Pekerjaan Buat Lulusan Baru - MyRobin
Artikel,Info

Pekerjaan Buat Lulusan Baru

Mau kerja apa setelah lulus kuliah? Atau kerja di perusahaan X gajinya besar nggak ya? Aku nggak ada pengalaman kerja nih…

Beberapa pertanyaan tersebut sering sekali muncul di pikiran para lulusan baru yang sudah menanti-nantikan perayaan kelulusan mereka setelah berjuang dengan darah dan keringat selama satu semester terakhir (atau lebih) untuk menggarap skripsi mereka. Setelah skripsi selesai, saatnya untuk menentukan ke arah mana masa depan mereka akan dibawa.

Sebagian lulusan memilih untuk melamar pekerjaan di perusahaan-perusahaan dengan nama besar. Tidak masalah posisinya apa, yang penting masuk perusahaan tersebut.

Sebagian lulusan memilih melanjutkan sekolah dengan harapan mendapat gelar yang lebih tinggi untuk mempermudah mereka mendapat kerja nantinya. Atau bagi mereka yang memang ingin berkarir sebagai akademisi, melanjutkan sekolah memang pilihan yang tepat bagi karir mereka di masa depan.

Lalu, apa sih tren profesi yang paling banyak dicari oleh para mahasiswa di Indonesia yang baru saja lulus dari perguruan tinggi dalam beberapa tahun belakangan ini?

Berikut 10 daftar profesi tersebut:

1. Pengajar

Profesi pengajar dapat disebut sebagai salah satu profesi mulia, selain membagikan ilmu kepada orang lain profesi pengajar di Indonesia memiliki job security yang tinggi. Untuk menjadi pengajar, karir biasanya di mulai di bawah lembaga pemerintah sebagai PNS di sekolah-sekolah atau asisten dosen di level perguruan tinggi.

Keterampilan yang dibutuhkan: analisis, komunikasi, memecahkan masalah

Pendidikan: Sarjana di bidang pendidikan, Sarjana bidang lain (S1)

Gaji rata-rata: Tergantung level pendidikan dan daerah

Perusahaan yang merekrut: Badan pemerintah, Institusi privat

Situs penyedia informasi lowongan pekerjaan:  myrobin.id

2. Wartawan atau editor

Pekerjaan di bidang media cocok bagi para lulusan memiliki gaya hidup aktif dan suka jalan-jalan. Gaya hidup yang ditawarkan pun nampak dinamis karena kebanyakan perusahaan media tidak membutuhkan para editornya untuk duduk di kantor selama jam kerja. Mereka ditugaskan di berbagai acara maupun tempat yang berbeda, meskipun pada akhirnya akan ada waktu di mana editor harus duduk untuk menulis laporan atau cerita yang memikat para pembacanya.

Keterampilan yang dibutuhkan: Menulis, Komunikasi, Observasi

Pendidikan: Media atau komunikasi, Bahasa, Tergantung field (ekonomi, dsb)

Gaji rata-rata: 4,5 juta (Qerja.com)

Perusahaan yang merekrut: Kompas Group, Detik, Berbagai grup media

Situs penyedia informasi lowongan pekerjaan: myrobin.id

3. Reporter atau penyiar

Tidak jauh berbeda dengan profesi sebagai editor atau wartawan, penyiar di media elektronik seperti TV atau radio memiliki gaya hidup yang kurang lebih sama dinamisnya. Hanya terkadang mereka terkesan lebih tenar –terutama penyiar TV dan radio- karena para audiens mengenal nama dan ciri khas mereka dalam membawakan acara tertentu. Bermodal kecintaan pada publik dan keterampilan komunikasi yang baik, profesi ini  menarik untuk ditekuni setelah lulus kuliah.

Keterampilan yang dibutuhkan: Observasi, body language, komunikasi

Pendidikan: Media atau komunikasi, Sastra, Bidang lain (ekonomi, teknik, dsb)

Gaji rata-rata: 4.5juta

Perusahaan yang merekrut: TransTV, MetroTV, NetTV, dsb

Situs penyedia informasi lowongan pekerjaan: myrobin.id

4. Web atau app developer

Dalam satu dekade belakangan ini tren di bidang teknologi terus berekspansi secara cepat. Banyak perusahaan startup yang memulai berekspansi di Indonesia terutama di bidang e-commerce, entertainment, maupun berbagai aplikasi untuk ponsel dan komputer terus dikembangkan oleh startup lokal dan internasional. Kesempatan ini tentunya sangat dimanfaatkan oleh para lulusan IT atau komputer karena untuk keahliannya, mereka dihargai tinggi.

Keterampilan yang dibutuhkan: Programming, algoritma, matematika

Pendidikan: IT

Gaji rata-rata: 4 juta (duniailkom.com)

Perusahaan yang merekrut: berbagai perusahaan IT

Situs penyedia informasi lowongan pekerjaan: myrobin.id

5. Customer Service / Hospitality

Orang Indonesia terkenal akan keramahan dan keterampilannya di bidang hospitality. Banyak perusahaan internasional yang menyukai etos kerja orang Indonesia di bidang layanan pelanggan maupun hospitality karena kemampuan mereka untuk menghadapi masalah dengan kepala dingin dan tidak pernah mengeluh. Untuk bekerja di bidang ini pun tidak dibutuhkan banyak pengalaman karena biasanya perusahaan menyediakan pelatihan di awal. Contohnya ketika kamu mulai bekerja di hotel atau kapal pesiar. Selain itu, bisa dikatakan bahwa semua perusahaan membutuhkan layanan pelanggan, sehingga ini menjadi kesempatan besar untuk para lulusan kerja memulai karir di bidang jasa.

