Saat anda melamar pekerjaan, pengalaman kerja anda sebelumnya dapat menjadi aset untuk menunjukkan calon pemberi kerja di resume anda. Penting untuk meluangkan waktu untuk menguraikan dan mengevaluasi kembali pengalaman anda sehingga lebih menarik bagi pemberi kerja dan meningkatkan peluang anda untuk dipanggil interview kerja.
Dalam artikel ini, kami meninjau pentingnya menggambarkan pengalaman kerja di resume anda, tips untuk membantu anda menunjukkan pengalaman anda yang relevan dan bagaimana menggunakan metode STAR (Situation, Task, Action, Result) untuk mencantumkan pencapaian anda.
Mengapa penting untuk menggambarkan pengalaman kerja anda di resume
Menggunakan bahasa yang tepat untuk menggambarkan pengalaman kerja yang paling relevan dapat membuat anda menonjol dari kandidat lain untuk peran yang anda lamar. Cara anda menampilkan pengalaman anda di resume anda dapat menempatkan anda pada daftar kandidat yang diinginkan sejak awal.
Pemberi kerja juga ingin memastikan bahwa anda dapat menjelaskan riwayat pekerjaan anda, serta menjelaskan mengapa itu membuat anda cocok untuk pekerjaan itu dan menunjukkan bagaimana anda dapat memenuhi harapan mereka jika mereka mempekerjakan anda.
Tips untuk menggambarkan pengalaman kerja di resume anda
Menampilkan pengalaman kerja dan pendidikan anda menempatkan anda pada posisi untuk dipekerjakan atau melanjutkan ke babak berikutnya dari proses rekrutmen. Namun, pastikan untuk mengingat tips berikut saat menjelaskan riwayat pekerjaan anda:
- Pelajari perusahaan yang anda lamar.
- Baca dan pahami deskripsi pekerjaan.
- Hubungkan pengalaman anda dengan perusahaan.
- Tulis menggunakan kata kerja yang kuat.
1. Teliti perusahaan yang anda lamar
Meneliti perusahaan memberi anda lebih banyak informasi untuk mengkomunikasikan pengalaman anda secara efektif. Berdasarkan informasi yang anda temukan di website perusahaan, anda dapat menemukan banyak hal tentang core value perusahaan .
Nilai-nilai inti dapat membantu anda membentuk tujuan pribadi dan profesional anda yang selaras dengan jalur karir yang ingin anda ambil.
Oleh karena itu, anda harus membuat daftar pengalaman anda berdasarkan posisi yang anda lamar, sehingga anda memperhatikan core value anda sebelum melanjutkan wawancara dengan pemberi kerja.
2. Tinjau dan pahami deskripsi pekerjaan
Deskripsi pekerjaan berfungsi sebagai sumber yang lebih baik bagi anda untuk menyesuaikan pengalaman anda dengan pertanyaan ini. anda ingin secara langsung menyatakan bahwa anda dapat melakukan tanggung jawab yang tercantum dalam deskripsi pekerjaan, bersama dengan melakukan tugas tambahan bila diperlukan. Perusahaan mungkin menuliskan disclaimer tentang deskripsi yang tidak menjadi gambaran menyeluruh tentang posisi tersebut, jadi proaktif dalam mencantumkan pengalaman anda yang menunjukkan hasil yang anda capai untuk pemberi kerja sebelumnya.
3. Koneksikan pengalaman anda dengan perusahaan
Membuat koneksi tentang bagaimana pengalaman anda sebelumnya dan pengetahuan yang anda peroleh dapat membantu anda menyelesaikan tugas yang diminta oleh calon atasan anda. Pastikan untuk membuat daftar pengetahuan anda tentang proses yang dilakukan di setiap posisi serta keterampilan yang anda sempurnakan dari menyelesaikan proses tersebut. Misalnya, anda mempelajari proses alur kerja dari mengawasi sistem manajemen proyek, atau anda mengetahui cara kerja bagian dalam dari siklus penjualan setelah bekerja dengan perangkat lunak lead generation tertentu.
