Search
Close this search box.

Anti Stres! Ini 7+ Tips Kejar Deadline Agar Pekerjaan Cepat Selesai

bagaimana tips kejar deadline agar kerjaan cepat selesai

Dalam dunia kerja, deadline seringkali menjadi hal yang menakutkan dan membuat panik setiap orang. Padahal sebenarnya dengan adanya deadline ini mereka akan bisa lebih termotivasi untuk mengerjakan tugas dan dapat mencapai tujuan perusahaan. 

Namun pada kenyataannya, semakin banyak deadline para pekerja biasanya menjadi lebih stres dan sulit mengatur emosi. Hal ini tentu berdampak buruk pada hasil kinerja atau performa dari pekerjaannya. Hasil pekerjaan menjadi berantakan, terdapat banyak kesalahan atau revisi, maupun tidak sesuai dengan ekspektasi. Alhasil, mereka akan mendapatkan peringatan berupa teguran dari atasan atau penilaian yang buruk.

Maka dari itu, kamu sebagai pekerja perlu untuk mempunyai cara yang cerdas dalam mengejar deadline tersebut, sehingga pekerjaan dapat selesai dengan cepat. Nah, bagaimana caranya? Yuk, simak tips kejar deadline di bawah ini yuk!

Apa Itu Deadline?

Deadline merupakan tenggat atau batas waktu yang harus dipenuhi seseorang dalam mengerjakan suatu pekerjaan untuk mencapai tujuan tertentu. Deadline ini juga dianggap sebagai alat pengingat bagi seseorang bahwa ada sesuatu penting yang harus segera diselesaikan. 

Ketika kamu sudah diberikan deadline oleh atasan, maka kamu harus bertanggung jawab penuh untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut sebelum tenggat waktu yang telah ditentukan. 

Walaupun deadline ini sering ditakuti oleh para pekerja, namun jika dilakukan justru dapat menjadi hal yang baik bagi pekerjaan serta memberikan manfaat positif untuk perkembangan diri dan juga terwujudnya goal perusahaan. 

Di samping itu, dibalik deadline akan ada punishment dan reward yang akan diberikan oleh perusahaan. Jika kamu berhasil memenuhi deadline, maka akan ada reward atau penghargaan dari perusahaan seperti promosi jabatan, jatah cuti tambahan, dan lainnya. 

Sebaliknya, jika kamu gagal mencapai deadline maka perusahaan tidak akan segan memberikan kamu punishment. Harapannya dengan punishment, peringatan, atau hukuman tersebut kamu bisa berubah menjadi lebih baik lagi kedepannya. 

Mengapa Deadline Begitu Penting?

Ada beberapa alasan mengapa deadline begitu penting dan harus kamu penuhi dalam bekerja, yaitu:

1. Menciptakan pola kerja yang lebih teratur

Dengan adanya deadline, pola kerja kamu dapat menjadi lebih teratur. Sebab, kamu mengetahui dengan pasti kapan harus mulai mengerjakan dan menyelesaikan suatu pekerjaan. 

Tidak hanya itu saja, kamu pun bisa membuat kerangka alur kerja sendiri. Misalnya, bagaimana agar pekerjaan ini bisa mencapai target, strategi apa yang harus dilakukan, jenis aplikasi atau tools apa yang dapat membantu pekerjaan ini cepat selesai, dan lain sebagainya. 

Melalui kerangka tersebut, pekerjaan kamu akan menjadi lebih terarah, tersusun rapi, dan mempunyai tujuan yang jelas. Dengan demikian, target atau goals yang sudah ditetapkan dapat tercapai dengan mudah.

2. Meningkatkan produktivitas

Biasanya jika seseorang mempunyai target atau deadline yang harus dicapai, maka mereka akan bekerja keras untuk bisa merealisasikan hal tersebut dan menjadikan mereka pribadi yang lebih produktif. Mereka biasanya tidak mempunyai waktu untuk bermalas-malasan, sebab jika mereka menunda pekerjaan maka hasil kinerja dan performanya menjadi buruk.

