Mengenal Apa Itu profesi Kurir Secara Lengkap
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp

Mengenal Apa Itu profesi Kurir Secara Lengkap

Mengenal Apa Itu profesi Kurir Secara Lengkap merupakan suatu kegiatan pengiriman barang yang dilakukan secara langsung. Sesungguhnya pekerjaan jadi kurir telah ada semenjak jaman dulu kala. Dimana seorang akan berlari buat mengantarkan pesan ataupun benda. Darisitulah awal mulanya timbul kata courier dalam bahasa Inggris yang berasal dari bahasa Yunani curere yang berarti lari.

Warga Indonesia sendiri lebih memahami kurir selaku suatu pekerjaan buat membawakan barang. Umumnya kurir akan mengendarai sepeda ataupun motor supaya lebih cepat dalam proses pengirimannya. Meski sesungguhnya ada pula kurir yang memakai mobil, tetapi warga Indonesia belum terlalu sering mendengar.

Pekerjaan jadi seorang kurir, pada saat ini jadi incaran oleh banyak orang. Berbeda dengan dahulu, pekerjaan jadi kurir kerap kali diremehkan. Perihal itu dipengaruhi dengan berkembangnya industri e-commerce yang ikut bawa angin fresh untuk jasa kurir di Indonesia. Banyaknya orang yang gemar berbelanja secara online juga berakibat pada banyaknya orang yang ingin jadi kurir.

Mau Jadi Seorang Kurir? Persiapkan Dahulu Beberapa Hal Ini

Mengenal Apa Itu profesi Kurir Secara Lengkap
Mengenal Apa Itu profesi Kurir Secara Lengkap

Belum lama ini menempuh profesi selaku seorang pembawa barang ataupun kurir mulai diminati oleh banyak orang. Tugas seorang kurir yaitu mengantarkan barang dengan baik ke alamat tiap- tiap pemesan. Jika anda ingin tahu tugas kurir lebih lanjut silahkan baca artikel tentang job description kurir.

Buat jadi kurir diperlukan suatu kejujuran dan tanggung jawab yang besar sebab wajib bertugas membawakan barang dengan baik tanpa adanya kerusakan sampai ke tangan pemesan barang. Tidak hanya memerlukan kejujuran dan tanggung jawab yang besar, seorang kurir pula wajib senantiasa fit mengingat tipe pekerjaannya yang memerlukan kekuatan fisik yang besar.

Baca juga :   7 Alasan Pentingnya Outsourcing, Kelebihan dan Kekurangan bagi Pekerja

Profesi kurir tidak cuma terdapat di dalam industri yang bergerak dalam bidang jasa ekspedisi saja, namun pula diperlukan oleh bermacam industri besar yang bergerak di luar dari bidang jasa ekspedisi ataupun pengiriman barang.

Kurir juga jadi pekerjaan yang penting untuk perusahaan- perusahaan besar. Contohnya kala ada kesalahan seputar pengiriman dokumen, barang yang tertinggal, maka industri umumnya akan memerintahkan seorang kurir buat mengambil ataupun membawakan barang tersebut supaya dapat datang dalam waktu yang pas.

Tidak hanya itu profesi kurir pula banyak digunakan oleh perusahaan- perusahaan yang bergerak di bidang makanan. Contohnya semacam salah satu industri penyedia santapan cepat saji KFC yang mempekerjakan kurir buat melaksanakan antar makanan dari layanan pesan antar.

Kemudian apa perihal yang wajib dipersiapkan buat jadi seorang kurir? Berikut ini sebagian perihal yang wajib kamu persiapkan.

Harus mempunyai sim

Mayoritas profesi kurir di Indonesia memakai kendaraan roda 2 buat mengantar barangnya. Perihal ini sebab dengan memakai motor bisa mempersingkat waktu tempuh serta jadi lebih gampang. Buat jadi seorang kurir kamu wajib dapat mengendarai kendaraan serta mempunyai SIM ataupun Surat Izin Mengemudi jenis C ataupun A bergantung dengan kendaraan yang nantinya digunakan buat mengantar barang.

Memiliki kendaraan bermotor

Buat bagian ini sesungguhnya bergantung kepada industri tempat kamu bekerja. Terdapat sebagian industri yang telah mempunyai kendaraan bermotor yang bisa digunakan oleh kurir buat mengantar pesanan ataupun barang kepada pelanggan.

Namun terdapat pula industri yang tidak sediakan kendaraan bermotor buat kurir. Oleh sebab itu buat jadi seorang kurir kamu wajib memiliki kendaraan bermotor sendiri.

Kuasai jalanan

Jadi seorang kurir tentu nyaris sebagian waktunya bekerja dihabiskan di jalan. Oleh sebab itu harus untuk seorang kurir untuk hafal jalanan yang akan jadi tempatnya buat menghabiskan waktu bekerja. Bisa jadi di zaman semacam saat ini ini teknologi telah terus menjadi mutakhir sehingga bisa menolong buat menampilkan arah jalan.

