Search
Close this search box.

Wajib Ketahui! Langkah-langkah Membuat Laporan Kegiatan

membuat laporan kegiatan

Setelah melakukan kegiatan atau acara di suatu instansi atau perusahaan,  biasanya mereka akan melakukan pembuatan laporan kegiatan yang telah terlaksana. Hal inilah yang harus kamu ketahui beberapa isi dari laporan kegiatan yang harus kamu buat. 

Oleh karena itu, Sobat MyRobin akan langsung memahami terkait pembuatan atau langkah-langkah jitu dalam membuat laporan kegiatan melalui artikel di bawah ini. Yuk, kita simak bersama-sama.

Baca Juga : Cara Membuat CV Kerja yang Menarik Beserta Contohnya

Apa Itu Laporan Kegiatan?

Laporan kegiatan merupakan sebuah laporan yang berisi beberapa komponen yang harus diperhatikan dan wajib terlampir disana, diantaranya seperti nama kegiatan, latar belakang acara atau agenda yang telah terlaksana, waktu dan tempat, rundown, susunan panitia, hingga rincian anggaran dana yang telah dikeluarkan. 

Hal inilah maksud laporan kegiatan dibuat sebagai bentuk serta bukti pertanggungjawaban terhadap perusahaan, instansi, hingga organisasi terkait. 

Kemudian, bagaimana dengan manfaat atau fungsi sebuah laporan kegiatan ini? Yuk, kita cari tahu di bawah ini.

Tujuan Atau Fungsi Laporan Kegiatan

Dengan adanya laporan kegiatan yang dibuat oleh anda, akan memudahkan sebuah kelompok atau instansi terkait dalam melakukan evaluasi kegiatan hingga mengetahui perkembangan serta masukan apa saja yang bisa diperbaiki jika kedepannya akan menyelenggarakan kegiatan atau acara yang berbeda atau bahkan hampir menyerupai agenda yang telah terlaksana.

Mengulangi kembali sebagaimana yang telah disampaikan pada sebelumnya, bahwa ini akan sangat membantu para anggota atau pekerja dalam mempertanggungjawabkan segala kegiatan yang telah terlaksana karena sifat dari laporan ini yaitu sebagai bukti pertanggungjawaban yang sah. 

Maka, penting untuk sobat MyRobin dalam memperhatikan serta mempersiapkan beberapa poin atau langkah penting dalam membuat laporan kegiatan yang telah usai terlaksana.

Langkah-Langkah Membuat Laporan Kegiatan

Sebelum melakukan atau membuat laporan kegiatan, anda diharuskan mempersiapkan beberapa hal, diantaranya : 

  1. Tulislah atau buatlah nama dari suatu kegiatan yang telah usai terlaksana sebagai judul dalam laporan kegiatan tersebut
  2. Sisipkan halaman pendahuluan sebagai acuan anda dalam menulis latar belakang dari sebuah kegiatan yang telah berlangsung
  3. Perlu diingat untuk sobat MyRobin dalam mencatat hingga menuliskan tujuan atau manfaat dari kegiatan yang telah anda lakukan
  4. Berikanlah segala informasi mengenai susunan kegiatan atau rundown, daftar nama panitia atau peserta, hingga rincian biaya atau dana anggaran yang telah dikeluarkan untuk terlaksananya kegiatan tersebut
  5. Jangan lupa untuk selalu memberikan beberapa kesimpulan hingga dokumentasi kegiatan atas acara yang sudah dilaksanakan
  6. Yang terakhir adalah bagian dari penutup harus singkat jelas dan padat agar laporan kegiatan ini tersusun dengan rapi dari awal halaman hingga akhir halaman

Apa Saja Jenis-Jenis Laporan Kegiatan? 

Dilansir melalui Akupintar.id yang memberikan pernyataan bahwa setidaknya terdapat dua jenis dalam laporan kegiatan, diantaranya adalah :

1. Laporan Kegiatan Tertulis 

Sudah pasti jika laporan ini diharuskan tertulis dalam bentuk fisiknya agar laporan ini mudah untuk dimengerti melalui informasi yang lengkap di dalamnya serta hal ini berguna bagi sobat MyRobin yang akan melakukan pertemuan dengan atasan agar mudah dilihat dan dipahami secara tatap muka atau langsung.

2. Laporan Kegiatan Tidak Tertulis

Laporan ini akan tidak wajib ditulis jika memang dari pihak atasan meminta menjelaskan detail secara langsung pada saat pertemuan terkait pembahasan acara atau kegiatan yang telah terlaksana. 

Laporan ini juga akan menjadi kemudahan bagi mereka yang akan melakukan konfirmasi kegiatan yang telah usai kepada pihak atasan perusahaan maupun organisasi lain. 

Yang perlu diperhatikan melalui laporan tidak tertulis ini adalah etika serta beberapa ringkasan informasi penting terkait agenda yang telah berjalan. 

Hal ini juga perlu anda kuasai sebelum menghadap dan menjelaskan terkait laporan pertanggung jawaban ini.  

Itulah beberapa informasi yang kami rangkum serta menjelaskan kepada sobat MyRobin terkait langkah-langkah membuat laporan kegiatan dan lain sebagainnya. 

Bagaimana nih sobat MyRobin? Tertarik dengan informasi seputar dunia bisnis, artikel pekerja, serta pembahasan terkait human capital? Silahkan kunjungi blog kami dan dapatkan informasi menarik lainnya hanya di MyRobin.id dan klik langsung  disini. 

Peluang bekerja di perusahaan ternama

Membangun jaringan karir, mengembangkan skill, serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Cepat kerja, banyak untungnya pula!

en_USEN