Apalagi jika untuk mencapai deadline tersebut mereka sudah menentukan tujuan dan langkah-langkah yang akan dilakukan terlebih dahulu secara jelas dan rinci, maka mereka akan semakin produktif dan menghasilkan performa yang memuaskan. 

3. Meningkatkan rasa tanggung jawab

Jika kamu mampu menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan deadline yang diberikan, berarti kamu mempunyai rasa tanggung jawab yang tinggi. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah mendapat kepercayaan orang lain, dapat diandalkan, dan berpeluang mendapatkan kesuksesan karir yang lebih besar. 

Bahkan tak jarang jika orang yang mampu mengerjakan semua pekerjaannya tepat waktu, tidak melakukan kesalahan dalam bekerja, dan dapat mencapai target yang telah ditetapkan, akan dipercaya sebagai leader atau pemimpin anggota timnya. 

Tips untuk Mengejar Deadline

Terkadang seseorang akan menjadi lebih panik ketika deadline yang diberikan mepet atau sangat singkat. Jika hal ini tidak diatasi dengan benar maka akan membuat pekerjaan menjadi tidak maksimal dan berantakan. Maka dari itu, kamu perlu menerapkan tips di bawah ini agar pekerjaan dapat cepat selesai. Berikut adalah tips mengejar deadline yang efektif:

1. Membuat to do list

Dengan membuat to do list, maka kamu bisa lebih mengontrol semua pekerjaan. Tuliskan daftar pekerjaan kamu dari yang paling mendesak atau mempunyai tenggat waktu paling dekat terlebih dahulu. Pekerjaan pun menjadi lebih teratur dan selesai lebih cepat. 

Kamu bisa membuat to do list secara manual dengan menulis deadline di sticky notes atau jurnal harian. Tidak hanya itu saja, sekarang kamu juga menggunakan berbagai aplikasi atau tools manajemen waktu seperti Trello, Notion, atau ClickUp untuk membantu kamu mengontrol pekerjaan. Jangan lupa untuk atur pengingat atau alarm 1 hari atau 30 menit sebelum deadline.

2. Bagi tugas dalam beberapa kategori

Seringkali pekerjaan terlihat begitu banyak dan menumpuk sehingga membuat kamu bingung dan merasa stres. Namun, jika kamu mengelompokkannya dalam beberapa kategori maka pekerjaan menjadi lebih terorganisir dan mudah untuk dilakukan. 

Kelompokkan semua pekerjaan menjadi beberapa kategori berdasarkan urgensi, tenggat waktu, durasi pengerjaan, dan sebagainya. Hal ini dapat mengurangi kepanikan atau kebingungan dalam mengerjakan tugas. Dengan begitu, hasil tugas bisa lebih baik dan sesuai ekspektasi.

3. Hilangkan distraksi

Ketika mengerjakan tugas dengan deadline yang sudah dekat atau mepet biasanya kamu memerlukan fokus dan konsentrasi yang tinggi. Namun, suasana kerja yang tidak kondusif dan banyaknya distraksi akan membuat konsentrasi menurun dan pekerjaan menjadi terhambat.

Maka dari itu, hilangkan segala gangguan dan distraksi tersebut dengan berbagai cara seperti mematikan notifikasi ponsel, mengerjakan di ruangan yang lebih tenang, menggunakan headphone, memasang tanda atau peringatan “jangan ganggu” di sekitar ruangan dan aplikasi komunikasi, dan lainnya. 

4. Jangan panik!

Walaupun kamu sedang ditengah banyaknya tugas dan deadline yang begitu mepet, usahakan untuk tetap tenang. Jika kamu panik maka pekerjaan akan berantakan dan banyak kesalahan. Sebab, pikiran yang kacau dan kecemasan yang berlebihan hanya akan menambah beban kerja kamu. 

