Jenis-jenis Pekerjaan di Hotel - MyRobin
Artikel,Info

Jenis-jenis Pekerjaan di Hotel

Jenis pekerjaan di hotel sangat banyak, namun terbagi menjadi dua bagian garis besar bagian pertama yaitu bagian pelayanan dan yang kedua bagian administrasi. Masing-masing mempunyai pekerjaan dan tugas yang sangat penting dalam menjaga kestabilitasan hotel terutama kenyamanan bagi para konsumen atau pengguna jasa. Penjelasan lengkap tentang profesi yang berperan untuk mengelola hotel adalah sebagai berikut:

Inilah Jenis Pekerjaan di Hotel

Jenis pekerjaan di hotel sangat banyak dan membutuhkan kerjasama dengan banyak tim. Mulai dari tim penyambut tamu sampai tim yang bertugas untuk mengurusi administrasi hotel. Semua itu dilakukan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa hotel. berikut ini adalah berbagai macam pekerjaan di hotel:

  • Resepsionis

Seorang resepsionis merupakan bagian penting dari tim pelayanan yang bertugas untuk menyambut tamu, membantu tamu melakukan pemesanan kamar hotel, memberikan informasi tentang kamar yang tersedia termasuk promo yang sedang ada, serta memberikan kunci atau kartu pintu kamar hotel yang dipesan oleh tamu hotel. Sebagai seorang resepsionis harus mempunyai penampilan yang bagus dan rapi terutama bersih.

  • Pengangkut barang atau porter

Sebagai seorang porter harus selalu sigap ketika ada tamu yang datang memesan kamar hotel. Tugas utama seorang porter adalah membawakan barang-barang tamu ke kamar yang dipesan oleh tamu hotel. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan seorang porter diantaranya tidak boleh membuka kamar hotel sebelum tamu membuka kamar hotel, berikan barang ke kamar hotel ketika ada tamu di dalamnya, pastikan barang tamu tidak ada yang lecet apalagi rusak, bersikap ramah terhadap tamu yang datang.

  • Room service

Tugas seorang room service yaitu memberikan pelayanan kepada tamu selama tamu dikamar. Misalkan tamu menginginkan atau memesan makanan di restoran hotel, maka seorang room service harus melakukan pemesanan ke restoran hotel dan juga mengantarkan makanan ke kamar tamu hotel.

  • Akuntan

Untuk menata sistem keuangan hotel, sangat dibutuhkan jasa seorang akuntan. Mengingat banyak sekali fasilitas dalam hotel seperti restoran, spa, salon dan fasilitas yang lain. Sehingga keuangan harus dicatat dengan rapi dan jelas. Tugas utama seorang akuntan adalah mencatat semua transaksi yang ada di hotel seperti pendapatan, pengeluaran sampai pajak yang harus dikeluarkan oleh hotel.

  • Cleaning service

Kebersihan dan kerapian hotel terutama kamar meliputi tempat tidur, kursi, meja sampai kamar mandi merupakan bagian terpenting yang harus diperhatikan. Tugas utama seorang cleaning service hotel adalah menjamin kebersihan dan kerapian hotel mulai dari meja resepsionis, kamar sampai sudut terkecil dari hotel.

  • Staff dapur

Tanggung jawab utama seorang staf dapur adalah memasak, menyiapkan bahan makanan sampai mengurusi urusan kebersihan dapur mulai dari dapur sampai peralatan yang ada di dapur seperti piring, panci dan lain sebagainya. Semua area dapur harus selalu dalam keadaan bersih terutama wajib bagi staf dapur untuk selalu mencuci tangan ketika menyiapkan atau memasak masakan pesanan tamu hotel.

  • Manager dapur

Dapur mungkin akan tidak kondusif tanpa seorang manager. Sehingga dapur hotel sangat membutuhkan seorang manager dapur. Seorang manager dapur sangat bertanggung jawab atas kinerja staf dapur. Serta harus memastikan setiap yang bekerja di dapur sudah mendapatkan pelatihan yang baik dan sesuai dengan kebutuhan dapur hotel.

  • Koki eksekutif

Setiap hotel yang baik  tentu harus mempunyai menu yang berbeda dibandingkan hotel yang lain. Sehingga dari segi makanan para tamu akan merasa puas dan ingin menginap kembali ke hotel tersebut. Membuat inovasi makanan yang baru dan beda dari hotel lainnya adalah tugas utama seorang koki eksekutif. Selain itu memastikan agar pengeluaran dapur hotel tidak melebihi aturan yang ditetapkan hotel.

  • Manager restaurant

Seorang manager restoran harus selalu memastikan kerja para pelayan restoran sudah sesuai dengan prosedur. Oleh sebab itu seorang manager harus bertanggung jawab dalam melatih para pelayan restoran terutama jika menghadapi komplain para pengunjung restoran. Intinya manager harus memastikan aktivitas restoran hotel berjalan dengan lancar.

  • Marketing hotel

Promosi merupakan bagian penting yang harus dilakukan oleh setiap hotel. Tugas utama seorang marketing adalah membuat iklan yang dapat menarik pengguna jasa serta memastikan iklan atau promosi yang dibuat tersampaikan dengan baik. 

  • Manager hotel

Seorang manager hotel wajib mengetahui dan mempunyai wawasan luas tentang memajukan hotel. Tugas utama seorang manager hotel adalah memastikan semua aspek dalam hotel berjalan dengan lancar. Jika ada masalah yang dihadapi seorang manager wajib mencari jalan keluar tentang masalah tersebut.

  • Asisten manager hotel

Tugas seorang manager sangat berat oleh sebab itu sangat membutuhkan seorang asisten. Tugas asisten manager adalah membantu kerja seorang manager hotel termasuk menyiapkan semua laporan yang berhubungan dengan hotel dari segala aspek. Seorang asisten manager hotel tidak menutup kemungkinan akan naik jabatan menjadi manager hotel. Sehingga ketika melakukan pekerjaan seorang asisten manager harus dilakukan dengan baik agar ketika menjadi seorang manager sudah terlatih dan berpengalaman.

  • Event planner

Salah satu untuk meningkatkan pengunjung hotel yaitu dengan melakukan kerja sama dengan pihak lain yang sering mengadakan acara. Baik itu pameran, seminar maupun acara yang lain. Demi kelancaran acara pihak hotel harus bertanggung dari segi fasilitas seperti tempat, makanan dan lain sebagainya.

  • Purchasing

Seorang purchasing harus dapat memperhitungkan dengan pasti tentang stok produk yang dibutuhkan oleh hotel. Tidak ada kata kurang atau lebih. Semua harus sesuai standar hotel.

Demikian itu adalah berbagai macam jenis pekerjaan di hotel. Semoga bermanfaat.

Kelola bisnis Anda lebih mudah

dengan rekrutmen tenaga kerja kami dan platform manajemen terbarukan.

MULAI SEKARANG HUBUNGI KAMI

0 thoughts on “Jenis-jenis Pekerjaan di Hotel

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>