Kenali Ciri-Ciri Interview Palsu Berikut Ini Agar Terhindar Dari Penipuan
Artikel,Untuk Pencari Kerja

Kenali Ciri-Ciri Interview Palsu Berikut Ini Agar Terhindar Dari Penipuan

Kenali Ciri-Ciri Interview Palsu Berikut Ini Agar Terhindar Dari Penipuan – Mencari pekerjaan memang tidaklah mudah untuk dilakukan, bahkan sebelum atau setelah pandemi sekalipun mencari pekerjaan tidaklah mudah. Apalagi jika Anda bercita-cita mencari pekerjaan yang bekerja di kantoran atau perusahaan-perusahaan besar dengan gaji yang tinggi maka pastinya rintangan yang harus Anda lewati juga akan semakin sulit.

Karena jumlah lapangan kerja dengan pelamar pekerjaan di Indonesia tidaklah sebanding jumlahnya. Sangat banyak mencari pekerjaan sedangkan lapangan kerja sangatlah terbatas sehingga mengakibatkan persaingan ketika rekrutmen menjadi lebih sengit dan semakin ketat lagi. Untuk Anda yang bercita-cita tinggi maka Anda juga harus mengupgrade kemampuan yang Anda miliki agar dapat diterima pada perusahaan besar yang Anda inginkan.

Namun dalam proses pencarian pekerjaan Anda harus teliti serta berhati-hati sebab sangat banyak penipuan yang berkedok rekrutmen pekerjaan. Akan tetapi Anda bisa mengenali penipuan itu dari ciri-ciri interview palsu sebab pada saat itu Anda akan diberikan sebuah undangan yang akan mendampakkan ciri bahwa wawancara tersebut palu dan hanya akan melakukan penipuan terhadap Anda.

Untuk itu Anda jangan asal-asal memasukkan lamaran pekerjaan pada sebuah lowongan pekerjaan yang belum valid atau belum pasti keakuratannya. Jangan sampai Anda terkena penipuan yang akhirnya malah membuat Anda merasakan kerugian yang berkepanjangan. Sebab bukan hanya akan tertipu dari segi finansial tetapi Anda juga akan merasakan penipuan dari segi data yang Anda miliki.

Sebab ketika Anda melakukan lamaran pastinya Anda akan memasukkan sejumlah data pribadi bahkan data-data penting seperti ijazah dan dokumen pendukung lainnya yang bisa disalah gunakan oleh penipu tersebut untuk mendapatkan keuntungan. Baik itu digunakan untuk mengambil pinjaman ataupun hal lainnya yang pastinya akan membuat Anda merasakan kerugian.

Tahapan dalam melakukan lamaran pekerjaan yang pertama Anda harus memasukkan surat lamaran serta dokumen-dokumen pendukung lainnya. Kemudian pihak HRD akan melakukan verifikasi mengenai dokumen yang Anda masukkan apabila dokumen dianggap sesuai maka barulah Anda akan dipanggil untuk melakukan interview tetapi apabila Anda merasa ada persyaratan yang tidak sesuai tetapi Anda mendapatkan panggilan interview maka Anda sudah patut untuk curiga sebab hal tersebut adalah salah satu ciri-ciri interview palsu.

Jadi sebelum Anda terkena yang namanya panggilan wawancara palsu maka Anda sudah patut berhati-hati apalagi jika panggilan interview tersebut sampai ke luar kota yang membutuhkan biaya banyak. Maka sebelumnya Anda wajib memeriksa apakah panggilan wawancara serta lowongan pekerjaan tersebut benar-benar valid atau tidak. Untuk itu sebaiknya Anda memperhatikan hal berikut ketika memasukkan lamaran pekerjaan.

-Catat posisi yang Anda lamar, ketika Anda memasukkan lamaran pekerjaan maka sangat penting untuk Anda mencatat posisi apa yang sebenarnya Anda lamar, jangan pernah Anda melupakan posisi apa yang telah Anda melamar pada sebuah perusahaan yang katanya membuka lowongan pekerjaan.

-Mencari informasi mengenai lowongan serta perusahaan tersebut, jika Anda menemukan sebuah informasi lowongan pekerjaan maka Anda harus mencari tahu berbagai informasi kejelasan mengenai lowongan pekerjaan yang Anda temukan serta Anda bisa melihat profil dari perusahaan tersebut. Sebab dunia teknologi sekarang ini sudah sangat canggih sehingga Anda tidak perlu merasa kebingungan akan hal tersebut.

