Cara Mudah Membuat CV Online
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp

Cara Mudah Membuat CV Online

Membuat cv online saat ini sangat mudah dan tersedia berbagai cara yang menarik. Dengan adanya template juga bisa membantu sajian CV jadi lebih elegan dan tampak berkelas. Nilai praktis dalam membuat CV juga sangat penting untuk dilakukan. Dimana CV tersebut nantinya akan digunakan sebagai syarat dalam melamar kerja. Lalu bagaimana caranya membuat CV secara online?

Cara Mudah Membuat CV Online
Cara Mudah Membuat CV Online

1. Pilih Situs Pembuatan CV Gratis

Situs Pembuatan CV Gratis
Situs Pembuatan CV Gratis

Pada saat akan buat CV secara online maka bisa dengan mengunjungi situs pembuatan CV yang gratis salah satunya di http://app.myrobin.id/ yang merupakan aplikasi untuk lowongan kerja dan pembuatan CV gratis. Jadi pelamar kerja selain mendapatkan desain CV yang menarik sekaligus juga mendapatkan informasi detail tentang pekerjaan yang ada tersebut.

Ketika situs yang gratis ini diakses tentunya akan memberikan kemudahan saat membutuhkan CV secara cepat. Apalagi bisa secara fleksibel didesain sesuai selera serta bisa menghasilkan CV yang terlihat menarik dan tampak elegan.

2. Pilih Template Yang Akan Digunakan

Jika sudah akses untuk membuat CV online maka bisa pilih berbagai template yang ada serta tersedia. Template ini bisa digunakan dan dipilih sesuai selera juga disesuaikan dengan kebutuhan berdasarkan deskripsi data yang dimasukkan. Bisa dengan mengatur font, desain gambar dan sebagainya yang ada pada template.

Pengaturan tersebut penting untuk dilakukan agar nantinya tampilan CV bisa semakin menarik juga fresh. Desain dan template yang tepat ini bisa dipakai untuk mendapatkan tampilan CV yang terlihat menarik. Jadi bisa membuka antusiasme para HRD ketika melihat CV yang tertera tersebut.

Baca juga :   Bekerja di Penyalur Tenaga Kerja Outsourcing

3. Masukkan Komponen Yang Harus Ada Di CV

Pada saat mengakses CV online maka berikutnya bisa untuk memasukkan komponen yang harus ada pada CV secara lengkap. Mulai dari nama, kontak pribadi, riwayat pendidikan, keahlian, pengalaman kerja dan sebagainya. Adapun komponen yang harus ada di CV inilah yang nantinya juga menentukan penerimaan CV yang didapatkan tersebut.

Atur bagimana tata letak ketika memasukkan masing-masing komponen yang ada di CV tersebut. Kemudian bisa pula menambah ikon gambar untuk mewakili deskiripsi personal agar terkesan lebih menarik lagi. Tampilan CV yang fresh akan sangat berpotensi untuk mendapatkan pekerjaan agar bisa diterima.

4. Periksa Tulisan Untuk Menghindari Typo Pada CV

Ketika mengetik dengan membuat CV online biasanya tidak memperhatikan typo. Maka saat sudah semua komponen dimasukkan, lakukan evaluasi dengan seluruh tampilan CV. Salah satunya yaitu dengan memeriksa tulisan yang ada agar tidak typo. Pasalnya jika tulisan yang dimasukkan tampak ada yang typo kecil kemungkinan CV dilirik oleh HRD.

Typo pada CV akan dianggap sebagai ketidaktelitian dan mengurangi nilai serta evaluasi dari tim HRD ketika melihat CV. Oleh karena itu, saat mengetik dan memasukkan data maka perhatikan baik-baik untuk bisa menghasikkan CV yang terbaik. Dengan begitu CV akan semakin mudah untuk disimak dan berpotensi diterima.

5. Unduh CV Yang Sudah Dibuat Dalam Bentuk Dokumen PDF

Jika semua tahapan sudah dilakukan saat membuat CV secara online, maka berikutnya untuk tahapan finishing yang dilakukan. Yaitu dengan mengunduh CV yang telah dibuat ke dalam format pdf dan simpanlah ke dokumen. Dengan begitu cara buat CV online dan tahapannya telah selesai.

Pentingnya mengunduh CV dengan format PDF ini nantinya akan sangat berguna untuk melamar kerja. Jika ingin memperbaharui data CV online juga tinggal buka apliaksi pembuatan CV kemudian mengeditnya dan menambahkan keterangan lainnya.

Baca juga :   13 Daftar Lowongan Pekerjaan Lulusan SMA

Dengan memahami cara mudah membuat CV online ini maka bisa digunakan untuk melamar kerja. Lalu apa saja jenis CV yang biasanya dibuat Secara online?

