Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp

Jenis-jenis Pekerjaan di Restoran

Jenis pekerjaan di restoran sangat banyak dibutuhkan dan diminati oleh kalangan masyarakat. Mengingat era sekarang peluang mendirikan bisnis sangat besar terutama bisnis dalam makanan berat seperti restoran, cafe, dan tempat makan lainnya. Selain itu banyak sekali orang berlomba-lomba untuk membuat restoran dengan bermacam-macam makanan yang unik dan berbeda. Semua itu dilakukan untuk kepuasan konsumen. Simak terus pekerjaan yang dibutuhkan oleh restoran, sebagai berikut:

Inilah Jenis Pekerjaan di Restoran

Jenis pekerjaan di restoran diantaranya seperti kasir, pelayan, koki atau chef dan masih banyak lagi. Semua pekerja harus menjalankan pekerjaannya dengan dan penuh tanggung jawab, terutama bagi chef dan pelayan. Berikut ini adalah berbagai macam profesi yang ikut berperan demi kesuksesan restoran:

  • Manager restoran

Seorang manager wajib mempunyai pengetahuan atau wawasan luas terutama tentang pengelolaan restoran. Seorang manager restoran mempunyai tanggung jawab besar atas kesuksesan sebuah restoran. Tugas utama seorang manager adalah memastikan restoran berjalan dengan lancar. Adapun tugas detail seorang manager restoran seperti mengawasi restoran, berhak menerima atau memecat karyawan restoran, menjamin kemampuan karyawan sudah sesuai standar restoran, mengawasi kegiatan dapur, termasuk memastikan stok bahan makanan dan peralatan dapur sudah sesuai dan masih banyak lagi.

  • Koki 

Pekerjaan sebagai koki sangat banyak dicari atau dibutuhkan oleh restoran. Mengingat koki atau chef merupakan peracik makanan yang dipesan oleh konsumen. Tugas utama seorang koki adalah membuat masakan atau makanan sesuai pesanan pelanggan atau pengunjung restoran.

Seorang koki wajib mempunyai pengalaman dan juga pengetahuan luas tentang masakan. Hal yang paling penting dari seorang koki adalah harus selalu menjaga kebersihan makanan dan peralatan dapur terutama memastikan tangan selalu dalam keadaan bersih ketika akan menyajikan pesanan.

  • Koki eksekutif
Baca juga :   Cek Fakta Sebelum Kerja di Industri Perhotelan

Biasanya sebuah restoran terkenal atau restoran mewah memiliki lebih dari satu koki sehingga biasanya membutuhkan seorang koki eksekutif yang bertugas sebagai ketua atau kepala koki. Seorang koki eksekutif harus selalu memastikan bahwa koki-koki dapur bekerja dengan baik.

Selain itu tugas utama yang tidak kalah penting sebagai koki eksekutif adalah membuat hidangan spesial atau yang berbeda dari restoran lainnya. Sehingga seorang koki eksekutif harus selalu berinovasi atau menciptakan masakan baru.

Memastikan pesanan para pengunjung terselesaikan dengan baik, mengatur jadwal atau shift koki merupakan tugas penting lainnya seorang koki eksekutif. Oleh sebab itu seorang koki eksekutif harus mempunyai pengalaman yang banyak terutama tentang masakan.

  • Barista

Selain makanan restoran juga menyediakan minuman. Selain makanan yang diperhatikan minuman juga menjadi hal yang penting dari sebuah restoran. Sehingga sudah pasti sangat membutuhkan seseorang yang ahli dalam meracik minuman.

Seseorang yang ahli atau pandai dalam meracik minuman terkenal dengan sebutan barista. Seorang barista harus mempunyai wawasan yang luas tentang bahan minuman. Sehingga akan menghasilkan racikan minuman yang enak tentunya yang disukai oleh pengunjung.

Seorang barista juga dituntut untuk mempunyai banyak pengalaman seputar meracik minuman. Pengalaman itu dapat dilihat dari pengalaman kerja, pelatihan yang pernah diikuti dan lain sebagainya.

  • Penerima tamu

Penerima tamu restoran diharuskan mempunyai penampilan yang menarik dan bersih terutama bersikap ramah kepada para pengunjung resoran. Tugas utama seorang penerima tamu restoran adalah menyambut pengunjung, mencarikan tempat duduk, mengantar tamu ke tempat duduk yang sesuai jumlahnya dan juga memanggilkan pelayan.

Sebagai seorang penerima tamu harus mengetahui bagaimana keadaan restoran terutama tentang tempat duduk yang masih ada. Sehingga ketika restoran sedang penuh dan ada pengunjung yang datang maka penerima tamu langsung dapat memberitahu kepada tamu dengan sopan.

Baca juga :   10 Lokasi ATM Beras di Jabodetabek

Selain itu jika ada pesanan atau reservasi yang dilakukan oleh pengunjung wajib bagi seorang penerima tamu untuk mencatat dan mempersiapkan tempat sesuai pesanan pengunjung. Sopan santun dan ramah serta murah senyum adalah modal utama seorang penerima tamu restoran.

  • Pelayan restoran

Pelayan merupakan pekerja yang paling banyak dibutuhkan oleh restoran. Terutama restoran terkenal yang sudah mempunyai banyak pengunjung atau pelanggan.

Tugas utama seorang pelayan restoran adalah melayani pengunjung dengan baik mulai dari membantu pengunjung yang akan memesan makanan atau minuman, menjelaskan menu yang tidak dimengerti oleh pengunjung, mencatat pesanan dan pastinya mengantar pesanan sampai ke meja pengunjung.

Selain itu seorang pelayan harus tanggap dan mempunyai respon cepat jika pengunjung atau tamu memanggil dan membutuhkan sesuatu atau pesanan tambahan. Ketelitian dan keramahan wajib dimiliki oleh pelayan restoran.

  • Kasir 

Kasir harus dan wajib hukumnya ada di sebuah restoran. Seorang kasir wajib mempunyai ketelitian tinggi, jujur, pandai berhitung dan selalu bersikap ramah. Tugas utama kasir yaitu mencatat setiap hasil penjualan yang masuk serta menerima uang dari pelanggan yang memesan makanan atau minuman serta melaporkan pendapatan dan menyetorkan uang dengan jujur.

Seorang kasir harus mempunyai penampilan yang menarik, sopan, ramah, murah senyum. Hal ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pengunjung yang datang.

  • Pencuci piring dan peralatan restoran

Kebersihan semua peralatan restoran harus diperhatikan terutama tempat hidangan yang akan disajikan ke pengunjung seperti piring, gelas, sendok dan lain sebagainya. Oleh sebab itu setiap restoran harus mempunyai pekerja khusus untuk mencuci semua peralatan tersebut. Sehingga kebersihan peralatan terjaga dengan baik. Seorang pencuci piring dan peralatan restoran lainnya harus selalu teliti jangan sampai ada noda yang masih menempel.

Baca juga :   Beriklan Informasi Lowongan Kerja Gratis? Di myrobin.id aja

Demikian itu adalah berbagai macam jenis pekerjaan di restoran. Semua profesi tersebut harus menjalin kerja sama dengan baik. Agar semua urusan restoran selesai dengan baik. Semoga bermanfaat.

Kelola Bisnis Anda Lebih Mudah

dengan rekrutmen tenaga kerja kami dan platform manajemen modern.

Artikel terkait

0 thoughts on “Jenis-jenis Pekerjaan di Restoran

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Selamat Datang di MyRobin.id

Apa yang sedang Anda cari?

job-search (2)

Saya Ingin Melamar Kerja

Buat akun untuk mencari lowongan yang tepat untuk anda

X