Cara Mengiklankan Lowongan Pekerjaan di Facebook
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp

Cara Mengiklankan Lowongan Pekerjaan di Facebook

Cara Mengiklankan Lowongan Pekerjaan di Facebook – Aplikasi Facebook memiliki salah satu fitur yang dapat memberikan layanan pada pengguna untuk mengiklankan perusahaannya saat butuh tenaga kerja yang sesuai dengan posisi tertentu. Beberapa perusahaan biasanya cukup sulit mencari kandidat yang tepat. Mulai sekarang, Anda bisa menggunakan iklan berbayar di Facebook agar menemukan kandidat sesuai untuk posisi tersebut. Berikut panduan penggunaannya.

Apa Itu Facebook Ads?

Facebook ads merupakan fitur layanan iklan milik Facebook yang membantu penggunanya ketika memasang pengumuman tentang pencarian kandidat untuk posisi tertentu dalam perusahaan. Dengan begitu, jika ada yang tertarik dengan posisi pekerjaan yang diinginkan bisa langsung menghubungi perusahaan tersebut.

Jika ingin mencoba layanan ini, pastikan untuk membuatkan dulu akun Facebook baru untuk perusahaan Anda. Pada umumnya, iklan yang disponsori oleh Facebook, di bawah username akan terpampang tulisan “sponsored”. Artinya telah benar-benar terverifikasi.

Pengguna Facebook lain bisa melihat iklan yang dipasang tersebut di bagian kolom kanan beranda jika mengakses via desktop. Namun, jika buka lewat seluler, biasanya akan muncul pada bagian feed. Pengiklan juga dapat memilih sendiri mau muncul dimana, misalnya pada bagian stories dan feed, maupun situs web, TV, atau aplikasi seluler.

Iklan Facebook sebetulnya memiliki banyak sekali fungsi. Bukan hanya untuk memasang lowongan kerja saja. Tetapi, Facebook ada bisa Anda gunakan untuk memperkenalkan merek atau branding, monetisasi lalu lintas situs web, hingga menawarkan produk yang sedang dijual. Pembahasan selanjutnya akan dibahas tentang bagaimana cara memanfaatkan iklan di Facebook untuk tujuan menawarkan lowongan pekerjaan tertentu bagi yang berminat.

Cara Mengiklankan Lowongan Pekerjaan di Facebook (Buat Iklan di Facebook)

Langkah pertama buka menu “ads manager”. Menu ini bisa dibuka lewat akun facebook perusahaan yang sebelumnya sudah dibuat. Pada bagian kanan atas akan ada menu “buat iklan”, Anda bisa langsung meng-klik-nya saja. Jika merasa kulit, Anda bisa langsung masuk melalui link tautan ini https://www.facebook.com/ads/manager. Setelah itu, ada beberapa langkah selanjutnya yang harus diikuti yaitu:

Langkah 1: Buat Kampanye Iklan

Langkah pertama ini memiliki hubungan dengan tujuan Anda membuat iklan tersebut. Tentu saja tujuan di sini maksudnya adalah supaya orang-orang akhirnya melamar posisi pekerjaan yang diiklankan tersebut.

Baca juga :   Pekerjaan Yang Cocok saat Covid 19 & New Normal
Cara Mengiklankan Lowongan Pekerjaan di Facebook - MyRobin

Pada bagian awareness ada menu “reach” ini berguna untuk memberikan informasi tentang jumlah maksimum kandidat yang diinginkan. Anda juga bisa klik menu “conversions”, sehingga para kandidat bisa mencoba melamar posisi tersebut. Ketika sudah klik “reach” biasanya akan langsung diinstruksikan untuk memberikan nama iklan. Tulis saja misal “job ads” atau lowongan pekerjaan “posisi”.

Langkah 2: Siapkan Akun Iklan Anda

Facebook job ads | account info

Langkah berikutnya, Anda perlu melakukan beberapa pengaturan. Jadi dari langkah sebelumnya, klik saja menu “set up ad account”, sehingga akan muncul beberapa data di sana. Data-data yang biasa dibutuhkan mencakup tentang mata uang, negara, dan zona waktu. Sejumlah data ini akan digunakan untuk pelaporan maupun penagihan.

Langkah 3: Buat Ad Set

Langkah berikutnya adalah Anda bisa mulai untuk membuat sebuah iklan. Lengkapi beberapa prosedur lainnya seperti audience, jadwal, anggaran, serta penempatan posisi tersebut. Beberapa preferensi ini harus ditentukan terlebih dahulu supaya pembaca tidak kesulitan mendapatkan informasinya. Berikut ini masing-masing menu dan kegunaanya

Ad set name: buat nama iklan lowongan pekerjaan yang sesuai standar Anda. Lebih mudahnya mungkin bisa dicoba pasang nama “lowongan kerja-IDN”, “job ads – IDN”, atau lainnya.

