Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp

Ini 19 Jenis Pekerjaan di Hotel! yuk kepoin

Di beberapa wilayah di Indonesia, pariwisata menjadi industri yang senantiasa diandalkan. Beragam jenis hotel pun dibangun dengan marak di kawasan ini. Bagi pembaca yang tinggal di kawasan seperti itu, tentu hal yang lumrah untuk mencari pekerjaan di hotel. Apalagi varian pekerjaan yang tersedia di hotel sendiri sangat beragam. Selain itu, keuntungan yang didapatkan pun termasuk lumayan. Tertarik bekerja di usaha seperti ini? Ini dia jenis-jenis pekerjaan yang tersedia.

Aneka Jenis Pekerjaan di Hotel

Secara umum, ada dua jenis pekerjaan yang terdapat di hotel. Keduanya adalah tipe pelayanan kepada tamu dan yang kedua, pekerjaan yang sifatnya administratif. Di bawah ini kami tuliskan terlebih dahulu pekerjaan berjenis guest service.

Tipe pelayanan

Petugas Penerima Tamu / Resepsionis / Front Desk Clerks

Petugas di jabatan ini bekerja di area resepsionis yang merupakan tempat mula-mula tamu masuk ke sebuah hotel. Tugas umum petugas front desk clerk adalah melayani pemesanan kamar hotel, memverifikasi reservasi tamu, hingga mengecekkan ketersediaan ruangan bila tamu belum melakukan pemesanan (reservasi). Berikutnya, petugas juga harus memproses check in tamu, misalnya memberikan kunci atau kartu masuk kamar dan menjawab berbagai pertanyaan dari pengunjung. 
Untuk bisa bekerja di level ini, beberapa perusahaan mengizinkan fresh graduate yang belum berpengalaman. Tetapi beberapa hotel yang lain seringkali juga mensyaratkan pengalaman atau bahkan keterampilan khusus. 

Porter alias Pengangkut Barang

Porter adalah jenis pekerjaan di hotel yang bertanggung jawab membantu tamu dan staff hotel lainnya untuk mengangkut berbagai barang. Segera ketika ada tamu masuk, porter yang berseragam harus segera menyambutnya dan membantu membawakan barang-barang yang ada. Selain itu mereka juga membantu memastikan bahwa ruangan bisa dibuka oleh tamu. Tak jarang, mereka juga ditanyai oleh para tamu hotel, sehingga mereka pun perlu untuk tahu segala informasi mengenai tempatnya bekerja tersebut. Tipe pekerjaan ini biasanya bersifat pegawai tetap. 

Baca juga :   Lowongan Kerja SMA, Diploma PT. Daily Fresh Indonesia

Concierge

Concierge secara harafiah berarti pembuka pintu. Tetapi jelas pekerjaannya lebih dari itu. Mereka juga harus bisa memenuhi kebutuhan “tidak formal” dari tamuy. Misalnya, bila tamu butuh babysitter, maka tamu bisa menghubungi concierge yang akan mengatur kebutuhan ini. Mereka juga bisa diandalkan bila kita ingin membeli tiket sampai mengatur reservasi atau pemesanan di restauran tertentu. Concierge adalah jenis pekerjaan di hotel yang biasanya tergolong mewah. Tipe pekerjaan ini kadang dibuka untuk entry level (tanpa pengalaman), namun kadang harus berpengalaman. 

Housekeeping alias Tukang Bersih-bersih dan Merapikan Ruangan

Pekerja pembersih dan perapi kamar bertugas untuk membersihkan dan merapikan kamar tamu hingga bagian lobby. Tipe pekerjaan ini begitu penting pada suatu hotel, sebab kenyamanan tamu sangat tergantung pada kerja yang mereka lakukan. 

Pelayanan Kamar alias Room Service

Room service atau bagian pelayanan kamar bekerja melayani jasa-jasa yang disediakan untuk tamu saat beraktivitas di kamar. Misalnya saja, di hotel terdapat restoran, maka para tamu bisa memesan makanan dari restauran tersebut yang kemudian akan diproses oleh mereka dan sekaligus diantarkan mereka.

Waiter / Waitress

Tipe pekerjaan di hotel ini biasanya ada ketika hotel punya restauran tersendiri. Pekerjaannya? Well, tentu saja tipikal pekerjaan waiter dan waitress di tempat makan biasanya.

Staff Dapur

Staff dapur atau karyawan bagian dapur, sebagaimana namanya punya tanggung jawab kerja di area dapur. Ada berbagai jenis pekerjaan di dapur yang harus dikerjakan mulai dari memasak, menyiapkan sajian dengan baik, mencuci piring, hingga memesan bahan makanan.

Supervisor of Guest Services

Supervisor guest service bertanggung jawab meng-hire house keeper, front desk, hingga concierge. Di beberapa hotel yang memiliki divisi khusus untuk komunikasi via telp dengan calon tamu, supervisor guest service juga bertanggung jawab untuk pekerjaan tersebut.

