Membuat CV Mudah dan Gratis
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp

Membuat CV Mudah dan Gratis

Membuat CV mudah dan gratis saat ini memang mempermudah para pelamar kerja. Jadi format yang ada sudah tersedia tinggal melakukan modifikasi saja dan siap untuk digunakan dalam melamar kerja. Bantuan aplikasi seperti myrobin.id juga bisa membantu desain CV secara gratis lalu bagaimana langkah membuatnya?

Membuat CV Mudah dan Gratis
Membuat CV Mudah dan Gratis

1. Persiapkan Konsep CV

Membuat CV memang dibutuhkan keahlian tersendiri, pasalnya dalam menyajikan CV harus sesuai dan agar memikat HRD. Maka sebelum memulainya pada desain CV, cobalah untuk mempersiapkan konsep CV yang sesuai. Dengan adanya konsep  bisa jadi panduan dan memudahkan saat membuat CV memakai template.

Pada konsep yang dibuat ini juga sangat penting untuk melihat seberapa lengkap CV yang dibuat. Apakah sudah sesuai atau ternyata bertele-tele yang ada pada konsep. Jadi ketika membuat konsep masih bisa untuk direvisi dan diubah sesuai dengan ketentuan.

2. CV Harus Mencantumkan Profil

Penting yang ada pada CV yaitu harus mencantumkan profil diri, mulai dari informasi sekolah formal, non formal bahkan keikutsertaan dalam organisasi.  Membuat CV mudah ini menjadi penting untuk diaplikasikan. Pasalnya saat ini ada aplikasi yang membantu dalam pembuatan CV seperti myrobin.id. Tentunya akan semakin mudah mendapatkan CV yang sesuai dan tampil berbeda.

Profil singkat seseorang bisa tertampil pada CV yang nantinya akan digunakan untuk melamar kerja. Dengan informasi secara padat, tetap dan akurat ini akan membantu tim HRD ke depan untuk bisa melihat potensi kandidatnya dari CV. Jadi perjelas dalam membuat CV agar lebih mudah dipahami dan tampil lebih menarik.

Baca juga :   Pendaftaran Prakerja Gelombang 11 resmi dibuka, kuota 400.000 peserta & batas akhir 4 November 2020!

3. Tunjukkan Kemampuan Yang Tercantum di CV

Kemampuan adalah modal utama yang harus ditunjukkan pada CV misalnya saja mampu mendesain, menulis cepat dan sebagainya. Maka kemampuan atau skill yang dimiliki ini juga harus dicantumkan dengan jelas melalui CV yang ada. Dengan begitu, CV akan semakin berpeluang untuk bisa diterima.

Setiap perusahaan akan memantau kemampuan yang dimiliki oleh kandidatnya. Dengan begitu akan memudahkan untuk bisa memilih kandidat mana yang paling relevan dengan kebutuhan atau skill untuk perusahaan. Yang jelas kemampuan para kandidat haruslah relevan dan sesuai dengan apa yang perusahaan inginkan.

4. Sampaikan Profil Sesingkat Mungkin

Untuk membuat CV mudah maka sampaikan profil sesingkat mungkin dengan memperjelas apa yang dibutuhkan perusahaan. Biasanya komponen profil ini terkait pengalaman kerja, skill dan lainya yang memang harus ada pada CV. Adapun profil secara singkat ini juga akan memikat hati para HRD jika disajikan dengan menarik.

Tidak harus menuliskan profil dengan cara yang bertele-tele, cukup dengan menggunakan layanan template CV yang digunakan. Maka profil yang ada bisa tersampaikan secara keseluruhan bisa segera diberikan kepada pihak HRD. Yang kemudian akan diproses apakah lolos atau tidak dalam pembuatan CV.

5. Cantumkan Kontak Personal

Saat memandang bahwa membuat CV ini mudah memang semudah dari kenyataannya. Dimana saat ini membuat CV bisa dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi seperti myrobin.id. Jadi saat melamar kerja tidak perlu kerepotan mencari CV yang akan digunakan, bisa pakai aplikasi kapan saja dan dimana saja.

Pentingnya mencantumkan kontak person ini untuk melihat apakah aktif atau tidak. Maka biasanya mencantumkan nomor HP juga alamat email yang dimiliki. Adanya dua komponen ini menjadi penting dimana nantinya pihak HRD akan membalas bisa via email atau menghubungi secara personal. Baca juga Komponen Penting Dalam Membuat CV.

6. Pakai Desain CV Yang Menarik

Penting saat membuat CV mudah yaitu dengan memakai desain CV yang menarik dan elegan. Pasalnya awal yang terlihat ketika membuat CV yaitu dengan melihat desainnya yang ada, jika tampak menarik maka akan semakin menambah nilai estetika dan tampilannya yang ada dengan disesuaikan isi desainnya.