-Ingatlah nama HRD yang bertanda tangan pada lowongan pekerjaan tersebut, ketika Anda menemukan informasi lowongan kerja maka sangat penting untuk Anda terus mengingat siapa yang bertanda tangan pada surat lowongan pekerjaan tersebut, agar kelak ketika ada panggilan interview maka Anda bisa mencocokkannya sebab salah satu ciri-ciri interview palsu ketika nama HRD nya tidak sesuai.

-Menanyakan pada pihak penyelenggara melalui akun sosial media official, Anda bisa menghubungi pihak yang katanya menyelenggarakan rekrutmen melalui contact center baik itu melalui instagram, twitter, facebook, email, serta saluran komunikasi lainnya yang akan memberikan Anda informasi valid dan jelas.

Ketika Anda sudah memastikan beberapa hal tersebut ketika hendak melakukan lamaran pekerjaan dan seluruh hasilnya menunjukkan bahwa lowongan tersebut ternyata asli maka Anda barulah bisa memasukkan lamaran pekerjaan. Namun apabila sebaliknya dan menunjukkan bahwa lowongan tersebut memiliki tanda-tanda kepalsuan maka jangan sekali-kali Anda memasukkan lamaran pekerjaan pada lowongan tersebut.

Sebab ketika Anda tetap ngotot memasukkan lamaran maka pastinya Anda akan mendapatkan surat undangan interview palsu yang sengaja dibuat agar Anda bisa dikelabui serta ditipu. Agar Anda tidak termakan oleh iming-iming surat panggilan interview palsu maka sebaiknya Anda mengenali ciri-ciri interview palsu sehingga Anda tidak akan langsung percaya ketika Anda mendapatkan email undangan interview.

Untuk membantu Anda mengenali apa saja ciri-ciri dari sebuah interview palsu maka Anda dapat menyimak dan membaca terus artikel ini sebab akan dibahas berbagai ciri yang tentunya akan membantu Anda mengetahui bahwa undangan interview tersebut adalah undangan palsu yang apabila Anda mendatanginya malah hanya akan membuat Anda mengalami kerugian.

ciri-ciri interview palsu
ciri-ciri interview palsu

Untuk itu berikut ini ciri-ciri interview palsu yang dapat Anda kenali dari undangan pemanggilan yang dikirimkan kepada Anda. Biasanya undangan interview ini akan masuk melalui alamat email yang Anda cantumkan ketika memasukkan lamaran pekerjaan pada lowongan kerja bodong tersebut. Baca juga artikel tentang apa saja tugas customer service?

Biasanya Terdapat 7 Halaman

Undangan interview yang masuk ke email Anda biasanya berbentuk pdf dengan jumlah halaman sekitar 6 sampai 7 halaman. Pada dokumen tersebut menjelaskan berbagai hal, mulai dari maksud dan tujuan surat tersebut, siapa yang lolos administrasi, tempat pelaksanaan, dan banyak hal yang dibahas dalam surat lamaran tersebut. Namun sangat sering undangan tersebut berisi 7 halaman.

Jadi ketika Anda mendapatkan undangan interview yang sampai berisi 7 halaman pdf maka sebaiknya Anda harus mempertanyakan banyak hal mengenai undangan tersebut.

Panggilan Interview Tidak Sama Sekali Menyebutkan Posisi yang Anda Lamar

Ciri-ciri interview palsu selanjutnya adalah di dalam 7 lembar surat lamaran tersebut tidak sama sekali disebutkan posisi apa yang Anda melamar pada lowongan pekerjaan tersebut. Hanya akan disebutkan mengenai adanya lowongan pekerjaan dengan berbagai posisi yang tersedia tetapi sama sekali tidak menyebutkan bahwa Anda memasukkan lamaran pekerjaan pada posisi ini .

Sehingga sangat penting untuk Anda mencatat dan terus mengingat posisi pekerjaan apa yang Anda masukkan ketika melakukan pengisian formulir lamaran kerja pada lowongan kerja yang ternyata bodong. Ketika tercantum sebuah posisi lamaran pada surat pemanggilan interview maka Anda tetap harus mencocokkan dengan posisi yang sebenarnya Anda lamar, jika tidak sesuai maka sebaiknya sudah patut untuk berhati-hati kepada panggilan interview tersebut.

Mencantumkan Semua Nama Calon Kandidat Interview

Ketika Anda menemukan sebuah surat lamaran yang mencantumkan seluruh nama, alamat, serta informasi dari seluruh calon kandidat yang dinyatakan lolos administrasi dan akan melakukan interview. Maka Anda langsung saja untuk memutuskan untuk tidak melanjutkan dan terlalu berharap dengan surat panggilan interview tersebut. Sebab mencantumkan nama seluruh calon kandidat adalah ciri-ciri interview palsu.

