Search
Close this search box.

Mengapa Pengambilan Keputusan sebagai Salah Satu Skill Leadership yang Penting?

Mengapa Pengambilan Keputusan sebagai Salah Satu Skill Leadership yang Penting

Di era ini, kemampuan dalam pengambilan keputusan menjadi sangat berharga bagi seorang pemimpin. Seorang pemimpin harus mampu memberikan keputusan yang tepat dan efektif bagi bawahannya.

Untuk dapat membuat keputusan yang efektif, sebagai seorang pemimpin, Anda perlu memahami bagaimana keterampilan pengambilan keputusan dapat membantu Anda dalam menghadapi situasi yang sulit.

Sebagai contoh, jika Anda adalah seorang manajer di sebuah perusahaan, Anda mungkin menghadapi dilema dalam memilih strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan penjualan. Atau sebagai seorang CEO, Anda mungkin bingung dalam menentukan kebijakan saat terjadi krisis ekonomi.

Dalam situasi seperti itu, Anda akan menyadari betapa pentingnya memiliki keterampilan dalam pengambilan keputusan.

Oleh karena itu, dalam artikel ini kami akan membahas mengapa kemampuan dalam pengambilan keputusan merupakan salah satu keterampilan kepemimpinan yang penting, serta memberikan tips yang dapat Anda gunakan untuk mengambil keputusan di tempat kerja.

Pengertian Pengambilan Keputusan

Pengambilan keputusan merupakan keterampilan penting yang digunakan oleh manajer untuk mengevaluasi situasi dan menentukan cara terbaik untuk mencapai solusi.

Proses pengambilan keputusan biasanya melibatkan langkah-langkah berikut ini:

• Mengidentifikasi tantangan: Pada langkah ini, manajer menemukan masalah dan menentukan penyebab situasi tersebut terjadi.

• Merancang solusi: Setelah mempelajari lebih banyak informasi tentang situasi tersebut, manajer membuat beberapa kemungkinan solusi.

• Opsi penimbangan: Manajer menganalisis keuntungan dan kerugian dari setiap opsi dan mencari solusi alternatif jika diperlukan.

• Membuat pilihan: Setelah penilaian menyeluruh dilakukan, manajer membuat keputusan akhir tentang tindakan apa yang harus diambil.

• Menginformasikan orang lain tentang keputusan: Manajer memberitahu karyawan tentang keputusan tersebut dan menjelaskan bagaimana keputusan tersebut memengaruhi perusahaan.

Pemimpin organisasi menjalani rangkaian pengambilan keputusan karena beberapa alasan, antara lain:

• Mengimplementasikan kebijakan perusahaan yang baru

• Merancang anggaran dan mengalokasikan sumber daya keuangan

• Merekrut dan melatih karyawan baru

• Menciptakan tujuan organisasi

• Memasuki pasar baru

• Memperkecil atau memperluas perusahaan

• Mengembangkan produk baru

• Membangun merek perusahaan

Mengapa Pengambilan Keputusan Merupakan Keterampilan Kepemimpinan yang Penting?

Pengambilan keputusan sangat penting bagi seorang pemimpin di sebuah perusahaan. Sebab setiap keputusan yang diambil oleh pimpinan akan mempengaruhi kinerja dari perusahaan kedepannya.

Untuk lebih jelasnya mengapa pengambilan keputusan sangat penting bagi seorang pemimpin, berikut adalah beberapa alasannya:

Meningkatkan Produktivitas Perusahaan

Keputusan yang efektif bisa menghemat waktu dan mendorong suatu proyek semakin maju dan meningkatkan produktivitas karyawan. 

Membuat Rencana Tindakan dalam Situasi Darurat

Situasi darurat mungkin mengharuskan manajer membuat keputusan yang cepat dan berdampak untuk meminimalisir kerusakan dan tetap mengoptimalkan manfaat. Ketika situasi tak terduga terjadi, manajer harus menilai kebutuhan perusahaan dan memutuskan cara terbaik untuk melanjutkan.

Membangun Kepercayaan dari Karyawan

Pengambilan keputusan yang baik membuat manajer menunjukkan kepada karyawan jika ia menghargai pekerjaan mereka dan memikirkan kepentingan terbaik bagi karyawannya. 

Ketika seorang manajer meluangkan waktu untuk mengevaluasi, menganalisis, dan menjelaskan keputusan. Karyawan mungkin merasa mereka bisa bercerita kepada manajer mereka tentang minat dan perhatian mereka.

Mengurangi Konflik

Proses pengambilan keputusan dapat mengurangi konflik dengan cara menetapkan ekspektasi yang jelas bagi karyawan dan menghindari terjadinya kesalahpahaman. Sebagai seorang manajer, Anda bisa memberikan arahan tentang bagaimana tim berkolaborasi untuk mencapai tujuan perusahaan.

