SEO merupakan metode untuk meningkatkan visibilitas website dan menarik audience ke situs perusahaan dan biasanya diaplikasikan pada artikel informatif hingga promosi.
Cara ini tanpa biaya berbeda dengan SEM di mana Anda harus membayar setiap kali pengguna mengklik iklan.
Memaksimalkan website mampu meningkatkan brand awareness, mendorong pembelian, hingga menjalin hubungan jangka panjang dengan konsumen.
Melalui artikel di bawah ini akan dibahas tuntas pengertian, cara kerja, jenis, dan manfaat optimasi mesin pencari.
Apa itu SEO?
Search engine optimization atau SEO artinya upaya mengoptimasi artikel website, agar bisa tampil di posisi teratas mesin pencari atau berada di halaman pertama.
Bisa dikatakan bahwa artikel yang Anda buat, harus ramah SEO supaya berpeluang berada di posisi atas sehingga pengguna internet mengklik lalu membaca keseluruhan isi konten.
Menurut Neil Patel, ketika user mengetikkan “Nasi goreng” maka pengguna ingin mengetahui resep dan cara pembuatannya.
Nah, ketika Anda membuat artikel yang memuat definisi, resep, tata cara, dan variasi menu sejenis, user berpotensi membuka dan membaca isi artikel.
Melalui penerapan SEO, Google pun bisa menilai apakah isi situs Anda sudah menjawab intent atau pertanyaan audiens atau belum.
Inilah manfaat menerapkan search engine optimization, website perusahaan bisa mendapatkan traffic tanpa perlu mengeluarkan anggaran iklan yang besar.
Salah satu mendapatkan traffic yang besar adalah meningkatkan kualitas dan melengkapi informasi di dalamnya.
Cara kerja SEO
SEO ditujukan untuk mengoptimasi website sehingga pengguna internet bisa menemukan informasi yang mereka butuhkan berdasarkan keyword dan query.
Penerapan SEO untuk bisnis adalah proses jangka panjang dan salah satu cara agar situs perusahaan mendapatkan keuntungan maksimal dari search engine optimization yakni konsistensi.
Pembuatan konten yang konsisten dan berkualitas baik mampu meningkatkan peringkat website di mesin pencari. Alhasil makin banyak jumlah viewers dan traffic yang datang.
Tahukah Anda kalau mesin pencari menerapkan sekumpulan aturan atau algoritma untuk memastikan pengguna internet mendapatkan informasi yang relevan dari sumber kredibel.
Tahap optimasi mesin pencari terbagi menjadi 3 yaitu crawling, indexing, dan ranking.
Crawling berguna untuk mengumpulkan informasi dari semua website. Ini meliputi halaman dan tautan situs-situs.
Indexing merupakan proses pengumpulan informasi yang kemudian, tugasnya diambil alih web crawler yang bertugas menyimpan informasi atau index.
Sementara ranking artinya menampilkan konten sesuai hasil pencarian yang paling sesuai dengan peringkat secara berurut.
Trik SEO on page adalah menulis artikel dengan keyword yang bervolume tinggi, memperhatikan struktur artikel seperti menggunakan subheading yang juga membantu dalam proses indexing mesin pencari.
Tipe SEO (search engine optimization)
Dalam istilah search engine optimization, ada tipe-tipe yang umum dikenal praktisi SEO seperti blackhat, whitehat, dan greyhat. Penjelasannya terangkum di bawah ini.
1. Black hat
Black hat merupakan kegiatan SEO yang ilegal atau kurang sehat apabila diterapkan jangka panjang. Contohnya menduplikasi konten, penumpukkan keyword, mengarahkan konten secara langsung, menyalin dan membagikan tautan dengan cara spam serta mengambil referensi dari situs yang tidak relevan.
Cara ini sangat dilarang diaplikasikan pada situs perusahaan karena berdampak buruk pada performa dan menurunkan kredibilitas website.
2. White hat
Tipe SEO yang menggunakan cara-cara sehat untuk menarik trafik dan meningkatkan performa website dengan mengambil link yang relevan, menggunakan gambar berlisensi, mengambil referensi dari sumber kredibel.
