Deretan Prospek Kerja Ilmu Komunikasi
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp

Deretan Prospek Kerja Ilmu Komunikasi

Anda merupakan lulusan dari bidang keilmuan Ilmu Komunikasi? Maka deretan prospek kerja Ilmu Komunikasi ini bisa menjadi satu ulasan menarik yang harus anda simak. Bagi yang tengah menempuh pendidikan, fresh graduated atau lulusan lama dari Ilmu Komunikasi bisa sekali menyimak uraian berikut hingga akhir  akan bisa mendapatkan gambaran kerja ke depannya. Di Indonesia sendiri ada banyak sekali bidang keilmuan yang ada di setiap jenjang perguruan tinggi baik swasta atau negeri yang berhasil menarik menarik minat pemuda-pemudi Indonesia.

Mulai dari keilmuan di bidang Sains, Politik, Ekonomi, Teknologi, Seni, Budaya dan banyak lainnya memiliki peminatnya sendiri dari Sabang hingga Merauke. Namun ada satu jurusan bernama Ilmu Komunikasi yang menarik di kupas dan di ulas sebagai salah satu bidang keilmuan yang refleksi ilmunya memiliki prospek menarik di era milenial ini. Nah tanpa berlama-lama lagi, mari simak uraian berikut ini mengenai deretan prospek kerja Ilmu Komunikasi yang super menarik, apa saja?

Deretan Prospek Kerja Ilmu Komunikasi
Deretan Prospek Kerja Ilmu Komunikasi

Apa Itu Ilmu Komunikasi?

Nah sebelum membahas mengenai prospek kerja dari bidang keilmuan Ilmu Komunikasi maka menjadi penting bukan untuk mengenal lebih dalam mengenai apa sebenarnya pengertiannya. Jadi Ilmu Komunikasi merupakan salah satu bidang keilmuan yang masuk ke dalam kategori ilmu sosial yang memiliki output super banyak dalam kehidupan bermasyarakat. Sesuai namanya memang jurusan ini sendiri mempelajari berbagai hal yang mencakup soal komunikasi.

Apa Saja Hal yang Dipelajari Dalam Jurusan Ilmu Komunikasi?

Lebih jelasnya, pada jurusan ini sendiri membahas atau mempelajari lebih detail mengenai cara manusia berinteraksi atau berkomunikasi baik secara verbal maupun non-verbal. Tentu saja mahasiswa bidang ini akan diajarkan berbagai hal mengenai komunikasi mulai dari artikulatif hingga persuasive. Umumnya mahasiswa akan diasah baik dari segi public speaking, komunikasi politik, manajemen media massa, kajian iklan hingga komunikasi international, seru bukan?

Baca juga :   10 Cara Tingkatkan Produktivitas kerja Ala Benjamin Franklin

Deretan Prospek Kerja Ilmu Komunikasi

Ada berbagai deretan prospek kerja di bidang Ilmu Komunikasi yang banyak sekali saat ini lowongan kerjanya. Apa saja kiranya jenis pekerjaan lulusan untuk jurusan Ilmu Komunikasi ini? Yuk simak ulasannya berikut ini!

Marketing

Prospek kerja pertama dari lulusan Ilmu Komunikasi adalah bekerja dalam bidang marketing yang mana membutuhkan komunikasi baik dalam media kerjanya. Orang yang bekerja di bidang marketing sangatlah banyak bertemu dengan berbagai jenis orang dari berbagai lini. Oleh sebab itu lulusan Ilmu Komunikasi yang sudah diajarkan public speaking pasti mahir menguasai jenis pekerjaan ini dibandingkan lulusan dari jenjang keilmuan lain. Baca juga tentang prospek kerja jurusan manajemen.

Tidak hanya itu, marketing banyak bekerja untuk menawarkan suatu produk atau layanan jasa yang mana penyampaian guna meyakinkan konsumen sangatlah membutuhkan komunikasi yang baik. Nah, lulusan Ilmu Komunikasi pasti sudah mahir jika harus bekerja soal mengiklankan sesuatu karena ada mata kuliah yang diajarkan. Jadi bagi anda lulusan Ilmu Komunikasi dan suka bekerja bertemu dengan banyak orang maka jenis pekerjaan ini sangat cocok untuk digeluti.