Baca juga :   4 Contoh Daftar Riwayat Hidup yang Paling Sederhana

Berbagai desain yang tersedia bisa dipilih untuk menampilkan CV yang menarik, pilihlah template yang simple dan disajikan dengan font tulisan yang tepat tidak terlalu besar. Jadi desain CV ini bisa tampak eye catching tampak secara visual. Penampilan CV yang fresh juga menarik bisa jadi daya tarik tersendiri untuk lamaran kerja.

7. Gunakan Font Tulisan Yang Sesuai

Pada saat buat CV, pakai font yang sesuai, maksudnya adalah font yang pas tidak terlalu besar maupun terlalu kecil. Dengan begitu akan terlihat tidak tersusun rapi ketika membuat CV, pasalnya jika salah dalam memilih font juga nantinya akan berpengaruh pada tampilan tulisan. Seperti tulisan terlihat terlalu besar atau tulisan terlalu kecil yang tampak di CV.

Untuk bisa mendapatkan desain CV secara khusus dan juga mudah bisa dengan aplikasi myrobin.id dengan berbagai template dan desain bisa disesuaikan. Jadi tampilan CV akan tampak lebih menarik serta standar font juga sudah pas saat digunakan pada CV tersebut.

8. Cantumkan Pengalaman Kerja

Ketika membuat CV mudah dilakukan, maka banyak yang bisa membuat desain CV sendiri. Caranya dengan mencantumkan pengalaman kerja yang dimiliki secara spesifik. Biasanya pihak HRD akan melihat skill juga dari pengalaman kerja yang tercantum pada CV.

Semakin banyak pengalaman kerja yang dimiliki maka semakin banyak pula pengalaman. Biasanya pengalaman ini yang justru dibutuhkan perusahaan, artinya kandidat sudah mampu beradaptasi dengan kerjasama. Maka saat terjun ke dunia kerja juga sudah siap untuk menjalankan pekerjaan sesuai dengan bidangnya.

9. Tuliskan Komponen CV Sesuai Prosedur

Penting dalam pembuatan CV yaitu dengan menuliskan komponen yang ada dan disesuaikan dengan prosedurnya. Biasanya pada CV hal yang wajib dicantumkan seperti nama, pengalaman kerja, lulusan mana, skill dan info terkait lainnya yang berdasarkan bidang yang diminati. Tampilan CV harus tampak simple serta spesifik dalam memuat info penting tentang profil kandidat.

Baca juga :   180.000 Pengguna pra-kerja dibatalkan & blacklist!

Tentunya prosedur ini penting untuk diikuti saat pembuatan CV agar nantinya tampilan CV bisa sesuai. Bahkan bisa membuat bagian HRD tertarik dan terpikat untuk menerimanya. Adapun nama, nomor kontak serta email juga wajib ada pada CV dan dicantumkan secara jelas. Jadi sewaktu-waktu tim HRD melaksanakan kontak bisa dengan mudah dilakukan.

10. Lakukan Evaluasi Akhir Pada CV

Langkah akhir pada saat membuat CV yaitu melakukan evaluasi yang menyeluruh. Fungsi dari evaluasi ini untuk mengecek isi CV apakah sudah sesuai prosedur dan standarisasi. Cek juga typo yang ada pada tulisan, pasalnya typo ini bisa jadi penyebab kegagalan tidak diterima, karena kandidat ternyata tidak teliti saat buat CV. Pastikan pula desain CV proporsional dan tampil dengan sempurna serta tidak terlalu mencolok.

Dengan begitu akan membuat CV semakin menarik serta bisa disesuaikan dengan kondisi yang ada saat ini. Untuk melakukan finishing CV tentunya perlu kehati-hatian juga ketelitian yang jeli. Pasalnya pembuatan CV yang cacat bisa menurunkan performa ketika memasukkan lamaran kerja. Oleh karena itu, evaluasi di tahap akhir pembuatan CV sangat membantu.

Dengan adanya cara membuat CV mudah dan gratis, maka bisa juga mendapatkannya di myrobin.id bisa diakses di app.myrobin.id. Sebuah aplikasi untuk lowongan kerja serta membuat desain CV secara gratis, bisa untuk membuat CV untuk para pelamar kerja. Selain itu, disana anda bisa saling bertukar informasi atau sekedar mencari dan membangun jaringan kerja atau networking disana. Yuk, tunggu apalagi buat akunnya sekarang dapatkan banyak manfaatnya. Ada giveawaynya juga lho.

Kelola Bisnis Anda Lebih Mudah

dengan rekrutmen tenaga kerja kami dan platform manajemen modern.

Artikel terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

DBS Bank Tower 28/F, Ciputra World One
Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3 – 5, Jakarta 12940
WA untuk pekerja/mitra: +62 81289050647
WA untuk Bisnis: +62 85 888 777 675
Fax: (+62-21) 7654 3210
Email: letstalk@myrobin.id

Selamat Datang di MyRobin.id

Apa yang sedang Anda cari?

job-search (2)

Saya Ingin Melamar Kerja

Buat akun untuk mencari lowongan yang tepat untuk anda