4. Tulis menggunakan kata kerja yang kuat
Kata kerja yang kuat menyoroti apa yang telah anda lakukan untuk mencapai tujuan anda dengan pemberi kerja sebelumnya. Penggunaan kata kerja yang kuat juga memungkinkan anda untuk “menjual” diri anda dengan cara yang menunjukkan bahwa anda mampu secara mandiri mengatasi tantangan yang anda temui dan mengapa pengalaman itu dapat ditransfer ke majikan masa depan anda.
Beberapa contoh kata kerja tindakan yang kuat meliputi:
- Didirikan
- Tercapai
- Melebihi
- Ujung tombak
- Dirakit
- Selesai
- Diproduksi
- dll.
Cara menggunakan metode STAR untuk menggambarkan pengalaman kerja anda di resume
Metode STAR dapat membantu anda menuliskan pencapaian utama di resume anda terlepas dari skenario yang anda hadapi di tempat kerja. Mereka mulai dengan memperkenalkan konflik dan berakhir ketika anda menyimpulkan dengan hasil tindakan anda yang mengarah pada hasil tertentu. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menggunakan metode STAR di resume anda:
- Pahami empat elemen rumus STAR.
- Buat daftar contoh yang berlaku untuk setiap elemen.
- Gabungkan elemen-elemen ini untuk menentukan apakah elemen tersebut sesuai dengan pengalaman anda.
1. Pahami empat elemen rumus STAR
Berikut adalah rincian setiap langkah dari rumus STAR:
Situation
Langkah ini memberi anda kanvas untuk mengatur cerita seputar tantangan yang anda hadapi. Namun, anda harus menyertakan elemen lain dari rumus STAR untuk mendapatkan gambaran umum yang jelas dan ringkas tentang pengalaman anda. Pemberi kerja ingin mengetahui tantangan terberat yang pernah anda hadapi dalam menghadapi kesulitan.
Task
Perhatikan apa peran anda dalam tantangan ini. Ingat, anda harus membuat bagian ini singkat sehingga anda dapat lebih menekankan pada hasil proyek yang anda kerjakan.
Action
Jelaskan bagaimana anda mengatasi tantangan ini dengan menjelaskan apakah itu upaya tim atau upaya individu. Sorot tindakan apa yang anda ambil untuk menyebabkan hasil yang diinginkan.
Result
Buat daftar metrik yang terkait dengan kesuksesan anda dan berikan contoh tentang apa yang anda lakukan untuk mempengaruhi hasil.
2. Sebutkan contoh-contoh yang berlaku untuk setiap elemen
Mari kita tinjau skenario tempat kerja di mana kita dapat menggunakan semua elemen ini:
Situasi
Dalam peran saya sebelumnya sebagai koordinator proyek, saya bertanggung jawab untuk memastikan pengiriman tepat waktu untuk semua klien, sehingga mereka puas dengan pengiriman dan kualitas produk organisasi.
Tugas
Sebagai pemimpin staf garis depan, adalah tanggung jawab saya untuk melacak dan memenuhi tenggat waktu setiap minggu sampai kami mendapatkan manajer proyek baru. Saya juga harus menjadi penghubung antara beberapa departemen untuk memastikan penyelesaian pekerjaan yang menjadi hak klien.
Tindakan
Saya mengatur dan memimpin rapat tim dengan tim proyek kami untuk merampingkan alur kerja, meningkatkan kolaborasi tim, dan memecahkan masalah tambahan bila diperlukan.
Hasil
Dalam dua bulan, output proyek perusahaan meningkat 20 persen dan laba naik 30 persen.