Atur pernapasan dan temukan kenyamanan dalam menyelesaikan tugas tersebut. Misalnya dengan mendengarkan lagu klasik atau instrumental, mengonsumsi makanan atau minuman yang dapat membangkitkan mood seperti cokelat dan kopi, atau hanya sekedar menghirup udara segar di luar kantor. 

5. Delegasikan tugas kepada rekan kerja

Jika dirasa kamu sudah kewalahan dan waktu kamu mepet dengan deadline, cobalah meminta bantuan kepada rekan kerja untuk mengerjakan sebagian pekerjaan kamu. Berikan pekerjaan yang tidak terlalu penting atau mendesak dan mereka mampu untuk mengerjakannya. 

Dengan begitu, pekerjaan kamu menjadi lebih mudah dan cepat selesai. Jangan lupa sebelum mendelegasikan, jelaskan apa pekerjaan tersebut, target yang harus dicapai, serta langkah-langkah pengerjaannya. Tujuannya agar pekerjaan yang kamu alihkan sesuai dengan ekspektasi kamu dan tidak melenceng dari tujuan awal. 

6. Atur waktu istirahat dan makan dengan tepat

Meskipun deadline semakin dekat, namun kamu harus tetap beristirahat dan makan dengan teratur. Jangan terlalu memforsir tubuh, ketahui batasan diri terhadap pekerjaan. Sebab, jika tubuh terlalu lelah dan masih terus kamu paksa, maka akan berdampak buruk pada performa dan pekerjaan kamu. 

Istirahatkan diri dengan cukup serta konsumsi makanan bergizi. Maka selanjutnya tubuh dapat menjadi lebih fit dan siap untuk mengerjakan pekerjaan kembali dengan konsentrasi yang tinggi.

Baca Juga: Jangan Khawatir, Ini Tips Liburan untuk Kamu yang Sibuk Kerja

7. Apresiasi diri

Berikan apresiasi dan dukungan untuk hasil pekerjaan yang telah berhasil kamu selesaikan. Hal ini akan membuat kamu untuk selalu bersyukur dan menikmati setiap proses yang telah kamu lakukan.

Cobalah untuk mengapresiasi diri dengan hal-hal yang simpel seperti minum teh manis hangat ketika istirahat, menikmati film setelah menyelesaikan pekerjaan, atau sekedar berkumpul dengan orang-orang tersayang. Dengan begitu, kamu dapat menjadi lebih percaya diri dan semangat untuk menyelesaikan pekerjaan berikutnya.

Baca Juga: 7 Cara Menggali Potensi Diri Untuk Menunjang Karir

8. Berani mengatakan “tidak”

Seringkali seseorang merasa tidak enak bila tidak memenuhi permintaan atau menolak sesuatu terkait pekerjaan dari orang lain. Padahal hal ini hanya akan membuat kamu menjadi lebih tertekan dan menambah beban kerja saja. Maka dari itu, beranikan diri untuk mengatakan tidak kepada mereka. 

Apalagi jika kamu sedang mengerjakan pekerjaan dengan deadline yang mepet. Tentu yang ada malah pekerjaan kamu menjadi terbengkalai karena terlalu menuruti permintaan orang lain. 

Berbeda halnya jika kamu sedang senggang atau tidak ada deadline dalam waktu dekat, maka kamu bisa membantu mereka mengerjakan pekerjaannya. Intinya, jangan melakukan sesuatu hal yang hanya akan merugikan dirimu sendiri. Ketahui limit kamu dalam bekerja, jangan memaksakan jika memang kamu tidak mampu.

Nah, itulah beberapa tips yang harus kamu lakukan jika sedang dikejar deadline agar pekerjaan bisa selesai tepat waktu. Ingin tahu informasi menarik lainnya seputar karir? Yuk, kunjungi langsung Blog MyRobin sekarang juga dan perdalam pengetahuanmu di sini!

Peluang bekerja di perusahaan ternama

Membangun jaringan karir, mengembangkan skill, serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Cepat kerja, banyak untungnya pula!

en_USEN