Cara Membuat CV Untuk Fresh Graduate
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp

Cara Membuat CV Untuk Fresh Graduate

Cara Membuat CV Untuk Fresh Graduate – Bagi Anda fresh graduate pastinya akan sangat penting bagi Anda untuk melamar kerja setelah lulus. Baik itu lulus dari universitas ataupun dari sekolah menengah atas.

Dan karena biasanya melamar kerja menggunakan CV untuk memperkenalkan diri Anda dan jug menceritakan pengalaman apa saja yang sudah Anda punya, maka membuat CV menjadi sangat penting bagi para fresh graduate.

Cara Membuat CV Untuk Fresh Graduate
Cara Membuat CV Untuk Fresh Graduate

Karena bagaimanapun juga para freshgraduate dituntut untuk membuat dirinya semenarik mungkin di mata perusahaan. Karena perusahaan hanya akan merekrut karyawan yang sesuai dengan apa yang sedang dicari.

Jika isi dari CV atau kualifikasi diri Anda tidak sesuai dengan apa yang perusahaan cari, maka Anda tidak akan diterima bekerja dan sudah pasti tidak akan lolos tahap administrasi seleksi pemberkasan. Pahami tentang Apa Itu Curriculum Vitae ? Berikut Pengertian dan Manfaatnya.

Oleh karena itu, sebagai fresh graduate, Anda juga harus mempertimbangkan kualifikasi dengan apa yang perusahaan cari. Jika perusahaan mencari kualifikasi yang sesuai dengan apa yang Anda miliki, maka Anda mempunyai kesempatan besar untuk diterima bekerja.

Sebaliknya, jika perusahaan mencari kualifikasi calon karyawan baru dan Anda tidak sesuai dengan apa yang perusahaan cari, maka perusahaan tersebut sudah pasti akan mengabaikan Anda dan Anda mempunyai kesempatan yang kecil untuk diterima bekerja.

Dan selain itu, ada juga perusahaan yang mencari kualifikasi kandidat dan kebetulan Anda sesuai dengan kualifikasi yang perusahaan cari, namun perusahaan tidak menerima Anda bekerja di perusahaan tersebut.

Mengapa hal ini dapat terjadi? Apa yang salah dari Anda? Apa yang kurang dari Anda? Tentunya pertanyaan seperti ini pastinya akan muncul di kepala Anda dan akan terus menghantui Anda sehingga membuat Anda stress.

Baca juga :   Pengertian Apa Itu Sales Marketing dan Tugasnya

Anda tidak boleh menyalahkan perusahaan tidak profesional dalam memilih kandidat karyawan. Karena mungkin saja, kesalahan ada pada diri Anda. Entah dari etika Anda saat interview, pemberkasan yang tidak memenuhi syarat dan masih banyak lagi.

Dan mungkin juga salah satu penyebabnya adalah CV Anda. Mengapa CV? Ada yang salah dari CV Anda? Atau mungkin CV Anda kurang menarik? Tentu ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi penilaian perusahaan terhadap diri Anda.

Karena memang biasanya pada saat melamar sebuah pekerjaan hal yang pertama kali dilakukan adalah mengirimkan berkas-berkas yang diperlukan seperti dokumen data diri, ijazah, CV dan surat lamaran pekerjaan.

Dan selain syarat diatas, mungkin juga ada syarat lain yang diperlukan. Semua tergantung dari tempat perusahaan yang Anda lamar. Karena setiap perusahaan akan memiliki kebijakan yang berbeda-beda terkait persyaratan calon karyawannya.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa ada kemungkinan jika CV berpengaruh sangat besar dalam penilaian calon karyawan. Dan jika memang CV berpengaruh dalam penilaian calon kandidat karyawan, maka Anda harus bagaimana?

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Membuat CV
Hal yang Harus Diperhatikan dalam Membuat CV

Sebagai fresh graduate pastinya Anda harus memperhatikan point-point berikut ini:

  • Pastikan desain CV dibuat semenarik mungkin dan harus sistematis.
  • Pastikan kualifikasi diri Anda sesuai dengan apa yang dibutuhkan perusahaan.
  • Sesuaikan pengalaman (panitia organisasi, magang, dll) dan minat Anda ke perusahaan yang dituju.
  • Siapkan segala sesuatu dokumen yang diperlukan.
  • Pastikan saat interview dalam keadaan siap baik mental maupun fisik.

Jika Anda masih bingung bagaimana cara membuat CV yang baik dan benar seperti apa, Anda juga bisa memakai jasa dari app.myrobin.id yang tentunya aplikasi tersebut sudah terpercaya dan juga berpengalaman.

