Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp

Kemudahan Bekerja dengan Staf Temporer atau Pekerja Lepas Bagi Bisnis Anda

Bagi kebanyakan organisasi maupun korporasi yang masih sangat mengandalkan full-time employees, Michael Page, yang dimana merupakan perusahaan ahensi dalam bidang rekrutmen, dalam salah satu report-nya, Michael Page menyatakan bahwa sistem kontrak dan freelance semakin meningkat dalam tren dunia kerja.

Hal ini meninggalkan pertanyaan besar untuk para manager dan dan tim rekrutmen:
Apa sebenarnya keuntungan akan merekrut para pekerja lepas untuk perusahaan atau bisnis?

Beradaptasi dengan tren gig economy sangatlah esensial, dan staf yang bersifat sementara maupun pekerja lepas dapat berfungsi sebagai aset yang baik untuk organisasi maupun bisnis — asalkan Anda merangkul mereka dengan cara pendekatan yang benar dan tepat. Beberapa keuntungan diantaranya — dari besarnya fleksibilitas hingga pengurangan biaya — berikut adalah 6 Alasan bahwa meng-hire Staf Temporer atau Pekerja Lepas Bisa Mempermudah Hidup Anda:

1. Fleksibilitas Yang Tinggi

Setiap perusahaan maupun bisnis pasti melewati masa-masa sibuk atau bahkan periode yang sepi, sejalannya dengan perkembangan kebutuhan pasar maupun industri bidang bisnis Anda. Namun, Anda tetap harus membayar karyawan full-time Anda dengan jumlah yang sama, terlepas dari berapa banyak pendapatan yang dihasilkan.

Staf Temporer memungkinkan Anda untuk mengukur tim Anda berdasarkan kebutuhan aktual, tanpa pemberian komitmen yang sama dengan staf paruh waktu atau penuh waktu yang permanen.

Selain itu, pekerja lepas dapat memberi Anda bantuan tambahan, jika ada penanganan untuk proyek ad-hoc atau membutuhkan bantuan tambahan untuk memenuhi tenggat waktu. Beberapa freelancer juga terbuka untuk bekerja di luar jam kantor reguler, yang dimana akan memberikan Anda produktivitas yang lebih tinggi setiap saat.

Baca juga :   Jenis-jenis Pekerjaan di Café

2. Penyelamat Di Saat Yang Tidak Terduga

Bisa dikarenakan pergantian karyawan (employee turnover) atau keadaan darurat keluarga, dan lainnya, setiap perusahaan perlu menangani masalah yang tidak terduga yang muncul dalam tim mereka sendiri. Ini sering membuat perusahaan berjuang untuk memenuhi deadline yang ada, dan memberikan tekanan tambahan pada karyawan yang ada yang perlu mengkompensasi perubahan dalam organisasi Anda.

Apakah Anda tahu bahwa 52% dari pengusaha menyebutkan bahwa kekurangan talenta adalah alasan utama untuk mempekerjakan staf temporer? Dalam keadaan yang tidak terduga, pekerja lepas juga dapat berfungsi sebagai solusi jangka panjang untuk menangani masalah ini. Jika Anda memiliki kumpulan freelancer potensial, Anda dapat dengan cepat memanggil mereka untuk membantu proyek-proyek penting, tanpa perlu khawatir tentang proses perekrutan dan orientasi di waktu awal bekerja.

3. Lebih Efisien

Staf temporer sering diajak bergabung untuk menyelesaikan tugas atau proyek tertentu. Karena itu, mereka tidak terikat dengan tugas sehari-hari yang datang secara full-time maupun permanen, oleh karena itu mereka hanya dapat fokus dalam menyelesaikan suatu pekerjaan terkait yang telah dimandatkan.

Anda juga dapat memilih karyawan temporer atau freelancer yang cocok dengan keahlian yang dibutuhkan untuk tugas tertentu, yang dimana sangat bermanfaat jika adanya kurang keterampilan dalam suatu team.

4. Biaya Yang Lebih Hemat

Untuk staf full-time, Anda perlu menawarkan paket remunerasi yang menarik dengan gaji yang kompetitif dari keuntungan perusahaan. Namun, dengan staf temporer, Anda tidak perlu khawatir, juga dalam hal memberikan cuti tahunan atau cuti sakit – ditambah, karyawan temporer pada umumnya bertanggung jawab atas kontribusi yang super dan asuransi mereka sendiri. Pada akhirnya, ini membebaskan biaya penggajian sehingga Anda dapat berinvestasi lebih banyak dalam pengembangan karyawan internal yang sudah ada.

Baca juga :   3 Contoh Lamaran Kerja Profesional & Contoh CV Yang Benar

Sebagian besar pekerja lepas juga menetapkan tarif mereka sendiri dengan perhitungan tarifnya masing-masing. Pendekatan transparan ini menghilangkan persepsi untuk negosiasi gaji: jika tarifnya sesuai dengan anggaran, maka cocoklah.

5. Staf Temporer Umumnya Bermotivasi Tinggi

Pada umumnya, ada kesalahpahaman bahwa pekerja lepas dan staf temporer hanya ada untuk menyelesaikan pekerjaan. Namun, kebenarannya jauh dari ini. Sebuah survei oleh Payoneer menunjukkan bahwa 52% pekerja lepas mencari pekerjaan tambahan, dan 68% ingin meningkatkan jumlah uang yang mereka hasilkan.

Staf temporer tidak terikat pada satu organisasi, yang berarti pendapatan mereka bergantung pada memelihara hubungan dengan klien. Karena itu, mereka sering bersedia untuk bekerja pada waktu yang diperlukan serta untuk memastikan mereka mempertahankan hubungan kerja yang positif dengan pihak organisasi atau bisnis, untuk meningkatkan kemungkinan pemberian pekerjaan akan berulang kembali.

6. Bisa Jadi Calon Staf Permanen

Meskipun Anda mungkin bekerja dengan staf temporer menggunakan perjanjian kontraktor independen, hal ini dapat dibalik, yang dimana staf temporer tersebut bisa berpotensi menjadi karyawan tetap. Selama proses bekerjasama dengan mereka, Anda dapat mengevaluasi kecocokan budaya dan hubungan profesional untuk melihat apakah hubungan kerjasama kalian cocok.

Dengan mempekerjakan seseorang yang pernah bekerja sama dengan Anda sebelumnya, hal ini dapat mengikis waktu yang berharga untuk proses perekrutan dan onboarding karyawan baru lagi. Plus, sebagai freelancer, mereka akan meninggalkan daftar klien dari banyaknya proyek kerja yang telah ditangani selama menjadi pekerja lepas untuk perusahaan Anda, ada kemungkinan besar mereka lebih terlibat dengan perusahaan Anda daripada kandidat reguler.

Kelola Bisnis Anda Lebih Mudah

dengan rekrutmen tenaga kerja kami dan platform manajemen modern.

Artikel terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Selamat Datang di MyRobin.id

Apa yang sedang Anda cari?

job-search (2)

Saya Ingin Melamar Kerja

Buat akun untuk mencari lowongan yang tepat untuk anda

X