Memilih Jasa Outsourcing Staff Gudang yang Tepat
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp

Pastikan Memilih Jasa Outsourcing Staff Gudang Terbaik

Pastikan Memilih Jasa Outsourcing Staff Gudang Terbaik – Sebuah perusahaan pastinya memiliki gudang. Besar kecilnya ukuran gudang tergantung seberapa banyak barang yang perlu ditampung dan itu juga sesuai dengan kapasitas perusahaan. Semakin besar sebuah perusahaan, biasanya membutuhkan gudang yang juga semakin besar dan luas. Tidak hanya satu, bahkan bisa terdapat beberapa gudang sekaligus untuk memenuhi kebutuhan perusahaan.

Karena merupakan bagian penting dari perusahaan, gudang membutuhkan pengelolaan dan manajemen tersendiri. Pekerja yang ditugaskan untuk kewajiban mengelola gudang juga harus berbeda dengan pekerja di bagian lain. Pasalnya tugas mengelola gudang atau biasa disebut warehouse management bukan pekerjaan yang mudah dan sederhana. Ada begitu banyak detail dari pekerjaan ini yang membutuhkan ketelitian dan menuntut tanggung jawab besar.

Dari uraian di atas, terbukti jelas bahwa tugas staff gudang atau pekerja yang ada di bagian warehouse management sangat berat dan kompleks. Dibutuhkan pekerja yang ahli dan profesional agar bisa meminimalisir masalah dalam pergudangan. Jika perusahaan kesulitan merekrut sendiri, maka bisa menggunakan jasa outsourcing staff gudang. Namun sebelumnya, kenali dulu segala hal mengenai staff gudang, pentingnya dan tugas-tugasnya.

Pentingnya Manajemen Pergudangan

Keberadaan sebuah gudang bagi perusahaan bisa dikatakan sangat penting. Gudang menjadi tempat penyimpanan stok barang yang tidak bisa ditempatkan di kantor pusat atau bangunan utama perusahaan. Barang yang selesai diproses dari bagian produksi juga akan masuk ke gudang untuk disimpan. Kemudian barang akan keluar jika terjadi proses penjualan dan itu juga melalui manajemen gudang.

Aktivitas sehari-hari yang terjadi di gudang bisa jadi sangat padat. Aktivitas yang biasa terjadi di gudang seperti melayani pembelian dari konsumen, melakukan pengemasan barang hingga memastikan barang tersebut diangkut oleh kendaraan ekspedisi pengiriman. Untuk perusahaan skala besar, aktivitas tersebut jelas akan menghabiskan banyak waktu dan tenaga maka menggunakan jasa outsourcing staff gudang bisa jadi solusi.

Manajemen pergudangan melalui proses penyesuaian barang yang masuk sudah sesuai dengan kebutuhan penjualan. Tidak ketinggalan juga penyesuaian antara stok barang dengan aktivitas penjualan yang akan membuat stok tersebut berkurang. Pengaturan pergudangan juga menyangkut tentang seberapa banyak catatan barang yang ada setiap harinya. Semua itu harus didata dengan sangat rinci guna menghindari ketidaksesuaian yang akhirnya berakibat kerugian.

Baca juga :   Contoh Template Job Description: Admin Social Media

Staff gudang juga perlu memikirkan kesesuaian tempat dengan kebutuhan. Jangan sampai perusahaan besar yang bisa menghasilkan banyak produk memiliki gudang yang terbatas hingga stok barang tidak bisa tertampung. Aktivitas lain menyangkut pengemasan dan pengiriman juga harus sesuai dengan kondisi gudang yang artinya tersedia ruang yang cukup. Semua urusan pengaturan itu bisa dikerjakan dengan baik oleh jasa outsourcing staff gudang.

Tugas Staff Gudang

Melihat dari aktivitas pergudangan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tidak dapat dipungkiri lagi bahwa warehouse management harus dipegang oleh sumber daya manusia yang mumpuni. Untuk pekerjaan sepenting itu, tidak bisa hanya mempekerjakan orang yang belum mengerti apa-apa. Orang yang ditugaskan di gudang harus tenaga yang profesional dan menguasai bidang pekerjaannya seperti tugas-tugas pentingnya berikut ini.

Menyiapkan Pesanan Pembeli

Menyiapkan pesanan pembeli termasuk dalam tugas utama para staff gudang. Hal yang perlu dilakukan untuk menunaikan tugas ini adalah melakukan pengemasan dan mengurus pengirimannya. Staff gudang juga perlu memastikan pesanan pembeli dikirim tepat waktu agar tidak terjadi keterlambatan penerimaan. Tugas ini sudah dipahami betul oleh tenaga yang disediakan jasa outsourcing staff gudang.