Baca juga :   Wajib Anda Ketahui, Hak Karyawan Outsourcing

Tetapi senantiasa harus untuk seseorang kurir buat mengenali jalan- jalan tempatnya bekerja. Terlebih bila dapat mengenali jalur pintar, pasti akan menguntungkan sebab bisa lebih mengirit waktu serta bahan bakar.

SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)

Salah satu ketentuan buat jadi seorang kurir yaitu Surat Keterangan Catatan Kepolisian ataupun SKCK. Kenapa industri memerlukan surat keterangan tersebut? Seperti yang memang telah dipaparkan tadinya kalau untuk bekerja jadi seorang kurir itu memerlukan sebuah kejujuran dan juga tanggung jawab yang sangat besar.

Oleh sebab itu pihak industri tidak mau menerima pekerja yang memiliki catatan kriminal. Pasti saja industri akan waspadai apabila menerima pekerja yang mempunyai catatan kriminal sebab bisa saja kurir tersebut bawa lari beberapa barang berarti yang sepatutnya diantarkan kepada customer ataupun pemesan.

Harus memiliki smartphone

Keuntungan bekerja sebagai seorang kurir yaitu tidak perlu selalu berada di kantor serta melaksanakan kegiatan yang membosankan. Buat jadi seorang kurir, kamu harus mempunya suatu smartphone.

Perihal ini sebab umumnya industri yang mempekerjakan kurir akan memakai aplikasi tracking karyawan buat mengawasi posisi keberadaan kurir supaya barang yang dikirimkan bisa sampai dengan pas. Tidak hanya itu pemakaian smartphone pula bisa menolong kurir buat mencari alamat tujuan barang yang hendak diantar.

Kurir berbeda dengan seorang driver. Bila saat ini trendnya merupakan jadi driver transportasi online, maka sesungguhnya istilah seorang kurir telah ada semenjak lama. Tugas utama dari seorang kurir yaitu buat membawakan benda dari pengirim kepada tujuan dengan selamat.

Sejarah kurir sendiri telah diawali semenjak era Yunani, dimana bangsa tersebut memakai jasa seorang buat mengirimkan pesan. Pada era itu, sang penyampai pesan melaksanakan tugasnya dengan berlari (curere) yang kesimpulannya diketahui dengan kata courier ataupun kurir.

Baca juga :   Apa itu Sales Representative ? Berikut ini Pengertian Serta Tanggung Jawabnya

Sampai kesimpulannya kurir tumbuh jadi bukan sebagai penyampai pesan, tetapi orang yang membawakan barang. Berbeda dengan driver yang membawakan manusia, kurir tidak membawakan manusia. Bila seorang driver ikut bertanggung jawab terhadap keselamatan dari penumpangnya, kurir juga pula bertanggung jawab terhadap barang yang dibawanya tersebut.

Meski banyak efek yang wajib dialami kala jadi seseorang kurir, tetapi banyak pula keuntungan yang didapatkan. Mulai dari jam kerjanya yang cenderung fleksibel sampai pemasukan yang dapat melebihi standar.

Mengapa dapat begitu? Pasti saja bergantung pada kinerja dari kurir tersebut. Sistem pembagian pemasukan juga jelas, sehingga hasil yang didapatkan akan sangat tergantung pada kinerja dari kurir tersebut. Bila kurir tersebut merupakan orang yang giat, maka hasilnya tidak akan mengecewakan.

Tidak hanya itu, kurir bebas bekerja kapan saja, ingin mulai dari pagi hari, ataupun dari siang hari itu semua bergantung pada kurir sendiri. Sepanjang terdapat orderan, maka kurirlah yang memastikan jam kerjanya sendiri. Tergantung seberapa besar kerja keras yang dikerjakannya, maka hasil yang didapatkan pula akan sebanding.

Keuntungan yang lain jadi seseorang kurir yaitu membawakan kebaikan untuk orang lain. Bisa jadi perihal ini terdengar klise, tetapi membawakan suatu yang bermanfaat untuk orang lain pula termasuk berbagi kebaikan.

Terlebih bila perihal itu dilakukan dengan tulus serta ikhlas, tentu akan berguna untuk yang menerima. Jadi penyampai pesan maupun barang merupakan pekerjaan yang membawa kebaikan.

Tertarik menjadi seorang kurir? Ajukan lamaran anda di myrobin.id. Atau anda membutuhkan tenaga kerja kurir? Silahkan hubungi kami.

Kelola Bisnis Anda Lebih Mudah

dengan rekrutmen tenaga kerja kami dan platform manajemen modern.

Artikel terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Selamat Datang di MyRobin.id

Apa yang sedang Anda cari?

job-search (2)

Saya Ingin Melamar Kerja

Buat akun untuk mencari lowongan yang tepat untuk anda

X