Cara Membuat Resume yang Baik dan Benar
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp

Cara Membuat Resume yang Baik dan Benar

Cara Membuat Resume yang Baik dan Benar – Bekerja ialah salah satu cara yang dilakukan oleh manusia buat memenuhi kebutuhan serta mencapai suatu tujuan. Yang dipunyai ini memerlukan sederet tahapan yang butuh dipersiapkan buat melamar pekerjaan. Salah satunya yang sangat krusial yaitu resume kerja.

Supaya Kamu bisa melamar kerja serta memperoleh kerja dengan gampang, Kamu bisa mengikuti contoh resume kerja serta membuat resume kerja dengan mengenali apa saja isi dari resume kerja yang dibutuhkan dalam pembahasan resume kerja berikut ini.

Kami merasakan apa yang kamu rasakan. Susah memastikan panduan mana yang wajib diterapkan serta mana yang wajib diabaikan. Tetapi perinci terkecil dapat pengaruhi totalitas surat serta kesan di mata perekrut.

Untuk membuat resume, ada struktur yang wajib dipenuhi. Tadinya, kamu butuh membedakan antara resume dengan CV supaya tidak tertukar. Resume terdiri dari satu halaman saja. Tetapi, resume pula dapat terbuat dalam 2 halaman (maksima).  Kebalikannya, CV bisa sampai beberapa halaman serta lebih panjang.

Apa Itu Resume?

Apa Itu Resume?
Apa Itu Resume?

Resume ialah dokumen berisi ringkasan pengalaman, kemampuan, serta pendidikan seseorang. Pada resume ada daftar riwayat hidup mirip CV. Dibanding CV, resume lebih pendek serta berisi pokok-pokok pengalaman.

Tujuan penyusunan serta metode penulisannya juga berbeda. Resume ialah tipe pendek ataupun tipe pendek dari CV. Tidak perlu membuat urutan kronologis kala membuat resume. Cukup cantumkan hal yang mau ditonjolkan pada resume sesuai kebutuhan.

Fungsi Resume

Resume berperan buat menolong seseorang mencari pekerjaan, berkuliah, ataupun selaku wujud penugasan. Dokumen resume umumnya diminta kala seseorang melamar pekerjaan di bidang industri, NGO, ataupun pekerjaan swasta. Resume bisa menampilkan kualifikasi dan pengalaman handal yang telah dijalani seseorang. Jadi, buat ‘beriklan’ secara efisien serta sesuai kebutuhan, resume sangat sesuai diberikan pada industri yang dilamar.

Baca juga :   Wajib Pertajam 7 Skill yang Harus Dimiliki Sales Executive

Cara membuat resume yang baik dan benar penting diketahui untuk pelamar kerja. Resume ialah salah satu dokumen yang diminta dalam proses perekrutan kerja. Resume data tentang latar belakang serta kualifikasi pelamar kerja.

Metode membuat resume butuh mencermati lapisan serta isinya. Resume mewakili pelamar kerja dalam menguraikan kualifikasinya. Metode membuat resume jadi langkah awal buat memperoleh pekerjaan. Metode membuat resume juga perlu disesuaikan dengan kebutuhannya.

Metode membuat resume pula wajib disusun sesuai format yang jelas serta gampang dibaca. Metode membuat resume yang benar akan menolong kamu memperoleh panggilan pekerjaan dengan cepat.

Perbedaan resume dan CV

Banyak yang menyangka resume serta CV merupakan dokumen yang sama. Walaupun keduanya sering dilampirkan saat melamar pekerjaan, resume serta CV merupakan dokumen yang berbeda. Baca selengkapnya mengenai Apa itu CV dan tips membuatnya.

Perbandingan resume serta CV terletak pada panjang, tujuan, serta tata posisinya. Resume umumnya berisi data ringkas baik berisi pendidikan, kualifikasi, ataupun pengalaman. Sedangkan CV berisi data lebih rinci tentang totalitas riwayat karier seseorang.

Selanjutnya sebelum kamu mengetahui cara membuat resume dengan baik dan benar, kamu juga perlu mengetahui akan hal ini. Resume terbuat selaku iklan cepat serta terencana yang memberikan data tentang siapa orang di resume tersebut serta kenapa dia merupakan orang yang terbaik buat pekerjaan tersebut.

Sedangkan CV lebih ke memberikan cerminan seputar kronologis yang mendalam tentang kehidupan karier seorang. Resume umumnya menunjukkan pencapaian seseorang. Sedangkan CV umumnya ditulis lebih rinci lagi.

Melampirkan CV ataupun Membuat Resume dalam Format yang Menarik

Dalam metode membuat resume yang baik, perihal awal yang dilakukan merupakan memastikan formatnya. Format resume merupakan style serta urutan di mana kamu menunjukkan data di resume. Terdapat 3 format resume yang umum digunakan. Ini meliputi kronologis, fungsional, ataupun campuran. Baca juga Cara Lamar Kerja yang Baik dan Benar, Apa Saja Hal Yang Harus Diperhatikan?

Baca juga :   Hati-Hati Ini Modus Penipuan Berkedok Rekrutmen

Resume kronologis

Resume kronologis merupakan format sangat tradisional serta mencantumkan pengalaman bagi urutan terbentuknya. Resume ini biasanya menarik untuk pembaca yang lebih tua serta bisa jadi sangat sesuai buat bidang konservatif.