Memproses Stok Gudang yang Masuk

Barang dari bagian produksi akan langsung masuk ke gudang sebagai persediaan stok. Staff gudang bertugas menerima stok yang masuk ini dengan melakukan pencatatan. Catatan berisi tentang jenis barang yang masuk, waktu masuk serta jumlahnya secara akurat. Memproses barang yang masuk juga meliputi aktivitas sortir, bongkar muatan, pemberian label hingga menata produk pada tempat yang tersedia.

Melakukan Kontrol Kualitas

Pekerja dari jasa outsourcing staff gudang pastinya sudah terlatih sehingga tahu bahwa tugas penting dari posisi tersebut juga harus selalu memastikan kualitas produk. Maka staff gudang yang bertanggungjawab harus rutin melakukan kontrol pada setiap stok yang masuk, stok yang tersimpan dan stok yang keluar. Ini penting untuk dilakukan agar kualitas produk dari perusahaan tersebut tetap terjaga.

Memanfaatkan Ruang

Meskipun gudang yang dimiliki berukuran sangat besar, bukan berarti pemanfaatannya bisa efektif. Staff gudang harus paham bagaimana cara memanfaatkan ruang agar semua urusan pergudangan bisa berjalan lancar, terutama penyimpanan stok. Jika tanpa kemampuan menata gudang yang baik, gudang yang besar pun tidak akan bisa dimanfaatkan dan justru akan semakin menambah kerepotan.

Menjalankan Pekerjaan sesuai SOP

Perusahaan biasanya sudah memiliki SOP mengenai tugas staff gudang. Standar operasional itulah yang harus diikuti dan dipatuhi oleh staff gudang demi terciptanya lingkungan kerja yang kondusif dan minim masalah. Hal ini bisa dipahami oleh pekerja dari jasa outsourcing staff gudang yang akan selalu menjalankan tugasnya sesuai standar serta bersikap profesional dalam segala kondisi.

Baca juga :   Contoh Template Job Description: Chef Restoran

Tips Merekrut Staff Gudang

Sebagaimana penjelasan di atas, staff gudang harus merupakan orang-orang yang memiliki tanggung jawab besar untuk menyelesaikan tugas pekerjaan yang besar pula. Maka dari itu, perusahaan harus melakukan perekrutan dengan sangat ketat untuk mendapatkan pekerja yang sesuai harapan. Di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa diikuti perusahaan dalam merekrut staff gudang.

  • Menentukan terlebih dahulu kriteria atau syarat untuk menjadi staff gudang lengkap dengan jenjang pendidikan minimal jika memang itu diperlukan.
  • Menambahkan kualifikasi tertentu sesuai dengan kebutuhan perusahaan dalam syarat lowongan kerja staff gudang.
  • Menyebarkan informasi lowongan kerja yang sudah dibuat pada berbagai platform baik online maupun offline.
  • Mengadakan seleksi pada setiap calon staff gudang yang memasukkan lamaran.

Mengenai lowongan pekerjaan sebagai staff gudang, sebenarnya perusahaan punya wewenang penuh untuk menentukan kualifikasinya. Perusahaan juga berhak atas cara seleksi serta penentuan tenaga kerja yang diterima. Namun jika perusahaan ingin tenaga kerja yang sudah terbukti kemampuannya, bisa memanfaatkan jasa outsourcing staff gudang yang bisa menyediakan tenaga ahli dengan kemampuan yang tidak perlu diragukan lagi.

Alasan Harus Menggunakan Jasa Outsourcing

Tenaga kerja outsourcing sekarang sudah menjadi bagian dari berbagai bidang industri. Kemunculan pekerja outsourcing ini merupakan bentuk jawaban akan berbagai masalah yang dihadapi perusahaan. Banyak perusahaan yang tidak mampu melakukan perekrutan tenaga kerja sendiri karena berbagai hal. Bisa jadi karena memang ingin lebih praktis atau karena tidak ingin menjalankan prosedur yang terlalu rumit.

Banyak jenis tenaga kerja yang menggunakan sistem kerja outsourcing. Staff gudang adalah salah satunya yang sekarang mulai banyak dilirik perusahaan-perusahaan besar di Indonesia. Dengan tugas yang begitu berat, tidak berlebihan jika ada perusahaan yang kesulitan dalam menemukan tenaga pergudangan yang tepat dan profesional. Memakai jasa outsourcing staff gudang menjadi alternatif yang memudahkan dan sangat solutif.

Jasa outsourcing memang terbukti bisa membawa banyak manfaat dan keuntungan bagi perusahaan yang menggunakannya. Keuntungan dan manfaat itu bahkan bisa dirasakan di hampir semua bagian perusahaan yang lain. Jadi bukan lagi keputusan yang salah apabila mempekerjakan tenaga gudang dari jasa outsourcing. Berikut adalah keuntungan yang bisa dirasakan perusahaan.

