Cara Membangun Networking di Dunia Kerja
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp

Cara Membangun Networking di Dunia Kerja

Cara Membangun Networking di Dunia Kerja – Dalam dunia kerja tanpa suatu jaringan ataupun networking merupakan suatu hal yang mustahil. Faktanya, tiap orang senantiasa membutuhkan jaringan sebab kita tidak bisa berdiri sendiri. Banyak manfaat yang bisa diperoleh bila suatu anda mempunyai banyak jaringan.

Tips Membangun Networking di Dunia Kerja

Tips Membangun Networking di Dunia Kerja
Tips Membangun Networking di Dunia Kerja

Antara lain sanggup tingkatkan penjualan, menaikkan koneksi serta kedekatan, jadi solusi untuk perkara bisnis, menaikkan pengetahuan ataupun memperluas pengetahuan bisnis. Jadi bila sebagai pemilik usaha Kamu memang mau lebih jauh untuk membangun networking dalam dunia bisnis. Maka apa saja yang sangat wajib untuk Kamu jalani untuk mendapatkannya? Ayo simak beberapa tips yang ada di bawah ini.

Memperbanyak Kenalan

Memperbanyak Kenalan
Memperbanyak Kenalan

Mengikuti kegiatan seminar, workshop ataupun bermacam kegiatan lain. Di mana hal ini akan memberikan Kamu kesempatan buat berjumpa banyak orang dari latar belakang yang berbeda. Peluang inilah bagi Kamu untuk perbanyak kenalan serta membuka jaringan baru buat meningkatkan bisnis.

Strategi Duplikasi

Ini merupakan salah satu cara membangun networking di dunia kerja. Duplikasi yaitu suatu proses untuk meniru langkah serta juga strategi beberapa orang sukses yang telah berjaya di dunia bisnis yang sama. Bisa dibilang ini adalah metode ATM (Amati, Tiru, Nodifikasi). Modifikasi disini tentunya adalah menyesuaikan segala sesuatunya dengan kapasitas anda dan keterampilan.

Hal ini untuk mendapatkan jaringan bisnis dengan diiringi pengembangan kemampuan dalam diri Kamu. Mau jaringan bisnis Kamu tumbuh dengan baik? Jalani duplikasi dengan benar serta bertahap.

Buat Kartu Nama yang Menarik

Walaupun nampak simpel, nyatanya kartu nama mempunyai kedudukan penting kala Kamu mau melaksanakan networking bisnis. Kartu nama ialah perlengkapan penting yang jadi bukti diri Kamu buat memperluas jaringan bisnis.

Baca juga :   10 Cara Tingkatkan Produktivitas kerja Ala Benjamin Franklin

Saat berkenalan dengan rekan bisnis yang baru ditemui, jangan sempat lupa memberikan kartu nama. Aktivitas bertukar kartu nama walaupun terlihat simpel senantiasa akan memberikan akibat yang sangat besar. Kartu nama ialah sumber data yang akan mempermudah orang lain buat menghubungi Kamu.

Beri Dukungan Rekan Bisnis

Dalam bisnis, adakalanya Kamu akan menemui sebagian permasalahan yang tidak dapat dituntaskan sendiri, begitu pula dengan rekan bisnis Kamu. Bila Kamu memang mau untuk membuat sebuah jaringan bisnis yang sangat kuat, maka dari itu sajikanlah waktu untuk ganti berikan sebuah dukungan pada semua partner Kamu. Dengan gantian menolong, secara otomatis Kamu akan mendapatkan keakraban.

Miliki Kegiatan Sharing

Sharing juga merupakan cara membangun networking di dunia kerja. Saat memahami suatu bidang, Kamu bisa memberinya dengan yang lain sebab sejatinya sharing ataupun berbagi tidak akan pernah membuat Kamu merugi.

Kamu bisa berbagi dalam suatu workshop, forum yang sifatnya online, social media serta di manapun tempat yang membolehkan untuk Kamu buat berbagi dengan baik. Dengan begitu, maka Kamu akan bisa membangun sebuah networking bisnis dengan beberapa orang yang memiliki ketertarikan yang dianggap sama dengan apa yang telah Kamu berikan.

Penuh Percaya Diri

Minimnya keyakinan diri dalam mengawali suatu komunikasi bisa jadi penghalang buat memperluas jaringan. Terlebih lagi, sebuah hal yang sangat simpel yang memang sangat sering kamu temukan ialah suatu perasaan malu ketika berjumpa dengan seseorang yang bisa berpotensi untuk menolong bisnis.

Maka dari itu, rasa malu pada diri sendiri butuh dikalahkan kala berhadapan dengan orang lain. Perihal tersebut bisa dimulai dengan berkolaborasi dengan rekan sesama serta pelan-pelan menaiki jenjang pada orang tingkatan lebih besar. Tiap orang mempunyai metode serta kelebihannya masing-masing dalam membangun rasa aman dalam suatu pembicaraan, sehingga perihal tersebut yang sangat butuh mencuat.