Secara logika Anda hanya harus mendapatkan surat panggilan khusus untuk Anda dan tidak mencantumkan seluruh nama peserta karena hal tersebut tidak penting dan tidak harus untuk Anda ketahui.

Memerintahkan Anda untuk Reservasi Tiket dan Akomodasi pada Panitia Rekrutmen

Satu ciri yang sangat jelas membuktikan bahwa surat undangan interview tersebut palsu atau bodong adalah ketika Anda dalam surat tersebut menyebutkan bahwa Anda harus melakukan reservasi pemesanan tiket pada panitia atau menunjuk salah satu travel dengan mencantumkan nama serta nomor hp travel tersebut. Hal inilah yang menjadi motif paling dasar hadirnya penipuan ini agar Anda mengirimkan uang untuk biaya travel yang sebenarnya tidak ada.

Sebab nama travel serta kontak travel yang dicantumkan juga palsu, yang membuatnya lebih janggal lagi adalah Anda akan diberikan arahan untuk melakukan pembayaran secepat mungkin. Hal ini tentunya agar Anda segera melakukan pembayaran dan Anda akan kehilangan uang yang Anda kirimkan karena ingin melakukan reservasi tiket pesawat, penginapan, dan akomodasi lainnya.

Anda akan Diminta Membayar Transportasi, Konsumsi, dan Akomodasi Pribadi

Sebuah rekrutmen biasanya tidak akan memungut biaya apapun dari seorang pelamar atau kandidat interview. Tetapi ciri-ciri interview palsu berikutnya yakni Anda akan diminta untuk menalangi terlebih dahulu biaya transportasi, konsumsi, serta akomodasi lainnya dengan iming-iming bahwa seluruh dana yang telah Anda gunakan akan diganti oleh pihak perusahaan setelah proses rekrutmen telah selesai.

Anda jangan sampai percaya dengan modus tersebut, jangankan seluruh dana yang Anda gunakan akan tergantikan malah Anda tidak akan pernah melaksanakan interview yang dibicarakan sehingga Anda benar-benar merasakan yang namanya kerugian materi yang sangat besar.

Banyak Informasi yang Tidak Jelas

Ciri selanjutnya dari sebuah interview bodong atau palsu adalah di surat undangan interview yang berisi 7 halaman tersebut berisi berbagai hal yang sebenarnya tidak relevan dengan surat pemanggilan interview. Membahas mengenai travel, syarat dan ketentuan rekrutmen padahal rekrutmen tersebut sudah berjalan dan sudah masuk ke tahap interview sehingga tidak perlu mencantumkan syarat dan ketentuan ketika akan melakukan lamaran pekerjaan.

Dikirimkan Bukan dari Email Resmi

Tidak hanya itu saja, ciri-ciri interview palsu berikutnya adalah surat panggilan interview palsu ini biasanya dikirimkan dari sebuah email palsu atau tidak dikirimkan dari email resmi perusahaan atau rekrutmen tersebut. Apalagi jika Anda mendapatkan panggilan interview bank maka Anda harus memastikan bahwa panggilan tersebut berasal dari email resmi yang dimiliki oleh perusahan terkait, jika dikirimkan dari email palsu maka sudah bisa ditebak bahwa surat tersebut palsu.

Tempat Interview di Pusat

Biasanya jika Anda memasukkan lamaran pekerjaan dan perusahaan tersebut memiliki cabang terdekat dari Anda maka Anda akan diminta melakukan interview pada cabang tersebut. Namun jika surat lamaran tersebut menempatkan bahwa Anda melakukan lamaran di pusat maka Anda sudah patut untuk mempertanyakan hal tersebut.

Nama HRD atau Pimpinan Salah

Anda juga harus memperhatikan nama HRD atau pimpinan yang tercantum pada surat panggilan, jika namanya salah dan bukanlah nama HRD atau pimpinan dari perusahaan yang dirujuk maka Anda jangan sampai mempercayai surat panggilan interview tersebut.

Demikianlah informasi penting mengenai ciri-ciri interview palsu yang wajib untuk Anda ketahui agar Anda tidak terkena kasus penipuan akibat modus interview kerja.

Sedang Cari Karyawan? Jasa Outsourcing Terbaik dan Terpercaya di Indonesia. Hubungi myrobin.id menyediakan tenaga kerja bertalenta & profesional

Kelola bisnis Anda lebih mudah

dengan rekrutmen tenaga kerja kami dan platform manajemen terbarukan.

MULAI SEKARANG HUBUNGI KAMI

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>