Daftar Lowongan Pekerjaan Lulusan SMA
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp

13 Daftar Lowongan Pekerjaan Lulusan SMA

Daftar lowongan pekerjaan lulusan SMA – Setelah lulus SMA disarankan untuk melanjutkan studi ke jenjang perkuliahan. Hal ini berbeda dengan sekolah SMK yang mana telah dibekali keahlian dan keterampilan untuk menghadapi dunia kerja setelah lulus. Jadi, jika tidak ingin melanjutkan ke bangku perkuliahan tidak menjadi masalah. Meski demikian, banyak lulusan SMA yang tidak melanjutkan studinya ke bangku kuliah. Keterbatasan ekonomi menjadi salah satu faktornya. Mereka lebih memilih untuk bekerja dan membantu menghidupi keluarga. Bahkan ada pula yang kuliah dan bekerja untuk membayar biaya kuliah.

Dalam dunia kerja, siswa lulusan SMA ini harus bersaing dengan para pencari kerja dari berbagai kelangan. Mereka harus sanggup bersaing dengan para pekerja yang memiliki titel sarjana bahkan master. Namun tenang saja, pendidikan tinggi bukanlah penentu untuk sukses melainkan hanya sebuah penunjang. Dengan bakat dan keterampilan yang dimiliki, lulusan SMA pun dapat mendapat pekerjaan bahkan di perusahaan bonafit. Nah, berikut ini merupakan ulasan mengenai lowongan pekerjaan lulusan SMA. Kira-kira pekerjaan apa saja yang cocok untuk lulusan SMA?

Daftar Lowongan Pekerjaan Lulusan SMA
Daftar Lowongan Pekerjaan Lulusan SMA

Daftar Lowongan Pekerjaan Lulusan SMA

Ada berbagai jenis pekerjaan untuk lulusan SMA. Gaji yang ditawarkan pun beragam. Tentu saja Anda harus memiliki skill. Yuk, simak informasi berikut ini.

1. Polisi

sewaktu kecil mungkin Anda bercita-cita menjadi polisi. Nah, meskipun lulusan SMA, Anda bisa mewujudkan impian Anda. Caranya dengan mendaftarkan diri di akademi kepolisian. Tentu saja ada persyaratan-persyaratan dan ketentuan yang ketat. Jadi, pastikan Anda memenuhi berbagai persyaratan dan ketentuan tersebut agar proses dapat berjalan dengan lancar.

2. Asisten pilot

Lulusan SMA juga bisa menjadi asisten pilot. Jika selama sekolah Anda jurusan IPA, Anda berpeluang untuk bekerja di penerbangan. Sebelumnya, Anda harus mengikuti pelatihan untuk menjadi asisten pilot. Saat ini, ada beberapa maskapai penerbangan yang membuka latihan untuk pilot lulusan SMA. Dengan hal ini lulusan SMA dapat berpeluang bekerja sebagai asisten pilot yang bergaji besar.

Baca juga :   Tamatan SMA bergaji besar, segera cari lowongan nya

3. Anak buah kapal (ABK)

Sebagai lulusan SMA Anda juga memiliki kesempatan untuk bekerja sebagai anak buah kapal. Anda dapat berkeliling dari satu tempat ke tempat lain sekaligus mendapat gaji yang besar. Namun, untuk melamar menjadi ABK dibutuhkan mental yang kuat. Seperti pada umumnya, ABK harus berpisah dengan keluarga dan pulang hanya sesekali. Selain itu, Anda harus memiliki fisik yang kuat serta berbagai skill untuk menunjang karir sebagai anak buah kapal.   

4. Operator produksi

DI indonesia tengah berkembang berbagai industri. Banyak pabrik lama maupun baru yang beroperasi dan membutuhkan banyak tenaga untuk menunjang proses produksi.  Sehingga lowongan pekerjaan lulusan SMA sebagai operator produksi sangat dibutuhkan. Sebagai operator produksi Anda akan bertugas sebagai mengoperasikan mesin, membuat laporan, menjaga lingkungan, dan berbagai pekerjaan lainnya. Namun, Anda perlu memiliki ketekunan, ketelitian, dan fisik yang kuat untuk bekerja sebagai operator produksi.

5. Petugas instalasi listrik

Pekerjaan menarik lainnya untuk lulusan SMA khususnya jurusan elektronika  yaitu sebagai petugas instalasi listrik. Seperti yang diketahui bahwa penggunaan listrik oleh masyarakat terus meningkat setiap tahunnya. Jadi kebutuhan akan pekerja pemasangan kabel atau perbaikan sangat banyak dibutuhkan. Pekerjaan ini biasanya dilakukan oleh laki-laki. Mengingat resikonya yang tinggi sebelum mulai bekerja dan akan diberikan pelatihan kerja. meskipun butuh proses yang lama, hal ini sebanding dengan gaji yang diberikan.

6. Customer service

Salah satu loker SMA dan menjadi incaran yaitu menjadi customer service. Meskipun kebanyakan perusahaan mencari tenaga kerja perempuan, beberapa perusahaan juga memberi peluang kepada laki-laki. Sebagai customer service Anda bertugas untuk menangani berbagai keluhan khususnya dari klien kepada perusahaan. Anda perlu memiliki kesabaran, fokus yang tinggi, serta pengetahuan yang luas untuk menunjang kinerja Anda.

7. Sales marketing

Sales marketing menjadi salah satu lowongan pekerjaan lulusan SMA. Namun, banyak anggapan jika pekerjaan sebagai sales marketing berat karena gaji yang tidak tentu dan bergantung pada target yang harus dipenuhi. Anda tidak perlu khawatir jika memiliki skill dalam berkomunikasi dan menawarkan produk pada konsumen. pekerjaan ini dapat menjadi pilihan Anda. Sales marketing juga akan mendapat komisi penjualan yang menarik jika melebihi target tersebut. Jadi, apakah Anda berminat?

