Menemukan dan merekrut kandidat yang berkualitas mungkin menjadi satu hal yang sulit, tetapi mempertahankan karyawan terbaik di perusahaan Anda adalah pekerjaan yang jauh lebih sulit dari sekedar merekrut kandidat. Karena menurut survei yang dilakukan Indeed menemukan bahwa 44% karyawan telah meninggalkan pekerjaan mereka dalam kurun waktu enam bulan saja.
Menemukan cara untuk membuat karyawan anda menjadi karyawan yang loyal itu sulit. Namun, jika Anda sudah tau apa yang diinginkan oleh karyawan anda untuk membuat mereka bertahan lebih lama di perusahaan, maka keuntungan yang akan Anda dapatkan sangatlah banyak. Karena loyalitas memudahkan untuk beradaptasi dengan perubahan baru, meningkatkan pertumbuhan, dan membantu perusahaan mengatasi masa-masa sulit yang ditimbulkan oleh berbagai permasalahan global yang menimpa perusahaan.
Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas mengenai manfaat loyalitas karyawan, faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas karyawan, dan cara meningkatkan loyalitas dan retensi karyawan. Berikut adalah uraian pembahasannya:
Pengertian Loyalitas Karyawan
Loyalitas karyawan merupakan keadaan saat seorang karyawan percaya pada visi dan misi perusahaan, merasa penting dan dihargai oleh perusahaan, serta memiliki rencana untuk tetap bekerja di perusahaan dalam jangka waktu yang lama. Berbeda dengan karyawan yang tidak loyal pada perusahaan, mereka mungkin merasa tidak sejalan dengan visi dan misi, nilai, dan tujuan perusahaan, sehingga membuat mereka mulai secara aktif untuk mencari pekerjaan baru.
Selain itu, karyawan yang loyal akan fokus kepada keberhasilan perusahaan. Mereka akan bekerja lebih keras, mengorbankan waktu, merasa menemukan passionnya di perusahaan, dan mengorbankan banyak hal lainnya demi kemajuan perusahaan. Meskipun terkadang mereka mendapatkan tawaran dari perusahaan lain, namun loyalitas mereka pada perusahaan membuat mereka tetap bekerja untuk perusahaan anda.
Hal yang harus anda pahami adalah, untuk mendapatkan karyawan yang loyal pada perusahaan anda, anda harus melakukan sesuatu terlebih dahulu, supaya mereka menjadi karyawan yang loyal. Oleh karena itu, dibutuhkan usaha yang lebih dari perusahaan untuk membuat karyawan mereka jadi loyal.
Manfaat Loyalitas Karyawan
1. Memiliki karyawan yang loyal kepada perusahaan akan membuat mereka meningkatkan produktivitasnya di tempat kerja, karena mereka ingin memberikan yang terbaik untuk perusahaan. Selain itu, karyawan yang loyal juga bisa menjadi sumber informasi untuk manajer, karena mereka dapat membantu mengidentifikasi kandidat yang memenuhi syarat.
2. Loyalitas di tempat kerja tidak hanya mempengaruhi produktivitas, budaya perusahaan, dan keberhasilan bisnis secara keseluruhan, tetapi juga ikut membantu mendatangkan lebih banyak kandidat yang memenuhi syarat untuk posisi tertentu. Menurut survei Indeed, 23% pencari kerja mengatakan bahwa faktor terpenting dalam membangun kepercayaan di perusahaan adalah mendengar atau membaca ulasan positif tentang perusahaan tersebut secara online atau dari kenalan mereka. Dan disinilah peran karyawan yang loyal, karena mereka biasanya akan membagikan ulasan positif tentang perusahaan anda, sehingga hal itu membantu anda untuk mendapatkan kandidat yang sesuai standar.
3. Selain itu, karyawan yang loyal bisa menghemat waktu dan uang anda. Karena mencari, merekrut, dan melatih staf akan memakan waktu. Namun, ketika karyawan anda loyal pada perusahaan, maka mereka akan bertahan lama, dan akan membuat anda menghemat waktu dan uang. Selain itu, dana tersebut juga bisa digunakan untuk mengembangkan perusahaan anda, sehingga perusahaan anda semakin berkembang.
