Cara Menulis Lamaran Kerja yang Benar
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp

Cara Menulis Lamaran Kerja yang Benar

Cara Menulis Lamaran Kerja yang Benar – Ketika Anda baru saja lulus ataupun Anda baru saja keluar dari tempat Anda bekerja alias memutuskan untuk mengundurkan diri, pastinya membutuhkan yang namanya pekerjaan baru.

Baik yang baru lulus atau fresh graduate ataupun yang baru saja mundur dari pekerjaan sebelumnya pastinya keduanya memiliki alasan yang berbeda. Untuk yang fresh graduate pasti mempunyai alasan bekerja karena ingin mendapatkan uang.

Selain itu juga mungkin para fresh graduate ingin mengaplikasikan ilmu yang sudah didapatkan pada studi sebelumnya. Dan tentu yang dibutuhkan oleh para fresh graduate adalah sebuah surat lamaran untuk mendapatkan pekerjaan.

Cara Menulis Lamaran Kerja yang Benar
Cara Menulis Lamaran Kerja yang Benar

Dan untuk para pekerja yang memutuskan untuk mundur dari pekerjaannya, pastinya mempunyai alasan seperti sudah tidak nyaman dengan pekerjaan sebelumnya, gajinya tidak sesuai ataupun mendapat pekerjaan yang lebih baik.

Tentunya alasan yang berbeda-beda ini dikarenakan kebutuhan dari masing-masing pelamar. Namun satu hal yang penting dan paling dibutuhkan oleh para pelamar kerja adalah sebuah CV dan juga surat lamaran pekerjaan.

Karena kedua hal tersebut sangatlah penting, maka Anda harus mempersiapkan keduanya. Baik itu CV ataupun surat lamaran kerja. Dan tentunya Anda juga belajar untuk membuat keduanya agar dapat diterima ke perusahaan yang Anda tuju.

Mungkin untuk Anda para pekerja yang sudah pernah bekerja sebelumnya, Anda sudah berpengalaman dalam membuat surat lamaran pekerjaan. Namun bagaimana dengan fresh graduate? Apa sudah berpengalaman?

Dan untuk Anda yang fresh graduate, pastinya sangat penting untuk Anda untuk mempelajari hal-hal semacam itu. Dan ada baiknya Anda harus mempelajarinya selama masa studi Anda sebelumnya.

Namun bagi Anda yang belum tahu apa itu surat lamaran pekerjaan, maka Anda harus mengidentifikasi terlebih dahulu apa itu surat lamaran pekerjaan dan apa fungsi dari surat lamaran pekerjaan.

Baca juga :   Mengenal Apa Itu Sales Support Beserta Tanggung Jawabnya

Seperti namanya, surat lamaran pekerjaan adalah surat yang diajukan oleh pelamar kepada perusahaan agar dapat diterima sebagai karyawan. Bagian-bagian yang meliputi identitas diri, jasa yang dapat diberikan, pendidikan, kecakapan/keahlian serta pengalaman.

Dan masing-masing dari keterangan tersebut pastinya harus dilengkapi secara baik dan juga dengan urutan yang benar. Jangan sampai ada kesalahan struktur ataupun kesalahan pengetikan dalam surat tersebut.

Mulai dari identitas diri, kelebihan yang Anda punya, riwayat pendidikan dan pengalaman semi harus Anda cantumkan dalam surat lamaran pekerjaan yang akan Anda buat. Dan juga jangan lupa untuk menggunakan PUEBI dalam membuat surat tersebut.

Dan juga gunakan bahasa Indonesia yang baku karena surat ini termasuk ke dalam surat formal yang didalamnya harus mengikuti kaidah Kamus Besar Bahasa Indonesia dan juga Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Pelajari juga cara buat CV untuk Fresh graduate.

Lalu selain itu juga, Anda harus membuat kalimat yang mempromosikan diri Anda sendiri agar dapat di rekrut oleh perusahaan terkait. Karena mempromosikan diri Anda sangatlah penting agar perusahaan tahu apa kelebihan Anda.

Anda dapat mencantumkan beberapa keahlian yang relevan dengan posisi yang Anda lamar. Misalnya Anda ingin melamar posisi sebagai IT, maka Anda cantumkan keahlian yang terkait di bidang tersebut.

Seperti ahli dalam mengoperasikan komputer, software, aplikasi-aplikasi terkait dan juga berbagai keahlian yang sekiranya masih ada kaitan dengan posisi yang Anda ingin melamar di perusahaan tersebut.

Tentunya hal itu akan sangat berpengaruh terhadap peluang Anda untuk mendapatkan posisi yang Anda inginkan. Oleh karena itu, Anda harus benar-benar memikirkan secara matang tentang hal ini sebelum mulai membuat surat lamaran pekerjaan.