Public Relations

Tidak hanya marketing, jenis pekerjaan yang sangat cocok bagi lulusan Ilmu Komunikasi saat ini adalah bekerja sebagai seorang public relations. Kembali lagi, bahwa komunikasi merupakan mode penting bagi anda yang ingin bekerja sebagai seorang public relations yang memang harus bekerja dengan menghubungkan berbagai jenis karakter orang. Seorang lulusan Ilmu Komunikasi yang sudah menguasai speaking, manajemen media massa dan sebagainya pasti tidak akan kaget dengan jenis pekerjaan ini.

Periklanan

Prospek kerja lainnya dari lulusan bidang ini yang ketiga bisa menjajal kemampuan di dunia iklan komersial berbagai media. Tentu saja dunia periklanan saat ini sedang naik daun seiring bersamaan dengan dunia digital yang tengah berkembang. Dunia periklanan sendiri luas sekali loh cakupannya mulai dari iklan cetak hingga iklan kreatif untuk kebutuhan komersil TV.

Baca juga :   Beberapa Pertanyaan Interview Customer Service Yang Biasa Diajukan Beserta Jawabannya

Nah para lulusan Ilmu Komunikasi yang kreatif ini dianggap sangat cocok untuk bekerja dalam dunia periklanan sebagai bagian dari industri kreatif yang berkembang. Ada banyak sekali ide segar yang bisa dituangkan oleh lulusan Ilmu Komunikasi yang bisa dikemas dalam ide iklan media massa. Adapun kemampuan manajemen yang baik juga sangat dibutuhkan bagi yang ingin bekerja dibidang ini, cocok sekali dengan skill anak-anak Ilmu Komunikasi.

Sales

Sales, adalah jenis pekerjaan yang bisa diambil oleh lulusan Ilmu Komunikasi karena dalam kesehariannya memang banyak bertemu dengan orang-orang. Komunikasi yang baik adalah kunci dari kerja sales yang sebenarnya memiliki fee pendapatan fantastis loh apalagi kalau sampai bisa goals penjualan. Jangan remehkan pekerjaan sales karena teknik marketing sekaligus komunikasi sangat dibutuhkan disini!

Event Organizer

Ingin bekerja dalam bidang kreatif sebuah event? Maka lulusan Ilmu Komunikasi memiliki prospek yang besar disini. Anda bisa memulai bekerja di ruang lingkup EO mulai dari EO acara nasional, bertaraf internasional, acara resmi atau santai sesuai dengan keinginan diri. Bahkan jika anda suka memiliki skill serta relasi yang baik maka anda bisa loh membuka event organizer sendiri yang dikelola mandiri, keren bukan?

Itulah di atas beberapa deretan prospek kerja Ilmu Komunikasi yang ternyata memiliki banyak sekali kesempatan di berbagai lini kerja yang ada di Indonesia. Bagi anda lulusan Ilmu Komunikasi maka bisa mencoba untuk memasukan lowongan kerja ke berbagai sektor di atas sesuai dengan klasifikasi yang dibutuhkan. Ilmu Komunikasi memang merupakan disiplin ilmu yang memiliki banyak sekali keunggulan dan bisa diimplementasikan dalam berbagai jenis pekerjaan dari yang kantoran, pemerintahan hingga dunia industri kreatif.

Baca juga :   Cara Menulis Lamaran Kerja yang Benar

Perusahaan Alih Daya terbaik dan Terpercaya di Indonesia. Hubungi myrobin.id

Kelola Bisnis Anda Lebih Mudah

dengan rekrutmen tenaga kerja kami dan platform manajemen modern.

Artikel terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Selamat Datang di MyRobin.id

Apa yang sedang Anda cari?

job-search (2)

Saya Ingin Melamar Kerja

Buat akun untuk mencari lowongan yang tepat untuk anda

X