Hal yang Dilakukan Sebelum Melamar Kerja
Tips,Untuk Pencari Kerja

Penting! Inilah Deretan Hal yang Dilakukan Sebelum Melamar Kerja

Anda tengah berencana untuk melamar kerja? Maka penting! Inilah deretan hal yang dilakukan sebelum melamar kerja dan harus menjadi perhatian. Tentu saja bagi anda yang ingin bekerja di sebuah perusahaan atau bidang kerja tertentu normalnya harus melewati serangkaian hal bukan, seperti test dan training. Namun sebelum berhasil masuk ke tahap tes atau training maka calon pekerja harus mempersiapkan berbagai persiapan terlebih dahulu yang bisa melancarkan usahanya diterima oleh suatu perusahaan.

Penting! Inilah Deretan Hal yang Dilakukan Sebelum Melamar Kerja
Penting! Inilah Deretan Hal yang Dilakukan Sebelum Melamar Kerja

Tentu sudah bukan menjadi rahasia umum lagi bahwasanya di Indonesia sendiri para pencari kerja jumlahnya sangatlah banyak karena setiap harinya ada lulusan baru yang lahir. Menilik dari hal tersebut maka tentu saja persaingan guna mendapatkan kursi kerja itu bisa dibilang cukup sulit, mengingat banyak lulusan berkompeten yang juga ikut berkompetisi.

Hal yang Dilakukan Sebelum Melamar Kerja

Nah uraian kali ini sangat patut untuk anda coba simak sebelum berusaha mendaftarkan diri ke sebuah perusahaan agar CV anda dilirik dan bisa di terima kerja di tempat impian.

Hal yang Dilakukan Sebelum Melamar Kerja
Hal yang Dilakukan Sebelum Melamar Kerja

Membuat Personal Branding Terlebih Dahulu

Hal yang dilakukan sebelum melamar kerja adalah membuat personal branding terlebih dahulu sebelum mempersiapkan hal lainnya seperti CV dan materi wawancara. Anda harus membuat sebuah branding terhadap diri secara positif yang mana image itu harus dapat menonjol dan nampak saat sesi mendaftar kerja. Branding atau image karakter yang positif, cerdas, supel, pekerja keras dan ulet tentu saja akan membuat anda menjadi jauh mendapat perhatian dari perusahaan pencari kerja dibandingkan yang belum memiliki branding. Baca juga tentang tips melamar kerja.

Mengenal Secara Mendalam Perusahaan yang Akan Dituju

Jangan lupa sebelum melamar ke suatu perusahaan maka anda harus memahami secara mendalam latar belakang dari perusahaan yang akan dituju. Mengapa hal ini perlu dilakukan? Karena perusahaan pasti akan menilai calon karyawan yang sudah benar-benar paham visi misi perusahaan. Jadi akan menjadi baik untuk mempelajari latar belakang perusahaan sebelum memasukan lamaran ya!

Memahami Posisi Kerja yang Dibutuhkan

Penting! Inilah Deretan Hal yang Dilakukan Sebelum Melamar Kerja - MyRobin
Memahami Posisi Kerja yang Dibutuhkan

Memahami posisi kerja yang dibutuhkan juga bisa menjadi hal yang dilakukan sebelum melamar kerja. Mengapa? Dengan mengetahui posisi yang akan dilamar akan membuat anda bisa lebih menyiapkan diri sendiri terhadap berbagai kemungkinan materi yang diuji coba. Anda harus paham betul misalnya soal managerial jika memang anda melamar jabatan manager di sebuah perusahaan.

Tidak hanya itu, misalnya saja anda melamar pekerjaan di bidang perhotelan maka tentu saja anda harus memahami khazanah pelayanan hospitality sebagai prosedur kerjanya. Memahami jabatan dan posisi dalam bekerja bisa membuat anda nampak jauh lebih siap, lebih professional dan lebih baik dibandingkan mereka yang tidak bersiap atas apapun. Lagipula dengan mengetahui jenis jabatan yang dituju bisa membuat anda bisa mengevaluasi diri sesuai tidak jabatan tersebut dengan yang dituju.