Page: Untuk menu ini silahkan pilih halaman Facebook perusahaan Anda.

Audience: Menu ini berfungsi untuk menargetkan siapa saja yang bisa melihat iklan tersebut. Bisa berdasarkan lokasi, usia, jenis kelamin, maupun bahasa. Pengguna pun dapat mempersempit jangkauan audience dengan mempersempit atau mengecualikan orang-orang berdasarkan kriteria tertentu. Seperti dari demografi, minat, maupun perilaku.

Facebook job ads | audience

Placement: Dalam menu ini akan disediakan 2 opsi, yang pertama adalah “automatic placement”. Jika pilihan ini diklik, pengguna akan memberikan wewenang Facebook untuk menampilkan iklan ke area yang diduga dapat memberikan hasil terbaik. Opsi ke 2 adalah “edit placement”. Memungkinan pengguna sendiri yang menentukan kemana iklan tersebut akan ditempatkan.

Facebook job ads | placements

Budget and schedule: Menu ini dikhususkan untuk pembayaran iklan. Pada menu ini pengguna perlu menetapkan jumlah nominal yang diberikan atau jumlah maksimum yang bisa dibayarkan untuk tagihan layanan iklan tersebut. Pengguna pilih saja rentan tanggalnya, kapan iklan akan mulai ditayangkan dan waktu pembatalan (jika sudah mendapatkan lamaran pekerjaan sesuai yang ditargetkan).

Facebook job ads | budget

Langkah 4: Mulai Buat Ad (Iklan)

Selanjutnya pengguna bisa mulai membuat iklan untuk posisi tertentu. Promosikan lowongan kerja yang diinginkan saat ini. Ada 4 bagian yang akan membantu pengguna dalam tahap penyesuaian iklan ini, diantaranya adalah sebagai berikut:

Baca juga :   Pekerjaan Yang Cocok saat Covid 19 & New Normal

Identity: Beberapa orang kadang punya banyak akun Facebook. Maka menu identity ini diperlukan untuk memilih akun Facebook mana yang ingin ditampilkan tayangan iklannya. Apabila pengguna kebetulan punya akun Instagram, ada baiknya koneksikan saja. Dengan begitu, akan lebih mudah menjangkau audience.

Format: Selanjutnya, ada opsi format yang berfungsi untuk menentukan tata letak iklan. Format ini berfungsi untuk menentukan di bagian mana iklan tersebut akan ditayangkan. Selain itu, Anda juga bisa memilih beberapa format yang dapat dipergunakan oleh para pengguna.

Facebook job ads | format

Seperti diantaranya adalah carousel, single image, single video, serta slide slow. Pengguna pun bisa memanfaatkan menu canvas. Memungkinkan Anda membuat iklan dalam layar penuh. Fitur ini dapat dicoba khusus untuk pengguna selular saja.

Media: Melalui fitur ini pengguna bisa mulai unggah maupun edit video dan gambar yang ingin dimuat pada iklan. Jika ingin unggah atau edit gambar, pengguna bisa mencantumkan logo perusahaan, atau gambar yang masih ada kaitannya dengan iklan lowongan tersebut. Facebook juga menawarkan fitur gambar dengan headline tertentu seperti “we are hiring” atau “join our team” dan lain sebagainya.

Bahkan, iklan yang dibuat akan lebih menarik jika kamu menambahkan unggahan video dan gambar. Pengguna bisa memasang video yang berisi tentang bagaimana serunya pekerjaan yang diiklankan tersebut serta lainnya. Hanya saja, video yang dimuat harus singkat dan padat, tidak boleh lebih dari 3 menit.

Teks: Berisi tentang penjelasan terkait iklan yang dibuat. Ada beberapa poin yang harus dilengkapi. Berikut penjelasan masing-masing point tersebut

●   Text field, merupakan teks yang ditampilkan di atas gambar maupun video. Pada bagian ini sebutkan saja jabatan dan departemen yang dikehendaki. Buat penjelasan yang singkat saja tapi tetap harus mudah dipahami.

●   Website URL, adalah tambahan tautan yang bisa disisipkan. Menu ini bisa dijadikan tempat para kandidat untuk melihat deskripsi pekerjaan yang diiklankan. Bisa ditambahkan juga lowongan lain di perusahaan yang sedang tersedia.