Baca juga :   Pekerjaan yang Paling Dibutuhkan Tahun 2021

8. Staf agrikultur

Pekerjaan selanjutnya untuk lulusan SMA yakni bekerja sebagai staff agrikultur. Pekerjaan ini berkaitan dengan perusahaan peternakan, pertanian, atau mungkin perikanan. Bagi Anda yang memiliki ketertarikan dengan alam, mencintai binatang, atau tumbuhan pekerjaan ini dapat menjadi pilihan Anda. mengingat negara Indonesia memiliki potensi alam yang baik, maka akan banyak peluang untuk Anda bekerja dalam bidang ini.

9. Penulis  

Jika Anda memiliki hobi dan skill menulis, Anda dapat memanfaatkannya untuk bekerja sebagai penulis. Sayangnya untuk pekerjaan ini sangat banyak sekali saingannya. Tapi tenang saja, selama Anda memiliki kemampuan dalam menyusun kata dan membuat bahasan yang menarik, Anda akan mendapatkan peluang yang bagus. Mengingat sekarang ini banyak media-media baru yang pastinya membutuhkan banyak penulis. Selain mendapatkan uang, menjadi penulis juga dapat menambah wawasan Anda. selain itu, menjadi penulis juga fleksibel. Anda dapat memilih untuk menjadi pekerjaan sampingan atau tetap. Anda dapat menemukan tawaran pekerjaan menulis melalui lowongan kerja SMA online di media sosial atau platform pencari kerja.

10. Entry data

Loker SMA selanjutnya yaitu sebagai penginput data. Tugas dari pekerjaan ini sederhana yang mana hanya memasukkan data ke dalam sistem perusahaan. tentu saja dibutuhkan ketelitian serta kesabaran yang tinggi. pasalnya, jika ada satu saja kesalahan data bisa jadi Anda harus mengulangnya dari awal kembali.

11. Pengajar bimbel

Salah satu pekerjaan yang sering dilakukan oleh lulusan SMA yakni sebagai pengajar bimbel. Jika Anda termasuk siswa berprestasi pekerjaan ini sangat tepat untuk Anda. Anda dapat membuka bimbel untuk siswa SD, SMP. Atau SMA sekalipun. Selain itu, Anda dapat membuka di rumah atau datang ke tempat siswa. Tentu saja, sebagai guru Anda perlu sabar, tegas, dan bertanggung jawab siswa agar dapat memahami pelajaran yang ia tidak mengerti.

Baca juga :   Cara Membuat Resume yang Baik dan Benar

12. Pengusaha

Pengusaha dapat menjadi salah satu pilihan Anda jika memiliki ketertarikan dengan bisnis. Untuk menjadi pengusaha, Anda tidak perlu lulusan kuliah. Bahkan lulusan SMP pun dapat sukses menjadi pengusaha. Tentu saja sebagai pengusaha Anda perlu gigih, pantang menyerah, dan memiliki mental yang kuat. Untung dan rugi sudah menjadi hal biasa dalam berproses. Enaknya sebagai pengusaha Anda tidak terikat aturan seperti pekerja karena Anda adalah bosnya. Apalagi sekarang ini banyak toko online sebagai penunjang Anda dalam berbisnis. Pastinya kesempatan ini terbuka lebar untuk Anda yang ingin berusaha.

13. Kurir 

Salah satu pekerjaan yang sedang mengalami kenaikan tren adalah menjadi kurir. Menjadi kurir mulai dari ojek online hingga kurir antar barang. Hal ini juga disebabkan oleh aktivitas jual beli online yang kian meningkat dan sudah bisa menjangkau kota-kota kecil di Indonesia. Selain itu, bisnis baru di bidang logistik dan pengiriman juga bermunculan, oleh karena itu kebutuhan akan kurir ini sangat banyak. Di MyRobin sendiri kebutuhan akan kurir untuk klien sejumlah hingga ratusan per hari di tiap hub atau area. Jika anda tertarik menjadi kurir anda bisa melamar kerja sebagai kurir disini.

Itulah tadi beberapa lowongan kerja untuk lulusan SMA sebenarnya masih banyak lagi. Yang terpenting di jaman serba maju ini adalah skill atau keterampilan. Ditambah dengan pengalaman yang mumpuni mencari pekerjaan untuk lulusan SMA adalah hal yang tidak sulit lagi. Jika anda ingin melihat lowongan kerja untuk lulusan SMA lainnya anda bisa kunjungi aplikasi lowongan kerja MyRobin.

Demikian ulasan mengenai daftar pekerjaan lowongan untuk lulusan SMA. Dari banyaknya jenis pekerjaan di atas,  lulusan SMA bukan lagi menjadi alasan Anda untuk tidak memiliki pekerjaan. Tetap semangat dan terus berusaha maka akan ada banyak kesempatan dan peluang. Semoga bermanfaat.

Kelola Bisnis Anda Lebih Mudah

dengan rekrutmen tenaga kerja kami dan platform manajemen modern.

Artikel terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

DBS Bank Tower 28/F, Ciputra World One
Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3 – 5, Jakarta 12940
WA untuk pekerja/mitra: +62 81289050647
WA untuk Bisnis: +62 85 888 777 675
Fax: (+62-21) 7654 3210
Email: letstalk@myrobin.id

Selamat Datang di MyRobin.id

Apa yang sedang Anda cari?

job-search (2)

Saya Ingin Melamar Kerja

Buat akun untuk mencari lowongan yang tepat untuk anda