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Karyawan
Dalam upaya meningkatkan loyalitas karyawan pada perusahaan, tentunya ada faktor yang mempengaruhi itu semua. Dan berikut adalah beberapa faktor yang mempengaruhi loyalitas karyawan:
1. Lingkungan Kerja yang Menyenangkan
Lingkungan kerja yang toxic akan berpengaruh kepada tingkat betah atau tidaknya karyawan di perusahaan anda. Sedangkan lingkungan kerja yang dipenuhi oleh pekerja yang memiliki semangat positif dan saling mendukung satu sama lain akan membuat karyawan merasa betah di perusahaan. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk membuat lingkungan kerja yang nyaman bagi semua karyawan.
2. Merasa Dihargai
Karyawan memiliki kecenderungan untuk loyal atau setia kepada perusahaan yang secara konsisten menghargai kinerja mereka. Karena dengan dihargai, karyawan anda akan merasa dia sangat dibutuhkan oleh perusahaan dan akan membuat mereka betah berada disana.
3. Peluang Pertumbuhan Perusahaan
Ketika seorang karyawan melihat bahwa tujuan karirnya selaras dengan peluang pertumbuhan bisnis perusahaan, maka hal itu akan meyakinkan mereka untuk bertahan dan meningkatkan loyalitasnya kepada perusahaan.
4. Manajer yang Respek kepada Karyawan
Pepatah mengatakan, “orang meninggalkan manajernya, bukan perusahaannya”. Ungkapan itu penting untuk dipahami oleh setiap manajer, karena bagi karyawan sangat penting mempunyai manajer yang menunjukan rasa saling menghargai kepada karyawannya. Karena ketika diperlakukan dengan baik, akan menumbuhkan loyalitas pada perusahaan. Dan ketika tidak dihargai oleh manajernya, mereka akan berpikir ulang untuk bertahan lebih lama lagi di perusahaan tersebut.
5. Gaji dan Benefit yang Menarik
Salah satu alasan kenapa karyawan bisa loyal kepada perusahaan adalah karena perusahaan menawarkan gaji dan benefit yang menarik. Seperti gaji yang sesuai dengan beban kerja, serta benefit lainnya seperti fitness gratis, cuti, fleksibilitas kerja, dan hal lainnya.
Cara Meningkatkan Loyalitas dan Retensi Karyawan
Anda pasti memiliki banyak alasan untuk mempertahankan karyawan berbakat anda dan tidak ingin kehilangan mereka. Anda harus menumbuhkan loyalitas di setiap karyawan, dan untuk melakukan itu perlu melakukan suatu tindakan atau pelayanan, sehingga membuat mereka tetap berada di perusahaan. Berikut adalah beberapa cara untuk meningkatkan loyalitas karyawan di perusahaan:
1. Melakukan Evaluasi Budaya Perusahaan
Anda bisa meningkatkan loyalitas karyawan di tempat kerja dengan melakukan evaluasi kembali pada budaya perusahaan dan lingkungan kerja sehari-hari. Cari tahu faktor yang berpotensi menyebabkan karyawan tidak betah di perusahaan, seperti hubungan di tempat kerja yang toxic, perilaku tidak profesional, ruang kerja yang tidak menarik, atau tata letak kantor yang tidak efisien.
Dengan menindaklanjuti keluhan karyawan, akan membuat mereka jadi betah berada di perusahaan anda. Dan karyawan yang loyal pun akan tercipta.
2. Mengadakan Survei tentang Kepuasan Karyawan
Cara terbaik selanjutnya untuk meningkatkan loyalitas karyawan adalah dengan menanyakan langsung kepada mereka tentang apa yang mereka butuhkan dan inginkan. Beri mereka kesempatan untuk menyampaikan keinginan, pendapat, dan saran mereka terhadap perusahaan.
Lalu, buatlah survei mengenai kepuasan karyawan, dengan meminta mereka untuk menilai berbagai hal di lingkungan kantor dan bagaimana pendapat mereka tentang perusahaan. Ini bisa menjadi cara yang baik untuk mendapatkan perspektif langsung dari karyawan dan membuat mereka merasa didengarkan pendapatnya.