Resume fungsional

Resume fungsional merupakan tipe resume yang mencantumkan pengalaman bagi kemampuan. Ini merupakan format yang digunakan bila kamu mengganti arah karier (serta tidak mempunyai pengalaman kerja langsung). Format ini menunjukkan keterampilanmu terlebih dulu. Pengalaman kerja, ataupun kekurangannya, tidaklah fokus utama.

Resume kombinasi

Resume campuran mencampurkan aspek terbaik dari style kronologis serta fungsional. Ini merupakan opsi yang baik bila kamu mempunyai sebagian pengalaman handal, di mana kedua keahlian serta riwayat kerja sama pentingnya.

Cara Membuat Resume yang Baik dan Benar

Cara Membuat Resume yang Baik dan Benar
Cara Membuat Resume yang Baik dan Benar

Sehabis memastikan format, cara membuat resume yang baik dan benar berikutnya yaitu mulai menyusun resume. Berikut langkahnya:

Buat Header

Header wajib menyertakan nama, no telepon, serta alamat email. Nama wajib sangat nampak di bagian atas resume dengan huruf tebal ataupun lebih besar dari bagian dokumen yang lain. Namun tidak lebih dari ukuran 14 p.

Kamu pula bisa memasukkan alamat rumah, namun tinggalkan bila berencana buat memposting resume secara online. Pakai no telepon yang aktif serta dapat dihubungi tiap saat. Pakai pula email yang handal.

Tulis ringkasan

Dalam satu ataupun 2 kalimat, rangkum pengalaman kerjamu serta keahlian yang relevan. Pertahankan supaya ini senantiasa kokoh serta simpel. Statement objektif dengan cepat menerangkan tujuan karir serta opsi yang baik untuk mereka yang mempunyai pengalaman handal terbatas, seperti fresh graduate.

Buat daftar soft skill serta hard skill

Untuk cara membuat resume dengan baik dan benar maka sempatkan waktu sejenak buat memikirkan keahlian mana yang membuat kamu sangat sesuai buat pekerjaan itu. Pertimbangkan hard skill (teknis) serta soft skill (antarpribadi), dan keahlian yang bisa ditransfer yang bisa kamu pakai saat berubah karier ataupun industri.

Buat daftar riwayat profesional

Tulis bagian sejarah profesional dalam urutan kronologis terbalik. Mulailah dengan pekerjaan terkini serta bagikan deskripsi pendek termasuk nama industri, periode waktu bekerja, jabatan serta sebagian pencapaian penting sepanjang kamu bekerja di industri itu. Kamu pula bisa memasukkan pendidikan relevan ataupun kesempatan perkembangan yang kamu alami saat bekerja di situ.

Baca juga :   Pastikan Anda Mengetahui Apa Itu Customer Service sebelum Ajukan Lamaran

Sertakan riwayat pendidikan

Bagian pendidikan akan sangat berharga bila kamu mempunyai pengalaman kerja yang terbatas ataupun bila kamu pindah ke industri baru. Saat menulis bagian pendidikan, kamu wajib memasukkan nama institusi, bertepatan pada kedatangan serta gelar ataupun bidang riset. Kamu bisa memasukkan data seperti nilai rata-rata serta kursus yang relevan.

Buat Daftar Aktivitas

Buat daftar kegiatan yang pernah kamu ikuti serta sertakan kedudukan khusus di masing-masing kegiatan. Ini merupakan tempat buat mencatat keanggotaan ataupun posisi kepemimpinan di klub, organisasi apapun, regu atletik, organisasi komunitas, dan sebagainya.

Buat Daftar Penghargaan

Kala kamu sudah diketahui oleh orang lain, kamu wajib beritahu calon pemberi kerja tentang perihal itu. Kamu dapat memasukkan partisipasi dalam klub ataupun organisasi, posisi kepemimpinan yang dipegang, penghargaan, prestasi ataupun sertifikasi. Namun kamu tidak perlu takut bila belum menerima penghargaan apapun.

Inilah beberapa cara membuat resume yang baik dan benar yang bisa kamu ketahui dan pelajari. Selamat mencoba!

Apabila kamu ingin membuat sebuah resume yang baik dan benar untuk kamu bisa melamar kerja maka kamu bisa mengunjungi aplikasi MyRobin. App.myrobin.id adalah sebuah aplikasi berbasis website yang mana menyediakan banyak lowongan kerja dari perusahaan-perusahaan ternama di Indonesia. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur generate CV gratis hanya dengan melengkapi profil pengguna.

CV bisa di download ke format pdf. Ditambah lagi di dalam aplikasi ini pengguna bisa menggunakan fitur network untuk sekedar beropini, berkomentar, atau membangun relasi atau jaringan dengan orang lain. Seperti kita tahu bahwa membangun relasi adalah salah satu faktor yang memudahkan pencari kerja mendapatkan pekerjaannya.                       

Kelola Bisnis Anda Lebih Mudah

dengan rekrutmen tenaga kerja kami dan platform manajemen modern.

Artikel terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Selamat Datang di MyRobin.id

Apa yang sedang Anda cari?

job-search (2)

Saya Ingin Melamar Kerja

Buat akun untuk mencari lowongan yang tepat untuk anda

X