Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp

Jenis-jenis Pekerjaan di Café

Di dalam pekerjaan apapun, hierarki akan selalu ada. Begitu pula dengan jenis pekerjaan di cafe yang memiliki tingkatan. Para pekerja yang berada di pos masing-masing saling melengkapi untuk bisa memajukan cafe tempat mereka bekerja.

Bagi Anda yang ingin membuka sebuah cafe atau yang sedang ingin mencari pekerjaan yang cocok, beberapa pekerjaan di bawah ini mungkin bisa masuk dalam daftar Anda.

Daftar Jenis Pekerjaan di Cafe yang Pasti Ada

  • General Manager Cafe

Posisi ini mewajibkan siapapun yang memegang jabatannya untuk menjadi pengawas keadaan umum cafe. Selain itu, dia juga bertanggung jawab mengurus karyawan, baik mempekerjakan maupun memberhentikan.

Dia juga harus memperhatikan kesejahteraan karyawan. Urusan ketersediaan bahan baku dan supplier, serta kelengkapan semua peralatan dapur juga menjadi bagian tanggung jawabnya

Itu adalah sebagian dari tugas GM cafe secara umum. Pekerjaan mereka juga bisa bertambah, seiring dengan kemajuan cafe tempatnya bekerja.

  • Chef

Salah satu daya tarik sebuah cafe, selain venue-nya yang menawan, adalah makanan  yang enak dan unik. Guna mendapatkan menu spesial cafe, pemilik cafe biasanya mempekerjakan satu, atau bahkan lebih, chef berpengalaman.

Tugas seorang chef juga bukan hanya memasak saja, dia juga harus menjaga kualitas bahan baku agar selalu segar. Selain itu, dia juga lah yang bertanggung jawab dengan semua yang terjadi di dapur cafe.

  • Barista

Sekarang ini, hampir semua cafe menyediakan menu kopi. Cafe sekarang ini sudah identik dengan dunia perkopian. Maka dari itulah, banyak cafe mempekerjakan barista untuk mengolah kopi menjadi minuman khas cafe.

Pengalaman dengan kopi, termasuk mampu menghadirkan menu minuman kopi klasik hingga kekinian menjadi tanggung jawab barista yang bisa diisi oleh laki-laki maupun perempuan. 

  • Resepsionis
Baca juga :   8 Pilihan Part Time untuk Mahasiswa. Kalau Kayak Gini, Nggak Bakal Bokek Lagi Tiap Bulannya!

Untuk jenis pekerjaan di cafe ini memang opsional. Tidak semua cafe memiliki resepsionis. Tugas mereka adalah menyambut tamu dan mempersilakan tamu menempati tempat duduk yang sesuai.

Mereka juga yang bertanggung jawab jika ada pesanan masuk lewat telepon serta menerima kritik pelanggan ketika ada sesuatu yang tidak benar.

Biasanya cafe besar yang memiliki resepsionis. Untuk cafe kecil, tugas resepsionis dapat dirangkap oleh pelayan dan juga kasir.

  • Waiter / waitress

Jenis pekerjaan di cafe ini pastinya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Keberadaan mereka memang wajib, kecuali cafe yang dirancang khusus untuk self service sehingga tidak membutuhkan pelayan.

Mereka bertugas melayani pelanggan yang datang, termasuk mencatat dan mengantarkan pesanan. Keluhan tamu terkait pesanan juga biasanya ditangani oleh pelayan sebelum sampai ke tingkat yang lebih tinggi.

  • Kasir Restoran

Posisi wajib lainnya di cafe adalah kasir. Sesuai fungsinya, posisi ini bertanggung jawab atas transaksi setelah semua pesanan terpenuhi. Pembayaran menggunakan tunai maupun e-cash harus ditangani oleh kasir dengan baik.

