9 Jurus Sakti Meningkatkan Penjualan untuk Menjadi Sales yang Sukses
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp

9 Jurus Sakti Meningkatkan Penjualan untuk Menjadi Sales yang Sukses

9 Jurus Sakti Meningkatkan Penjualan untuk Menjadi Sales yang Sukses – Tenaga Sales yang profesional akan sangat mengimpikan untuk menjadi sales yang sukses di bidang pekerjaan yang digeluti. Anda yang ingin mencapai kesuksesan dalam menjadi sales pasti sangat menyadari bahwa dalam mewujudkannya ada banyak hal yang perlu dilakukan, dan tentunya tidak mudah mencapai hal tersebut.

Seperti yang telah disebutkan oleh pakar-pakar dalam memberikan kiat sukses, bahwa untuk mencapai kesuksesan baik di bidang sales atau bidang yang lainnya memang membutuhkan suatu usaha dan kerja yang begitu keras, tapi hasilnya akan membuat Anda puas dan bangga terhadap diri, serta perjuangan yang telah dilakukan dalam waktu yang panjang. Sales yang sukses memang terlihat begitu piawai dalam melakukan produk yang ditawarkannya.

Namun, ternyata kepiawaiannya dalam menarik calon pelanggan atau bahkan membuatnya menjadi klien tetap, ada banyak pola jatuh dan bangun yang membuatnya terus belajar. Inilah yang membedakan antara sales sukses dengan yang gagal, karena kemauan untuk melakukan perjuangan, dan menjadikan setiap kegagalannya selama menjadi salesman sebagai media pembelajaran, lalu membuat pola yang indah untuk mencapai target penjualan.

Banyak yang memiliki pendapat bahwa kepiawaian dari seorang sales sukses adalah bawaan sejak lahir atau sebuah potensi yang telah diberikan Tuhan secara alami. Padahal sales yang sukses memiliki kepiawaian dalam melakukan penjualan dan selalu memenuhi target dengan teknik yang didapatkan melalui pengalamannya selama menjadi salesman. Bahkan untuk menjemput kesuksesannya, seorang sales tidak segan untuk mengikuti rangkaian pelatihan.

9 Jurus Sakti Meningkatkan Penjualan untuk Menjadi Sales yang Sukses

9 Jurus Sakti Meningkatkan Penjualan untuk Menjadi Sales yang Sukses
9 Jurus Sakti Meningkatkan Penjualan untuk Menjadi Sales yang Sukses

Ada banyak pelatihan-pelatihan salesman yang bisa diikuti untuk mendapatkan berbagai kiat dan teknik yang dianggap sebagai jurus sakti meningkatkan penjualan. Dibutuhkan keterampilan untuk mendapatkan klien atau pelanggan tetap atas produk yang ditawarkan. Seni menjual tentunya menjadi bagian yang tidak bisa dilepaskan terhadap kepiawaian menarik persetujuan calon pelanggan untuk membeli produk yang ditawarkan.

Tidak ada larangan atau bahkan justru dianjurkan untuk mengikuti berbagai pelatihan agar Anda benar-benar menjadi seorang sales yang sukses. Namun, melalui artikel ini juga Anda diharapkan memiliki 9 jurus sakti meningkatkan penjualan dan terlahir menjadi sales yang sukses. Berikut ini 9 jurus sakti yang diharapkan dapat membantu Anda mewujudkan keinginan untuk menjadi salah satu dari banyaknya sales yang sukses.

Baca juga :   Pengertian Apa Itu Sales Marketing dan Tugasnya

Sales Wajib Pelajari Cara Mendengarkan Kebutuhan Klien

Seorang komunikator yang baik juga menjadi sisi terpenting dari diri seorang salesman. Perlu Anda pahami terlebih dahulu, bahwwa proses komunikasi dikatakan berjalan sebagaimana mestinya, apabila menghasilkan komunikasi dua arah, antara sales dan calon pelanggan. Hal pertama untuk mencapainya adalah Anda sebagai salesman perlu menjadi pendengar yang baik dalam memahami kebutuhan dari klien tersebut.

Setiap klien akan memiliki kebutuhan, kekhawatiran, serta keinginan yang akan berbeda satu sama lain. Di sinilah tujuan menjadi sales yang sukses bisa dicapai dengan Anda membangun ‘listening muscle’ dan mendengarkan calon pelanggan, karena dapat menghilangkan semua kekhawatiran yang dimiliki oleh calon pelanggan, lalu mencapai tujuan dan kesuksesan yang lebih besar. Inilah kekuatan dari mendengarkan kebutuhan klien.

Sales Wajib Menunjukkan Rasa Antusiasme, Motivasi dan Ambisi untuk Menjadi Sukses

Penolakan memang sudah menjadi bagian yang tidak bisa lagi dipisahkan dengan pekerjaan yang dilakukan oleh sales. Tentunya ragam penolakan mungkin ada yang menyakitkan atau biasa saja, tingkatan rasa ditolak ini harusnya Anda netralisir dan jangan terlalu dijadikan beban di hati dan juga pikiran. Sebab, sales yang sukses harus memiliki kemampuan dalam menetralisir setiap jenis penolakan yang didapatkan.

