Tips Membuat CV Berbahasa Indonesia
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp

Cara Membuat serta Contoh CV Bahasa Indonesia

Cara Membuat serta Contoh CV Bahasa Indonesia – Jika Anda berbicara tentang CV, berikan beberapa contoh CV Indonesia yang menurut perusahaan akan mereka pertimbangkan.

Dokumen-dokumen ini sangat penting dalam proses pencarian kerja. Dengan resume yang baik, perusahaan dapat dengan cepat mengetahui kandidat mana yang layak mereka pekerjakan.

Terkadang kita tidak terburu-buru dengan hati-hati, sehingga kita yakin bahwa kita melakukan kesalahan. Terkadang juga kita ingin menunjukkan di CV kita bahwa kita bisa berbahasa inggris. Namun, jika anda tidak benar-benar menguasainya maka itu bisa menjadi bumerang buat anda.

Akan lebih baik anda membuat CV dalam bahasa indonesia namun hasilnya benar dan tepat. Namun, jika anda sudah merasa expert dalam bahasa inggris hal ini juga tidak ada salahnya untuk dicoba. Namun tetap harus memperhatikan cara pembuatan CV yang baik dan benar ya…

Dalam artikel ini, akan membahas dan memberikan tips, kesalahan umum, dan contoh CV bahasa Indonesia yang menarik, tepat, dan benar.

Tips Membuat CV Berbahasa Indonesia

 Tips Membuat CV Berbahasa Indonesia
 Tips Membuat CV Berbahasa Indonesia

Jangan takut untuk mulai membuat CV Indonesia pertama Anda. Glint akan memberikan beberapa tips untuk meningkatkan CV Anda. Perhatikan bagian berikut:

1. Sertakan data pribadi yang cukup

 Pada dasarnya, hanya hal penting untuk melengkapi curriculum Vitae Anda. Elemen penting ini meliputi nama, nomor telepon, dan alamat email Anda. Pastikan Anda dapat mencapai nomor telepon dan alamat email yang Anda tentukan.

 2. Sebutkan keterampilan yang relevan

Kiat-kiat berikut akan memastikan bahwa persyaratan posisi yang Anda lamar, termasuk keterampilan lunak dan kompleks, adalah unik dan relevan. Saat menulis bagian Keterampilan, prioritaskan keterampilan yang paling sulit ke tingkat yang paling mahir.

Baca juga :   Apa itu Sales Representative ? Berikut ini Pengertian Serta Tanggung Jawabnya

Berbicara di depan umum, pemasaran konten, pemasaran media sosial, pengetahuan tentang Microsoft, dan banyak keterampilan lainnya dapat disertakan.

 3. Pastikan pengalaman profesional Anda relevan dengan organisasi Anda

Jika Anda memiliki banyak pengalaman masa lalu, buat daftar hanya pengalaman terbaru dan signifikan yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar.  Mendaftar semuanya membuat CV Anda terlalu panjang dan bertele-tele. Anda cenderung kehilangan tenaga kerja.

4. Jangan lupa sertakan portofolio jika diperlukan

Bukti pekerjaan yang telah Anda lakukan selama ini, portofolio sangat membantu meyakinkan perusahaan untuk memilih Anda.

Oleh karena itu, pastikan Anda dapat menggunakan portofolio Anda untuk lebih menekankan kekuatan Anda. Ini sangat penting, terutama bagi mereka yang ingin melamar pekerjaan desain grafis atau konten / copywriting.

5. Gunakan Font yang Mudah Dibaca

Ada banyak font yang bisa Anda gunakan saat membuat CV bahasa Indonesia. Namun, tidak semua tersedia.

Saat membuat resume bahasa Indonesia Anda, gunakan gaya dan ukuran font yang mudah dibaca. Semakin mudah fontnya, semakin besar kemungkinannya untuk diperhatikan.

Namun sebaliknya jika font dirasa rumit dan sulit untuk dibaca maka HRD akan malas membaca CV anda dan kemungkinan dapat ditolak hanya karena fotn yang digunakan tidak sesuai dan sulit dibaca.

6. Buatlah Seunik Mungkin

Saat ini, ada banyak template resume Indonesia yang dirancang secara unik untuk menarik pengusaha. CV yang menarik, tidak monoton menjadi nilai tambah.

Perekrut tidak punya banyak waktu untuk membaca semua CV yang terdaftar. Jadi, jika Anda bisa mendapatkan perhatian mereka dalam waktu 6 detik, kemungkinan besar mereka akan mengikuti.

Berdasarkan beberapa tips di atas, jika Anda masih bingung, kami memiliki banyak contoh template resume bahasa Indonesia gratis. Anda dapat mengunjungi  ke app.myrobin.id aplikasi lowongan kerja & buat CV gratis.

Anda dapat dengan cepat melihat contoh CV bahasa Indonesia yang menarik yang dapat ditiru sesuai dengan kebutuhan Anda. Unduh sekarang, ya!

Baca juga :   Pekerjaan yang Paling Dibutuhkan Tahun 2021

Kesalahan Umum dalam CV

Kesalahan Umum dalam CV
Kesalahan Umum dalam CV

Anda harus selalu ingat bahwa CV Anda sama pentingnya dengan kesan pertama Anda. Semakin baik kesan pertama Anda, semakin baik peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan.