Menghemat Anggaran Pelatihan

Untuk membentuk tenaga kerja yang profesional dan mahir, sebuah perusahaan biasanya melakukan pelatihan. Namun jika menggunakan jasa outsourcing staff gudang, perusahaan akan terbebas dari tugas memberikan pelatihan dan fasilitas lainnya yang berkaitan. Tugas itu sepenuhnya akan menjadi tanggungjawab dan kewajiban perusahaan penyedia pekerja outsourcing. Perusahaan tinggal memakai saja tenaga kerja yang sudah terampil dan terlatih.

Bisa Fokus pada Urusan yang Lain

Sebuah perusahaan pastinya punya banyak hal yang harus diselesaikan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dengan menggunakan jasa outsourcing, perusahaan tidak perlu lagi memikirkan upaya perekrutan petugas gudang. Karena kebutuhan itu sudah disediakan oleh jasa outsourcing, maka perusahaan bisa fokus pada apa yang menjadi misi dan visi utama perusahaan dan memaksimalkan potensi lain.

Baca juga :   Contoh Template Job Description: Front Office

Mendapatkan Jaminan Pekerjaan Selesai dengan Baik

Dengan menggunakan jasa outsourcing staff gudang, sama artinya perusahaan akan menerima hasil akhir dari pekerjaan. Kelebihannya lagi, hasil akhir dari pekerjaan itu sudah terbukti bisa dipertanggungjawabkan dan memuaskan. Pasalnya tenaga gudang yang disediakan jasa outsourcing sudah memahami betul apa tugas utamanya dan bagaimana cara menyelesaikan tugas itu dengan baik.

Memilih Jasa Outsourcing Staff Gudang yang Tepat

Memilih Jasa Outsourcing Staff Gudang yang Tepat
Memilih Jasa Outsourcing Staff Gudang yang Tepat

Karena kebutuhan akan tenaga kerja outsourcing sangat banyak, maka jasa ini juga sudah sangat menjamur. Tidak sulit menemukan jasa outsourcing yang menyediakan banyak tenaga kerja ahli sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Namun penting untuk memilih jasa outsourcing yang paling tepat agar hasil yang diterima juga memuaskan. Inilah cara memilih jasa outsourcing terbaik dan berpengalaman.

Menawarkan Pilihan Tenaga Kerja Lengkap

Perusahaan penyedia pekerja outsourcing yang terpercaya harus memiliki beragam pilihan tenaga kerja. Tidak hanya jasa outsourcing staff gudang, tetapi juga tenaga kerja lain seperti tenaga kebersihan, kasir, pekerja harian, petugas survey lapangan, penyedia catering hingga tenaga kurir. Perusahaan yang membutuhkan tenaga tertentu jadi tidak perlu mencarinya di jasa outsourcing yang lain.

Semua Tenaga Kerja Sudah Mahir dan Terlatih

Sebuah perusahaan tentu menginginkan tenaga kerja yang mahir dan terlatih dengan baik agar dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan tepat waktu. Kebutuhan ini harus bisa dipenuhi jasa outsourcing yang terpercaya. Tenaga kerja yang ditawarkan harus sudah termasuk pekerja yang profesional dan tidak lagi memerlukan pelatihan. Bahkan cara kerjanya harus cepat, tepat waktu dan efektif.

Sistem Kerjasama yang Jelas

Antara perusahaan dan jasa outsourcing terdapat jalinan kerjasama yang saling menguntungkan. Tidak hanya menguntungkan, kerjasama tersebut juga harus memiliki legalitas dan kejelasan. Kerjasama yang terjalin antara kedua belah pihak perlu diatur dengan sangat terperinci menyangkut hak dan kewajiban masing-masing. Jasa outsourcing yang terpercaya pastinya akan mengutamakan kepuasan perusahaan dalam kerjasama ini.

Jasa outsourcing staff gudang myrobin.id dapat menyediakan solusi bagi perusahaan yang membutuhkan tenaga gudang berpengalaman dan terlatih. Dengan kemampuan yang dimiliki, perusahaan bisa menerima hasil pekerjaan yang terjamin kualitasnya. Perusahaan juga tidak perlu lagi memikirkan cara merekrut pekerja sesuai kebutuhan karena semuanya sudah disediakan oleh jasa outsourcing.

Sedang Cari Staff Gudang? Jasa Outsourcing Terbaik dan Terpercaya di Indonesia. Hubungi myrobin.id menyediakan tenaga kerja bertalenta & profesional

Kelola Bisnis Anda Lebih Mudah

dengan rekrutmen tenaga kerja kami dan platform manajemen modern.

Artikel terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Selamat Datang di MyRobin.id

Apa yang sedang Anda cari?

job-search (2)

Saya Ingin Melamar Kerja

Buat akun untuk mencari lowongan yang tepat untuk anda

X