Lima Keterampilan Pengambilan Keputusan yang Penting

Dalam proses pengambilan keputusan, ada beberapa keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Berikut adalah beberapa keterampilannya:

Penelitian

Mengumpulkan informasi dengan cara melakukan penelitian dapat memberikan kemudahan dalam membuat keputusan. Misalnya, Anda merupakan seorang manajer di sebuah retail yang ingin menargetkan pelanggan baru melalui media sosial. Anda bisa melakukan riset fitur dan pengguna beberapa platform sosial media. Dengan melakukan itu, Anda jadi lebih mudah untuk memilih platform yang tepat bagi target audiens perusahaan Anda.

Kreativitas

Kreativitas memudahkan Anda untuk memikirkan solusi terbaik bagi setiap masalah. Dengan pikiran terbuka, Anda dapat mempertimbangkan opsi terbaik yang mungkin cocok dengan permasalahan yang Anda hadapi. 

Berpikir Kritis

Anda dapat menggunakan keterampilan berpikir kritis untuk mengevaluasi pro dan kontra dari situasi yang sedang Anda hadapi. Anda dapat menggunakan teknik visualisasi untuk memperkirakan hasil keputusan dari keputusan Anda. Keterampilan berpikir kritis juga dapat membantu Anda dalam memutuskan apakah tujuan perusahaan realistis dan mudah dipahami oleh bawahan Anda.

Manajemen Waktu

Memahami efisiensi dan penjadwalan dapat membantu Anda dalam proses pengambilan keputusan. Sebab dalam beberapa situasi, Anda mungkin saja menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengevaluasi dan mencari solusi. Oleh karena itu, dengan mengetahui cara membagi waktu akan membantu Anda dalam proses pengambilan keputusan dengan cepat dan efisien.

Kecerdasan Emosional

Penting bagi Anda untuk menyadari dan mengendalikan emosi ketika membuat keputusan. Terlebih ketika Anda bekerja dengan orang lain, sebab sangat penting untuk menjadi pendengar yang baik, berempati, serta tetap bersikap netral. Tujuannya adalah untuk mengekspresikan diri Anda saat menganalisis berbagai opsi sehingga bisa mengambil keputusan dengan tepat.  

Tips untuk Mengambil Keputusan Sebagai Pemimpin

Semakin sering Anda berlatih, maka akan semakin mahir pula Anda dalam menguasai keterampilan mengambil keputusan. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa tips untuk bisa meningkatkan kemampuan mengambil keputusan:

Menganalisis Perkembangan Perusahaan

Anda bisa membuat catatan mengenai aktivitas di perusahaan, yang bisa berfungsi sebagai sumber lain saat membuat keputusan. Anda juga dapat melacak hasil dari keputusan yang telah dibuat sebelumnya sebagai contoh atau untuk menghindari kesalahan terulang dua kali.

Mintalah Saran dari Seorang Mentor atau Expert

Mentor yang pernah menangani posisi yang sama dapat membimbing Anda dalam proses pengambilan keputusan. Mereka dapat memberikan rekomendasi dari perspektif manajerial dan memberi Anda saran terbaik mengenai cara mengimplementasikan perubahan dalam perusahaan.

Berdiskusi dengan Karyawan di Perusahaan

Mendengarkan sudut pAndang lain dari anggota tim memungkinkan Anda bisa menilai perusahaan secara keseluruhan. Misalnya, jika Anda seorang manajer restoran dan ingin mengurangi ukuran menu, Anda bisa meminta koki menjelaskan item menu apa yang sering diminta pelanggan, hal seperti itu bisa membantu Anda dalam memutuskan item apa yang akan terus ditawarkan.

Menyewa Konsultan

Jika Anda harus membuat beberapa keputusan kepemimpinan yang sangat kompleks, disini seorang konsultan bisa membantu Anda dalam mengevaluasi pilihan dan mengidentifikasi kebutuhan perusahaan. Mereka dapat memberikan sudut pAndang yang objektif dan profesional.

Dengan uraian penjelasan di atas, tentunya Anda sudah semakin memahami dengan baik apa itu pengambilan keputusan.

Jika Anda sedang mencari lowongan pekerjaan, Anda dapat mengunduh MyRobin Super App. Di sana Anda dapat memilih dan melamar pekerjaan yang Anda inginkan. Tunggu Apalagi? Unduh MyRobin Super App sekarang juga!

Untuk Anda yang ingin membaca artikel lain mengenai pengembangan diri seperti ini, yuk kunjungi Blog MyRobin sekarang juga! Sebab, disana kami telah menyajikan konten yang sangat bermanfaat untuk perkembangan bisnis Anda.

Peluang bekerja di perusahaan ternama

Membangun jaringan karir, mengembangkan skill, serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Prospek Kerja Jurusan Perhotelan

Sebelum buru-buru tergiur atau meremehkan pekerjaan di bidang perhotelan, ada baiknya kamu memahami dulu nih serba-serbi industri ini dan apa saja prospek kerja yang bisa kamu lakukan

Cepat kerja, banyak untungnya pula!

en_USEN