Tentunya dengan adanya aplikasi ini, Anda akan sangat terbantu dalam membuat CV, khususnya untuk para fresh graduate seperti Anda. Dan Anda juga bisa mendapatkan ilmu baru dari aplikasi tersebut.

Baca juga :   Tips agar hari senin menyenangkan

Dan seperti yang tadi sudah disebutkan bahwa pembuatan CV haruslah sistematis dan juga didesain semenarik mungkin agar dapat menarik perhatian pembaca CV yaitu HRD dari suatu perusahaan.

Lalu bagaimana cara membuat CV yang rapi dan sistematis? Tentunya Anda bisa membuatnya sendiri dan juga dapat dibuatkan oleh app.myrobin.id yang tadi sudah disebutkan sebelumnya diatas. Baca juga bagaimana membangun network dalam karir.

Ada banyak sekali platform untuk membuat CV. Salah satunya Anda dapat menggunakan canva sebagai tempat untuk membuat CV. Dan CV yang didesain dengan apik dan unik adalah sebuah CV yang menarik.

Tentunya ini akan menarik perhatian HRD saat membaca CV Anda. Dan dengan desain yang menarik juga Anda akan mendapatkan nilai tambah dari HRD karena dinilai dari segi kekreatifan Anda dalam membuat CV.

Jadi usahakan buatlah desain CV yang menarik dan tentunya jangan lupa membuat CV yang sistematis sehingga memudahkan HRD saat membaca setiap riwayat hidup dan pekerjaan yang pernah Anda lakukan.

Cara membuat CV yang baik dan benar tahap kedua adalah perhatikan bahasa yang digunakan. Usahakan gunakan bahasa yang baku dan sesuai dengan PUEBI atau Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia.

Gunakan Design yang Simple namun Jelas
Gunakan Design yang Simple namun Jelas

Karena seperti yang Anda tahu bahwa CV adalah semacam surat formal yang pastinya harus menggunakan bahasa yang baku. Tidak boleh ada singkatan kata, bahasa gaul ataupun emoji yang disisipkan kedalam keterangan pada CV.

Dan jika Anda menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar CV Anda, maka Anda jug harus memperhatikan grammar yang Anda gunakan. Karena kesalahan pada penulisan akan berakibat fatal dan akan memiliki arti yang berbeda.

Oleh karena itu ketika membuat CV khususnya dalam bahasa Inggris, ada baiknya jika Anda menggunakan aplikasi yang dapat mendeteksi kesalahan grammar. Semua itu dilakukan agar tidak ada grammar yang salah.

Baca juga :   Kenali Berbagai Posisi Dalam Bidang Sales Dan Mengapa Prospek Kerja Sales Menjanjikan

Serta juga dapat tersampaikan maksud dan tujuan yang ditujukan. Ini adalah salah satu cara bagi Anda yang tidak ingin ada kesalahan grammar pada CV Anda. Tenang saja, karena ada banyak aplikasi pendeteksi grammar yang gratis di internet.

Jadi Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk dapat berlangganan aplikasi pendeteksi grammar. Karena cukup dengan modal internet yang kuat serta kuota/wifi Anda dapat mengakses aplikasinya dengan mudah.

Lalu cara membuat CV yang terakhir adalah bagaimana Anda dapat mengisi CV Anda dengan pengalaman yang relevan dengan apa yang sedang perusahaan cari. Contohnya seperti jika perusahaan sedang mencari tenaga IT.

Maka Anda dapat memasukan segala jenis pengalaman Anda di bidang IT ke dalam CV. Karena tidak mungkin jika perusahaan membutuhkan orang yang ahli di bidang IT lalu CV Anda mencantumkan pengalaman sebagai seorang akuntan.

Hal yang sangat jauh berbeda dan tentunya perusahaan tidak akan melirik CV Anda karena sejak awal melihatnya saja sudah tidak sesuai dengan apa yang dicari. Oleh karena itu Anda harus benar-benar mencari pengalaman kerja atau magang yang sesuai.

Dan jika Anda masih kuliah, maka Anda dapat memanfaatkan kesempatan Anda berkuliah untuk magang di perusahaan yang terkait dengan jurusan Anda. Tentunya Anda harus menggunakan kesempatan berkuliah Anda sebaik mungkin.

Nah mungkin itulah sedikit ringkasan tentang Cara Membuat CV Untuk Fresh Graduate semoga bermanfaat dan juga menginspirasi.

Kelola Bisnis Anda Lebih Mudah

dengan rekrutmen tenaga kerja kami dan platform manajemen modern.

Artikel terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Selamat Datang di MyRobin.id

Apa yang sedang Anda cari?

job-search (2)

Saya Ingin Melamar Kerja

Buat akun untuk mencari lowongan yang tepat untuk anda

X