Contoh Template Job Description: Pramuniaga - MyRobin
Job Deskripsi,Resources,Untuk Pemberi Kerja

Contoh Template Job Description: Pramuniaga

APA ITU PRAMUNIAGA?

Pramuniaga merupakan seseorang yang bertugas melayani pelanggan di suatu toko maupun swalayan.

APA SAJA TUGAS SEORANG PRAMUNIAGA?

Pramuniaga secara umum adalah pekerja yang membantu pelanggan dalam proses pembelian dari awal hingga akhir dan menjawab pertanyaan yang diajukan mengenai produk toko.

Adapun tugas pramuniaga yang lebih detail adalah sebagai berikut:

  • Bekerja secara produktif
  • Mencapai target penjualan yang telah ditetapkan
  • Menjaga angka kehilangan barang
  • Memberikan informasi yang tepat kepada pembeli secara bijak
  • Menjaga kebersihan tempat penjualan

JOB DESKRIPSI / JOB DESCRIPTION PRAMUNIAGA:

Seorang pramuniaga memiliki deskripsi pekerjaan sebagai berikut:

  • Menyambut pelanggan dan menanyakan tentang kebutuhan mereka
  • Mengelola inventaris, stok, dan mengisi ulang barang dagangan
  • Memberikan saran dan bantuan pada pelanggan saat dibutuhkan untuk mencari atau mengganti produk
  • Mengoperasikan mesin kasir dan membantu pelanggan dalam pembelian
  • Bekerja dengan rekan tim lain dan pimpinan untuk memastikan pelanggan mendapatkan pengalaman belanja yang berkualitas
  • Melatih dan mendidik rekan tim lainnya
  • Membantu persiapan untuk display, pameran dagang, dan lain-lain
  • Melacak penjualan dan menyimpan salinan struk
  • Mengumpulkan struk pelanggan dan memantau arus kas masuk dan keluar
  • Memperbarui profil pelanggan
  • Memenuhi kuota penjualan yang telah ditetapkan
  • Membersihkan dan merapikan area toko

KUALIFIKASI PRAMUNIAGA / JOB REQUIREMENT :

Jika Anda ingin bekerja sebagai seorang pramuniaga, berikut ini merupakan kriteria yang harus Anda penuhi:

  • Ijazah Sekolah Menengah Atas atau sederajat
  • Memiliki pengalaman sebelumnya dalam bidang terkait
  • Menaati filosofi perusahaan, misi, dan tujuan penjualan
  • Memiliki pengetahuan yang luas tentang merek dan produk yang diminati pelanggan
  • Memiliki keinginan untuk belajar dan menambah pengetahuan
  • Memiliki sikap yang energik, ramah, dan supel
  • Memiliki keahlian komunikasi verbal dan tertulis yang baik
  • Memiliki kemampuan untuk mendekati dan berinteraksi dengan pelanggan
  • Memiliki keahlian komputer dasar (mengoperasikan mesin kasir, memesan barang dagangan untuk pelanggan, memasukkan dan melacak barang dagangan, mengatur jadwal menggunakan Microsoft Office Suite atau perangkat lunak serupa).
  • Memiliki kemampuan untuk bekerja secara mandiri dan berkontribusi sebagai anggota tim yang aktif.

Kelola bisnis Anda lebih mudah

dengan rekrutmen tenaga kerja kami dan platform manajemen terbarukan.

MULAI SEKARANG HUBUNGI KAMI

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>