Memberikan Dokumen Lengkap Sesuai yang di Syaratkan

Jangan lupa untuk memberikan dokumen lengkap sesuai yang disyaratkan oleh kebutuhan perusahaan. Perhatikan kesiapan dokumen seperti ijazah terakhir, foto diri, surat lamaran, CV, sertifikat dan masih banyak jenis dokumen pendukung lainnya sesuai kebutuhan. Pastikan agar kelengkapan dan keaslian dari setiap dokumen bisa dibuktikan keabsahannya agar perusahaan bisa yakin menerima anda.

Persiapkan Diri Saat Menjelang Wawancara

Mempersiapkan diri saat menjelang wawancara merupakan hal yang dilakukan sebelum melamar kerja yang wajib sekali dilakukan. Dalam wawancara kerja memang ada banyak sekali hal dan pertanyaan yang biasanya ditanyakan oleh HRD dan bagian personalia. Ketika wawancara, saat anda sudah memiliki kesiapan mental dan kemampuan berbahasa yang baik maka tentu saja itu akan memudahkan dibandingkan dengan yang tidak mempersiapkan dirinya sendiri.

Tambah Skill

Hal yang dilakukan sebelum melamar kerja lainnya adalah dengan menambah skill yang dimiliki agar bisa menjadi satu potensi lebih yang dapat ditonjolkan saat sesi wawancara. Perusahaan sangatlah senang dan puas dengan calon pekerja yang memiliki banyak skill tambahan di luar kemampuan kerja yang dibebankan. Misalnya saja memiliki kemampuan berbahasa asing, skill komputer atau kemampuan lainnya yang bisa ditonjolkan dan sewaktu-waktu berguna dalam lingkungan kerja.

Perbanyak Pengalaman Kerja

Nah, keunggulan lainnya yang perlu anda perhatikan sebelum melamar pekerjaan adalah dengan memperbanyak pengalaman kerja yang ada sebelumnya. Pengalaman kerja yang beragam bisa membuat perusahaan merasakan bahwa anda memiliki kemampuan dan juga jam terbang yang tinggi sehingga akan lebih mudah beradaptasi dalam sebuah pekerjaan. Terlebih lagi apabila pengalaman kerja yang anda miliki sebelumnya adalah memiliki satu kesamaan dengan  jenis pekerjaan yang akan dilamar, maka itu bisa menjadi satu poin pengalaman yang membantu.

Jangan Berfokus Pada Gaji Bagi Fresh Graduate

Nah bagi anda yang baru saja lulus atau masih fresh graduate tanpa pengalaman maka menjadi penting untuk tidak melulu fokus soal gaji ya. Memang gaji itu sangatlah penting guna memenuhi kebutuhan hidup dan menjadi hak dari setiap pekerja, namun ingatlah bahwa anak yang baru lulus itu belum memiliki banyak pengalaman. Jika anda ingin mendapatkan gaji yang sesuai maka tentu saja skill harus bertambah serta pengalaman haruslah bertambah agar perusahaan besar melirik potensi kerja yang anda miliki.

Itulah di atas beberapa uraian penting mengenai bagaimana sih hal yang dilakukan sebelum melamar kerja itu harus di persiapkan agar tidak salah langkah sudah di ulas di atas ya. Tentu saja ketika seseorang berkeinginan untuk melamar kerja maka segala persiapannya harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya mulai dari CV, kemampuan diri, kesehatan dan banyak lainnya. Jangan sampai anda mendaftarkan diri dalam kondisi yang tidak siap sehingga memungkinkan perusahaan pencari kerja tidak melihat kelebihan serta keunggulan yang anda miliki! Ikuti arahan di atas agar melamar pekerjaan menjadi lebih mudah!

Mau Rekrut Karyawan? Jasa Outsourcing Terbaik dan Terpercaya di Indonesia. Hubungi myrobin.id menyediakan tenaga kerja bertalenta & profesional

Hasilkan uang lebih dengan MyRobin

tentukan waktu dan lokasi kerjamu sendiri

YUK GABUNG MYROBIN MITRA

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>