorang akan semakin melejit karirnya ketika bekerja. Maka saat lamar kerja harus memperlihatkan adanya skill dan kondisi terbaiknya untuk bisa membuka jalan kemudahan pada orang lain. Dengan kata lain, buktikan kemampuan yang ada dan dipunyai pada perusahaan.

Baca juga :   Apa itu Sales Representative ? Berikut ini Pengertian Serta Tanggung Jawabnya

Kemampuan terbaik ini erat kaitannya dengan skill yang dimiliki oleh seseorang. Dimana skill tersebut merupakan bagian dari diri yang optimal untuk bisa dimanfaatkan dan menunjang perusahaan. Akan menjadi nilai plus ketika seseorang memiliki kemampuan terbaik untuk bisa membuka jati dirinya.

9. Sebutkan Gaji

Ketika melamar kerja juga jangan ragu untuk menyebutkan gaji, kenapa? Biasanya pihak HRD akan melihat keseriusan pelamar kerja dari tingkat percaya dirinya. Ketika seseorang mampu menyebutkan nominal gajinya tersebut, maka seseorang tersebut bisa membuka peluang untuk dirinya dihargai.

Gaji ini juga erat kaitannya dengan tingkat skill yang dimiliki oleh pelamar kerja. Semakin memiliki skill yang unggul maka semakin pula membuka peluang terbaiknya dalam menjalankan pekerjaan tersebut. Dengan kata lain, gaji menjadi pembahasan penting pada saat melamar kerja, jangan ragu untuk menyebutkan nominalnya.

10. Tampilkan CV Terbaik

Tampilkan CV Terbaik
Tampilkan CV Terbaik

Hal paling penting pula dalam melamar kerja yaitu adanya tampilan CV yang terbaik dan berkualitas. Dimana CV tersebut harus relevan dan sangat mudah dipahami bahkan bisa menarik hati jajaran HRD. Dengan begitu sebagai pelamar kerja sudah sangat sukses membuat tim HRD tampak senang saat melihat CV yang diberikan. Baca lebih lanjut tentang apa itu CV, macam, dan manfaatnya.

Beberapa cara lamar kerja ini tentunya harus diperhatikan dengan seksama dan bisa diterapkan ketika melamar kerja. Penting untuk bisa memakai aplikasi juga bisa menunjang untuk dapatkan kerja. Seperti aplikasi yang satu ini yaitu myrobin.id yang sangat membantu dalam mencari kerja dan pembuatan CV gratis ini.

Kelola Bisnis Anda Lebih Mudah

dengan rekrutmen tenaga kerja kami dan platform manajemen modern.

Artikel terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Selamat Datang di MyRobin.id

Apa yang sedang Anda cari?

job-search (2)

Saya Ingin Melamar Kerja

Buat akun untuk mencari lowongan yang tepat untuk anda

X