Jenis CV Online

Jenis CV Online
Jenis CV Online

Ada berbagai jenis CV online yang biasanya dipakai, pada CV online ini tentunya mengandalkan template yang terbaik. Keunggulan menggunakan CV online ini juga lebih praktis di desain dan sangat menarik dari segi penampilan.

Cronological CV

CV yang disajikan secara kronologi ini biasanya tampilan CV yang penting dengan urutan riwayat pendidikan selanjutnya pengalaman pekerjaan. Dimana semua dituliskan secara urut dan sesuai dengan format CV yang ada. Biasanya CV ini digunakan oleh pekerja yang memang punya banyak pengalaman di dunia kerja, pelatihan juga organisasi.

Jadi tampilan CV yang ada ini sangat padat serta detail dalam menyampaokan seluruh komponen yang ada. Secara kronologis, namun CV ini juga akan terlihat  lebih panjang dan dianggap kurang efektif karena infonya terlalu panjang. Maka untuk bisa membuat CV online yang proporsional bisa dengan melihat jenis CV lainnya.

Functional CV

Pada sajian CV yang satu ini yaitu CV fungsional seperti namanya. Maka yang didominasi untuk ditampilkan lebih kepada keunggulan yang dimiliki secara personal seperti kualifikasi, prestasi yang pernah dicapai dan sebagainya. Dengan kata lain, CV yang satu ini lebih memperlihatkan skill yang ditampilan dengan maksud agar bisa dilihat HRD dan diterima kerja.

Namun CV yang satu ini tetap dianggap kurang lengkap karena hanya menampilkan beberapa sisi saja. Padahal yang dibutuhkan oleh perusahaan adalah seseorang yang punya CV dengan kualifikasi lengkap serta menyeluruh dan terbaik ditampilkan.

Combination CV

Untuk membuat CV online yang satu ini jenisnya adalah kombinasi CV. Dimana kombinasi ini dipadukan antara Cronological CV dengan fungsional CV yang ada saat itu juga. Dengan kata lain, sajian CV ini akan semakin menarik untuk disajikan dan diharapkan bisa mendapatkan respon yang baik dari tim HRD.

Baca juga :   Lamar Kerja Mudah, Apa Yang Harus Dipersiapkan?

Idealnya CV yang menarik adalah CV yang disesuaikan atau dikombinasikan. Jadi info personal yang disajikan lebih menarik juga lebih lengkap lagi. Dengan kata lain, CV ini bisa dianggap dengan jenis CV yang lebih sempurna dan sesuai.

CV Berdasarkan Ketentuan

Jenis CV yang satu ini yaitu berdasarkan ketentuan artinya CV yang dibuat sesuai dengan apa yang ada dan sesuai oleh perusahaan pembuka lowongan kerja. Biasanya pada CV yang diminta untuk lowongan kerja yang satu ini. Strukturnya sudah ditentukan dan harus sesuai dengan apa yang sudah tertera tersebut.

Biasanya jenis CV berdasarkan ketentuan ini untuk lowongan kerja BUMN, PNS atau perusahaan lain yang punya prosedur spesifik. Jadi pelamar kerja harus menuliskan CV berdasarkan ketentuan yang sudah ada dari pembuka lowongan kerja.

CV Berdasarkan Tujuan

CV Berdasarkan Tujuan
CV Berdasarkan Tujuan

Untuk jenis CV yang satu ini yaitu CV yang dibuat didasarkan pada tujuan yang dimiliki. Tujuan ini bisa lebih spesifik yaitu sesuai dengan bidang yang ada jadi CV yang satu ini lebih terlihat personal. Seperti skill, pengalaman kerja bisa berkaitan erat dalam satu CV. Jadi tim HRD akan lebih mudah untuk menilai spesifikasi di bidang tersebut.

Dengan memahami seperti apa membuat CV online maka para pelamar kerja bisa mendapatkan dengan mudah. Apalagi dengan adanya aplikasi myrobin.id yang bisa membantu untuk pembuatan CV secara gratis. Jadi syarat melamar kerja berupa CV ini bisa dihasilkan dengan mudah serta praktis dengan tampilan yang sempurna.

Kelola Bisnis Anda Lebih Mudah

dengan rekrutmen tenaga kerja kami dan platform manajemen modern.

Artikel terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

DBS Bank Tower 28/F, Ciputra World One
Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3 – 5, Jakarta 12940
WA untuk pekerja/mitra: +62 81289050647
WA untuk Bisnis: +62 85 888 777 675
Fax: (+62-21) 7654 3210
Email: letstalk@myrobin.id

Selamat Datang di MyRobin.id

Apa yang sedang Anda cari?

job-search (2)

Saya Ingin Melamar Kerja

Buat akun untuk mencari lowongan yang tepat untuk anda