3. Gabungkan elemen-elemen ini untuk menentukan apakah elemen tersebut sesuai dengan pengalaman anda
Gabungkan elemen-elemen ini untuk membuat cerita lengkap berdasarkan pengalaman anda dalam resolusi konflik. anda harus kembali dan memeriksa versi lama resume anda untuk melihat apakah pengalaman ini adalah yang terbaik untuk ditunjukkan kepada pewawancara. Mari kita tinjau contoh lengkap yang ditunjukkan di atas dan opsi bagaimana anda dapat mencantumkannya di resume anda:
- Mempelopori penghapusan defisit proyek dan laba di Generation Marketing
- Mengawasi proses manajemen proyek, pelatihan karyawan, dan hasil klien
- Bertanggung jawab atas peningkatan 20 persen dalam pengiriman tepat waktu dan peningkatan laba 30 persen dalam waktu dua bulan
Contoh deskripsi pekerjaan
Contoh yang ditunjukkan di atas adalah salah satu dari banyak cara untuk menggambarkan pengalaman anda di resume anda. Buat tanggapan singkat anda untuk menarik perhatian pemberi kerja pada nilai yang dapat anda bawa ke organisasi mereka. Berikut adalah beberapa contoh cara anda dapat menonjolkan pengalaman anda di resume anda dalam peran yang berbeda:
Contoh 1: Asisten administrasi
ABC Logistic
Asisten Administrasi | Desember 2017—Juni 2019
- Rapat terkoordinasi dan jadwal perjalanan untuk manajer dan anggota staf eksekutif
- Melatih tiga orang magang tentang proses organisasi dan pengarsipan, menghemat sekitar 10 juta untuk biaya administrasi
- Bekerja dengan berbagai departemen untuk menyampaikan informasi rahasia dengan benar
- Laporan kinerja yang disusun untuk semua pekerja magang dan anggota staf tingkat pemula
Contoh 2: Manajer pemasaran
ABC Marketing Agency
Manajer Pemasaran | Oktober 2016—Mei 2018
- Membuat kampanye brand untuk klien Fortune 500 yang menghasilkan peningkatan pendapatan 20 persen dan pertumbuhan penjualan 200 juta
- Mencari dan merekrut 20 anggota staf tambahan ke departemen pemasaran sambil mempertahankan tingkat retensi karyawan di atas 80 persen selama masa kerja
- Ditampilkan di tiga outlet media nasional untuk karya teladan dalam memasarkan merek-merek terkenal
- Bekerja dengan departemen pemasaran produk untuk menganalisis audiens target kami dan mengembangkan kampanye masa depan
Baca juga: Cara Membuat Resume yang Baik dan Benar
Contoh 3: Sales Representative
Rumah Teknologi JT
Sales Representative | Januari 2019—Saat ini
- Melebihi target penjualan yang ditetapkan untuk tahun fiskal 2019 dan meningkatkan basis klien perusahaan sebesar 50 persen
- Ditampilkan sebagai sales representative terbaik perusahaan pada bulan September, Oktober dan November 2019
- Analisis kompetitif yang disusun untuk panggilan prospek dan harga yang dikutip pada produk perusahaan
Itulah tadi bagaimana menuliskan serta menggambarkan pengalaman kerja anda di dalam resume. Bagian terpenting adalah apa yang anda tuliskan di dalam resume adalah benar-benar pengalaman anda dan berusaha menyampaikannya dengan baik agar menarik pemberi kerja. Karena akan percuma jika pengalaman yang anda tulis tersebut anda buat-buat. Meskipun anda bisa diterima kerja dengan itu, tapi itu tidak akan bertahan lama jika pada kenyataannya anda tidak bisa menyelesaikan atau mengerjakan tugas sesuai dengan apa yang anda bilang di dalam resume.
Buat CV gratis dengan mudah hanya di MyRobin Super App. Selain membuat CV, Anda juga dapat memilih dan melamar pekerjaan yang Anda inginkan di sana. Tunggu Apalagi? Unduh MyRobin Super App sekarang juga!
Kunjungi Blog MyRobin untuk mendapatkan informasi terkini terkait karir, pekerjaan, skill, hingga lowongan pekerjaan terbaru.