Job Descripstion Copywriter – Copywriter, atau Penulis Pemasaran, bertanggung jawab untuk menghasilkan teks yang menarik dan jelas untuk berbagai saluran periklanan seperti situs web, iklan cetak, dan katalog. Tugas mereka termasuk meneliti kata kunci, menghasilkan konten tertulis yang menarik dan mengoreksi pekerjaan mereka untuk akurasi dan kualitas.
Apa Saja yang Dilakukan Seorang Copywriter
Copywriter dapat bekerja sebagai pekerja lepas independen, di agen pemasaran atau di departemen pemasaran internal untuk menghasilkan materi promosi tertulis yang membuat produk perusahaan lebih mudah diakses dan menarik bagi pelanggan potensial. Copywriter dapat menulis teks untuk navigasi situs web, slogan iklan, kampanye email, posting media sosial, entri blog, dan cara lain apa pun yang digunakan perusahaan untuk berkomunikasi dengan publik. Mereka meneliti persyaratan gaya dan suara merek klien untuk konten yang menghadap ke depan produk yang membujuk pelanggan untuk menggunakan layanan mereka atau menjelaskan tujuan dan misi perusahaan. Peran seorang Copywriter adalah menggunakan kreativitas untuk menghasilkan teks yang bermakna untuk berbagai kebutuhan perusahaan.
Posisi copywriter biasanya membutuhkan gelar sarjana dalam komunikasi, periklanan, pemasaran, bahasa Inggris, penulisan atau bidang terkait lainnya selain pengalaman terkait di tempat kerja. Kursus di bidang ini membantu kandidat mengembangkan keterampilan dalam menulis persuasif, berpikir kritis, dan pemasaran. Banyak program gelar terkait membantu pencari kerja mengembangkan portofolio sampel tulisan, yang menunjukkan kreativitas dan keterampilan mereka kepada calon pemberi kerja.
Jobdesk / Job Description Copywriter
Berikut ini beberapa jobdesk atau Job Description Copywriter
- Menulis konten yang jelas dan bebas kesalahan untuk situs web yang mencerminkan suara perusahaan
- Bertemu dengan klien untuk memahami pesan, suara merek, dan audiens target mereka
- Mengusulkan konsep salinan dengan cara yang menarik bagi klien dan melaksanakan proyek setelah disetujui
- Menafsirkan arahan kreatif dan informasi teknis dan mengubahnya menjadi konsep salinan persuasif
- Berkolaborasi dengan PR dan departemen pemasaran untuk bertukar pikiran dan mengembangkan berbagai materi pemasaran
- Bekerja dengan klien untuk mengedit dan memodifikasi salinan untuk memenuhi harapan konten mereka
- Membuat dan mengedit salinan asli yang akurat, diteliti dengan baik, dan memenuhi kebutuhan dan tenggat waktu klien/perusahaan.
- Berbicara dengan pihak internal dan eksternal untuk mempelajari kebutuhan konten mereka.
- Melakukan penelitian untuk merumuskan ide atau mendukung tulisan.
- Belajar tentang audiens target untuk disalin.
- Membantu dalam aspek lain dari proses kreatif atau penelitian untuk membuat konten yang kohesif dan akurat.
Job Requirment / Kualifikasi Copywriter
Kandidat Copywriter yang berhasil akan memiliki berbagai keterampilan sebagai persyaratan dan kualifikasi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas dan tanggung jawab mereka. Kualifikasi penting untuk seorang Copywriter meliputi:
- Gelar sarjana atau pengalaman setara dalam komunikasi atau pemasaran
- Pengalaman memproduksi salinan untuk saluran media cetak dan digital
- Terbukti sukses dalam menghasilkan salinan untuk iklan atau kampanye pemasaran
- Keahlian luar biasa dalam menulis media sosial, termasuk penggunaan tagar dan akronim yang relevan
- Kemahiran dengan perangkat lunak perkantoran umum
- Pengalaman dengan konsep SEO dan pemasaran media sosial
- Kreativitas, kemampuan beradaptasi dan kemampuan untuk bekerja sama dengan tim
Demikian merupakan template job deskripsi copywriter. Kunjungi laman MyRobin dan temukan copywriter serta berbagai pekerja marketing berkualitas lainnya. Konsultasikan kebutuhan perekrutan Anda sekarang!