Anda tetap dapat menjadi sales yang sukses dengan memiliki motivasi dan tetap menghadapi segala kondisi dari lingkungan yang ada. Terkadang memiliki sebuah ambisi menjadi hal yang diperlukan untuk menjadi sukses dengan pekerjaan sales. Anda wajib menunjukkan rasa antusias untuk mencapai target penjualan, meski berkali-kali ditolak, dan mempertahankan motivasi adalah komponen penting dari kesuksesan seorang sales.

Sales Wajib Memiliki Strategi Penjualan untuk Sukses

Sales Wajib Memiliki Strategi Penjualan untuk Sukses
Sales Wajib Memiliki Strategi Penjualan untuk Sukses

Jurus sakti yang ketiga untuk memberikan peluang kesuksesan Anda dalam menjalani profesi sebagai sales adalah wajib memiliki strategi penjualan. Pekerjaan menjadi seorang sales memang sangatlah berat dan dipenuhi dengan target penjualan, dan terkadang justru menjadi sebuah beban, karena belum juga kunjung berhasil melakukan penjualan terhadap produk yang harus dilakukan.

Hal ini yang kerap membuat sebagian orang merasa tidak sanggup menjadi salesman. Sehingga sering melakukan kesalahan dengan mencecar calon pelanggan melalui telepon, pesan singkat, dan lain sebagainya, yang justru membuat mereka merasa muak atas tawaran Anda. Oleh karenanya, Anda wajib memiliki strategi penjualan yang komprehensif dan efektif untuk menjadi sales yang sukses.

Strategi penjualan yang perlu dilakukan seorang sales agar sukses ialah harus mencakup setiap hal tentang penentuan target pasar, memiliki jawaban yang tepat atas setiap pertanyaan yang akan diajukan calon pelanggan, menyampaikan setiap keunggulan nyata dari produk yang ditawarkan, lakukan pemantauan terhadap kinerja penjualan, dan selalu lakukan pengulangan pada hal yang sama setiap Anda akan melakukan penjualan.

Baca juga :   Deretan Prospek Kerja Ilmu Komunikasi

Sales Andalkan Kemampuan Multitasking untuk Sukses

Dunia kerja yang berkaitan dengan salesman adalah hal yang paling kejam yang pernah ada. Pekerjaannya dikejar oleh deadline dan juga target dalam melakukan produk. Tidak heran apabila banyak yang merasa tidak sanggup untuk diposisikan pada divisi sales di suatu perusahaan. Inti dari pekerjaan sales memang memenuhi target penjualan, tapi tugasnya tidak sekadar itu saja, dan Anda harus mampu multitasking untuk menjadi sales yang sukses.

Proses pekerjaan yang serba diharuskan secara handal adalah sales bukanlah pekerjaan tunggal. Anda harus mahir dalam banyak hal (multitasking) untuk menjadi sales yang paling unggul diantara yang lainnya, karena persaingan antar sales juga kerap terjadi. Namun, Anda perlu memilah antara pekerjaan yang diprioritaskan dengan pekerjaan yang mendukung sebagai aspek penjualan yang tidak boleh untuk diabaikan.

Jujur Modal untuk Sukses sebagai Sales

Kesuksesan dalam melakukan pekerjaan memanglah harus dilandasi oleh sebuah kejujuran, karenanya banyak yang sukses hanya sementara apabila tidak memiliki kejujuran. Sebab, ketika Anda memulai suatu pekerjaan dan sukses karena sebuah kebohongan, maka tidak bisa menjadi yang diandalkan. Apalagi jika Anda ingin menjadi sales yang sukses dan wajib memiliki modal kejujuran.

Kejujuran yang juga dilandasi dengan kesadaran akan memberikan jalan untuk menuju sebuah kesuksesan Anda sebagai seorang sales jangan sampai melakukan bentuk kebohongan dalam hal apapun hanya demi mendapatkan klien. Anda wajib menerapkan kejujuran dan selalu mengutamakan kepentingan calon pelanggan. Ketika Anda berbicara dengan ketulusan dengan dilandasi sebuah kejujuran, maka calon pelanggan akan percaya.

Seorang sales memang dituntut untuk memiliki kepiawaian dalam berbicara, tapi dengan kejujuran dan dorongan tulus Anda akan lebih mudah untuk memberikan pengaruh kepada calon pelanggan. Sehingga Anda bisa menjadi sales yang sukses dengan modal kejujuran. Sebaliknya, ketika Anda mendapatkan kesuksesan menjadi sales dengan ketidakjujuran, maka harus bersiap untuk tidak lagi mendapatkan rekomendasi dari orang lain.