Jenis search engine optimization
Setelah memahami cara kerja SEO kini saatnya Anda memahami jenis-jenis search engine optimization yaitu on page dan off page.
Dengan mengetahui jenis SEO akan memudahkan Anda mengoptimalkan SEO untuk website Anda. Simak pembahasan berikutnya di sini.
1. SEO on Page
Salah satu jenis SEO yang diterapkan langsung pada situs. Kegiatan ini meliputi riset kata kunci yang akan dijadikan topik konten dengan volume pencarian tinggi dan
Ini meliputi meriset kata kunci yang akan dijadikan sebagai topik konten dengan volume pencarian tinggi, optimasi halaman situs, memperbaiki masalah teknis, dan menyesuaikan user experience.
Menentukan kata kunci
Sebelum membuat konten pastikan Anda telah meriset kata kunci dengan volume pencarian tinggi atau yang relevan dengan target audience Anda.
Kata kunci yang sesuai dengan target audience memungkinkan lebih banyak klik dan jumlah traffic sehingga Anda mendapatkan keuntungan dengan menerapkan SEO.
Di samping itu, pastikan tampilan situs perusahaan menarik, terstruktur, berisi informasi yang lengkap, dan terhindar dari plagiat.
Optimasi halaman website
Mengoptimasi halaman website berarti menambahkan meta title dan deskripsi. Menetapkan gambar unggulan, merapikan struktur heading dan subheading, memasukkan ALT image, dan penyebaran kata kunci.
Memperbaiki hal teknis
Dengan memantau hal teknis dalam SEO on page memudahkan web crawler, diantaranya mengecek sitemap, memperbaiki tautan yang rusak, dan memperbaiki URL yang kurang tepat.
Menyesuaikan user experience
Terakhir adalah menyesuaikan user experience dengan menyesuaikan elemen, warna, teks, gambar, dan tombol dari halaman website.
Di samping hal-hal di atas, perusahaan harus memperhatikan kecepatan situs agar pembaca makin nyaman dan betah berlama-lama berada di website.
2. SEO off page
Jenis optimasi yang dilakukan di luar dan cenderung berkaitan dengan teknis. Pengoptimasian off page ditujukan untuk memaksimalkan lalu lintas situs melalui cara-cara di bawah ini.
Menambah backlink
Optimasi dilakukan dengan menambah backlink untuk meningkatkan authority, sehingga jika situs Anda dijadikan sebagai rujukan oleh website lain maka akan meningkatkan otoritas.
Melakukan promosi
Situs yang Anda promosikan mampu menarik target audience maupun lintas audience. Kegiatan promosi dilakukan dengan mengunggah sedikit informasi atau link halaman website Anda di sosial media perusahaan.
Pastikan konten visual yang Anda buat menarik dan memberikan dorongan pada audience untuk membaca informasi lengkapnya di situs.
Kegiatan promosi yang dilarang dan berdampak buruk pada performa situs adalah membagikan link secara asal di semua tempat alias spam.
Manfaat SEO dalam Digital Marketing
Search engine optimization memiliki 2 fungsi dalam bisnis. Pertama membantu perusahaan mengenali dan memahami produk apa yang target audience cari.
Kedua memungkinkan situs perusahaan Anda berada di posisi teratas maupun halaman pertama sehingga meningkatkan visibilitas dan jumlah traffic tanpa biaya.
Ketiga membantu perusahaan membuat konten berkualitas.
Secara umum, keuntungan menerapkan SEO adalah memberikan informasi relevan, mengundang lebih banyak trafik, dan menjadikan situs Anda sebagai website yang kredibel.
Mendatangkan banyak pengunjung situs, merupakan cara promosi jangka pandang rendah biaya, meningkatkan konversi, memungkinkan iklan selalu ada jika tidak dihapus, menjangkau banyak audience.
Memberikan penghasilan dari iklan Google dan meningkatkan kepercayaan pada calon pelanggan.
Itulah informasi mengenai definisi, cara kerja, tipe, jenis, dan manfaat search engine optimization (SEO) yang wajib Anda ketahui. Baca artikel menarik lainnya di Blog MyRobin.