Keterampilan yang dibutuhkan: Komunikasi, interpersonal, kerja tim

Pendidikan: Hospitality, humanities, kuliner, dsb.

Gaji rata-rata: 3.5 juta

Perusahaan yang merekrut: Hotel, kapal pesiar, bank, perusahaan jasa

Situs penyedia informasi lowongan pekerjaan: myrobin.id

6. Management Trainee

Bermacam-macam perusahaan besar nasional dan internasional di Indonesia merekrut para talenta lulusan perguruan tinggi di Indonesia melalui program management trainee. Keunggulan dari program ini adalah para lulusan akan mendapat pelatihan intensif untuk bergabung dengan manajemen perusahaan langsung dan tidak harus memulai sebagai staf.

Keterampilan yang dibutuhkan: Analisis, pemecahan masalah, manajemen

Pendidikan: Ekonomi, bisnis, ilmu sosial, dsb

Gaji rata-rata: 3juta (selama training)

Perusahaan yang merekrut: Unilever, Chevron, Sampoerna, dsb

7. Digital marketer / social media admin

Profesi ini cocok untuk para lulusan yang aktif di sosial media dan mampu menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar ponsel ataupun komputer. Dengan modal internet dan kemampuan menarik audiens sekaligus mempromosikan konten perusahaan, profesi digital marketing tidak membutuhkan banyak pengalaman untuk dipelajari dari awal. Terlebih dalam beberapa tahun belakangan ini kesempatan sebagai digital marketer maupun administrator media sosial semakin dibutuhkan mengingat semua perusahaan membutuhkan laman online dan akun media sosial untuk berinteraksi dengan pelanggan mereka.

Keterampilan yang dibutuhkan: Komunikasi, kreatifitas, sales skill

Pendidikan: Berbagai bidang

Gaji rata-rata: 4 juta (kaskus.co.id)

Perusahaan yang merekrut: Hampir semua bisnis merekrut digital marketer

8. Konsultan PR/bisnis

Profesi sebagai konsultan Public Relations maupun konsultan bisnis sangat cocok bagi para lulusan yang menyukai bekerja dengan berbagai klien yang berbeda dengan berbagai proyek yang berbeda. Pekerjaan ini membutuhkan keahlian dan kreativitas untuk membantu mencapai hasil yang diharapkan klien dengan menyewa jasa konsultan. Misal klien ingin memperkuat image-nya di pasar Indonesia, mereka akan menyewa jasa konsultan PR untuk membantu mengorbitkan mereka di berbagai media.

Keterampilan yang dibutuhkan: Kreativitas, komunikasi, kerja tim

Pendidikan: Komunikasi, bisnis/ekonomi, media, humanities, dsb

Gaji rata-rata: 4 juta (jobstreet.co.id)

Perusahaan yang merekrut: Edelman, Burson Marsteller, Imogen, FortunePR dsb

9. Penerjemah atau interpreter

Saat ini perputaran informasi terjadi sangat cepat melalui internet. Tuntutan untuk mendapat informasi terkini pun terkadang terhambat oleh faktor language barrier atau perbedaan bahasa yang membuat komunikasi menjadi lebih lambat atau informasi tidak sampai secepat yang dibutuhkan. Penerjemah hadir untuk mengatasi solusi tersebut dengan keahlian mereka memindahkan informasi dari satu bahasa ke bahasa lain. Profesi ini membutuhkan ketelitian pada detail dan ketekunan memahami konteks berbagai teks yang berbeda.

Keterampilan yang dibutuhkan: Menulis, komunikasi, pemahaman bahasa

Pendidikan: Sastra, komunikasi, dsb

Gaji rata-rata: 4.5 juta (gajimu.com)

Perusahaan yang merekrut: Penyedia jasa penerjemah/media, perusahaan asing, atau bisa menjadi penerjemah bebas

10. Engineer

Para lulusan teknik, baik teknik mesin, sipil, kimia, arsitektur, dan berbagai bidang lain yang berhubungan dengan keterampilan di bidang teknis sangat dibutuhkan di Indonesia. Saat ini Indonesia sedang dalam masa development yang membutuhkan para engineer untuk berbagai proyek seperti pembangunan infrastruktur, desain dan pengembangan produk, penelitian, dan sebagainya.

Keterampilan yang dibutuhkan: Matematika, mekanikal, pemecahan masalah

Pendidikan: Teknik

Gaji rata-rata: 5 juta (jobstreet.co.id)

Perusahaan yang merekrut: Perusahaan tambang, industry, pabrik, dsb

Kelola bisnis Anda lebih mudah

dengan rekrutmen tenaga kerja kami dan platform manajemen terbarukan.

MULAI SEKARANG HUBUNGI KAMI

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>