3. Memberikan Peluang untuk Dipromosikan
Hal yang bisa dilakukan selanjutnya untuk meningkatkan loyalitas karyawan adalah terbuka untuk memberikan peluang promosi jabatan dan peran lainnya kepada karyawan. Hal ini membuat karyawan anda jadi memiliki peluang naik jabatan di perusahaan, sehingga membuat mereka bertahan di perusahaan anda dan tidak mencari pekerjaan lain yang lebih mendukung karir mereka.
Selain itu, pertimbangkan juga untuk menawarkan kepada mereka mengikuti pelatihan dan pengembangan keahlian yang akan membantu karyawan mencapai tujuan karir mereka. Dengan begitu, karyawan tidak akan meninggalkan perusahaan untuk mencari kesempatan di tempat lain.
4. Memberikan Bonus atau Kenaikan Gaji
Dengan bersikap proaktif terhadap karyawan dan memulai percakapan tentang kenaikan gaji dan bonus. Maka hal ini bisa menunjukkan kepada karyawan bahwa anda sangat menghargai kontribusi mereka kepada perusahaan. Dan hal itu akan membuat mereka merasa bahagia berada di perusahaan anda, dan loyalitas karyawan pun akan tumbuh dengan sendirinya.
5. Mengenali Karyawan Secara Pribadi
Meskipun menjaga batasan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi itu penting, namun mengenali kehidupan karyawan di luar kantor bisa membantu untuk menciptakan jalinan persahabatan dan membangun kepercayaan satu sama lain.
Mulai dengan bertanya kepada karyawan tentang hobi mereka, rencana akhir pekan, atau kehidupan keluarga mereka. Dengan begitu, mereka merasa diakui secara pribadi, bukan hanya sekedar karyawan anda saja.
6. Menawarkan Intensif dan Kegiatan Outing Perusahaan
Cara yang kreatif untuk meningkatkan loyalitas karyawan adalah dengan menciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan bagi karyawan dengan memberikan insentif dan kegiatan outing. Misalnya, anda bisa memberikan bonus untuk karyawan dengan tingkat penjualan tertinggi atau anda juga bisa mengadakan makan siang perusahaan di luar, mengadakan pesta kerja setelah pulang kerja, atau melakukan perjalanan untuk liburan untuk menghargai kerja keras karyawan anda.
Dengan memberikan penghargaan atas etos kerja dan prestasi mereka yang baik, sehingga karyawan akan lebih bersedia untuk tetap berada di perusahaan anda.
7. Mengucapkan Terima Kasih
Ketika anda secara teratur memberikan feedback positif dan mengucapkan terima kasih atas pekerjaan yang telah mereka lakukan dengan baik, karyawan anda akan lebih merasa dihargai, diapresiasi, dan menyukai pekerjaannya. Anda bisa melakukannya dengan cara mengirimkan surat penghargaan kepada mereka. Sehingga mereka akan loyal terhadap perusahaan anda.
Baca selengkapnya tentang cara kreatif untuk mengapresiasi karyawan disini
Demikianlah pembahasan mengenai cara meningkatkan loyalitas dan retensi karyawan. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa kebahagiaan karyawan dalam bekerja akan sangat mempengaruhi retensi dari karyawan, salah satunya adalah dengan memastikan bahwa beban pekerjaan mereka sudah sesuai.
Sesuaikan beban kerja mereka dengan merekrut karyawan baru yang terampil dan berkualitas hanya di MyRobin. Dengan rekruter yang terampil dan berpengalaman, MyRobin dapat membantu menemukan bakat terbaik kurang dari 24 jam.
Selain itu MyRobin juga akan membantu memastikan bahwa kebahagiaan dan tingkat retensi karyawan akan tetap terjaga dengan teknologi pengelolaan dan benefit yang ditawarkan. Tunggu apa lagi? Hubungi MyRobin sekarang!
Semoga artikel kali ini bisa membantu anda dalam meningkatkan loyalitas karyawan. Jika anda menyukai konten yang seperti ini, anda bisa menjelajahi Blog MyRobin. Karena disana terdapat banyak artikel yang berkaitan dengan bisnis, HRD, dan lain sebagainya. Yuk kunjungi blognya sekarang juga!