Bahasa dalam CV
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp

CV Bahasa Indonesia vs CV Bahasa Inggris , Mana yang lebih Bagus?

CV Bahasa Indonesia vs CV Bahasa Inggris – Pastinya saat menulis CV Anda terkadang suka bingung. Mungkin Anda bingung karena bahasa apa yang ingin Anda gunakan dalam pembuatan CV.

Terkadang memang para pembuat CV bingung akan hal ini. Karena kebanyakan dari pembuat CV tidak tahu mana yang lebih baik dan sesuai dengan kebutuhan para pelamar. Akhirnya CV yang dibuat menjadi tidak beraturan dan terkesan berantakan.

CV Bahasa Indonesia vs CV Bahasa Inggris, Mana yang lebih Bagus?
CV Bahasa Indonesia vs CV Bahasa Inggris , Mana yang lebih Bagus?

Oleh karena itu Anda harus memperhatikan jenis CV apa yang ingin Anda buat dan kepada siapa CV Anda ditujukan. Apakah Anda ingin melamar ke perusahaan multi-nasional, nasional atau internasional.

Tentunya Anda menyesuaikan CV yang Anda buat dengan kebutuhan. Karena jika tidak sesuai dengan apa yang disyaratkan perusahaan calon tempat Anda bekerja, maka ada kemungkinan perusahaan tersebut tidak akan membaca CV Anda karena tidak sesuai persyaratan.

Namun memang jarang sekali perusahaan yang melihat apakah CV menggunakan bahasa Indonesia ataupun bahasa lain. Biasanya perusahaan akan melihat isi dari CV yang Anda punya yang digunakan sebagai pertimbangan.

Akan tetapi walaupun begitu, Anda juga dapat mempertimbangkan bahasa apa yang akan digunakan dalam CV Anda. Dan perlu diingat, bahasa menjadi sesuatu yang sangat penting dalam menentukan diterima atau tidaknya Anda kerja.

CV Bahasa Indonesia vs CV Bahasa Inggris : Gunakan Sesuai Kondisi

Dan seperti yang Anda tahu bahwa bahasa asing merupakan salah satu kelebihan yang bisa Anda miliki. Biasanya, banyak CV yang menggunakan bahasa asing yang lolos masuk kerja dan tentu memakai CV menggunakan bahasa asing.

Tapi hal itu juga tidak menjamin bahwa penggunaan bahasa asing dalam CV menjadi syarat mutlak yang memudahkan orang untuk mendapatkan kerja. Karena ada juga CV yang memakai bahasa asing namun ia tidak lulus seleksi untuk kerja.

Baca juga :   Beberapa Pertanyaan Interview Customer Service Yang Biasa Diajukan Beserta Jawabannya

Salah satu penyebabnya adalah kualifikasi kandidat yang tidak sesuai dengan apa yang sedang dibutuhkan perusahaan. Jadi ada banyak faktor yang mempengaruhi seseorang lulus seleksi administrasi dalam melamar pekerjaan.

Jadi bukan hanya faktor bahasa yang digunakan dalam CV saja, namun juga kualifikasi calon kandidat juga menjadi pertimbangan perusahaan. Jadi jangan menyimpulkan bahwa CV yang menggunakan bahasa asing akan mudah mendapatkan pekerjaan.

Jika kualifikasi calon kandidat tidak sesuai dengan apa yang dicari oleh perusahaan, maka tentunya hal itu akan sulit dan calon kandidat tidak akan lulus seleksi administrasi meskipun CV nya menggunakan bahasa asing.

Oleh karena itu, Anda sebagai calon kandidat karyawan di perusahaan yang Anda tuju juga harus memikirkan kualifikasi Anda dan mensinkronkannya dengan apa yang perusahaan tempat Anda melamar cari.

Karena seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jika kualifikasi Anda tidak sesuai dengan apa yang perusahaan cari, Anda tidak akan lulus meskipun Anda menggunakan bahasa asing sekalipun dalam melamar pekerjaan.

Dan untuk Anda para calon pelamar kerja, pastinya kualifikasi diri Anda sesuai dengan apa yang perusahaan butuhkan. Terlebih lagi jika Anda mempunyai impian untuk bekerja di perusahaan tersebut, pastinya Anda sudah menyiapkan segala sesuatunya dengan baik bukan.

Bahasa dalam CV
Bahasa dalam CV

Namun jika Anda ingin melamar ke perusahaan internasional, maka mungkin Anda harus menggunakan bahasa inggris dan biasanya persyaratan yang dibuat dan diiklankan oleh perusahaan berbentuk bahasa inggris.

Dan memangnya apa perbedaan CV Bahasa Inggris dan jug CV Bahasa Indonesia? Tentunya perbedaan yang paling mencolok dari kedua CV ini adalah bahasa yang digunakan di dalam CV tersebut.