●   Headline, yaitu judul dari posisi lowongan yang ingin diiklankan. Pemilihan kata sangat penting, karena tidak boleh lebih dari 40 karakter. Hindari memilih kata yang membingungkan audience. Ada baiknya tulis saja nama pekerjaannya sehingga lebih deskriptif. Misalnya “dicari manajer pemasaran”.

●   News Feed Link Description, yaitu uraian teks tambahan dimana pengguna bisa menguraikan lebih detail terkait lowongan pekerjaan tersebut. Bisa ditulis keahlian atau keterampilan yang dibutuhkan. Selain itu, dapat juga menuliskan manfaat setelah berhasil mendapatkan pekerjaan tersebut.

Pengguna juga dapat memanfaatkan fitur pratinjau iklan untuk memperbaiki semua pengaturan yang dilakukan. Setelah yakin tinggal klik saja “apply now” atau “daftar sekarang” supaya permintaan iklan segera diproses.

Baca juga :   Pekerjaan Yang Cocok saat Covid 19 & New Normal

Tips Meningkatkan Efektivitas Iklan Lowongan Pekerjaan Di Facebook

Selalu Lacak Dan Pantau Hasilnya

Lacak bagaimana kinerja iklan yang dipasang berdasarkan usia, jenis kelamin, lokasi, dan penempatan. Misalnya apakah di Instagram atau jaringan aplikasi selular. Matriks ini untuk menentukan apakah anggaran yang dikeluarkan sudah sesuai atau belum. Jika memang belum bisa dipikirkan untuk mendesain ulang metode iklan yang dibuat.

Selain itu, dapat juga dilakukan dengan melacak konversi. Caranya dengan memperhitungkan berapa orang yang sudah mengunjungi situs website setelah melihat iklan tersebut dengan menambahkan pixel.

Buat Iklan Unik Untuk Audience Yang Berbeda

Upayakan untuk mengoptimalkan iklan pekerjaan dengan teks, multimedia, maupun audience yang ditargetkan. Misalnya ingin mencari kandidat karyawan wanita. Hal yang dapat dilakukan adalah menambahkan foto visual wanita yang saat ini menjabat dalam posisi tersebut. Sehingga pelamar wanita biasanya akan lebih tertarik.

Contoh lain, misalnya ingin mencari pekerja magang (Internship). Dalam iklan hendaknya dilengkapi dengan kutipan-kutipan tentang apa saja yang bakal diperoleh jika magang di perusahaan tersebut. Gunakan visual atau tulisan unik dan menarik.

Desain Halaman Website Yang Unik

Jangan hanya mengandalkan iklan. Pada umumnya, pelamar begitu membaca iklan lowongan, akan langsung mencari perusahaan yang dimaksud. Baik melalui media sosial maupun website. Maka, tidak ada salahnya mendesain tampilan situs perusahaan semenarik mungkin karena akan terlihat makin professional dan meyakinkan.

Alternatif selain Facebook Ads, Promosi melalui Facebook

Selain dengan cara iklan di atas masih ada cara promosi lowongan kerja yang gratis, yaitu dengan memposting lowongan kerja ke grup lowongan kerja. Hal ini masih sangat efektif juga karena selain gratis para calon pelamar bisa langsung berkomunikasi melalui kolom komentar. Namun, untuk bergabung ke dalam grup tertentu sangat selektif dan juga jumlah postingan tiap harinya dibatasi. Kalau tidak nanti akun anda bisa terkena banned karena terdeteksi spam atau dikeluarkan dari grup oleh admin.

Jika anda memiliki sedikit anggaran namun tidak begitu mengetahui teknis tentang FB ads maka anda bisa melakukan paid promote di akun-akun info lowongan kerja sesuai kota atau kabupaten yang anda butuhkan.

Yang terakhir, adalah dengan fitur yang masih jarang orang gunakan yaitu facebook job. Dengan facebook job anda bisa memposting pekerjaan dengan keterangan yang lengkap seperti deskripsi, besaran gaji, dll. Job yang anda posting akan muncul di facebook job dengan lokasi yang sesuai anda pilih.

Kelola Bisnis Anda Lebih Mudah

dengan rekrutmen tenaga kerja kami dan platform manajemen modern.

Artikel terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

DBS Bank Tower 28/F, Ciputra World One
Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3 – 5, Jakarta 12940
WA untuk pekerja/mitra: +62 81289050647
WA untuk Bisnis: +62 85 888 777 675
Fax: (+62-21) 7654 3210
Email: letstalk@myrobin.id

Selamat Datang di MyRobin.id

Apa yang sedang Anda cari?

job-search (2)

Saya Ingin Melamar Kerja

Buat akun untuk mencari lowongan yang tepat untuk anda