New Logo MyRobin
Search
Close this search box.

Lion Parcel Atasi Tantangan Kebutuhan Tenaga Kerja yang Dinamis bersama MyRobin

140+
Total Pekerja Aktif
280+
Total Pekerja Disalurkan
85%
Fulfillment Rate
85%
Absensi
7+
Total Office
100%
Migration Rate
Studi Kasus MyRobin Lion Parcel

Tantangan

Peran Lion Parcel sebagai salah satu mitra penyedia layanan pengiriman utama dari beberapa platform e-commerce ternama di Indonesia mengakibatkan fluktuasi kebutuhan pekerja yang harus dipenuhi, terutama ketika periode tenggat event terbatas.

Solusi

MyRobin memberikan solusi efektif dengan memanfaatkan fleksibilitas, jaringan, dan akses yang luas terhadap talent pool untuk mengatasi dinamika kebutuhan tenaga kerja Lion Parcel.

Kebutuhan Manpower di Lion Parcel maupun LILO seringkali berlangsung secara dinamis, namun sejauh ini MyRobin dapat mengikuti ritme kami dalam penyediaan kebutuhan tersebut bahkan sudah cukup banyak melakukan improvisasi pengelolaan end-to-end Manpower tersebut

Karami Balfas
Karami Balfas

People Service Lead of Lion Parcel

Sekilas Tentang Perusahaan

Lion Parcel, atau dikenal juga dengan nama PT Lion Express, adalah perusahaan logistik yang menyediakan layanan logistik end-to-end, yang mencakup pengambilan barang, pengangkutan dari sumber ke pusat distribusi, hingga pengiriman akhir ke tujuan, baik untuk pengiriman domestik maupun internasional.

Dengan lebih dari 7.000 agen, 15.000 kurir, dan 3.000 armada, Lion Parcel mengcover lebih dari 98% kecamatan di 34 provinsi Indonesia, menyediakan layanan logistik terjangkau tanpa batasan waktu dan jarak.

Alasan Lion Parcel Memilih MyRobin sebagai Business Process Outsourcing End-to-End

Perkembangan Lion Parcel yang sangat cepat dalam industri logistik membuat mereka harus menemukan cara untuk menangani tantangan fluktuasi permintaan tenaga kerja yang berubah sesuai kebutuhan dan situasi tertentu, terutama karena Lion Parcel berperan sebagai pihak ketiga bagi beberapa platform e-commerce terkemuka seperti Shopee, Tokopedia, dan Lazada.

Sebagai mitra e-commerce terkemuka, Lion Parcel bertanggung jawab atas pemenuhan permintaan logistik yang mengalami fluktuasi, terutama saat terjadi event besar seperti promo, penjualan besar-besaran, dan event penting lainnya.

Dalam situasi ini, Lion Parcel harus siap mengatasi lonjakan pengiriman sehingga memerlukan penyesuaian kebutuhan tenaga kerja secara cepat, fleksibel, dan efisien untuk menghadapi tantangan dalam memproses pengiriman dengan akurat dan tepat waktu.

Solusi MyRobin

MyRobin memberikan solusi kepada Lion Parcel dalam menghadapi dinamika kebutuhan tenaga kerja yang fluktuatif dengan menyediakan layanan outsourcing tenaga kerja end-to-end yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Lion Parcel.

Tenggat waktu event yang terbatas yang dihadapi oleh Lion Parcel mengharuskan MyRobin untuk selalu sigap menghadapi perubahan mendadak, baik dalam posisi maupun jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan oleh Lion Parcel.

Hal ini tidak akan tercapai tanpa adanya fleksibilitas dan akses terhadap talent pool yang luas, dan hal ini berhasil dibuktikan MyRobin dengan mencapai tingkat pemenuhan pekerja lebih dari 85%, yang terdiri dari berbagai posisi seperti kurir, driver, admin, dan data entry.

Pre-Screening Menjadi Solusi Mendorong Kualitas Pekerja MyRobin

MyRobin memahami seberapa pentingnya tingkat responsivitas terhadap perubahan permintaan tenaga kerja, terutama dalam lingkungan bisnis yang selalu berubah. MyRobin dapat dengan cepat mengidentifikasi perubahan dan menyediakan kebutuhan tenaga kerja yang sesuai dalam waktu yang singkat. Namun, semua itu tidak akan bermakna jika pekerja yang disalurkan kepada  Lion Parcel tidak memiliki kualitas yang memadai.

MyRobin menekankan pentingnya kualitas tenaga kerja yang disediakan dengan tidak hanya berfokus pada kecepatan dalam pemenuhan tenaga kerja, tetapi juga pada kualifikasi, pengalaman, dan keterampilan yang diperlukan. Semua ini hanya dapat dicapai melalui proses pre-screening yang berkualitas.

MyRobin menjalankan proses pre-screening dengan sangat hati-hati. Tidak hanya memeriksa kelengkapan identitas dan dokumen berkendara, MyRobin juga melakukan pemeriksaan latar belakang, riwayat kerja, hingga penggunaan obat-obatan terlarang.

Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa Lion Parcel, dan perusahaan mitra MyRobin lainnya tidak hanya mendapatkan karyawan dalam jumlah yang diperlukan, tetapi juga berkualitas dan dapat memberikan kontribusi positif terhadap kesuksesan perusahaan.

Salah satu indikator yang dapat digunakan untuk menilai hal ini adalah tingkat absensi. MyRobin berhasil menekan tingkat absensi hingga sebesar 85%, mencerminkan kualitas kehadiran yang baik di lingkungan kerja.

Worker Benefit Sebagai Solusi Menjaga Produktivitas Pekerja

Profesi kurir, dan driver merupakan salah satu dari banyak profesi yang memiliki resiko kecelakaan tinggi, terlebih untuk pekerja harian lepas yang tidak memiliki akses terhadap BPJS kesehatan dan ketenagakerjaan.

Menyadari hal ini, MyRobin menyediakan asuransi kesehatan bagi pekerja MyRobin yang tidak memiliki akses terhadap BPJS. Hal ini bertujuan agar pekerja dapat merasa lebih aman saat bekerja, dan dapat meningkatkan produktivitasnya.

Selain asuransi, MyRobin juga menyediakan benefit lain seperti Early Wage Access (EWA), dan Paylater. Hal ini merupakan komitmen MyRobin untuk memastikan kesejahteraan dan perlindungan bagi seluruh pekerja yang berada di bawah naungannya.

*Studi kasus ini dibuat berdasarkan data dari bulan Januari – November 2023

Perusahaan

Lion Parcel

Industri

Logistik

Ukuran Perusahaan

Besar

Lokasi

Indonesia

CTA Studi Kasus

Efisiensikan Bisnis Anda bersama MyRobin

Tingkatkan efisiensi anda dalam merekrut hingga mengelola pekerja kontrak yang banyak, cepat, dan berkelanjutan. Hubungi kami melalui formulir di bawah ini:

*Formulir ini bukan untuk melamar kerja! hanya untuk keperluan bisnis