Baca juga :   Pengertian Apa Itu Sales Marketing dan Tugasnya

Dan inilah cara menulis lamaran kerja yang benar :

Dan inilah cara menulis surat lamaran kerja yang benar :
Dan inilah cara menulis surat lamaran kerja yang benar :
  • Tempat dan tanggal pembuatan surat terletak di pojok kanan atas surat dan tidak menggunakan tanda baca akhir. Contoh “Semarang, 3 September 2003”
  • Tulis dengan lengkap kalimat lampiran dan hal.
  • Alamat surat tidak menggunakan kata kepada dan diusahakan tidak lebih dari 3 baris. Contoh :
    Yth. HRD Prima Multi Nusantara
    Jalan Pahlawan Nomor 11, Semarang
    Semarang
  • Lalu mulailah salam pembuka seperti “Dengan hormat” atau “Berdasarkan”.
  • Lalu lanjutkan ke alinea pembuka. Usahakan untuk menjelaskan perihal apa yang akan disampaikan dan apa saja yang ingin Anda utarakan kepada perusahaan terkait.
  • Dan juga jangan lupa untuk menjelaskan secara detail dan rinci darimana Anda mendapatkan lowongan tersebut.
  • Lalu jangan lupa sebutkan latar belakang Anda serta seluruh identitas diri Anda mulai dari nama. Tempat tanggal lahir, pendidikan, nomor telepon dan lain-lain pada surat lamaran pekerjaan Anda.
  • Selain itu juga jangan lupa untuk menyertakan dokumen-dokumen yang diperlukan dan disyaratkan oleh perusahaan tempat Anda melamar.
  • Dan yang terpenting adalah jangan lupa kumpulkan semua dokumen menjadi satu dan tersusun secara rapi. Karena hal itu akan menambah poin dari Anda sebagai pelamar.

Menulis surat lamaran kerja yang benar sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan. Karena sekarang ini terdapat aplikasi yang dapat membuat berbagai persyaratan pekerjaan seperti, CV, surat lamaran pekerjaan dan masih banyak lagi. Baca juga tentang Bagaimana Cara Membuat Resume yang Baik dan Benar.

Tentunya Anda akan sangat terbantu dengan adanya aplikasi ini. Karena dengan begitu Anda tidak perlu lagi repot-repot membuat surat lamaran kerja secara mandiri, cukup menggunakan aplikasi ini saja Anda sudah dapat membuat surat lamaran pekerjaan yang profesional.

Baca juga :   Cara Membuat CV Untuk Fresh Graduate

Menulis surat lamaran kerja yang benar pastinya akan menjadi mudah jika Anda menyerahkan kepada yang sudah ahli atau profesional. Anda juga tidak perlu repot-repot mencari referensi yang sesuai untuk membuat surat lamaran pekerjaan.

Dengan menggunakan aplikasi dari app.myrobin.id Anda hanya tinggal menerima beres saja. Hanya cukup masukan data diri yang akan dicantumkan pada surat lamaran pekerjaan lalu tunggu hingga surat lamaran Anda selesai dikerjakan.

Menulis Surat Lamaran
Menulis Surat Lamaran

Proses yang sangat mudah bukan? Tentunya hal ini akan sangat memudahkan Anda. Terlebih lagi jika Anda sedang sangat sibuk dan tidak mempunyai waktu untuk membuat surat lamaran pekerjaan Anda sendiri.

Terlebih lagi apabila Anda harus membuat banyak surat lamaran pekerjaan karena Anda melamar ke banyak perusahaan. Tentunya itu akan sangat memakan waktu dan waktu Anda menjadi semakin sedikit untuk dapat mengerjakan hal lainnya.

Oleh karena itu untuk mempersingkat waktu, maka ada baiknya jika Anda menggunakan aplikasi tersebut untuk membuat surat lamaran pekerjaan. Selain mempersingkat waktu, tentunya hal itu juga akan sangat membantu Anda.

Surat lamaran kerja memang sangatlah penting dan oleh karena itu Anda harus benar-benar mempersiapkannya dengan baik dan tanpa ada kesalahan sedikitpun dalam surat lamaran pekerjaan yang Anda buat.

Usahakan untuk sesempurna mungkin agar perusahaan yang akan merekrut Anda tertarik untuk merekrut Anda sebagai salah satu karyawan di perusahaan itu nantinya. Tentu saja ini menjadi hal yang penting.

Mengingat Anda pun membutuhkan pekerjaan dan perusahaan membutuhkan karyawan.

Nah mungkin itulah sedikit ringkasan tentang Cara Menulis Lamaran Kerja yang Benar semoga bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan Anda.

Kelola Bisnis Anda Lebih Mudah

dengan rekrutmen tenaga kerja kami dan platform manajemen modern.

Artikel terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Selamat Datang di MyRobin.id

Apa yang sedang Anda cari?

job-search (2)

Saya Ingin Melamar Kerja

Buat akun untuk mencari lowongan yang tepat untuk anda

X