Search
Close this search box.

Pertanyaan interview Prioritas Pekerjaan

Pertanyaan interview Prioritas Pekerjaan

Menggunakan pertanyaan interview prioritas pekerjaan ini bertujuan untuk mengevaluasi keterampilan manajemen waktu para kandidat serta mengidentifikasi calon karyawan yang mampu mengatur beban kerja dan deadline masing-masing.

Kenapa Harus Mengajukan Pertanyaan interview Prioritas Kepada Kandidat?

Kemampuan untuk memprioritaskan tugas adalah suatu keterampilan penting yang mesti dimiliki di semua posisi pekerjaan. Karyawan yang memiliki keterampilan memprioritaskan baik dapat melakukan beberapa hal ini, yaitu:

  • Memenuhi deadline
  • Mengelola beban kerja secara efektif
  • Menggunakan waktu dengan bijak dan menghindari segala macam masalah
  • Mampu beradaptasi dengan segala perubahan dan mengevaluasi kembali prioritas mereka
  • Mampu mengendalikan stres saat menghadapi banyak tugas
  • Mampu menangani proyek penting terlebih dahulu dan mengesampingkan tugas lain

Berikut ini terdapat beberapa contoh pertanyaan interview yang digunakan untuk mengevaluasi keterampilan memprioritaskan kandidat, yaitu:

Contoh Pertanyaan interview Prioritas Pekerjaan

Contoh Pertanyaan interview Prioritas Pekerjaan
Contoh Pertanyaan interview Prioritas Pekerjaan
  • Bagaimana cara mengatur pekerjaan ketika Anda harus menangani beberapa proyek dari klien secara bersamaan?
  • Jika Anda melapor kepada lebih dari satu manajer, bagaimana cara Anda memprioritaskan tugas?
  • Jelaskan hari-hari biasa di tempat kerja. Apa saja rutinitas pagi yang Anda lakukan?
  • Berapa banyak waktu yang dihabiskan untuk mengerjakan tugas X per minggunya?
  • Anda kembali bekerja setelah liburan dua minggu dan menemukan lima puluh email baru di kotak masuk. Bagaimana Anda dapat memilih email mana yang akan dibuka serta dijawab terlebih dahulu?
  • Pernahkah Anda melewatkan waktu deadline? Kalau seperti itu, apa yang akan terjadi? Jika tidak, bagaimana Anda memastikan bahwa Anda tidak ketinggalan deadline?
  • Alat produktivitas apa, misalnya perangkat lunak manajemen waktu atau manajemen proyek, yang menurut Anda bisa digunakan?
  • Jelaskan ketika Anda berhasil mendelegasikan tugas kepada tim.
  • Bagaimana cara Anda menjawab saat manajer tiba-tiba meminta Anda untuk menyelesaikan tugas yang menantang dengan deadline terbatas? Misalnya, melakukan 50 panggilan secara langsung kepada pelanggan potensial dalam waktu satu hari.
  • Pernahkan merasa kewalahan saat sedang bekerja? Apa yang akan Anda lakukan jika hal itu terjadi?

Bagaimana Menilai Keterampilan Prioritas Pekerjaan dalam interview?

Berikut ini merupakan ciri-ciri kandidat yang memiliki keterampilan memprioritaskan dengan baik, yaitu:

Mampu Membuat Daftar Tugas

Orang-orang yang terorganisir serta mampu menyelesaikan proyek besar menjadi langkah kecil dan mungkin bisa dilakukan untuk menyelesaikan pekerjaan secara tepat waktu.

Mampu Memisahkan Tugas Penting dari yang Paling Mendesak

Sebagian besar tugas dari pekerjaan itu sangat penting, tetapi hanya ada beberapa orang yang peka terhadap waktu. Maka, carilah orang yang mampu memahami perbedaan serta mengikuti deadline dengan baik.

Mampu Memperkirakan Waktu, Tenaga, Serta Sumber Daya yang Dibutuhkan untuk Setiap Tugas

Untuk bisa memprioritaskan tugas dengan baik, karyawan harus mempersiapkan diri dengan baik. Pastikan untuk mengevaluasi persyaratan proyek sebelum menggali ke dalam pekerjaan.

Tidak Ragu untuk Mengevaluasi Kembali Tugas

Karyawan harus bisa mengidentifikasi inefisiensi dalam beban kerja mereka serta menyarankan cara untuk meningkatkan proses. Manajer juga harus sering menilai kembali tugas rutin untuk menentukan apakah ada yang berhasil atau tidak.

Hal-Hal yang perlu diperhatikan

Mereka Mengelola Secara Mikro

Karyawan yang ingin mengontrol setiap bagian proyek akan merasa sulit untuk mendelegasikan tugas. Sebab, mereka cenderung menyelesaikan lebih banyak tugas daripada yang bisa mereka tangani.

Tidak Memiliki Keterampilan Komunikasi

Manajer yang tidak bisa berkomunikasi dengan jelas terkait persyaratan akan menyebabkan kesalahpahaman di semua tim mengenai prioritas dan waktu deadline.

Kehilangan Gambaran yang Lebih Besar

Karyawan yang melihat proyek sebagai tugas individu cenderung tidak mampu mempertimbangkan bagaimana mereka menambah nilai bagi perusahaan. Hal ini membuat mereka cenderung tidak bisa memprioritaskan proyek berdasarkan kepentingannya.

Konsentrasi yang buruk serta kurangnya sikap “bisa melakukan apapun” adalah suatu hal yang buruk dalam pekerjaan. Selain itu, orang-orang akan mudah teralihkan perhatiannya terhadap beragam masalah sepele. Sehingga, Anda harus berjuang untuk memusatkan perhatian mereka kembali terhadap pekerjaan yang penting.

MyRobin merupakan perusahaan outsourcing yang melayani berbagai permintaan atas kebutuhan tenaga kerja. Kunjungi laman MyRobin dan temukan berbagai pekerja berkualitas dari berbagai profesi. Konsultasikan kebutuhan perekrutan Anda sekarang!

Rekrut dan kelola pekerja TANPA RIBET

Didukung dengan teknologi modern yang terintegrasi. Rekrut tenaga kerja profesional dan berkualitas

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terima beres! rekrut hingga penggajian

en_USEN