Sales Wajib Hindari Sikap Memaksa untuk Sukses

Memaksa, menjengkelkan, dan tidak mengerti kata tidak sebagai penolakan, nampaknya telah menjadi sebuah citra buruk dari seorang sales. Hal seperti ini yang dapat menyebabkan reputasi Anda sebagai sales terancam. Citra yang buruk dari seorang sales ini tentunya membuat banyak orang tidak suka jika berurusan dengan sales yang terlalu memaksa. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui batasan penawaran untuk menjual produk atau layanan.

Anda bisa menjadi sales yang sukses dengan mengadaptasi teknik tertentu, seperti menghilangkan tekanan dari penjualan yang menimbulkan kesan memaksa, gunakan waktu yang luang untuk melakukan proses penjualan, berikan kesempatan kepada calon pelanggan berbicara akan masalah dan kekhawatiran yang dimiliki. Hal ini akan membantu Anda mengikat hubungan yang lebih dalam dengan calon pelanggan, dan menciptakan lingkungan penjualan yang positif untuk membantu Anda menjual dengan kesuksesan yang lebih besar.

Baca juga :   Design CV Keren Dan Gratis

Sales Andalkan Kemampuan untuk Menunjukkan Empati

Empati menjadi salah satu jurus sakti yang harus dimiliki oleh setiap pelaku, tidak terkecuali untuk para sales yang ingin mendulang kesuksesan. Anda sebagai seorang sales harus memiliki kemampuan untuk merasakan apa yang dirasakan oleh setiap calon pelanggan ditemui. Anda akan mendapatkan suatu cara untuk mengantisipasi apa yang sedang calon pelanggan inginkan dan butuhkan saat mengandalkan kemampuan berempati.

Oleh karenanya, untuk mengasah kemampuan menunjukkan sikap empati kepada calon pelanggan, Anda bisa memulai dengan memberikan kesempatan kepadanya untuk berbicara, dan jangan terlalu menguasai komunikasi yang bertujuan untuk melakukan produk. Ada kalanya Anda harus menjadi pendengar yang baik, dan menunjukkan rasa empati terhadap setiap yang dikeluhkan oleh calon pelanggan, dengan begitu bisa menjadi sales yang sukses.

Sales Wajib Memanfaatkan Kekuatan Jaringan untuk Mencapai Kesuksesan

Sales Wajib Memanfaatkan Kekuatan Jaringan untuk Mencapai Kesuksesan
Sales Wajib Memanfaatkan Kekuatan Jaringan untuk Mencapai Kesuksesan

Jaringan menjadi salah satu alat pencarian yang dapat dimanfaatkan oleh salesman dalam menemukan calon pelanggan dengan cara yang paling efektif. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, setiap sales membutuhkan motivasi bagi dirinya untuk mencapai kesuksesan yang diinginkan. Oleh karena itu, jurus sakti ini akan melibatkan rasa percaya diri seorang sales untuk melakukan penjaringan dengan berbagai cara.

Anda bisa menjadi sales yang sukses saat memiliki rasa percaya diri untuk melakukan jaringan. Baik itu dengan cara muncul di acara-acara jaringan, memiliki keterlibatan dengan komunitas tertentu atau calon pelanggan, dan mau mengenal orang-orang baru, serta melakukan interaksi yang baik untuk meningkatkan kesadaran tentang merek dan produk atau layanan yang ditawarkan.

Sales Wajib Menjadi Komunikator yang Baik untuk Sukses

Sales yang baik harus memiliki keterampilan sebagai pembicara atau komunikator yang baik. Anda wajib mempelajari dan mendalami keterampilan yang harus dikuasai oleh setiap sales yang sukses. Semua orang memiliki kesempatan untuk melatih dan menyempurnakan keterampilan komunikasi. Komunikasi tidak sekadar sebagai lisan saja, tapi juga bisa dilakukan dengan tulisan.

Anda bisa menjadi sales yang sukses dengan memulai latihan komunikasi yang ternyata juga dapat diandalkan sebagai investasi yang sangat berharga untuk menjadi seseorang yang lebih ahli dalam meningkatkan penjualan suatu produk. 9 jurus sakti ini bisa Anda mulai dari sekarang, dan selalu menjadi pribadi yang menyenangkan ketika ingin mencapai target dari suatu penjualan produk.

Sedang Cari Karyawan? Jasa Outsourcing Terbaik dan Terpercaya di Indonesia. Hubungi myrobin.id menyediakan tenaga kerja bertalenta & profesional

Kelola Bisnis Anda Lebih Mudah

dengan rekrutmen tenaga kerja kami dan platform manajemen modern.

Artikel terkait

One thought on “9 Jurus Sakti Meningkatkan Penjualan untuk Menjadi Sales yang Sukses

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Selamat Datang di MyRobin.id

Apa yang sedang Anda cari?

job-search (2)

Saya Ingin Melamar Kerja

Buat akun untuk mencari lowongan yang tepat untuk anda

X