Terkadang mereka tidak menghadapi pelanggan secara langsung. Ada beberapa cafe yang mengharuskan pelayan yang menyerahkan tagihan kepada tamu, kemudian baru menyerahkannya ke kasir.

Namun, input pembayaran ke sistem tetap dipegang oleh kasir.

  • Dishwasher

Walaupun tidak terlihat, namun posisi ini juga penting keberadaannya di cafe. Sebagai pencuci piring, posisi ini tentu bertanggung jawab membersihkan alat makan dan juga perlengkapan dapur.

Proses pencucian piring pun memiliki standar yang harus dipatuhi. Semakin besar sebuah cafe, standar kebersihannya juga biasanya semakin meningkat.

Karakteristik yang DIbutuhkan Karyawan Cafe

  • Tangguh

Walaupun terlihat sepele, tetapi sebenarnya bekerja di cafe cukup melelahkan. Hal ini dikarenakan pesanan yang datang tidak langsung sekaligus, tetapi silih berganti tergantung arus pengunjung yang datang.

Baca juga :   Kerja Lulusan Agroteknologi

Selain itu, karyawan cafe juga lebih banyak berdiri di sepanjang shift kerjanya sehingga membutuhkan kondisi fisik yang prima. Baik pria maupun wanita yang bekerja sebagai karyawan cafe harus memahami kondisi ini sebelum melamar.

  • Ramah

Sifat ini dibutuhkan karena cafe merupakan tempat berkumpulnya pelanggan dengan berbagai karakter. Kondisi saat mereka datang pun juga beragam. Tujuan mereka datang ke cafe tentunya selain untuk makan dan minum, juga untuk melepaskan penat.

Kondisi ini menuntut karyawan cafe untuk ramah sehingga pengunjung bisa merasa nyaman dan membuka peluang mereka untuk datang kembali. Senyuman yang tulus serta sapaan kepada pelanggan akan membuat suasana hati mereka menjadi baik.

  • Mudah Beradaptasi

Mudah beradaptasi sebenarnya adalah karakteristik semua karyawan. Hal ini wajar karena ketika bekerja, semua orang akan saling berhubungan satu sama lain. Kita tidak bisa membawa budaya kita pribadi dan dibawa ke lingkungan kerja.

Ketika sudah berada dalam tim, seorang karyawan harus mampu berbagi tugas dan melaksanakan tugas masing-masing dengan sebaik-baiknya. Kemampuan beradaptasi mempermudah ketika terjadi pergantian partner maupun tugas.

  • Rajin

Seperti yang kita ketahui, pekerjaan di bidang food and beverages semacam di cafe ini memang seakan tidak ada habisnya. Kesibukan datang silih berganti, terutama jika masuk saat jam dan hari sibuk, seperti makan siang ataupun ketika hari libur.

Jika saat seperti ini datang, maka tidak ada alasan untuk bermalas-malasan. Sekali kita malas, maka kerjaan akan semakin menumpuk dan tidak akan selesai tepat waktu.

Untuk itulah setiap kali ada lowongan, selalu yang dikedepankan adalah kedisiplinan dan juga kerajinan. Setiap individu harus memiliki karakter ini agar semua bisa berjalan dengan lancar.

Baca juga :   Upskilling in This Changing Era

Jenis pekerjaan di cafe bisa berbeda-beda, tergantung dari besar-kecilnya cafe ataupun alasan lainnya. Beban pekerjaan pun juga berbeda, namun yang pasti, di mana pun berada sudah selayaknya untuk bekerja sebaik mungkin meskipun tidak ada yang melihat.

Kelola Bisnis Anda Lebih Mudah

dengan rekrutmen tenaga kerja kami dan platform manajemen modern.

Artikel terkait

0 thoughts on “Jenis-jenis Pekerjaan di Café

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Selamat Datang di MyRobin.id

Apa yang sedang Anda cari?

job-search (2)

Saya Ingin Melamar Kerja

Buat akun untuk mencari lowongan yang tepat untuk anda

X