Jadi untuk menghindari kesalahan, jangan terburu-buru dalam proses pembuatan CV dan tetap up to date.

1. Format Yang Tidak Beraturan  dan Template kueang Unik

Nah, berikut adalah beberapa cara umum untuk membuat dan menghindari resume bahasa Indonesia. Terjadi kesalahan. Namun, ada baiknya juga jika template yang Anda gunakan untuk membuat resume Anda tidak terlalu berlebihan. Baca juga Cara Membuat Resume yang Baik dan Benar agar kesempatan diterima kerja lebih besar.

Pastikan Anda menggunakan format dan template yang bersih dan dapat dibaca.

 2. CV terlalu panjang

Membuat  CV berbeda dengan menulis esai atau esai lepas. Laporan dari vendor saldo idealnya harus satu atau dua halaman. Beberapa pengusaha tidak  ingin membaca daftar riwayat hidup lebih dari 2 halaman. Jadi selalu buat CV Anda dalam bahasa Indonesia yang singkat, padat dan jelas. 

Dalam membuat cv yang singkat ini jangan lupa untuk memasukkan isi atau identitas yang dirasa penting dan diperlukan, sehingga meskipun cv singkat namun memuat data yang diperlukan oleh HRD.

3. Memberikan informasi palsu

Tidak ada yang suka kebohongan. Ini seperti membuat CV. Awal yang jujur ​​akan memudahkan Anda sampai akhir. Ini memalukan bagi majikan untuk kemudian mengetahui bahwa Anda memberikan informasi yang salah. Pastikan untuk menyertakan informasi yang relevan, mulai dari data pribadi hingga eksperimen dan hasil. 

4. Mendistribusikan CV dengan cara yang sama ke seluruh perusahaan

Mencari pekerjaan tidak mudah, tetapi itu tidak berarti bahwa Anda akan mendistribusikan resume Anda secara acak. Setiap pekerjaan memiliki kondisi yang berbeda.

Anda harus memperbarui CV Anda setiap kali melamar pekerjaan. Pengusaha dapat mengetahui apakah mereka mengirim resume yang sama ke perusahaan lain.

Baca juga :   Ingin Menjadi Public Area Attendant yang Baik? Ikuti Cara dan Tips-nya

 5. Ejaan dan Tanda Baca

Masih banyak kesalahan dalam latihan, tetapi kedua hal ini tampaknya mudah. Bahkan, menurut The Balance Careers, kesalahan transkripsi ini bisa “mematikan” resume Anda.

 Setelah Anda selesai menulis resume Anda, mintalah seorang teman untuk melakukan koreksi.

Contoh Resume Bahasa Indonesia

Sekarang Anda memahami trik dan kesalahan umum resume Indonesia.  Nah, berikut ini beberapa contoh CV bahasa  Indonesia yang bisa anda jadikan sebuah  referensi untuk dapat membuat CV yang menarik dan CV yang  lebih bagus lagi.

Untuk terjemahan yang baik, berikut adalah beberapa contoh CV bahasa Indonesia yang dapat Anda gunakan sebagai ilustrasi dan panduan untuk membuat CV.

Contoh Resume Bahasa Indonesia
Contoh Resume Bahasa Indonesia

Contoh :

BIODATA DIRI

Nama   : Haidar Prasetto

Tempat, Tgl Lahir   : Jombang, 15 Januari 1994

Jenis Kelamin : Laki-laki

Kewarganegaraan    : Indonesia

Alamat : Jl. Raden Fattah RT. 5 RW. 1, Kota Jombang

Telephone   : 081610923771

Email   : HaidarP@gemail.com

PENDIDIKAN

1999 – 2005 SD Negeri 1 Jombang

2005 – 2008 SMP Negeri 2 Jombang

2008 – 2011 SMA Negeri 2 Jombang

2011 – 2015 Universitas Bangun Bangsa (S1 Ilmu Pendidikan)

PENGALAMAN KERJA

Guru privat 2015 – 2016

Guru SD      2016 – 2018

Guru Tetap di SDN Ngelayung 1   2018 – 2020

KEMAMPUAN

Mengajar semua mata pelajaran

Memberikan materi dengan baik

Bahasa Indonesia (Aktif), Bahasa Inggris (Pasif)

Sebaiknya anda harus membuat cv yang baik dan benar agar dapat menjadi bahan pertimbangan yang sulit oleh HRD atau perusahaan tempat anda melamar kerja. Jadi anda harus memperhatikan hal-hal penting yang berkaitan dengan pembuatan CV yang baik.

Demikan tips membuat contoh CV bahasa Indonesia untuk anda. Jika anda merasa melakukan  kesalahan di atas, maka anda harus segera revisi dan memperbaiki CV-mu! Jika anda ingin membuat CV yang mudah dan gak ribet anda bisa membuatnya di app.myrobin.id hanya dengan melengkapi profil anda anda bisa membuat CV yang elegan yang bakal menarik HRD. Selamat mencoba dan semoga cepat mendapatkan pekerjaan yang tepat,

Kelola Bisnis Anda Lebih Mudah

dengan rekrutmen tenaga kerja kami dan platform manajemen modern.

Artikel terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Selamat Datang di MyRobin.id

Apa yang sedang Anda cari?

job-search (2)

Saya Ingin Melamar Kerja

Buat akun untuk mencari lowongan yang tepat untuk anda

X