Gabung Komunitas

Sebuah kesempatan yang akan lebih banyak kamu dapatkan pada saat memutuskan untuk bisa mengikuti sebuah perkumpulan ataupun juga organisasi. Bergabung dalam sebuah komunitas ataupun juga perkumpulan ialah sebuah cara yang dinilai sangat efisien untuk membangun sebuah jaringan bisnis. Lewat suatu perkumpulan ataupun forum bisnis, Kamu akan mempunyai kesempatan buat memahami banyak pelakon bisnis dengan bermacam tipe bisnisnya.

Baca juga :   Mengenal Apa Itu Sales Analyst dan Kualifikasinya

Anda bisa join di komunitas pencari kerja di Myrobin, silahkan gabung disini

Proaktif dalam Tindak Lanjut

Tindak lanjut juga merupakan hal penting dalam cara membangun networking di dunia kerja. Apapun tujuan dari networking Kamu, maka yakinkan Kamu untuk membuat sebuah rencana tindak lanjut pada saat sebelum pembicaraan itu kamu akhiri. Tindak lanjut tersebut bisa berbentuk berjanji buat menelepon kembali ataupun sesederhana mengirimkan email suatu postingan yang menarik

Cara Membangun Online Networking

Cara Membangun Online Networking
Cara Membangun Online Networking

Membangun networking tidak cuma bisa dilakukan dengan metode tatap muka langsung. Kamu juga bisa menggunakan platform media sosial buat membangun online networking.

Dengan online networking, kamu bisa menjangkau jejaring yang lebih luas dibandingkan tatap muka secara langsung. Mulai dari kelompok handal dengan bermacam-macam latar belakang industri sampai dari bermacam kota serta negara. Lalu, gimana metode membangun online networking? Ikuti panduan berikut

1. Mulailah dari LinkedIn

LinkedIn telah diketahui selaku salah satu web yang digunakan oleh para handal buat membangun jejaring dalam karier. Manfaatkanlah platform ini buat membuka koneksi dengan mantan rekan kerja, rekan kerja sampai orang-orang baru.

Walaupun begitu yakinkan saat sebelum membangun jejaring dari LinkedIn, kamu telah memperbarui profil LinkedIn kamu secara handal ya.

2. Perluas platform media sosial yang digunakan

Ini juga merupakan salah satu cara membangun networking di dunia kerja. Walaupun LinkedIn sering dianggap salah satu platform yang pas buat membuka networking untuk handal saat ini. Tetapi tidak berarti kamu cuma bisa membangun online networking di sini saja. Jangan batasi diri cuma pada satu akun jejaring sosial.

 Kamu pula bisa membangun online networking misalnya dengan memakai media sosial lain semacam Facebook serta Twitter, ataupun Pinterest serta Instagram. Apabila pekerjaanmu mengaitkan komponen visual. Akan lebih baik lagi apabila kamu bisa membangun web pribadi sendiri.

Baca juga :   Cara Membuat CV Untuk Fresh Graduate

Tidak hanya bermanfaat untuk personal branding, metode ini pula membuka kesempatan supaya kamu bisa tersambung dengan orang-orang yang mau memahami serta menekuni latar belakang handal kamu.

3. Pertimbangkan jaringan yang ada

Saat sebelum membangun online networking dengan orang-orang baru, untuk cara membangun networking di dunia kerja ini cobalah menjangkau koneksi yang telah ada terlebih dulu. Ini merupakan metode yang bagus buat mulai membangun online networking kamu. Karena mengawali membangun jejaring dari kontak yang kamu miliki saat ini bisa menawarkan rasa dukungan serta koneksi yang lebih besar.

Sebab itu cobalah mengawalinya dengan menanyakan berita terhadap mantan rekan kerja serta rekan kerja. Dari melindungi hubungan dengan jaringan yang ada. Maka kamu senantiasa bisa memperluas networking dengan meminta mereka buat menghadirkan kamu ke orang-orang dalam koneksi mereka.

4. Bergabung dalam grup di media sosial

Cari serta bergabunglah dengan grup di media sosial yang mempunyai bidang atensi yang kamu cari. Ini bisa jadi di LinkedIn, Twitter, Telegram, ataupun Facebook.

Bila cara membangun networking di dunia kerja di atas telah sukses dipahami serta bisnis Kamu telah bertambah dengan pesat, maka jangan lupa buat melaksanakan pengelolaan keuangan dengan baik supaya bisnis senantiasa berjalan.

Apabila kamu ingin membangun networking di dunia kerja maka kamu bisa mengunjungi aplikasi MyRobin. App.myrobin.id adalah sebuah aplikasi berbasis website yang mana menyediakan banyak lowongan kerja dari perusahaan-perusahaan ternama di Indonesia. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur generate CV gratis hanya dengan melengkapi profil pengguna.

CV bisa di download ke format pdf. Ditambah lagi di dalam aplikasi ini pengguna bisa menggunakan fitur network untuk sekedar beropini, berkomentar, atau membangun relasi atau jaringan dengan orang lain. Seperti kita tahu bahwa membangun relasi adalah salah satu faktor yang memudahkan pencari kerja mendapatkan pekerjaannya.          

Kelola Bisnis Anda Lebih Mudah

dengan rekrutmen tenaga kerja kami dan platform manajemen modern.

Artikel terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Selamat Datang di MyRobin.id

Apa yang sedang Anda cari?

job-search (2)

Saya Ingin Melamar Kerja

Buat akun untuk mencari lowongan yang tepat untuk anda

X