Namun juga selain itu ada perbedaan lain yang mungkin dapat Anda jumpai ketika Anda membuat CV diatas. Perbedaannya adalah tata letak dari setiap kolom, seperti data diri, riwayat pekerjaan dan juga yang lain-lain.

Baca juga :   Apa Itu Telemarketing? Berikut Penjelasannya untuk Anda

Biasanya CV yang menggunakan bahasa asing akan menempatkan data diri di bawah foto profil. Namun semua itu tergantung dengan desain yang digunakan pada CV tersebut. Karena desain setiap CV pastinya berbeda-beda.

Serta biasanya penggunaan bahasa Inggris pada CV akan cenderung mengikuti format Harvard CV atau Oxford CV yang dimana tata letak setiap bagian-bagian dari CV nya akan terlihat sangat sederhana dan teratur.

Namun pada dasarnya, tujuan pembuatan CV adalah sama yaitu memperkenalkan diri Anda kepada perusahaan dan menjabarkan pengalaman Anda kepada perusahaan agar dapat dijadikan pertimbangan layak atau tidak untuk dijadikan karyawan.

Dan juga CV Bahasa Inggris biasanya akan membuat nilai tambah bagi Anda dalam proses penyeleksian kandidat karyawan. Walaupun tidak semua perusahaan seperti itu namun ini tetap akan menjadi nilai tambah.

Namun perlu diingat, hal ini hanya berlaku untuk Anda yang mempunyai kualifikasi yang sama dengan apa yang dibutuhkan oleh perusahaan tempat Anda melamar. Pastinya ini akan menjadi nilai tambah dan ini menjadi sangat penting untuk Anda.

Terlebih lagi jika Anda melamar di perusahaan berskala internasional yang pastinya membutuhkan calon kandidat karyawan yang dapat berbahasa inggris setidaknya dengan lancar untuk bertemu dengan klien dari luar negeri.

Karena memang tidak dapat dipungkiri bahwa bahasa Inggris merupakan bahasa asing yang minimal dikuasai oleh para calon kandidat karyawan. Di era globalisasi dan percepatan pertumbuhan teknologi seperti ini, bahasa Inggris merupakan komunikasi yang sangat penting.

Lalu bagaimana dengan CV Bahasa Indonesia? Apa dengan menjadinya pentingnya bahasa Inggris membuat bahasa Indonesia tidak menjadi begitu penting? Tentunya jika Anda berpikiran seperti itu, maka itu adalah hal yang salah.

Baca juga :   Staff Warehouse, Definisi dan Tugasnya
Bahasa yang tepat dalam CV
Bahasa yang tepat dalam CV

Karena bagaimanapun juga, menguasai lebih dari satu bahasa merupakan hal yang sangat penting sekarang ini. Karena dengan menguasai bahasa Indonesia dengan baik juga dapat membuka peluang Anda untuk bekerja di perusahaan internasional.

Mengapa? Karena banyak sekali cabang-cabang perusahaan internasional yang membutuhkan staff lokal yang dapat berbicara bahasa setempat atau bahasa Negara tersebut dengan lancar. Dan ini menjadi kesempatan Anda untuk dapat berkarir meskipun dengan CV berbahasa Indonesia.

Jadi walaupun Anda menggunakan CV yang bukan berbahasa Inggris, maka hal itu tidaklah mengapa. Namun juga ada baiknya Anda menguasai kedua bahasa tersebut. Karena itulah yang utama.

Fasih dalam bahasa Indonesia dan menguasai bahasa Inggris merupakan modal utama dalam menghadapi era globalisasi ini. Terlebih lagi jika Anda dapat menguasai 1 bahasa asing lagi selain bahasa Inggris dan juga Indonesia, tentunya ini menjadi kesempatan emas.

Jadi bahasa apapun yang Anda gunakan, baik bahasa Indonesia ataupun bahasa Inggris, tidak akan menjadi masalah. Yang terpenting adalah Anda dapat beradaptasi dan juga dapat menguasai segala jenis bahasa untuk mempermudah Anda dalam berkomunikasi.

Dan bagi Anda yang ingin membuat CV secara profesional, baik dalam bahasa Inggris atau bahasa Indonesia, Anda dapat mengunjungi situs/aplikasi app.myrobin.id disana Anda dapat membuat CV secara profesional dan tentunya dengan desain yang sangat menarik.

Nah mungkin itulah sedikit ringkasan tentang CV Bahasa Indonesia vs CV Bahasa Inggris semoga bermanfaat dan juga dapat menjadi inspirasi bagi Anda

Kelola Bisnis Anda Lebih Mudah

dengan rekrutmen tenaga kerja kami dan platform manajemen modern.

Artikel terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Selamat Datang di MyRobin.id

Apa yang sedang Anda cari?

job-search (2)

Saya Ingin Melamar Kerja

Buat akun untuk mencari lowongan yang tepat untuk anda

X