Baca juga :   Loker Hotel Terbaru F&B Product Staff di Hotel Amaris Jakarta Mampang

Front Desk Supervisor

Front desk supervisor adalah pekerjaan di hotel yang bertanggung jawab atas pegawai-pegawai front desk. Mereka bisa memecat, memberikan denda, dan lain sebagainya. 

Housekeeping Supervisor

Housekeeping supervisor bertugas untuk menyeleksi housekeeper baru sampai membrikan training pada mereka. Selain itu, mereka juga bertanggung jawab menentukan jadwal pada tiap shift. Tipe pekerjaan ini biasanya diraih setelah housekeeper bekerja lama dan dianggap profesional di bidangnya.

Manajer Dapur

Manejer dapur sebagaimana namanya bertugas untuk kinerja yang terjadi di dapur. Selain itu, mereka juga bertanggung jawab untuk menerima pegawai dapur baru dan memastikan mereka mendapatkan training yang memadai. 

Restaurant Manager

Tipe pekerjaan di hotel berikutnya adalah manajer restaurant alias restaurant manager. Mereka yang bekerja pada posisi ini bertugas untuk memastikan restoran beroperasi engan baik. Misalnya saja, mereka bertanggung jawab untuk mentraining pelayan restauran hingga menerima komplain dari tamu.

Executive Chef

Koki eksekutif berwenang membuat rencana makanan sesuai dengan aturan dan panduan pada hotel tersebut. Mereka juga bertugas untuk menjadi supervise atas pekerja dapur di bawahnya. Bahkan mereka juga bertanggung jawab untuk memesan makanan serta memastikan budget sesuai dengan aturan hotel.

Jenis Pekerjaan di Hotel Tipe Administratif

Jenis pekerjaan kedua ini bertipe administratif. Berikut ini di antaranya:

Marketing dan Iklan

Tidak ada hotel yang bisa maju tanpa divisi marketing dan iklan (advertising). Kedua posisi ini dibutuhkan untuk mempromosikan hotel dengan strategi yang optimal. Beberapa hotel, punya staff marketing dan advertising tetap, sedangkan yang lain tidak tetap. Kadang, mereka juga menyewa jasa luar meski sudah punya marketing sendiri ketika sedang ingin beriklan secara besar-besaran.

Baca juga :   Kemudahan Bekerja dengan Staf Temporer atau Pekerja Lepas Bagi Bisnis Anda

Akuntan

Akuntan seperti yang kita tahu bekerja dalam bidang keuangan. Mereka akan mencatat dan bertanggung jawab pada semua transaksi keuangan mulai dari pendapatan, pengeluaran, pajak, dan lain sebagainya.

Purchasing

Jenis pekerjaan di hotel berikutnya adalah purchasing. Sebagaimana namanya, tipe pekerjaan ini membawahi area pembelian berbagai produk yang dibutuhkan. Misalnya, stok makanan, stok peralatan makan, dan lain sebagainya. Mereka harus bisa memastikan bahwa stok yang ada telah cukup, tidak berlebihan dan tidak berkekurangan, dan dari segi biaya pun idealnya sesuai dengan standar hotel. 

Event Planner

Perencana acara atau event planner adalah tipe pekerjaan yang akan berhubungan dengan penyelenggara acara yang akan bekerja sama dengan hotel. Seperti yang kita tahu, hotel punya berbagai tempat yang bisa dipakai oleh pihak ketiga, misalnya ruang konferensi, ballroom, hall luas untuk acara makan, dan berbagai hal lainnya yang bisa dipakai untuk pameran, seminar, sampai pernikahan. Event planner akan bekerja sama dengan penyelenggara acara sehingga acara tersebut sukses dan bisa berjalan sesuai perjanjian. Anyway, event planner adalah tipe pekerjaan yang tak jarang sifatnya bukan pegawai tetap. Tapi beberapa hotel yang langganan dijadikan tempat berbagai event umumnya punya event planner tetap.

Asisten Manager Hotel

Asistem manager hotel bekerja untuk mendukung kinerja dari manager. Mereka yang ada di jabatan ini harus bisa menyiapkan berbagai laporan dan tahu kondisi hotel secara aktual. Jenis pekerjaan di hotel ini memungkinkan asisten manager bisa menjadi manager hotel itu sendiri di kemudian hari.

Manager Hotel

Jabatan tertinggi di hotel adalah manager hotel. Mereka yang berada di posisi ini bertanggung jawab atas segala hal yang terjadi di hotel. Mereka akan memantau jumlah pengunjung sampai menentukan cara untuk mengatasi berbagai persoalan yang ada. Karena itulah, mereka yang berada di posisi ini harus punya pengalaman dan tahu benar bagaimana industri perhotelan bisa sukses.


Kelola Bisnis Anda Lebih Mudah

dengan rekrutmen tenaga kerja kami dan platform manajemen modern.

Artikel terkait

0 thoughts on “Ini 19 Jenis Pekerjaan di Hotel! yuk kepoin

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Selamat Datang di MyRobin.id

Apa yang sedang Anda cari?

job-search (2)

Saya Ingin Melamar Kerja

Buat akun untuk mencari lowongan yang tepat untuk anda

X